Apa Itu Anak Tunagrahita Ringan?

apa itu anak tunagrahita ringan?

Hai Bunda, akhirnya hari ini saya memposting tulisan dengan tema anak berkebutuhan khusus. Karena beberapa waktu yang lalu, saya sudah menuliskan tentang anak berkebutuhan khusus dengan jenis anak tunagrahita. Kali ini, saya ingin berbagi ilmu tentang klasifikasi dari tunagrahita itu sendiri yaitu tentang anak tunagrahita ringan.

Baca juga : Anak Berkebutuhan Khusus

1. Pengertian Anak Tunagrahita Ringan

Terdapat banyak istilah mengenai anak tunagrahita ringan. Salah satunya dikemukakan oleh Amin (1995:22) adalah sebagai berikut:

“Anak tunagrahita ringan adalah mereka yang kecerdasan dan adaptasi sosialnya terhambat, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang akademik, penyesuian sosial, dan kemampuan berkerja”

Anak tunagrahita ringan ini memiliki IQ atau kecerdasan dibawah rata-rata anak normal. Kisaran IQ mereka sekitar 55 sampa 70.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa anak tunagrahita ringan masih mampu belajar secara akademik dengan materi yang sederhana dan mampu bekerja di lingkungan masyarakat serta disesuaikan dengan tingkat kemampuannya.

2. Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan

Seorang pendidik harus mengenal karakteristik anak tunagrahita ringan, agar dapat membuat program yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Pendidik yang dimaksud di sini, bukan hanya sekedar guru, ya, Bun. Orang tualah pendidik utama anak-anaknya.

Adapun karakteristik anak tunagrahita ringan menurut Astati (2001:5) adalah sebagai berikut:

a. Ciri fisik dan motorik

Keterampilan motorik anak tunagrahita ringan lebih rendah daripada anak normal. Sedangkan tinggi dan berat badan adalah sama. Hasil penelitian Rariek (1980) yang dihimpun oleh Samuel A. Kirk (1986) menyimpulkan bahwa kesehatan tubuh dan kematangan motorik anak tunagrahita ringan lebih lemah dari pada anak normal yang sesuai dengannya.

b. Bahasa dan penggunaanya

Anak tunagrahita ringan banyak yang lancar berbicara tetapi kurang dalam pembendaharaan kata. Mereka juga kurang mampu menarik kesimpulan mengenai apa yang dibicarakan.

c. Kecerdasan

Tunagrahita

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam berfikir abstrak. Tetapi mereka masih mampu mempelajari hal-hal yang bersifat akademik walaupun terbatas.

Sebagian dari mereka mencapai usia kecerdasan yang sama dengan anak normal usia 12 tahun ketika mencapai usia dewasa. Disamping itu mereka menunjukkan keterbatasan lingkup perhatian, mudah terganggu perhatian, hiperaktif, dan pasif (diam berjam-jam).

d. Sosial

Anak tunagrahita ringan cenderung menarik diri, acuh tak acuh, mudah bingung. Keadaan seperti ini akan bertambah berat apabila lingkungannya tidak memberikan reaksi positif. Mereka cenderung bergaul dengan anak normal yang lebih muda usianya.

e. Kepribadian

Ciri-ciri pribadi anak tunagrahita ringan antara lain: kurang percaya diri, merasa rendah diri, mudah frustasi. Ciri-ciri ini berkaitan dengan reaksi orang lain terhadap kondisi mereka karena orang lain mereaksi berdasarkan keterampilan penyesuaian diri dan pola perilakunya.

f. Pekerjaan

Dalam kemampuan berkerja, anak tunagrahita ringan dapat melakukan pekerjaan yang sifatnya semi-skilled dan pekerjaan itu sifatnya sederhana, bahkan sebagian besar dari mereka dapat mandiri dalam melakukan pekerjaan sebagai orang dewasa asalkan sesuai dengan kemampuannya.

     Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik anak tunagrahita ringan jika dilihat dari keadaan fisik, mereka tidak berbeda dengan anak normal, akan tetapi dalam hal kecerdasan, sosial dan kepribadian menunjukkan adanya perbedaan yang cukup berarti mudah frustasi, daya perhatiannya kurang, dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Tunagrahita

3. Masalah-masalah Anak Tunagrahita Ringan

Karakteristik anak tunagrahita ringan berdampak kepada banyaknya kesulitan yang dialami oleh anak tunagrahita ringan dalam kehidupannya sehari-hari.

        Di bawah ini adalah kemungkinan masalah yang dihadapi anak tunagrahita ringan menurut Astati (2001:10) adalah sebagai berikut:

a. Masalah penyesuaian diri

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam mengartikan norma-norma lingkungan sehingga mereka tidak dapat melakukan fungsinya sebagai masyarakat. Akhirnya tidak jarang dari mereka diisolasi dan dianggap hanya sebagai beban orang lain

b. Masalah pemeliharaan diri

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam membina dirinya. Misalnya dalam mengadakan orientasi, pemeliharaan dan penggunaan fasilitas di lingkungannya serta bagaimana kepantasan penampilannya.

c. Masalah kesulitan belajar

Kesulitan belajar biasanya tampak dalam bidang pelajaran yang sifatnya akademis dan mengandung hal-hal yang sifatnya abstrak. Sedangkan dalam bidang pengajaran non akademik, mereka tidak begitu mengalami kesulitan.

d. Masalah pekerjaan

Kenyataan menunjukkan banyaknya populasi penyandang tunagrahita ringan pasca sekolah yang tidak memperoleh kesempatan bekerja karena dinilai kemampuan kerja mereka sangat rendah. Hal ini diperkirakan penyebabnya antara lain kurangnya kesesuaian antara keterampilan yang dimiliki dan prilaku vokasional (daya tahan, minat, kegembiraan, komunikasi, penampilan dan lain-lain) dengan tuntutan lapangan kerja.

Permasalahan yang dihadapi oleh anak tunagrahita ringan diantaranya masalah penyesuaian diri, masalah dalam kehidupan sehari-hari hingga menyebabkan anak tunagrahita ringan memerlukan bantuan orang lain, masalah kesulitan belajar yang disebabkan hambatan berpikirnya, masalah penyaluran ke tempat kerja dan masalah pemanfaatan waktu luang.

4. Kebutuhan Belajar Anak Tunagrahita Ringan



Anak tunagrahita ringan memiliki kebutuhan khusus yang perlu dibantu agar kemampuan anak tunagrahita dapat dioptimalkan dengan baik yang disebabkan dari dampak ketunagrahitaannya. Menurut Astati dan Mulyati (2010:25), bahwa kebutuhan belajar anak tunagrahita ringan diantaranya adalah :

a. Kebutuhan dalam layanan pembelajaran

Anak-anak tunagrahita memiliki potensi dalam belajar dan erat kaitannya dengan berat dan ringanya ketunagrahitaan.

Kebutuhan khusus yang dimaksud adalah:

1) kebutuhan layanan pengajaran yang sama dengan siswa lainya.

2) Kebutuhan layanan pembelajaran yang sangat khusus.

b. Kebutuhan akan penciptaan lingkungan belajar

Mereka membutuhkan lingkungan belajar seperti pengaturan tempat duduk yang disesuaikan kondisi  anak-anak tunagrahita.

c. Kebutuhan dalam pengembangan kemampuan bina diri

Anak tunagrahita membutuhkan konteks dan orientasi cerita yang dimulai dari hal yang kongkrit kemudian menuju ke hal yang abstrak.

d. Kebutuhan dalam pengembangan kemampuan sosial dan emosi

Dalam hal bertinteraksi membutukan hal-hal ini yaitu, kebutuhan untuk merasa menjadi bagian dari yang lain, kebutuhan untuk menemukan perlindungan dari label yang negatif, kebutuhan akan kenyamanan sosial, dan kebutuhan untuk menghilangkan kebosanan dengan adanya stimulasi sosial.

e. Kebutuhan dalam pengembangan kemampuan keterampilan

Beberapa keunggulan tunagrahita dalam membawa mereka pada hubungannya dengan orang lain, meliput: (a) spontanitas yang wajar dan positif, (b) kecendrungan untuk merespon orang lain dengan baik dan hangat, (c) kecendrungan merespon pada orang lain dengan jujur, dan (d) kecendrungan untuk mempercayai orang lain.

f. Kebutuhan dalam layanan pembelajaran

Anak-anak tunagrahita memiliki potensi dalam belajar dan erat kaitannya dengan berat dan ringannya ketunagrahitaan.

Kebutuhan khusus yang dimaksud adalah:

1) kebutuhan layanan pengajaran yang sama dengan siswa lainya.

2) Kebutuhan layanan pembelajaran yang sangat khusus.

g. Kebutuhan akan penciptaan lingkungan belajar

Mereka membutuhkan lingkungan belajar seperti pengaturan tempat duduk yang disesuaikan kondisi  anak-anak tunagrahita.

    Dari pernyataan di atas, menunjukkan bahwa anak tunagrahita ringan senantiasa berhadapan dengan kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi, namun karena mengalami hambatan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, anak tunagrahita memerlukan layanan yang khusus.

Kebutuhan anak tunagrahita ringan begitu banyak yang terdiri dari kebutuhan dalam layanan pembelajaran, kebutuhan akan penciptaan lingkungan belajar, kebutuhan dalam pengembangan kemampuan bina diri, kebutuhan dalam pengembangan kemampuan sosial dan emosi, kebutuhan dalam pengembangan keterampilan, kebutuhan dalam layanan pembelajaran, dan kebutuhan akan penciptaan lingkungan belajar


Setelah kita mengetahui dan mempelajari tentang anak tunagrahita ringan, semoga membuat kita sebagai masyarakat bisa memahami keadaan mereka dan menerima mereka dengan baik dalam lingkungan bermasyarakat


Daftar Pustaka

Astati, & Mulyati, Lis. (2010). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV. Catur Karya Mandiri

E.M. (2011). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV Amanah Offset

Nani, Euis. (2011). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Amanah Ofsett

Somantri, Sutjihati. (2009). Pendidikan Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama




40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 2

40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI

Dear Bunda,

Hari ini saya kembali menulis lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang "40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI". Dimana, materi ini saya dapatkan di sebuah seminar online mengenai ASI (Air Susu Ibu). Nah buat bunda yang belum menyimaknya dari awal, nggak usah khawatir ketinggalan ilmunya. karena Bunda boleh mampir ke sini ya πŸ˜ƒ.

Oke kalau begitu, saya munculkan kembali Biodata Narasumbernya, ya Bun. Ini Dia πŸ˜ƒ

πŸ“œ Biodata Narasumber

πŸ’πŸ»Nama Lengkap: Nadia Nur Ganischa, SST

πŸ₯TTL: Ngawi/19 November 1988

🏒Pendidikan:
DIV Kebidanan UNS
S2 Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu dan Anak UNAIR

πŸ™‹πŸ»Aktivitas:
Ibu Rumah Tangga, mengerjakan tesis (mohon doanya ya)

Moderator: Ibu Hajah

Yuk, sekarang kita simak aja ya, Bun pertanyaannya

2⃣1⃣ Iis
1. Mohon penjelasan lebih detil tentang metode amenore laktasi.
2. Pasca melahirkan nafsu makan saya, kok, malah turun, ya, Dok? rasanya itu malas makan nasi, minum air, dan makan aneka cemilan. Buah saja sudah membuat saya kenyang. (Alhamdulillah produksi asi tetap lancar. Bayi juga minum dengan teratur)
Apakah kondisi ini masih normal / aman bagi saya ?
Terima kasih atas penjelasan dan jawabannya.

Jawaban

MAL : KB alami. Karena prolaktin tinggi menghambat produksi estrogen. Syaratnya : asi eksklusif, belum haid, jeda menyusui tidak lebih dari dua jam, hanya berlaku enam bulan.
Nasi bisa diganti kentang, mie, spagheti dll. Yang penting gizi seimbang ya : karbo, protein hewani dan nabati, serat, lemak. Produksi asi sih tetap lancar tetapi khawatir jika kondisi ibu yang terganggu

2⃣2⃣ Nurhalimah
* apakah ada dampak negatif terhadap anak yang disapih dengan cara tradisi kolot (PDnya di kasih yg pahit-pahit, yang pedas)?
*anak saya sebentar lagi 6 bln, nah untuk MPASInya menu/ buah2an apakah yg terbaik dan pertama kali diberikan ? 😊
Jazakunalloh khoirol jaa 😍

Jawaban

Bisa menimbulkan trauma dan mengganggap asi itu pahit. Anak merasa dibohongi dan merasa tertolak.
Biasanya dua minggu awal diberi menu tunggal untuk mengenalkan rasa.

2⃣3⃣ Fathimah
Assalamu"alaykum teh mau tanya kan dalam alqur"an itu penyusuan selama 2 tahun, itu sebenernya asi ekslusif selama 2 tahun atau sudah dengan MPASI? kalau memang selama 2 tahun itu disusui secara ekslusif tanpa MPASI, apakah bisa? dan bagaimana caranya? jazakillah

Jawaban

Di dalam Al Qur'an, diperintahkan untuk menyempurnakan penyusuan sampai dua tahun. Tetapi bukan berarti tidak boleh memberikan mpasi sebagaimana kita ketahui dan kita lakukan selama ini. Selama tidak ada dalil yang mengharamkan, maka hukumnya mubah (boleh), sebagaimana hukum asal makanan/minuman itu mubah kecuali ada dalil yang mengharamkan. Jadi bisa kita kombinasikan dengan ilmu yang berkembang sekarang, dimana pemberian mpasi mulai usia 180hari.

Kami sendiri belum menemukan riwayat tentang bagaimana contoh pemberian makanan zaman Rasulullah, apakah dengan mpasi atau tidak. Yang pernah disebutkan hanyalah tentang pemberian tahnik. Memang ada yang menjalankan pemberian asi sampai dua tahun tanpa memberi makanan selain kurma dan madu. Hal ini tentunya perlu diperhatikan beberapa hal juga, tentang asupan si ibu dll. Adapun memberikan mpasi di usia 180 hari, kembali ke hukum asalnya yaitu mubah. Wallahu a'lam

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

2⃣4⃣ Melli
Makanan dan minuman apa yang bisa memperbanyak ASI? Bolehkah mengkonsumsi durian,nangka, cempedak,, tape,, makanan pedas, makanan terlalu asin, semangka selama menyusui?

Jawaban

Semua zat gizi seimbang baik untuk busui. Busui boleh makan apa saja asal halal, tayib, tidak berlebihan dan perhatikan reaksi anak, apakah ada efek negatif ke anak. Misal diare atau alergi. Setiap anak berbeda reaksinya dan tingkat sensitifnya

2⃣5⃣ Evi
Mau tanya masalah ASI seret. Dari hari pertama melahirkan ASI saya nggak lancar. Udah coba minum sari kacang hijau, susu menyusui, obat asifit, lancar asi sampai moloco tetep ga lancar. Memang makan saya ga banyak. Apa berpengaruh porsi makan dengan produksi ASI ? Karena memang saya ga lapar kalo habis menyusui seperti ibu-ibu yang lain jadi ga bisa makan banyak.

Jawaban

Hari-hari pertama memang sangat sedikit asi yang keluar karena kebutuhan bayi pun juga masih sedikit. Lambung bayi baru lahir masih sangat kecil. Kira-kira sebesar kelereng. Jadi, ya, masih sedikit dia butuh asinya. Yang penting jaga gizi seimbang ya, dan tambah porsi makan. Kalau belum lapar, makan sedikit-dikit tapi sering

2⃣6⃣ Ammelita
Assalamu'alaykum
Pertanyaan saya untuk kulwap diantaranya:
1. Beberapa kasus busui mengalami rambut rontok, masalah kulit (gatal2, eksim, yang mulanya tidak memiliki alergi jadi mudah kena alergi) yang menurut dokter itu karena daya tahan tubuh ibu sedang turun karena zat terbaik dalam tubuhnya disalurkan ke asi.. Apa selalu begitu?

2. Bagaimana penjelasan konsep AsiX menilai sunnah tahnik?

3. Benarkan dalam payudara ibu, terdapat semacam filter yg dapat menyaring nutrisi2 yg hanya dibutuhkan bayi? (Penjelasan dr dspog saya dulu)

Jawaban

Tidak selalu begitu. Bisa karena pengaruh hormon, daya tahan tubuh menurun dll. Banyak yg tidak mengalami kok.
Masalah tahnik tidak menyebabkan kegagalan asi ekslusif sebab tahnik hanya *mengoles* kurma yg sebelumnya sudah dikunyah orang tua yang mengharap keberkahan untuk anaknya.
Mengenai filter saya kurang tahu. Yang jelas asi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi

2⃣7⃣ Asmi
Bagaimana cara yang baik untuk mulai menyapih anak?

Jawaban

Mulai sounding saat sebelum dua tahun. Sounding: bilang ke anak bahwa saat umur dua tahun, dia sudah tidak boleh nenen dst.
Lihat kesiapan anak. Cirinya anak mulai menolak nenen.
Kurangi frekuensi menyusui sedikit demi sedikit. Lebih lengkap ada di buku Cerita Cinta Pejuang ASI berikut kisah nyatanya

Air Susu Ibu

2⃣8⃣ Ayunda
Teh mau nanya, kan kalau suply asi itu akan mengikuti gimana anak new born lahir kan, nah, gimana kasusnya untuk yang relaktasi di usia 2 kebutuhan anak udah banyak kan, terus asi belum banyak. gimana cara biar anak ga kurang asi?

Jawaban

Perbaiki cara menyusui. Perlekatan harus benar. Susui sesuai permintaan bayi.

2⃣9⃣ Dewi
Saya kan lagi hamil 4 bln tapi saya juga masih menyusui usia 2.5 th.. Saya sengaja tidak menyapih kakaknya karena tidak ada masalah dengan kandungan saya. Saya biarin aja karena lama-lama asi menyusut.. apa benar menyusui anak diatas 2t h ga papa.. soalnya saya baca artikel asi bisa meningkatkan imun pada anak. Bahkan diluar negeri ada yang masih menyusui usia 6 th dan anaknya jarang sakit.. dan apakah benar klo menyusui terus tulang kita jadi keropos.. terimakasih.. mohon penjelasannya..

Jawaban

Wa'alaikumsalam dalam Islam memang boleh menyusui di atas 2 tahun. Tapi sebaiknya ada usaha untuk menyapih anak karena sesuai di Al Qur'an al baqarah :233 "bagi yang ingin menyempurnakan persusuan."
Wanita memang memiliki risiko osteoporosis sebab saat lansia estrogen berkurang. Inilah yang menyebabkan keropos

3⃣0⃣ Reny
Ini pertanyaan saya
Kenapa ibu yang setelah melahirkan harus rawat gabung dengan bayinya?
Terima kasih

Jawaban

Rawat gabung agar ibu bisa sering menyusui anaknya. Dan lebih dekat dengan anaknya

3⃣1⃣ Lina
Saya kan ibu bekerja, otomatis anak saya minum ASIP. Apakah bayi harus minum ASIP hangat ya? Kalau misalnya ASIP semula hangat lalu diminum tapi ga habis trus selang beberapa jam masih boleh diminum kan ya? Kalau seperti itu harus direndam air hangat lagi atau gimana?
Yg kedua, ASIP saya sekali perah kok maks cuma 80 ml ya, apa termasuk ASI saya kurang?
Terima kasih

Jawaban

Tidak harus hangat. Bahkan ada bayi yang suka asip dingin. Maksimal empat jam dan tidak usah dihangatkan lagi.
Sama bunda. Saya klo memompa rata-rata segitu 😊

3⃣2⃣ Yanti
Teh mau tanya kalo efek bayi di kasih sufor apa ya? Dan jika di kasih sufor pun susu apa yang bagus untuk bayi khususnya bayi 1 thn yg belum tumbuh gigi tapi sedang belajar jalan?

Jawaban

Kelemahan sufor : komposisi gizinya tetap tidak berubah sesuai kebutuhan bayi. Sulit dicerna pencernaan bayi. Dapat menyebabkan diare dan alergi. Cocok-cocokkan pada bayi. Ada yang satu membuat diare bayi A belum tentu bayi B mengalami hal yang sama pula

3⃣3⃣ Rahmawati
Teteh mau tanya kalo lagi hamil boleh gak ya menyusui usia bayi yg nyusunya 18bln kandungannya belum cek lagi . Trus agar semuanya sehat dan kebutuhannya terpenuhi ada tipsnya ?

Jawaban

Boleh asal riwayat kehamilan sebelumnya tidak ada masalah, ibu dan janin sehat dan tidak timbul kontraksi saat menyusui. Asupan nutrisi ditambah ya dan tetap perhatikan gizi seimbang

3⃣4⃣ Shaheera
anak saya 23 bln laki-laki. Saat ini masih asi dan aktivitas menyusu nya msh sering sekali bisa lebih dari 10x dalam sehari, mau tidur pun kalau dengan ibu nya harus menyusu dulu. Durasi menyusu yang paling lama biasa nya ketika subuh bisa kurang lebih 2 jam tidak lepas asi padahal skitar jam 12 & jam 3 kebangun untuk menyusu juga sekalipun sudah di beri air putih.

Pertanyaan nya : apakah ini normal? Bagaimana cara mengatasinya? Dan di usia berapa saya bisa menyapih anak saya?
Terimakasih

Jawaban

Wa'alaikumsalam. Ananda ini sepertinya menyusu bukan karena lapar tetapi mencari kenyamanan. Baiknya mulai disapih, dengan menumbuhkan kesiapan anak. Caranya kurangi frekuensi menyusu dan beri pemahaman bahwa sudah saatnya dia berhenti menyusu. Pahamkan juga hal ini tidak mengurangi kasih sayang kepadanya

3⃣5⃣ Rachma
Mau bertanya, kedua puting saya sejak kecil hingga sekarang tidak keluar. Lalu bagaimana caranya untuk menyusui anak? Saat ini posisi saya sedang hamil.
Jazakillah umm

Jawaban

Menjelang persalinan bisa ditarik dengan jari, nipple puller atau spuit yg dihilangkan jarumnya. Konsultasi ke tenakes ya

3⃣6⃣ Nina
Bun bila anak sudah mencapai usia 2 thn bagaimana cara menyapihnya apakah dengan paksaan harus ataukah dengan cara halus atau sampai anak kita berhenti dan ga mau lagi?

Jawaban

Dengan tanpa paksaan sampe ibu dan anak siap

3⃣7⃣ Yussi
Mohon dijelaskan tentang penyapihan, bagaimana cara terbaik dalam proses menyapih, terimakasih πŸ™πŸΌ

Jawaban

Menyapih dengan Cinta

Yaitu menyapih dengan CINTA

3⃣8⃣ Kania
a. Bayiku setiap abis nyusu selalu disendawakan, tapi habis itu selalu cegukan.. Itu kenapa, ya?
b. Hasil pumping aku sehari 5x bisa 1L lebih. Itu termasuk over supplykah?
c. Apa benar mau dikasih dot sebagus apapun pasti akan mengalami bingung puting?

Jawaban

Tidak apa cegukan asal sehat.
MasyaAlloh 😍 banyak ya. Menurut saya itu masih normal. Ya dot berisiko menyebabkan bingung puting

3⃣9⃣ Diah
1. Semenjak kerja asi jadi berkurang,  biasanya waktu cuti sehari bisa 300 atau 400ml sehari padahal sambil menyusui bayi, sekarang disaat kerja tidak disusui oleh bayi justru hanya dapat sedikit asinya,  itu biasanya karna faktor apa ya?

2. Saat pumping lebih banyak foremilknya daripada handmilknya, solusinya bagaimana?

3. Dulu saat malam hari payudara cepat terasa keras,  kenapa sekarang tidak? Apa hormon prolaktinnya berkurang?
Maaf banyak pertanyaannya 😁

Jawaban

Wa'alaikumsalam.
Kebutuhan bayi tidak sama setiap umurnya bertambah. Paling banyak produksi asi saat bulan-bulan awal. Apalagi jika sudah bekerja otomatis frekuensi menyusui berkurang, berkurang pula produksi asi. Memompa pun tidak sama degan bayi menghisap langsung puting ibu.
Saat menyusui/memompa jangan terlalu cepat ganti payudara. Ibu juga dapat memakan lebih banyak lemak

4⃣0⃣ Devi
Aku mau tanya, apa perlu ibu hamil yang sebentar lagi HPL coba buat minum booster asi atau segala macem yang buat nambahin asi? Karena ibu hamil, apalagi yang pertama kali sangat ingin mengASIhi, tetapi ketakutan bakal asi kurang atau malah tidak keluar itu selalu ada

Jawaban

Yang paling mempengaruhi adalah kondisi psikis ibu. Jika ibu stres produksi asi terhambat. Jika ibu bahagia produksi asi meningkat. Booster hanya bersifat membantu ibu agar rileks dan happy. Membantu mensugesti. Maka setiap ibu bisa berbeda boosternya.

Selesai sudah semua pertanyaannya ya, Bun. Semoga dari semua pertanyaan itu, ada yang menjawab sudah rasa keingin tahuan kita. Untuk materi seminarnya, tunggu tulisan saya berikutnya, ya Bun. Semoga bermanfaat, Bunda πŸ˜ƒ

40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 1

40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI

Hai Bunda, allhamdulillah saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah seminar seputar ASI. Nah, sebelum kita membahas tentang 40 pertanyaan umum yang banyak ditanyakan para bunda seputar ASI. Sebaiknya kita berkenalan dulu, yuk dengan narasumbernya.

πŸ“œ Biodata Narasumber

πŸ’πŸ»Nama Lengkap: Nadia Nur Ganischa, SST

πŸ₯TTL: Ngawi/19 November 1988

🏒Pendidikan:
DIV Kebidanan UNS
S2 Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu dan Anak UNAIR

πŸ™‹πŸ»Aktivitas:
Ibu Rumah Tangga, mengerjakan tesis (mohon doanya ya)

Moderator: Ibu Hajah

Buku Cerita Cinta Pejuang ASI
Saya merasa beruntung bisa menyimak langsung pada ahlinya. Tetapi, buat para Bunda yang tidak mengikuti seminarnya jangan khawatir, ya. Bunda, bisa menyimak 40 pertanyaan umum yang banyak ditanyakan para bunda seputar ASI. Yuk, kita simak! Siapa tahu, pertanyaannya ada yang mewakili pertanyaan Bunda selama ini.

1⃣ Ekka
A. Untuk anak tounge tie (lidah pendek) dan sudah terkena susu botol, bagaimana proses relaktasiny? Adakah batasan waktu dan berapa lama si bayi harus belajar menyusu langsung sebelum kita berikan susu botol? karena pasti dia akan lebih cepat marah dan menangis karena menyusu langsung lebih sulit daripada ketika menggunakan dot.

B. Teori yg berlaku adalah susui bayi kapan pun dia mau dan nggak perlu di jam-jammin..
Tapi bagaimana kalau bayi lebih banyak tidur? Trutama bayi baru lahir. Tetap harus dbangunkan untuk menyusu kah? Dan setiap berapa jam harus disusui?

Jawaban

Bunda Ekka segera ke konselor menyusui, ya supaya dibantu relaktasi. Karena butuh praktik langsung. Tidak disarankan memakai dot karena dapat menyebabkan bingung puting. Sebagai gantinya pakai pipet, sendok, cangkir, cup fooder dll.
Jika di siang hari, bayi tidur lebih dari 3 jam bangunkan. Tips-tips lebih lengkap ada di buku CCPA (Catatan Cinta Pejuang ASI). Jika malam hari, yg penting ada aktivitas menyusui. Jika malam hari jangan terlalu sering dibangunkan kecuali jika bangun sendiri

2⃣ Ryza
Assalamu'alaikum..Mba, mau tanya tentang tips jitu untuk menyapih dengan kasih?
Jazakillah

Jawaban

Sounding sebelum usia dua tahun bahwa saat umur dua tahun dia harus berhenti menyusu. Kurangi frekuensi sedikit-sedikit. Lebih lengkapnya ada di buku CCPA (Catatan Cinta Pejuang ASI)

3⃣ Ummu Izzfath
a. Benarkah ketika kita hamil, asi kita 'basi' sehingga tidak baik jika tetap menyusui saat hamil?
b. Benarkah dengan yang sedang gencar sekarang ini, bahwa susuilah anak sampai sepuasnya dia..bahkan sampai 2 tahun lebih, ya ini karena menyapih dengan cinta katanya..jadi biarkan anak yang menyapih dirinya sendiri bahkan kalaupun sampai 3 tahun lebih gak masalah...
Apakah menyapih dengan cinta itu berarti sama sekali kita tidak menjelaskan dan berusaha memahamkan pada anak bahwa ada masanya dia sudah tidak boleh menyusu?
c. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI hingga terus bertahan sampai 2 tahun?
Mohon maaf panjang sekaliπŸ™ˆπŸ™πŸ»

Jawaban

a. Tidak benar. Ibu tetap bisa menyusui degan S&K. Lebih lengkap ada di buku CCPA (Cerita Cinta Pejuang ASI)
b. Menyapih lebih dari dua tahun memang boleh tapi baiknya tidak menyengaja menyapih lebih dari dua tahun. Tetap ada usaha untuk memahamkan anak tanpa paksaan.
c. Setelah mpasi produksi asi pasti berkurang karena frekuensi menyusui yg menurun. Tapi insyaAlloh cukup sampai dua tahun. Perhatikan gizi seimbang dan bahagia menjalani proses menyusui



4⃣ Bunda kembar
Pertanyaan: Bagaimana mengatasi bayi bingung puting? Anak saya kembar, dan sudah mengenal dot (atas saran nenek-neneknya, karena berbagai hal). Awalnya anak anak masih suka ASI saya, ya Asi, ya Dot.. sampai tiba umur 8,5 bulan kemarin, anak anak menolak ASI. Beberapa waktu lalu saya juga sempat mobile lintas daerah yang jauh, beberapa kali. Mohon saran masukan nya.. Terimakasih :)

Jawaban

Bunda kembar, baiknya segera ke konselor menyusui agar dibantu relaktasi. Karena butuh praktik langsung. Sementara sebelum ke konselor bisa skin to skin dulu

5⃣ Sari
Aku ibu baru yg baru melahirkan dua bulan lalu. sekarang aku sedang belajar mengASIhi anakku. Pertanyaanku dalam materi kan dibilang asi sebagai penunda kesuburan. Nah, sekarang aku belum pasang alat kontrasepsi takutnya tiba-tiba sedang asik memberi asi anakku, diberi lagi rezeky. Itu bagaimana?  Dan ketika hamil apa boleh juga sambil memberi asi?
Satu lagi mba, apakah ketika kita sedang merasa sedih ibunya berpengaruh  juga dengan asi kita yg diberi ke anak kita, misal anak kita jadi rewel? Terimakasih mba mungkin itu pertanyaanku.

Jawaban

Wa'alaikumsalam Bunda Sari.
Asi eksklusif memang bisa mencegah kesuburan dengan S&K. Asi saja selama 6 bulan, belum haid, tidak ada jeda menyusui lebih dr dua jam.
Kalau ibu stres bisa mengurangi produksi asi. Ibu hamil boleh menyusui dengan S&K. Lebih lengkapnya tentang NWP ada di buku CCPA (Cerita Cinta Pejuang ASI)

6⃣ Vita
Sekarang kandungan usia 19 weeks, apakah ada treatment sedini mungkin agar nanti saat saya lahiran, saya bisa menghasilkan banyak ASI ?

Jawaban

Yg penting rileks, bahagia. Perhatikan gizi seimbang. Bisa membersihkan payudara tanpa memijat.

7⃣ Annisa
Saat ini, anak saya berusia 2 tahun laki-laki dan sedang latihan untuk disapih. Sampai saat ini, masih suka nenen, sih kalo mau tidur malem dan kalo kebangun di malem hari. Kalau minta Asi selain waktu itu tidak saya kasih. Kadang sampai tantrum, tetapi tetap saja nggak saya kasih. Saya juga sudah kasih pengertian dari sebelumnya, sampai sekarang juga masih saya kasih pengertian. Apa yang sudah saya lakukan sudah tepat? bagaimana cara menyapih dengan cinta? mengingat saya fullday mom, setiap hari bersama anak sehingga anak slalu ingat untuk minum ASI. Terima kasih, Mba 😊

Jawaban

Wa'alaikumsalam Bunda Annisa.
Kata kunci wwl don't refuse don't offer. Jangan menolak dan jangan menawarkan. Jadi sebisa mungkin dialihkan ke yang lain. Jangan lupa kekuatan doa. Kadang kita lupa yang satu ini. 😊
Lebih lanjut bisa baca buku CCPA. Ada beberapa kisah nyata menyapih semoga bisa diambil contoh

8⃣ Vivi
Saya baru punya bayi 20 hari. Yang mau saya tanyakan, ada tips dan trik agar payudara kita tidak berdarah ketika bayi akan atau sedang tumbuh gigi? Terimakasih

Jawaban

Wa'alaikumsalam MasyaAlloh masih 20 hari sudah memikirkan bakal digigit, ya, Bun πŸ˜‚.
Ga usah terlalu dipikirkan kalau yg ini. Takutnya apa yg kita sangka kan kejadian beneran. Buat pencegahan :
Bilang ke ananda jangan gigit ya nak, bunda sakit kalau digigit.
Saat anak sedang masanya suka menggigit, saat menyusu jempol diletakkan di dagu, jadi saat ananda mau gigit siap-siap langsung dilepas

9⃣ Nining
Benarkah ada ASI yang ngga bagus kualitasnya? Misal, saat anak terkena diare si anak di stop ASI sama dsa nya. Di karena kan ada kemungkinan penyebab diarenya dari ASI. Saya heran bu, hal tsb terjadi beberapa waktu lalu pada keponakan. Herannya lagi ketika diberi ASI, si Anak diare lagi.

Jawaban

Mungkin ada makanan yg dimakan ibunya yg menyebabkan diare atau menyebabkan alergi. Kalau sudah diketahui makanan apa, ibu baiknya menghindarinya

1⃣0⃣ Retno
Bu, kenapa, ya, Dede sekarang sudah tidak terlalu sering minta Asinya? Padahal dulu bentar-bentar seperti kehausan. Sekarang malah jarang minta.  Alhamdulillah untuk saat ini Asi saya melimpah.. Malahan terasa sakit kalau ggak disedot. Sedangkan Dede udah kenyang. Bahkan gumoh
Pertanyaan saya
a. Bagaimana seharusnya yang saya lakukan?
b. Bayi sering gumoh apakah tanda kekenyangan?
c. Saat ini saya masih cuti mulai pumping nya kapan ya buat stok asip?

Jawaban

Wa'alaikumsalam
Btw saya bukan dokter 😊
Apa saat menyusu, posisi sudah benar? Sudah disendawakan?
Klo sudah mungkin karena ASInya berlimpah, setelah menyusui payudara masih terasa kencang bisa diperah. Mulai sekarang saja memerah asinya.
Lambung bayi masih kecil dan pencernaannya belum sempurna jadi wajar kalau gumoh 😊.  Asal bayi tidak sakit dan BB sesuai kurva normal. Lebih lengkap baca materi gumoh di buku CCPA.
1⃣1⃣ Ita
Assalamu'alaikum Mba saya mau tanya, bagaimana cara menyapih yang baik? Anak saya bulan depan sudah genap 2 th, tapi dari sekarang belum ada persiapan menuju sana. Nenen nya juga kuat banget, kadang disounding tapi kok malah jadi bete anaknya.
Apakah metode jaman ibu, nenek saya dulu ngaruh negatif untuk anak kedepannya. Metode: payudaranya di kasih obat merah, brotowali, dan semacamnya mba. Kalau berpengaruh sama anak, tapi kok tak terlihat yaa..saya lihat tetangga yang lain pakai metode lama juga tidak masalah. Mohon pencerahannya

Jawaban

Wa'alaikumsalam 😊
Terus sounding, ya, Bunda. Saat menyusui soundingnya sambil dibelai, dicium, diusap-usap, biar anak dalam kondisi nyaman saat disounding.
Kalau bunda dibohongi suami kira2 marah gak ya? 😊
Itu juga yg dirasakan anak saat dibohongi. Mungkin efeknya tidak terlihat tapi kita tidak tau pasti dalam hati dan pikiran orang 😊. Dapat mengajarkan anak berbohong juga secara tidak langsung dan merusak memori indah saat menyusui

1⃣2⃣ Nanda
Dear Mbak Ganis. Anak saya berumur 23 bulan. Sudah mulai mikirin cara menyapih. Sudah mulai sounding terus 2 minggu ini. Bagaimana ya kalimat sounding menyapih yang mudah dipahami dan sesuai dengan keadaan anak? Karena saya selalu bilangnya "sekian hari lagi ASI nya habis". Namun anehnya berapa malam ini kalo malam Nahda menyusui makin kenceng, bahkan kayak gak lepas PD semalaman. Apakah ini efek penolakan dari sounding saya yang salah? Atau karena emang ASI nya udah habis jadi dia kesel gitu? πŸ˜…

Jawaban

Mba Nanda, kalau saya soundingnya begini "Nak, nanti klo dua tahun udah nggak boleh minta susu Ibu, ya? Kan diperintah Alloh cuma sampai dua tahun. Mau kan, disayang Alloh? Nanti minumnya air putih saja, jus, madu." kurang lebih seperti itu. Dipahamkan juga bahwa meski tidak lagi menyusui kita tetap sayang padanya. Boleh baca-baca kisah di buku CCPA. Ada beberapa kisah menyapih

1⃣3⃣ Ummu Hanif
Saya mau bertanya mengenai ASI.
Saya punya baby usia 1 bulan. Dalam kurun waktu ini, baby saya berat badannya menurun 2 ons belum bertambah sama sekali.
a. Penyebab Dede dan BB trun dan nggak naik dalam waktu 1 bulan ini kenapa, ya, Dokter?
b. Apakah posisi, nutrisi, emosi memang pengaruh sekali dengan ASI?
c. Cara agar BB dede bisa naik bagaimana, ya, Dok? Saya takut ada masalah di daya serap pencernaan dede.

Jawaban

Penyebabnya bisa karena menyusui yang salah atau karena ada masalah medis. Kalau karena teknik, perbaiki dulu cara menyusuinya. Perlekatan harus benar, menyusu sesuai permintaan bayi, menyusui bergantian kanan kiri dengan jeda yang lama supaya dapat lemak asinya. Bisa diperiksakan ke dokter ya bun


1⃣4⃣ Kania
Ketika menyusui ada posisi-posisi yang dianjurkan, bagaimana jika dede punya posisi favorit sendiri dan tidak sesuai dengan posisi yang dianjurkan? Apakah nanti akan berpengaruh ke pertumbuhan & perkembangannya?

Jawaban

Posisi menyusui kuncinya bayi dan ibu merasa nyaman. Terserah mau sambil duduk/berbaring atau posisi yg lain. Yang posisi tubuh bayi lurus, semua badan ke arah ibu. Untuk lebih jelasnya ada di buku CCPA disertai dengan gambar *yang penting

1⃣5⃣ Dini
Teh mau nanya, kalau menyusui selama 2 thn itu efeknya (manfaat) seperti apa untuk bayi dan ibunya? Kalau dari rekomendasi WHO kan 6 bulan asi eksklusif ya, ini juga seperti apa jika dibandingkan dengan yang 2 thn?

Jawaban

Kalau tidak salah menyimpulkan, sepertinya Bu dini salah persepsi ya atau bagaimana? Rekomendasinya menyusui eksklusif selama 6 bulan, setelah itu diberi mpasi dan tetap melanjutkan asi sampe dua tahun. Asi eksklusif : asi saja sampai enam bulan tanpa tambahan makanan/minuman apapun kec obat dan vitamin. Maaf saya belum paham pertanyaannya

Baca Juga : Panduan MPASI WHO

1⃣6⃣ Ferlin
Anak saya 2 bulan lagi genap 2 tahun dan akan mulai saya sapih. Saya pengennya pakai metode WWL, tetapi lingkungan keluarga saya lebih memilih menyapih kilat dengan pakai brotowali misalnya. Kondisi sekarang anak saya makin ga mau lepas menyusu. Sedikit demi sedikit sudah saya ajak ngobrol kalau nanti setelah ulang tahun ke-2 sudah tidak menyusu lagi karena sudah besar.
Adakah tahapan2 yang bisa saya lakukan untuk bisa memulai WWL?

Jawaban

Tahapan yang dilakukan Bunda Ferlin sudah benar. Nanti kurangi frekuensi sedikit demi sedikit. Ingat kata kuncinya ya tidak menolak dan tidak menawarkan.

1⃣7⃣ Rindi
Anak saya baru usia 7 bln, tetapi saya hamil lagi. Kemaren iseng tapi 2 garis hasilnya. Terus ke bidan katanya lagi penebalan dinding rahim.
Tanya:
- Asi dilanjutkan atau tidak?  Trus kalau misal dilanjutkan sampai umur brapa?
- tanda nutrisi asi masih mencukupi  gimana mba?
- trus minta supportnya mba, sampai saat ini saya masih bingung..ga tega dengan anak saya sekarang. Pengennya nangis terus mba

Jawaban

Bunsa Rindi selamat ya.
Menyusui sambil hamil dibolehkan malah dianjurkan dengan S&K. Ibu dan janin sehat, tidak ada riwayat pendarahan, keguguran, prematur, tidak timbul kontraksi saat menyusu.

1⃣8⃣ R²
Setiap saya hamil payudara saya menjadi besar dengan ukuran 3x sebelumnya. Pada saat bayi saya lahir, PD saya menjadi keras dan bergerenjal-gerenjal dan rasanya sangat sakit sampai demam tinggi.

*pertanyaannya*
a. Apakah normal PD menjadi sangat besar?
b. Apa yang harus saya lakukan agar saya tidak demam dan mengalami nyeri yang amat sangat pada PD saya?
c. Apakah PD yang bergerenjal itu karena ASI yang menggumpal? bagaimana agar tidak seperti itu?

Jawaban

Segera periksa ke dokter/bidan ya. Dugaan saya ibu mengalami mastitis. Penyebabnya ASI tidak segera dikeluarkan. Harus sering menyusui dan dipompa bila setelah menyusui belum terasa kosong Payudara besar tidak masalah

1⃣9⃣ Mom Rein
Assalamualaikum,
a. Dok, saya mau bertanya. Anak saya 3 bln, dari usia 2 bln sering muntah nyembur, dan akhir-akhir ini malah mogok nyusu, pup nya encer agak hijau dan berlendir, sering nangis rewel, saya gak ngerti, apa ya dok penyebabnya?
Sepengamatan saya perutnya gak kembung kok, hanya kalau saya susui suka bunyi perutnya, kebetulan saya eping
b. saya eping dan ingin sekali bisa direct breastfeeding, menurut dokter apa anak saya ada tongue tie? Perlukah ada tindakan? Trims

Jawaban

Wa'alaikumsalam
Sepertinya bayi kebanyakan foremilk (asi yang encer yg keluar saat awal menyusu) daripada handmilk (lemak, asi akhir).
Mungkin karena teknik menyusu yang kurang tepat. Perlekatan harus benar. Jangan terburun-buru ganti payudara jika belum terasa kosong. Setelah menyusui sendawakan bayi. Jika tidak pulih, segera ke dokter ya

2⃣0⃣ Silvi
Kakak ipar saya habis melahirkan tetapi Asinya belum keluar hingga 5 jam setelah melahirkan,
a. apa yg harus dia lakukan agar asinya segera keluar (bagi ibu yg telah melahirkan)
b. untuk yang belum melahirkan dan belum menikah, apa saja yang harus dilakukan agar ketika sudah melahirkan asinya lancar?
c. untuk payudara yg kecil apa bisa menyusui???

Jawaban

Wa'alaikumsalam
Sepertinya bayi kebanyakan foremilk (ASI yang encer yang keluar saat awal menyusu) daripada handmilk (lemak, asi akhir).
Mungkin karena teknik menyusu yang kurang tepat. Perlekatan harus benar. Jangan terburu-buru ganti payudara jika belum terasa kosong. Setelah menyusui sendawakan bayi. Jika tidak pulih, segera ke dokter, ya.

Payudara kecil atau besar tidak masalah karena produksi asi dipengaruhi oleh hisapan bayi. Maka, agar segera keluar, sering meneteki bayi meski asi belum keluar/keluar sedikit agar merangsang produksi dan pengeluaran asi. Btw, bagaimana taunya kalau asi tidak keluar sampe lima jam?

        Wah, Bunda, banyak sekali, ya, ternyata pertanyaannya. Karena banyak, sehingga pertanyaannya saya bagi menjadi 2 part. In sha Allah akan segera saya tulis pertanyaan berikutnya, ya untuk Bunda.

Baca Juga: 40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 2

Bagaimana Bunda, sudah adakah pertanyaanya mewakili perasaan Bunda? Apapun itu, semoga 40 pertanyaan yang banyak ditanyakan  para Bunda seputar ASI, mampu membekali diri kita dengan banyak ilmu dan menjadikan kita ibu yang teredukasi, pastinya. Tunggu tulisan selanjutnya, ya πŸ˜‰




Mengapa Pentingnya Mempersiapkan Anak Untuk Menjadi Seorang Suami dan Istri yang Baik Dikemudian Hari Perlu Dikenalkan Sedini Mungkin?


Hari ini saya kembali tertegun dan menarik nafas panjang sekali. Rasanya saya lelah mendengarkan semua cerita-cerita yang membuat saya begitu miris belakangan ini. Tentang perselingkuhanlah, tentang poligami diam-diamlah, tentang suami yang melakukan KDRT lah, tentang perceraianlah. Hahhhh masih banyak cerita lain yang menyesakkan dada saya

      Dari sisi perempuan,  semua cerita itu menyadarkan saya bahwa betapa menjadi seorang perempuan itu harus kuat, harus tangguh. Nggak boleh lemah, nggak boleh cengeng. Karena hidup tak selalu seindah pelangi.

        Lalu mengapa semua cerita diatas bisa terjadi? Karena ternyata semua berawal dari pola asuh yang salah dan ada luka di masa lalu yang belum terselesaikan hingga terus terulang dalam setiap generasi. Jadilah itu seperti lingkaran setan yang tak pernah putus-putus.

        Banyak para suami yang tidak bertanggung jawab pada keluarganya karena ia kurang mendapatkan bentuk teladan dan tanggung jawab itu dari sosok ayahnya. Banyak para suami yang inginnya dilayani saja oleh istrinya tanpa mau terjun membantu pekerjaan rumah tangga, itu semua terbentuk dari dibesarkannya anak laki-laki dengan cara memanjakannya dan mendoktrinnya bahwa tugas laki-laki hanya sekedar mencari nafkah di luar. Maka terlahirlah laki2 dewasa yang segala ingin dilayani


        Banyak pula orang tua yang mendidik anak-anaknya dengan kekerasan, baik itu kekerasan fisik maupun verbal. Itu semua terjadi dari terbentuknya orang tua dengan pola asuh yang keras dan luka batin karena kekerasan verbal atau fisik yang dilakukan orang tuanya padanya, sehingga ia tanpa sadar melakukan hal yang sama pada anaknya dan akan berlanjut begitu seterusnya dalam setiap keturunannya. Kecuali ada yang mau memutuskan lingkaran setan tersebut.

        Ada pula orang tua yang membesarkan anak dengan cara memanjakan anak-anaknya. Sehingga ketika menjadi seorang suami dan istri nantinya, ia begitu lemah, cengeng dan tidak tangguh dalam menjalankan perannya lalu terjadilah banyak perceraian dimana-mana.

        Banyak pula para perempuan yang begitu sibuk dengan kariernya di luar sana tetapi, melalaikan prioritas utamanya sebagai istri sekaligus ibu sebagai pendidik di rumah *maaf ini hanya untuk perempuan yang memprioritaskan kariernya dibandingkan keluarganya ya. Bukan menyamaratakan semua wanita karier begitu dan juga peran wanita sangat dibutuhkan di masyarakat

      Ada juga seorang suami yang suka melakukan kekerasan fisik pada istrinya. Itu semua karena bisa jadi ia dibesarkan dengan pukulan pula dan pelajaran pengendalian emosinya sewaktu kecil yang belum tuntas. Hingga, jadilah ia seorang suami yang suka main pukul dan berego tinggi.

        Bayak sekali sebenarnya kejadian-kejadian seperti itu di masyarakat kita yang semua itu bermula dari pola asuh yang salah. Menyadarkan saya bahwa PR kita sebagai orang tua dan bagian dari masyarakat itu begitu banyak.

        Mengapa itu semua bisa terjadi? Itu karena kebanyakan orang tua tidak pernah menyiapkan anak-anaknya untuk menjadi seorang suami dan istri yang baik dikemudian hari. Hingga terlahirlah generasi-generasi dari keluarga yang broken home, generasi ingin dilayani,  negeri tanpa ayah, para perempuan yang mengatas namakan emansipasi perempuan tetapi melupakan kodratnya sebagai pendidik anak-anaknya di rumah dll.

        Kita begitu sibuk mendidik anak-anak kita hanya untuk menjadi seorang yang pintar secara akademik saja tetapi lupa mencerdaskan emosinya. Kita membesarkan anak perempuan dan menyekolahkan anak dengan niat agar anak memiliki karier yang bagus saja nantinya, tetapi lupa mendidiknya bagaimana menjadi seorang istri sekaligus ibu yang baik untuk anak-anaknya di rumah. Kita begitu takut anak kita tidak diterima di universitas terkenal tetapi, tidak takut anak kita tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah sebagai seorang perempuan.


        Kita sekolah SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dan kuliah 4 tahun. Jika ditotalkan, kita menempuh pendidikan selama 16 tahun. Selama itu, kita cenderung di didik secara akademik dan menjadi orang sukses dalam dunia kerja. Kita tak pernah mendapatkan pendidikan dan sekolah khusus bagaimana menjadi seorang suami dan ayah yang baik untuk keluarga kita, begitu pun sebaliknya. Lalu lihatlah banyak para suami dan para istri tak mampu menjalani peran mereka dengan sebaik-baiknya dan berdampak pada semua keturunanannya.

        Bukankah kecerdasan emosi dan peran kita sebagai seorang suami istri itu lebih penting dalam kita menjalani universitas kehidupan ini dibandingkan hanya sekedar angka-angka? Lalu mengapa kita masih lupa untuk menyiapkan anak-anak kita menjadi seorang suami dan istri yang baik untuk keluarganya kelak? Berapa generasi lagi kah harus kita korbankan dari pola asuh kita yang salah selama ini? Masih kah kita memandang bahwa pendidikan akademik itu segalanya, hingga kita lupa mencerdaskan pula emosinya dan membuat anak-anak kita gagal dalam menjalani perannya yang sesungguhnya nantinya?

Baca juga: Macam-Macam Pola Asuh

        Jangan, jangan diteruskan pola asuh yang salah itu. Ayo kita perbaiki dari sekarang, dimulai dari diri kita sendiri. Ayo kita belajar, ayo kita siapkan anak-anak kita dari sedini mungkin untuk peran besarnya nanti. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi! Jangan biarkan semakin banyak lagi terlahir para orang dewasa tetapi berjiwa kekanak-kanakkan dalam menjalani sebuah pernikahannya. Karena pernikahan itu bukan hanya tentang dua orang, saya dan kamu. Tetapi, tentang bagaimana membangun sebuah peradaban dari lahirnya generasi yang berkualitas
     

Peran Ibu Dalam Membangun Keluarga Sehat Dimulai Dari Makanan yang Sehat

Peran Ibu Dalam Membangun Keluarga Sehat Dimulai Dari Makanan yang Sehat

Bunda, sebagai seorang istri sekaligus ibu, kita tentu punya peran penting di dalam keluarga. Salah satunya yaitu menjaga kesehatan keluarga. Ada banyak cara para bunda dalam menjaga kesehatan keluarga, salah satunya yaitu berusaha memberikan makanan sehat untuk keluarga tercinta.

Karena salah satu profesi seorang bunda adalah si ahli nutrisi untuk keluarganya. Maka kita pun perlu memperhatikan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan keluarga kita yang berasal dari makanan yang sehat pula

Zat-Zat yang Dibutuhkan Di Dalam Tubuh

1. Karbonhidrat
Karbonhidrat ini memiliki peran sebagai penghasil energi dan tenaga untuk tubuh kita. Seperti nasi, kentang, gandum dll

2. Protein
Protein mempunyai fungsi untuk membantu proses pertumbuhan dan juga sebagai cadangan energi bagi tubuh manusia. Protein terbagi 2 yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati seperti tahu, tempe, kacang hijau dll. Protein hewani seperti ikan, daging, telur dll

3. Vitamin
Tubuh kita juga sangat memerlukan vitamin untuk mempelancar sistem metabolisme tubuh. Vitamin ini banyak kita temukan pada buah-buahan dan  sayuran

4. Lemak
Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai cadangan energi. Namun, jika jumlah lemak terlalu berlebihan di dalam tubuh kita pun, bisa memberikan dampak buruk pada tubuh seperti munculnya penyakit jantung, diabetes, ginjal dll

5. Mineral
Mineral memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyusun tulang dan gigi, membentuk garam-garam yang dapat larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh, serta membangun protein dan enzim

6. Air
Di dalam tubuh kita, terdiri dari 65-70% air. Air adalah dasar cairan intra seluler dan ektra seluler serta menjadi konstituen semua sekresi dan ekstresi pada tubuh. Oleh karena itulah, tubuh kita sangat memerlukan air

7. Serat
Serat juga dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai pelancar pencernaan dan menghindari gangguan metabolisme seperti kegemukan, jantung koroner, diabetes dll

        Semua zat-zat tersebut hanya dapat kita peroleh pada makanan sehat. Makanan sehat banyak sekali manfaatnya pada tubuh kita

Manfaat Makanan Sehat



1. Menjaga berat badan ideal
2. Menjaga daya tahan tubuh dengan baik
3. Menghindari tubuh dari penyakit yang berbahaya
4. Melindungi organ penting dalam tubuh
5. Menyehatkan dan menguatkan badan
6. Meningkatkan konsentrasi.
7. Dll

Ini adalah salah satu cara membuat makanan sehat sebagai cemilan yang sehat pula untuk membangun keluarga yang sehat pula yaitu "Sate Buah Saus Coklat".

Bahan


1. Buah-buahan sesuai selera (di sini memakai buah strawberry dan pisang)
2.

Coklat batangan
3. Sedikit air

Cara Membuat 

1. Siapkan semua buah-buahan dan cuci
2. Potong buah-buahan sesuai selera
3. Tusuk buah dan susun pada tusuk sate
4. Masukkan buah-buahan yang telah disusun tadi ke dalam frezer untuk memudahkan saus coklat menempel pada buah nantinya
5. 3 jam kemudian siapkan saus coklat
6. Panaskan coklat di teflon dengan api kecil dan berikan sedikit air
7. Setelah cair, saus coklat siap dituangkan atau dicelupkan ke sate buah
8. Setelah semuanya selesai, masukkan kembali sate buah yang telah dicelupkan coklat tadi ke dalam frezer
9. Setelah beku, makanan siap dihidangkan

Ini hasilnya. Bunda pun bisa mencoba resep ini kepada anak yang kurang menyukai buah-buahan dan menyajikannya dengan tampilan yang menarik tentunya untuk anak.


Namun, sayangnya sebagai seorang ibu, kita tidak selalu berada dalam keadaan fit dan terkadang jadwal yang padat atau aktivitas kita yang melelahkan, membuat kita tak selalu sempat memasak setiap harinya. Tetapi jika membeli makanan di luar pun, kita tidak tahu, apakah  makanan itu sehat atau tidak? apakah makanan itu bersih atau tidak? dan masih banyak kekhawatiran yang lainnya. Tetapi, kini kita tidak perlu khawatir lagi karena sekarang kita bisa mempercayakannya pada Gorry Gourmet.

        Gorry Gourmet adalah layanan catering sehat Jakarta khusus menyedikan makanan dan minuman sehat yang ditangani langsung oleh ahlinya.

Ada Apa Saja di Gorry Gourmet

1. Menyediakan makanan dan minuman sehat dengan nutrisi seimbang yang diatur oleh para ahli gizi dan perhitungan yang seimbang.

2.

Selain makanannya menyehatkan tetapi juga nikmat di lidah karena di masak oleh chef profesional

3. Diawasi oleh ahli gizi langsung

4. Mudah dan praktis. Tinggal pesan dan langsung diantar ke rumah

Gorry Gourmet Memiliki 6 Program Adalan 

Weight Loss
Ingin mencoba cara menurunkan berat badan dengan menu lezat tanpa membuat sengsara? Inilah yang Anda cari! Program ini dirancang dengan jumlah kalori per serving yang tidak melebihi 550 kalori, kaya serat dan rendah lemak.
Muscle Building
Apakah Anda sedang menjalani program pembentukan otot atau sedang menaikan massa otot? Muscle Building Program by Gorry Gourmet dapat menjadi sahabat kuliner Anda ketika menjalani program. Kami menyediakan makanan kaya protein yang lengkap dengan komposisi karbohidrat dan lemak yang telah dihitung secara cermat oleh Tim Dokter kami.

Special Needs
Gorry Gourmet menawarkan keleluasan bagi Anda yang memiliki kebutuhan khusus. Segera hubungi customer service Gorry Gourmet untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Low Carbs
Melalui program ini, Gorry Gourmet memberikan pilihan menu tanpa kandungan karbohidrat yang cocok dikonsumsi bagi Anda penderita diabetes, Anda yang berkebutuhan khusus (seperti autisme), atau sedang menjalani diet ketat untuk penurunan berat badan.

Drinks and Bites
Kami memberikan pilihan snack dan paket minuman sehat dengan bahan-bahan unik yang alami. Mulai dari paket susu untuk stimulasi ASI, pereda nyeri menstruasi, bahkan martabak rendah kalori yang tidak kalah lezat!

Gift
Tidak hanya menyajikan pilihan menu untuk orang dewasa, Gorry Gourmet juga menyajikan berbagai menu sehat untuk anak-anak usia 2 - 5 tahun. Gorry Petite dirancang untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak, dengan kemasan yang mudah dan praktis!
























































Aplikasi Gorry Gourmet dapat di download dengan mudah di


Atau menghubunginya di


Dengan adanya Gorry Gourmetmembuat hidup kita terasa lebih mudah. Karena dibalik jiwa yang sehat bermula dari fisik yang sehat dan untuk membangun keluarga yang sehat dimulai dari makanan yang sehat pula. Pastikan kita memberikan yang terbaik untuk orang-orang tersayang kita, Bunda πŸ˜ƒ

Sumber Referensi
www.gorrygourmet.com
www.akusehat.net















Ayah Bunda Ingin Menyampaikan Pesan Moral dengan Cara yang Menyenangkan Pada Anak? Ikuti Saja 12 Tips Cara Mendongeng Ini

Ayah Bunda Ingin Menyampaikan Pesan Moral dengan Cara yang Menyenangkan Pada Anak? Ikuti Saja 12 Tips Cara Mendongeng Ini

      Hai! Ayah Bunda, apa Ayah Bunda suka mendongeng untuk anak-anak di rumah? Menurut survei yang dilakukan Commonwealth Fund di Amerika Serikat menyebutkan, hanya 39% orangtua yang membacakan cerita untuk anak-anaknya setiap hari. Sementara 16% orangtua lainnya tidak pernah membacakan cerita untuk anaknya. Wah sayang sekali, ya. Padahal kegiatan mendongeng alias bercerita ini, banyak sekali lho, manfaatnya.

        Tentunya, cara mendongengnya harus menarik ya, Ayah Bunda buat anak. Kalau kita mendongengnya dengan cara yang biasa, tidak berekspresi, kaku, dan membosankan, pastinya tidak bikin anak tertarik dong dengan cerita kita. Nah, kalau anak nggak tertarik dengan cerita kita, bagaimana kita bisa menyampaikan pengetahuan dan pesan kita pada anak? Iya, kan? Jadi, mendongeng itu adalah salah satu skill yang perlu dikuasai oleh orang tua.

        Karena mendongeng itu juga butuh ilmu dan pakai ilmu. Jadi, hari ini saya mau berbagi tips mendongeng nih buat Ayah Bunda di rumah. Bagaimana sih cara menyampaikan pesan kita lewat kegiatan mendongeng? Apa yang harus kita lakukan agar anak tertarik dengan cara kita mendongeng? Dan apa aja sih manfaat dari mendongeng itu? Yuk, kita simak di sini

Tips Mendongeng

1. Pilih atau buat cerita yang sesuai dengan usia dan kematangan anak

2. Pastikan anak berada dalam keadaan nyaman

3. Kuasai materi dan pikirkan pesan apa yang ingin kita sampaikan pada anak

4. Berikan kalimat pembuka dan penutup yang menarik pada anak seperti "Pada suatu hari bla...bla...bla" atau "Di suatu tempat" dll


5. Sampaikan cerita dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak

6. Sesuaikan gerakan tubuh dengan keadaan dalam cerita seperti jika cerita tentang orang yang terjatuh atau marah. Maka, Ayah Bunda harus berpura-pura terjatuh pula atau gerakan marah di depan anak

7. Perhatikan intonasi, ini penting Ayah Bunda. Karena nggak lucu kan , jika kita bercerita tentang tokoh yang sedang mengalami kesedihan tetapi intonasi bicara kita sambil tertawa atau datar saja. Untuk itu, sesuaikan intonasi kita dengan tokoh di dalam cerita

8. Berikan ekspresi yang sama dengan keadaan yang sedang terjadi di dalam cerita. Misalnya, bercerita tentang si tokoh yang sedang bahagia. Maka, Ayah Bunda jangan lupa ekpresikan rasa bahagia itu dengan senyuman, tertawa atau pun dengan menari-nari senang dll.

9. Bermain-mainlah dengan suara. Jika Ayah Bunda sedang menjadi tokoh anak-anak, kakek-kakek, nenek-nenek atau tokoh apa pun. Berikan suara yang berbeda-beda disesuaikan dengan peran yang sedang dimainkan.

10. Libatkan anak dalam mendongeng seperti mengajak anak untuk berpikir kemanakah arah ceritanya atau bertanya tentang episode dari cerita tersebut dll

11. Selipkan humor agar kegiatan mendongeng tidak membosankan untuk anak

12. Terakhir dan penutup. Mintalah anak untuk menangkap pesan dari cerita tersebut atau meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang mereka dapatkan dari kegiatan mendongeng tersebut

11. Dll

        Ayah Bunda, mendongenglah selebay, seheboh mungkin! Karena memang karakteristik anak tepatnya anak usia dini, senang dengan sesuatu yang penuh ekspresi. Berimprovisasilah dan jangan malu-malu.


Dalam mendongeng, Ayah Bunda boleh dengan disertai alat peraga seperti buku cerita, boneka atau boneka tangan, gambar, jari dll. Tanpa alat peraga pun tetap bisa menarik bagi anak. Tetapi, kita harus lebih pintar memanfaatkan gerakan tubuh kita, ekspresi wajah, improvisasi dll dalam mendongeng

Manfaat Dari Kegiatan Mendongeng

Ada 12 manfaat dari kegiatan kita mendongeng untuk anak yaitu:

1. Membangun bonding orang tua dengan anak
2. Dapat menghibur anak
3. Bisa menyampaikan pesan moral pada anak
4. Mengenalkan berbagai bentuk emosi pada anak seperti cerita ketika sedang sedih, bahagia, marah, cemberut dll
5. Bisa mengenalkan pada anak tentang rasa simpati dan empati pada orang lain
6. Mengenalkan dan menambah kosa kata baru pada anak
7. Merangsang daya imajinasi anak dari membayangkan sebuah  kejadian yang sedang kita ceritakan
8. Menstimulus kemampuan bicara dan berbahasa anak karena merangsang rasa ingin tahu anak tentang sebuah cerita dengan berbagai pertanyaan
9. Merangsang kemampuan anak untuk berpikir dari menebak-nebak jalan cerita
10. Orang tua yang suka mendongeng untuk anaknya, akan melatih anak menjadi pendongeng yang baik pula kelaknya
11. Menyampaikan pengetahuan pada anak
12. Anak belajar memahami sebuah cerita
13. Dll


        Wow banyak kan Ayah Bunda Manfaatnya. Lalu, kapan sih waktu yang tepat kita mendongeng untuk anak? Nah, untuk waktunya sebenernya boleh di siang hari tetapi paling bagus di malam hari, saat anak-anak menjelang tidur malam. Kegiatan mendongeng ini, bisa juga kita jadikan sebagai penghantar tidur mereka di setiap harinya.

        Bagaimana dengan Ayah Bunda sendiri, apa suka mendongeng juga untuk anak-anak di rumah? Kalau belum, yuk kita jadwalkan kegiatan mendongeng ini di sela-sela aktivitas kita bersama anak-anak di rumah dan jadikanlah kegiatan mendongeng ini sebagai moment berharga bagi anak kita sehingga bisa dikenang manis oleh anak ketika mereka dewasa kelak. Selamat mendongeng, ya Ayah Bunda dan selamat menikmati kebersamaan yang berkualitas dengan keluarga tercintanya

Baca juga: Ingin Dikenang Seperti Apakah Kita Oleh Anak kita? Yuk! Ikuti 10 Cara Mengukir Kenangan Manis Di hati Anak 






Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Di Era Digital "Lomba Blog #TantanganPengasuhanEraDigital


Ayah Bunda, berdasarkan hasil penelitian Yayasan Kita dan Buah Hati, menyebutkan sejak 2008 hingga 2010, sebanyak 67% dari siswa 2.818 siswa sekolah dasar (SD) kelas 4, 5, dan 6 di wilayah jabodetabek mengaku pernah mengakses informasi pornografi dan sekitar 24% mengaku melihat pornografi melalui media komik. Selain itu, sekitar 22% melihat pornografi dari situs internet, 17% dari games, 12% melalui film di televisi dan 6% lewat telepon genggam.

        Angka yang benar-benar membuat kita miris sekaligus khawatir, ya Ayah Bunda sebagai orang tua dalam menghadapi tantangan di era digital ini. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang solid pula pastinya antara Ayah dan Bunda dalam mendampingi anak-anak kita dalam menghadapi era digital ini.

Apa Itu Era Digital?



Era digital atau disebut sebagai globalisasi adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi. Sehingga betapa mudahnya, ya Ayah Bunda anak kita mendapatkan informasi dengan cepat, baik itu informasi yang benar maupun yang salah sekali pun.

        Nah, di sinilah diperlukan peran kita sebagai orang tua dalam mendidik, dalam pengasuhan dan mendampingi anak kita di era digital ini.

Beberapa Hal yang Perlu Di awasi Orang Tua di Era Digital Pada Anak

Ada beberapa hal yang perlu orang tua awasi dari anak di era digital ini seperti:
1. Media  Sosial
2. You Tube
3. Games
4. Pornografi dan
5. Berita hoak

Mengapa?

Karena beberapa hal diatas dapat memberikan dampak negatif pada anak. Seperti:

1. Dampak negatif dari media sosial

- Mengakibatkan anak rentan mendapatkan kejahatan dari dunia maya seperti penculikan, pelecehan seksual, pembullyan, penipuan dan juga pemerasan

- Dapat mempengaruhi perilaku anak, seperti anak jadi malas belajar, mengganggu konsentrasi anak, mempengaruhi prestasi anak di sekolah, menimbulkan sifat pamer, haus pujian dan cenderung membuat anak menjadi narsis dari kebiasaan anak sering mengunggah fotonya ke media sosial, dimana kebiasaan ini menurut para ahli menandakan bahwa anak-anak kita sekarang rentan dengan depresi.

- Mengganggu kesehatan anak karena anak kuat begadang berjam-jam hanya untuk bermedia sosial. Sehingga dapat mempengaruhi kesehatan anak seperti turunnya daya tahan tubuh dan merusak kesehatan mata


- Menyebabkan anak menjadi anti sosial karena asyik dengan dunia mayanya
-  Dll

2. Dampak negatif dari you tube

- Anak menjadi mudah mengakses pornografi baik disengaja maupun tidak sengaja
- Anak bisa menonton tayangan yang belum layak anak tonton,  seperti tontonan yang bukan untuk umurnya atau tontonan yang tidak mengedukasi
- Anak bisa mendengarkan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya
- Dll

3. Dampak negatif dari games

- Banyaknya games anak-anak yang di dalamnya ada unsur kekerasan dan pornografi.
- Dapat mempengaruhi psikologis anak seperti, anak menjadi kecanduan, agresif, mudah marah, mengajarkan kekerasan baik kekerasan fisik maupun verbal pada jiwa anak


- Mempengaruhi perilaku anak seperti anak jadi malas, susah fokus belajar, sering berkata kasar, membully orang lain dll

3. Dampak negatif dari pornografi

- Dapat merusak otak
- Anak jadi mudah terangsang
- Jadi pelaku kejahatan seksual atau penyimpangan seksual

4. Dampak negatif dari berita hoak

- Anak mudah termakan isu dan di adu domba
- Mudah terbawa aliran sesat
- Bisa juga ikut menyebarkan fitnah dan berita yang tidak benar
- Dll

Wah ternyata banyak ya, Ayah Bunda dampak negatif dari era digital ini pada anak kita. Terutama anak mudah sekali mengakses itu semua dari gadget. Kenapa? Karena sekarang hampir semua orang memiliki gadget termasuk anak-anak. Jadi, sebagai orang tua kita perlu menerapkan metode yang tepat dalam pengasuhan anak-anak kita di era digital ini.

Bagaimana Caranya?



Peran Bijak Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Di Era Digital

1. Berikan anak gadget di usia yang tepat
Pemberian gadget diusia anak yang belum matang hanya membuat anak semakin cepat terjerumus dari dampak negatif era digital ini

2. Buat aturan yang jelas pada anak
Buat kesepakatan dengan anak mana yang boleh anak lihat dan mana yang tidak boleh, serta batasi waktunya

3. Minta anak hanya boleh memiliki 1 media sosial saja, agar kita lebih mudah mengawasi anak dan berikan anak penjelasannya.

4. Ajak anak berkomunikasi tentang dampak negatif era digital agar anak dapat berhati-hati ketika berselancar di dunia maya

5. Letakkan komputer atau laptop di ruang yang banyak dilewati anggota keluarga

6. Minta pasword gadged anak dan media sosialnya untuk memudahkan kita mengawasi anak

Lakukan itu semua dengan cara berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan anak bukan dengan cara otoriter atau menceramahi anak. Karena itu bisa membuat anak marah dan berontak pada orang tuanya

Penting Bagi Orang Tua



1. Perlu adanya kekompakan antara ayah dan bunda atau dengan orang terdekat anak.
Mendidik dan pengasuhan itu perlu kerjasama tidak bisa masing-masing. Sehingga dibutuhkan kekompakan antara Ayah dan Bunda atau orang terdekat anak dalam menyamakan pola asuh terhadap anak

2. Untuk tidak bermain gadget atau internetan di depan anak
Kita tidak mungkin melarang anak untuk tidak bermain gadget atau internetan lama-lama, jika kita sebagai orang tua tidak memberi contoh yang baik pada anak

3. Bangun bonding yang kuat dengan anak.
Bonding yang kuat dengan anak akan membuat anak merasa nyaman dan terbuka pada orang tuanya

4. Alihkan anak dengan kegiatan-kegiatan positif yang anak sukai seperti memberikan anak les renang, piano dll

5. Bangun komunikasi yang positif pada anak
Jalin komunikasi 2 arah dengan anak seperti suka mendengarkan curhatan anak, tidak suka menceramahi anak, bertanya tentang perasaan anak dll

6. Orang tua perlu belajar teknologi
Bagaimana orang tua bisa mengawasi anak di era digital ini, jika sebagai orang tua kita masih gagap teknologi? Yuk, kita sama-sama belajar Ayah Bunda. Jangan sampai kita kecolongan dalam mengawasi anak-anak kita

7. Teliti semua aplikasi anak
Ini penting sekali, agar kita tahu mana aplikasi yang aman buat anak mana yang tidak dan bagaimana cara kerjanya sebuah aplikasi

8. Protek situs-situs yang negatif pada anak
Untuk melindungi anak, kita bisa memprotek situs-situs negatif pada anak seperti situs-situs yang mengandung pornografi dan unsur kekerasan pada anak.

9. Tanamkan pendidikan seks usia dini pada anak
Di era digital ini menjadi salah satu cara maraknya pelecehan seksual di mana-mana. Termasuk di dunia maya, sehingga perlu sekali sebagai orang tua kita menanamkan pendidikan seks usia dini pada anak kita sebagai salah satu cara pendidikan dan perlindungan pada anak kita.

10. Tanamkan nilai-nilai agama pada anak
Agama adalah salah satu yang mengatur kehidupan manusia dalam segala aspek. Ini termasuk bagian penting yang orang tua perlu kenalkan pada anak sedini mungkin agar anak tetap berada dalam koridor yang aman dalam batasan aturan agama
11. Dll

        Ayah Bunda, setelah kita tahu tantangan apa saja yang akan kita hadapi dalam pengasuhan anak kita di era digital ini. Menyadarkan kita, betapa pentingnya pendidikan dan pengasuhan anak itu dimulai dari dalam rumah, sebagai pondasi pada anak dan sebagai salah satu cara kita dalam memberikan pertahanan yang kuat untuk anak-anak yang berasal dari rumah. Yuk, kita sama-sama belajar Ayah Bunda πŸ˜„


Salah satu dampak negatif di era digital bagi orang tua dan anak