Kita yang Mengendalikan Handphone atau Handphonekah yang Mengendalikan Kita ?



Dulu tuch yach, aq tu ketergantungan banget ma Hp. Gimana nggak ketergantungan apa2 pegang hp, apa2 lihat hp, dikit2 hp. Smuanya tentang hp. Lagi makan sambil pegang hp, ngasuh anak sambil pegang hp, ngasih makan anak sambil liat hp, nyusuin anak sambil pegang hp, lagi ama suami main hp. Hahh pokoknya dikit2 hp. Astagfirullohhhhh (istigfar makkk) 😢.

        Mungkin bukan aku aja yang begitu, tetapi hal seperti itu jadi hal yang lumrah untuk zaman sekarang ini. Baik ada yang menyadarinya atau tidak. Secara tidak sadar bukan kita lagi yang mengendalikan hp. Tapi hp lah yang mengendalikan kita. Kamu tau, suatu hari aku tersadar betapa banyak hal terenggut dariku karena sebuah benda yang bernama hp dan aku benar2 menyesali waktu yang terbuang begitu saja di hari2 yang lalu 😭.

        Yupz, hpku rusak dan akhirnya slama 2 minggu aq tanpa ditemani hp dan dari sanalah aku tersadar apa saja yang tlah hilang dariku :
1. Ketenangan
Karena kebiasaan yang dikit2 ngecek hp, dikit2 liat medsos akhirnya membuatku kehilangan ketenanganku. Gimana mu tenang buka medsos dikit2 ngebaper liat status2 orang yang bisa beli ini itulah, pamer ini itulah, lihat foto2 orang yang ada disinilah ada disanalah. Membuat medsos jadi ajang pamer ini itu. Hahhh betapa membuat berisiknya duniaku jadinya 😞.

2. Bonding aku dengan anakku
Yupz aku kehilangan banyak kesempatan dalam membangun bonding dengan anakku. Gimana nggak hilang klo nyuapin anak sambil pegang hp, nyusuin anak sambil pegang hp, nidurin anak sambil pegang hp, wah banyak ya dan aku menyesali itu hiks 😭

3. Kurang fokus k anak
Gara2 kebiasaanku megang hp, akhirnya membuatku kurang fokus dengan kehadiran anak dan kurang fokus juga dalam menemaninya bermain

4. Kurang fokus mengerjakan aktivitas
Gimana mau fokus klo dikit2 hp (hadeuhhh).

        Mungkin masih banyak dampak buruk yang lain yang tak ku sadari. Dalam masa2 hpku rusak, aku bisa mendapatkan ketenanganku kembali, bisa fokus membangun bonding dengan anak, bisa fokus mengurus anak, fokus ngerjain kerjaan rumah, punya waktu lagi untuk membaca buku dan kamu tahu akupun akhirnya menemukan sesuatu yang baru dari diriku yang slama ini tak ku ketahui, yaitu ternyata aku suka menulis dan punya kegiatan baru yaitu menshare tulisan2ku dan berbagi ilmu di blog (aku terharuuuu , ngelap pake tisu galon). Ternyata ketika kita bisa membatasi dan cerdas dalam mengendalikan handphone, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain. Nggak percaya ? Cobainnn dech 😃. Kini setelah aku punya hp baru, aku jadi lebih bijak lagi dalam penggunaan handphone dan tak akan ku biarkan ia mengambil moment2 berharga lagi dalam hidupku.

Allhamdulillah, dapet hidayah dari tragedi rusaknya handphone hihihi 😂. Di bawah ini aku sisipkan video dari dampak negatif handphone dari penggunaan yang tidak bijak 😃


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
February 24, 2017 at 5:50 AM delete

Saya memang membatasi penggunaan hp. Bagi saya hp sarana untuk bekerja, jadi kalau pas kerja hp dihidupkan (kerjaannya nulis). Pas buat tulisan baru dihidupkan lalu posting. Setelah kelar, fokus ke pekerjaan lain (hp dimatikan lalu disimpan). Sesekali buka hp selagi tak untuk pekerjaan juga tidaklah mengapa.

Reply
avatar
February 24, 2017 at 7:54 AM delete

Terima kasih teteh ilmunya. Kemarin saya nggak sadar sempat berlebihan dalam penggunaan hp nya, hadeuhhhh

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃