Bunda Kenalkan 2 Hal Penting Ini Pada Anak Agar Momen Kemerdekaan Tak Berlalu Begitu Saja.


Merdeka! Ayah Bunda. Wah di hari-hari kemerdekaan ini. Apa aja sih yang biasanya Ayah Bunda lakukan dengan anak-anak di rumah? Dan apa saja yang sudah Ayah Bunda kenalkan pada anak untuk membantu anak memaknai momen di hari kemerdekaan ini? Tentu kita tidak ingin, ya Ayah Bunda momen kemerdekaan ini berlalu begitu saja tanpa ada nilai sesuatu yang bisa kita berikan pada anak.

         Tahukah Ayah Bunda, ada 2 hal penting ini yang sebaiknya kita kenalkan pada anak di hari kemerdekaan. Apa aja ya itu ?

1. Sejarah kemerdekaan Indonesia

Sebagai bangsa Indonesia yang terlahir di zaman ini,  kita tentunya tak seharusnya melupakan sejarah kemerdekaan bangsa kita sendiri. Walau, banyak orang yang kurang dapat memaknai hari kemerdekaan ini dan membiarkannya berlalu begitu saja.

        Nah, kita pasti tidak ingin ya, Ayah Bunda, anak kita mengikuti kebanyakan orang dan menjadi generasi yang melupakan sejarah bangsanya sendiri. Jadi, penting buat kita sebagai orang tua untuk mengenalkan anak sejarah kemerdekaan bangsanya sendiri.

        Bahkan anak usia prasekolah sudah bisa lho, Bun dikenalkan dengan sejarah. Tentunya disesuaikan pula dengan kematangan usia anak dan ada tahapannya, ya. Misalnya bisa lewat dibacakan buku cerita, bermain peran, boneka tangan, atau kita sendiri yang bercerita dengan penuh ekspresi dan berimprovisasi. Yang penting anak mengenal dahulu

Manfaat mengenalkan anak dengan sejarah kemerdekaan :

a.  Anak belajar sejarah bangsanya sendiri
b. Menumbuhkan rasa cinta anak pada tanah airnya
c. Menumbuhkan jiwa nasionalis anak
d. Membuat anak tak mudah terbawa arus kebudayaan negara lain.
e. Dll

2. Mengenalkan anak dengan ciri khas perayaan hari kemerdekaan yaitu mengajak anak untuk mengikuti perlombaan dan berpatisipasi di dalamnya.

Wah, kalau hari kemerdekaan itu, pastinya banyak perlombaan untuk anak ya, Ayah Bunda yang diadakan di mana-mana. Umumnya di setiap RW suka ada sih, ya. Nah, kenapa tidak kita ajak anak untuk memeriahkan hari kemerdekaan dengan mengikuti perlombaan yang diadakan di dekat rumah. Jarang-jarang, kan perlombaan itu ada. Mumpung ada kesempatannya, yuk kita manfaatkan. Kenapa? Karena banyak lho manfaat dari perlombaan itu dalam proses belajar anak. Apa aja sih, itu?

Berikut beberapa contoh perlombaan yang diadakan di komplek rumah saya :

a. Lomba makan kerupuk


Wah, lomba ini pasti selalu ada di setiap hari kemerdekaan. Walau lombanya sederhana, tetapi banyak manfaatnya lho. Salah satunya adalah dapat melatih konsentrasi anak

b. Lomba hias sepede



Lucu-lucu ya, Bun sepedanya. Nah, lomba menghias sepeda ini banyak nilai edukasinya lho, jika kita juga ikut mengajak anak untuk terlibat di dalamnya. Tentunya disesuaikan juga dengan kemampun anak ya, Ayah Bunda. Apa aja sih, nilai edukasinya?

- Melatih motorik halus anak dalam menggunting, merobek, meremas dan menempel

- Merangsang jiwa kreativitas anak
- Dapat mengenalkan warna pada anak usia dini

- Merangsang berpikir kritis anak, ketika orang tua bertanya ingin sepedanya dihias seperti apa dll

Ini adalah sepeda hias yang menang di komplek saya. Lucu kannnnnn?

Juara 1 
Juara 2
c. Lomba giring bola pakai terong


Jujur ya, Bun, saya baru tahu dan lihat ada lomba giring bola pakai terong hehehe. Kreatif sekali panitianya. Tetapi anak-anaknya senang dan serius mengikuti lombanya. Walau, lomba ini tidak umum ya. Tetapi, tetap ada nilai manfaatnya lho. Seperti:

- Melatih konsentrasi anak
- Melatih motorik anak ketika berusaha menggiring bolanya
- Melatih anak berpikir bagaimana caranya agar terongnya bisa mengenai bola dan bolanya bisa maju

d. Lomba ambil bendera


Lomba ini mudah sekali, Bun. Bahkan anak-anak kecil minimal usia 2 tahun juga sudah bisa memainkan lomba ini. Selain seru, lomba ini pun memiliki nilai lebih seperti:

- Menstimulus motorik kasar anak
- Membuat anak berolahraga
Pastinya itu semua bermanfaat ya, Bun dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu foto pemenang lomba
Bahagianya ibu itu, sederhana 😃
Sebenarnya banyak, sih lombanya. Hanya saja, saya baru sempat meliputnya sebagian. Nah kita ambil kesimpulannya ya, Bun. Bahwa mengajak anak untuk mengikuti perlombaan di hari kemerdekaan itu, banyak sekali manfaatnya untuk anak dan orang tua itu sendiri. Yaitu:

^ Membangun bonding antar anggota keluarga

^ Memberikan kecerian dan kebahagian pada orang tua dan anak, dimana ini baik untuk psikologis diri kita

^ Melatih anak untuk mencoba lagi dan berusaha ketika sedang mengikuti lomba.

^ Merangsang berpikir anak

^ Melatih kekompakan antara orang tua dan anak

^ Menumbuhkan jiwa persaingan pada anak

^ Mengenalkan pada anak bahwa kalah dan menang itu biasa yang penting usahanya

^ Mengenalkan pada anak bahwa jika menang tidak boleh sombong dan tidak boleh meremehkan orang lain

^ Mengenalkan pada anak bahwa bukan hasil yang terpenting tetapi proseslah yang mendewasakan kita

^ Mengajarkan anak untuk bersikap jujur

^ Mengenalkan anak untuk belajar menerima kekalahannya

^ Menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak

^ Dll

Bagaimana, Ayah Bunda, tidak menyangka ya. Hal-hal sederhana ini, tetapi memberi nilai lebih dalam proses belajar anak. Apa Ayah Bunda, sudah mengenalkan anak dengan 2 hal penting ini? Kalau belum, yuk setiap tahun kita ajarkan hal serupa pada anak dan tingkatkan sesuai dengan kematangan usia anak pula. Selamat mencoba Ayah Bunda dan selamat hari kemerdekaan







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
20 Agustus 2017 20.40 delete

kalau lomba 17-an saya yang sudah ibu-ibu ini aja excited, bun. apalagi ana-anak :D

Reply
avatar
20 Agustus 2017 22.16 delete

Aku kemaren cm ngenalin simbol negara aja mbk, bendera Indonesia, hiks,
Mdh2an thn dpn aku bs praktekin dua hal ini,
Makasih ya mbak, :)

Reply
avatar
20 Agustus 2017 23.32 delete

Hahaha iya bun. Kemarin juga rasanya saya juga pengen ikutan lomba. Tapi sayang ga ada lomba buat ibu2nya hahahah

Reply
avatar
20 Agustus 2017 23.32 delete

Sama2 bunda. Semoga bermanfaat 😃

Reply
avatar
22 Agustus 2017 20.44 delete

kreatif bangetttt itu hiasan sepedanya mba haha, ku paling suka nontonin anak"lomba sepeda hias soalnya bisa liat sepeda yang unik"gini ^_^

Reply
avatar
22 Agustus 2017 23.24 delete

Iya bun. Udah jarang sekarang soalnya lomba hias sepeda ya

Reply
avatar
23 Agustus 2017 06.26 delete

Anakku juga ikutan lomba kmrn mba.. Ada karnaval sepeda hias juga. Buat kegiatan positif lah, biar gabung sama tmn2 seumuran di rumah..

Reply
avatar
23 Agustus 2017 23.13 delete

Bener bangettt bunda. Seruuu ya 😍

Reply
avatar
4 September 2017 03.10 delete

Aduhh.. Aku liat sepeda hias itu jadi ingat zaman dulu... Hihihi..
Sayangnya skrg udah jarang banget disini lomba sepeda hias.. Hiks.. Malah emaknya yang asik lomba bikin tumpeng kemarin..😅

Reply
avatar
4 September 2017 15.08 delete

Iya ya, bun udah jarang memang sekarang lomba sepeda hias. Wah asyik dong bunda ikutan lomba bikin tumpeng. Pasti seru tuh buat para emak2 😃

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃