Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Menghadapi Anak GTM atau Susah Makan

anak susah makan atau gtm
Foto: www.ummi-online.com
       
   Terkadang suka sedih dan kasian mendengar cerita para bunda yang anaknya GTM lah atau susah makanlah 😑. Nah apa sih itu GTM (Gerakan Tutup Mulut) ? dari kepanjangannya saja sudah kebayang kan bun anak nggak mau makannya?. Pada umumnya sich anak GTM atau susah makan itu ada penyebabnya bun.  Nah agar kita bisa menghindari anak GTM atau udah terlanjur GTM, cari tahu dulu penyebabnya apa ? agar kita dapat segera menemukan solusinya.


Penyebab Anak Susah Makan atau GTM


penyebab  anak susah makan dan cara menangani anak susah makan atau GTM
Pixabay


Aku mau bahas penyebab umumnya saja ya bun 😊, apa saja itu? 

1. Trauma
     Wah kok bisa sih masih bayi sudah trauma ? bisa bunda jika kita pernah atau suka memaksa anak makan, akhirnya bisa membuat anak trauma dengan sendok atau dengan kegiatan makannya, sehingga kegiatan makan itu menjadi tidak menyenangkan atau mimpi buruk bagi anak.

Baca juga: Makanan Instan Vs MPASI Rumahan

      Terkadang sebagai orang tua kita suka kwatir ya bunda klo anak nggak mau makan. Takut anak sakitlah atau nutrisinya tidak tercukupilah dan dengan alasan lainnya. Tetapi ternyata memaksa anak makan malah menimbulkan masalah baru.

      Jadi sebaiknya kita hindari memberi makan anak dengan paksa ya bun, karena kita juga nggak suka kan makan dengan dipaksa ? begitu juga dengan anak kita 😉.

2. Kurangnya variasi makanan
    Nah klo menunya itu-itu mulu juga bikin anak malas makan bunda dan merasa bosan dengan makanannya. 

   Sejak kita terpilih menyandang predikat sebagai seorang ibu, sejak itu mau tidak mau kita dituntut untuk terus belajar salah satunya belajar memasak (nunjuk ma diri sendiri 👈 😐) dan kreatif membuat makanan untuk anak agar anak tertarik dengan makanannya  

3. Kegiatan makan yang kurang menarik
     Kegiatan makan memiliki peranan penting dalam membentuk mood anak makan. Jika kegiatan makan anak membosankan, tanpa memotivasi anak, dan dengan wajah kitanya juga cemberut, yach sudah dech anak nggak semangat makannya 😔.

     Kalau kegiatan makan Erysha selalu aku buat suasana makan yang ceria misalnya dengan aku bernyayi, suka memberikan pujian, dan memberikan kata-kata yang positif 😍. 

Baca juga : Penyebab Anak Sembelit 

4. Kebutuhan psikologis anak 
    Dalam pemberian makan kita perlu memperhatikan kebutuhan psikologis anak misalnya kalau anak sedang ngantuk, biarkan anak untuk tidur terlebih dahulu dll

5. Tekstur makanannya
     Tekstur makanan yang terlalu lunak atau terlalu kasar yang tidak sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak, bisa membuat anak tidak menyukai makanannya.

     Suka ada sih bunda anak baru 9 bulan, udah tumbuh gigi, dan kemampuan mengunyahnya pun baik, tidak lagi menyukai nasi tim/nasi lunak. Pengennya tuch tekstur menu keluarga, sudah boleh dinaikkan ke tekstur menu keluarga. Tetapi tetep yach bun disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan anak 😉

6. Pernah ngerasain makanan yang manis dan asin
     Ketika anak sedang fase MPASI sebaiknya makanannya yang hambar-hambar dulu bunda untuk menghindari anak jadi pemilih makanan atau susah makan dikemudian hari. Jadi jangan dulu dikenalkan pada garam dan gula. 

Tetapi ketika anak mulai berusia 9 bulan , menurut dr Frecillia Regina, SpA, IBCLC , Dokter anak di Rs Limijati Bandung sudah boleh dikenalkan dengan garam dan gula tetapi dalam kadar yang rendah.

      Dikhawatirkan jika anak tidak mulai dikenalkan dari usia 9 bulan  cenderung susah makan pada saat naik ke menu keluarga yang dikarenakan anak sudah terbiasa dengan makanan yang hambar.  

Namun para ahli yang lain ada juga yang berpendapat bahwa anak usia di bawah 1 tahun belum boleh dikenalkan pada gula dan garam. Nah tergantung bunda mau ambil  pendapat yang mana ? 😊

7. Tumbuh gigi atau sariawan
     Bunda ketika anak GTM, segera periksa rongga mulut anak, apakah anak sedang tumbuh gigi atau sedang sariawan

Baca Juga : Review Alat Masak MPASI "Baby Safe"

8. Bosan dengan alat makannya
    Bunda   salah satu penyebab anak GTM adalah bisa karena anak merasa bosan dengan alat makannya. Coba ganti dengan alat makan yang lebih menarik lagi seperti warnanya, gambarnya atau bentuknya.  

9. Anak sedang belajar makan
Untuk sebagian anak ada yang mengalami susah makan padahal semuanya sudah kita lakukan salah satu penyebabnya adalah anak sedang belajar mengunyah dan menelan makanannya.

     Ini membuat anak kesulitan makan karena sedang belajar beradaptasi dengan makanannya. Jadi orang tua perlu sabar ketika fase ini dan perlahan-lahan mengenalkan makanannya tanpa memaksa anak makan.

10. Dll

Baca Juga : Panduan MPASI WHO

        Wah banyak ya bun yang menjadi penyebab anak GTM atau susah makan. Walau begitu tidak mengurangi usaha kita untuk memperbaiki pola makan anak kita. Jika tidak segera diperbaiki akan berlanjut seterusnya atau anak mengalami kurang asupan nutrisi. Nah sampai di sini dulu ya bun informasi dan ilmu yang aku sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bunda





 



2 comments

  1. anakku juga susah makan mbak...5 sendok sudah ...kukasih vitamin dan madu...alhamdulilah udah agak mendingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah syukurlah bunda. Walau begitu tetap perlu kita mencari tahu penyebab anak susah makannya agar anak kita tidak ketergantungan dengan vitamin juga. Semangattt ya bun 😃

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏