• Monday, May 1, 2017

    Bahagianya Anak-Anak Membuat dan Bermain Slime


    Apa itu Slime 

            Ayah bunda suka bingung nggak sih memberikan kegiatan apa lagi untuk anak, agar anak tidak bosan dengan rutinitasnya ? Terkadang kita tetap bingung ya ayah bunda. Nah hari ini saya ingin bercerita tentang salah satu kegiatan mengajar saya bersama rekan saya yaitu "Membuat Slime". Sebagian pasti sudah tahu ya apa itu slime ?, betul sekali slime dalam kata bahasa Inggris artinya "lendir". Jadi slime di sini adalah berupa gumpalan cairan yang kental, teksturnya lunak, kenyal, bisa di tekan-tekan, di tarik- tarik dan bisa juga di bentuk mirip playdough tetapi bukan playdough ya bun.

             Keunikan slime yang begitu menarik bagi anak-anak sehingga membuat anak-anak sangat menyukainya. Slime itu mudah sekali kita dapatkan, bisa kita beli dan bisa juga kita buat. Hari ini kami mengajak anak-anak untuk membuatnya agar anak-anak tahu proses pembuatannya. Mereka begitu bersemangat dan antusias membuatnya. Jika anak didiknya begitu  bahagia tentunya membuat kami sebagai gurunya ikut bahagia pula

    Membuat Slime

            Slime itu banyak sekali macamnya ayah bunda dan bahan-bahannya pun berbeda-berbeda. Tergantung kita mau membuat slime yang seperti apa. Nah hari ini kami membuat slime yang bahannya mudah sekali kita dapatkan dan pastinya tidak berbahaya untuk anak. Langsung aja yah 

    Alat dan bahan:

    Alat
    - gelas plastik
    - sendok
    Bahan :
    - air
    - lem kayu (kami memakai merk Fo*)
    - cat air warna warni
    - Sabun mandi cair (kami memakai merk Bio**)
    - Gom (gom ini mudah sekali didapatkan di apotek dan harganya sangat terjangkau) 

    Cara membuat:
    1. Masukkan lem ke dalam gelas plastik banyaknya sesuai selera anak
    2. Masukkan sedikit air lalu aduk sampai rata. Airnya sedikit saja ya jangan sampai terlalu cair. Cukup dibuat sampai berupa  gumpalan
    3. Masukkan 1 atau 2 macam warna cat air, sedikit saja ke dalam adukkan lalu aduk hingga merata
    4. Masukkan gom secukupnya lalu aduk rata.
    5. Tambahkan sabun cair secukupnya lalu aduk hingga merata dan menjadi gumpalan.
    6. Jadi deh slimenya 


            Mudahkan bun cara membuatnya dan bahan-bahannya pun terjangkau serta mudah juga kita dapatkan. Tidak begitu repot, tetapi membuat anak-anak begitu ceria dalam pembuatannya dan memainkannya

    Manfaat Slime 

            Slime ini banyak sekali manfaatnya. Berikut ini manfaat dari slime:
    1. Membangun bonding bersama anak
    2. Membuat anak ceria dan bahagia
    3. Merangsang kreativitas anak dalam membentuk dan memainkan slime
    4. Tempat anak berekspresi dan berekplore
    5. Melatih motorik halus anak ketika menekan-nekan, menarik-narik, memukul dan membentuk slime


    6. Membuat anak belajar warna dan bisa juga jadi tempat anak belajar percampuran warna. Seperti warna merah jika dicampur dengan warna kuning maka warna akan berubah menjadi warna orange dll
    7. Untuk menghilangkan rasa bosan pada anak
    8. Slime dapat dijadikan alat pembersih permukaan seperti membersihkan kotoran / debu pada kaca, sela-sela keyboard, Handphone, speaker, kipas angin dll
    9. Sebagai hiasan kamar, ruang tamu, dll.

            Wah selain mudah juga banyak manfaatnya kan ?. Yuk ayah bunda bisa di coba sendiri membuatnya bersama-sama anak. Di jamin seru. Selamat mencoba ya

    10 comments:

    1. Adek sepupu saya suka banget sama Slime ini. Suka bikin sendiri juga dia :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun seru ya ternyata. Saya juga baru tau tentang slime ini. Mainan ini sedang terkenal
        Ya 😃

        Delete
    2. Anakku bisa bikin sendiri nih bun �� aku juga heran kok anak2 demen bgt mainin slime ya? Kenyal2 gitu apa?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun karena mungkin bisa di tekan2, di tari2k n bisq di bentuk juga jadi anak2 pada seneng ya 😃

        Delete
    3. Belum pernah bikin slime yg berhasil. Resep yg dishare ini sepertinya lbh lengkap. Tfs, Bun. Nanti saya coba.

      ReplyDelete
    4. Dulu pernh beli tapi anak ku kurang suka ya, malah aku yg mainin hehe. Tapi menarik juga untuk dibuat sendiri, pasti anak saya lebih suka buat sendiri dengan versi dia jadi lebih bersemangat dan ceria hehe menarik ya bun

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun klo bikin sendiri rasanya suka beda klo beli. Klo bikin itu ada rasa sensasi tersendiri bagi anak hihihi

        Delete
    5. wah saya justru baru tau cara bikin slime ini, selama ini kami beli yang udah jadi.. Untung main kemari jadi tau deh cara buatnya. Makasih ya bun!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bun. Klo bikin sndri lbh asyik bun. Soalnya ada rasa sensasinya juga 😃

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES