Kegiatan Stimulus Tumbuh Kembang Anak dengan Membuat Pohon Bibir

Kegiatan Stimulus Tumbuh Kembang Anak dengan Membuat Pohon Bibir

Hai Bunda sebagai ibu, suka bingung nggak sih hari ini diisi kegiatan apa ya dengan anak? Hari ini mau stimulus aspek tumbuh kembang anak yang mana ya? Atau anak ini mau diapain lagi, ya? *efek saking anak udah bosen sama kegiatannya hihihi. Siapa yang suka kayak gitu? Sayaaaa 😂😂😂. Hampir setiap hari saya suka bertanya pada diri saya sendiri "Aduhhhh, hari ini Erysha dikasih kegiatan apa, ya yang bisa membantu menstimulus tumbuh kembangnya juga?". 

Rasanya sayang ya, Bun kalau anak kita dibiarkan begitu saja tanpa ada stimulus untuk dirinya. Karena tentu berbeda mana anak yang terstimulus dengan baik dan mana yang tidak. Anak berhak mendapatkan stimulus dari orangtuanya. Jadi, bukan lagi soal mau atau tidak mau kita menstimulus tumbuh kembang anak kita. Tetapi, ini soal kewajiban kita sebagai pendidik pertama untuk anak kita. Karena stimulus itu memang sesuatu yang anak butuhkan di masa-masa pertumbuhan dan perkembangannya di usia yang masih dini.

Karena pemahaman dan pemikiran seperti itulah kita sebagai orangtua terutama ibu harus mau untuk terus belajar, salah satunya adalah belajar untuk kreatif. Sebenarnya saya itu bukan orang yang kreatif ya, Bun. Tapi, mau gimana lagi buat anak soalnya hihihi 😂.

Baiklah, hari ini saya akan membagikan kegiatan stimulus tumbuh kembang anak dengan membuat pohon bibir. Kegiatan ini, saya ambil dari kegiatan Erysha (2 tahun) kemarin di rumah. Nah, apa Bunda sudah tahu dan sudah pernah membuatnya bersama anak? Kalau belum, boleh ikutin saja kegiatan Erysha ini, ya 😉


Kegiatan Stimulus Tumbuh Kembang Anak dengan Membuat Pohon Bibir

Prakarya

Nama kegiatan: Bermain dan membuat Pohon Bibir

Untuk usia: 2 - 6 tahun

Alat dan bahan:

Lipstik
Kertas HVS (Kertas Putih)
Crayon
Lem
Gunting
Pensil
Karton putih

Kegiatannya:

1. Tempelkan kertas putih pada tembok, sejajar dengan tinggi mulut anak

2. Saya memakaikan lipstik pada bibir saya di depan Erysha. Lalu, bibir saya, saya monyong-monyongkan dan membuat ekspresi bibir yang lucu di depan Erysha, hingga Eryshanya tertawa dan tertarik juga menggunakan lipstik pada bibirnya. Akhirnya, kita berekspresi senang deh di depan kamera dengan bibir yang sok seksi 😂. Lupakan semua masalah Bun, dan bersenang-senanglah dengan anak 😉

3. Ajak anak berlomba mencium kertas yang ditempelkan tadi. Bunda, bisa membantu dan mengarahkan anak bagaimana cara mencium kertasnya atau bisa dengan bebas membiarkan anak bereksplorasi dengan caranya sendiri

4. Gambarlah pohon pada karton putih yang sudah dibagi dua. Lalu, ajak anak untuk mewarnainya. Biarkan anak menggunakan warna sesuai maunya. Tetapi, jika anak belum mau mewarnai tidak apa-apa. Kita sendiri saja mewarnainya dengan tetap sambil mengenalkan warna pada anak seperti "Dede, lihat daunnya mau bunda pakaikan  warna hijau, ahh".

Untuk anak berusia 4 - 6 tahun, bisa meminta anak untuk menggambar sendiri dan mewarnai gambar pohonnnya dengan penuh

5. Setelah pohon jadi, kita gunting bentuk bibir anak lalu ajak anak menempelkannnya pada pohon yang kita gambar tadi.

Anak berusia 4 - 6 tahun bisa diajarkan untuk menggunting sendiri

6. Taraaaaaa. Jadi, deh pohon bibirnya 😍.

Prakarya, kreativitas

Bagaimana Bunda, mudah bukan? Nah, kalau hasilnya tidak seperti yang kita mau tidak apa-apa Bunda. Biarkan anak bereksplorasi dan namanya juga anak-anak ya, apalagi anak usia 2 tahun. Hal yang wajar sekali kalau misalnya warna pilihannya tidak sesuai dengan warna aslinya atau pekerjaannya tidak rapih dll. Jadi, biarkan saja 😉.

Sedangkan untuk anak usia 3 tahun ke atas, kurangi bantuan pada anak. Jadi, bantulah anak sesuai kemampuannya saja.

Manfaat kegiatan 


Mewarnai

Nah, sebenernya apa saja sih manfaat membuat dan bermain pohon bibir ini?

1. Membangun bonding antara ibu dan anak
2. Anak jadi memiliki kegiatan yang positif untuk dirinya
3. Anak dapat bereksplorasi
4. Menstimulus sensori anak
5. Mengenalkan anak warna
6. Melatih motorik halus
7. Menghibur anak
8. Dll

Waw, ternyata banyak ya Bun manfaatnya. Buat Bunda yang ingin mencoba juga kegiatan Erysha yang lain seperti membuat playdough yang aman bisa klik di sini ya, kegiatan bermain finger painting klik ini ya
atau kegiatan Erysha yang membuat prakarya dengan media daun bisa dilihat di sini, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Nah, itu dia Bunda salah satu kegiatan stimulus tumbuh kembang anak dengan membuat pohon bibir. Tidak terasa jadi sebuah prakarya untuk anak ya, Bun. Nanti hasilnya bisa kita kumpulkan dan buat jadi fortofolio anak atau bisa juga ditempel di kamar anak.  Buatlah kegiatannya semenyenangkan mungkin bersama anak kita. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di kegiatan Erysha yang lain ya 😘



Sumber
Chai's Play


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

35 comments

comments
March 14, 2018 at 7:40 PM delete

pengen meniru. Tapi saya nggak punya lipstik hehehe...
Baiklah. perlu direncanakan dan dianggarkan buat beli lipstik yang murah aja buat bermain sama anak

Reply
avatar
March 14, 2018 at 9:08 PM delete

wah, ingin coba itu.. bisa diaplikasikan untuk adik saya yang masih kecil......

Reply
avatar
March 14, 2018 at 9:14 PM delete

ibunya cerdas, anaknya beruntung bgt hehehe.
menumbuhkan sisi kreatif dari si anak.

Reply
avatar
March 14, 2018 at 9:31 PM delete

Semangat bun ajari anaknya biar kreatif!

Reply
avatar
March 14, 2018 at 9:34 PM delete

Hahaha ayo bun beli. Seru ternyata mainninnya sama anak 😂

Reply
avatar
March 15, 2018 at 5:26 AM delete

kalau anaknya cowok kurang pas ya bun main lipstik2an begini. tunggu adiknya dulu nih, siapa tahu rezekinya dapat anak gadis

Reply
avatar
March 15, 2018 at 11:51 AM delete

Gampang banget ya. Semua alatnya ada di rumah. Thanks infonya bun...

Reply
avatar
March 15, 2018 at 6:46 PM delete

Allhamdulillah bun. Bunda bisa aja 😉

Reply
avatar
March 15, 2018 at 6:46 PM delete

Butuh ide baru terus nih biar anak-anak gak cepat bosan.
Kalau bikin playdough sudah sering.
Wahhh yang ini kayaknya mudah ya.
Coba bikin ahh sama anak-anak.

Thank for sharing ya Bun (",)

Reply
avatar
March 15, 2018 at 6:48 PM delete

Hihihi itu dikembalikan lgi k ibunya 😂

Reply
avatar
March 15, 2018 at 6:54 PM delete

Wah..lengkap banget stimulus buat Erysha..
Pohon bibir, ide yang bagus, apalagi semua bahan mudah karena ada di rumah

Reply
avatar
March 15, 2018 at 8:40 PM delete

Aku pernah bikin sejenis tapi ini keknya bisa jadi ide lain buat sensory play akhir pekan ini. Thanks for sharing mbak

Reply
avatar
March 15, 2018 at 9:33 PM delete

Ah menarik. Tadi sempet bingung maksudnya pohon bibir gimana, sekarang paham. Anakku udah pengen nggunting sendiri sih tapi aku belum kasih. Baru 3 tahun 7 bulan... Udah bisa belum yaa

Reply
avatar
March 16, 2018 at 12:17 AM delete

hihihi saya jadi ketawa bacanya mba kirain pohon apaan :D

Reply
avatar
March 16, 2018 at 8:00 PM delete

Aku paling suka menggambar anime bun hihi, jadi kepikiran besok pingin ngjarin beby gambar anime

Tapi klo masi bayi balita aku mau nyontoh pola pola gambar yang masih simple bund...makasi inspirasinya

Reply
avatar
March 16, 2018 at 11:53 PM delete

Hehehe,, kirain apaan pohon bibir. Ternyata, :)

Reply
avatar
March 17, 2018 at 12:31 AM delete

Hahaha imajinasinya udah mulai liar ya bun pas baca judulnya 😂😂

Reply
avatar
March 17, 2018 at 12:36 AM delete

Hihihi banyak yg penasaran juga
Bun 😂

Reply
avatar
March 17, 2018 at 4:31 AM delete

saya suka semua cara cara bunda menstimulus erysha. kreatif tapi untuk pohon bibir terutama pake lipstik enggak bisa di coba akhdan deh bun hehe

Reply
avatar
March 17, 2018 at 10:05 PM delete

Wah enak itu klo udah punya skill gambar. Jdi nilai plus buat bkin bhan ajar yg mnarij k anak ntinya 😍

Reply
avatar
March 17, 2018 at 10:28 PM delete

Hahah soalny akhdan cwo ya bun 😂

Reply
avatar
March 24, 2018 at 12:32 AM delete

Kalau anak cewek mungkin asyik belajar dan beraktivitas dengan cara ini, tapi kalau anak cowok pasti lucu

Reply
avatar
March 24, 2018 at 12:39 AM delete

Hihihi iya bun, permainannya seru ☺️

Reply
avatar
March 27, 2018 at 6:28 PM delete

Bunda, kalau cowok, nggak apa apa kah menggunakan media lipstik? Atau bisa diakali dengan alat apa yaa? Saya biasanya fingerprint.

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃