• Thursday, April 19, 2018

    Bunda Bingung Cara Beli Token Listrik? Beli Online aja

    bunda bingung cara beli token listrik? beli online aja
    Pixabay

    Zaman sekarang, siapa yang tidak membutuhkan listrik? Listrik dibutuhkan oleh siapa saja dan bermanfaat dalam banyak hal, mulai dari sebagai sumber penerangan sampai untuk menjalankan banyak peralatan elektronik. Bagi orang-orang yang telah lama menggunakan listrik, yaitu sebagaian besar penduduk Indonesia, harus tinggal gelap-gelapan tentunya terasa tidak nyaman ya Bun

    Kalau kita memakai listrik dengan sistem token, terkadang kita bingung ya Bun kalau listrik rumah tiba-tiba habis. Masalah ini bisa terjadi kalau kita sampai lupa untuk mengisi token listrik ketika token sebelumnya telah habis digunakan. Bagaimana ini bisa terjadi? Yuk, kita cari tahu selengkapnya Bun tentang listrik dengan pemakaian token ini

    Mengenal Listrik Prabayar


    Token listrik
    Token Listrik - midohienergy.com
    PLN sebagai penyedia listrik di Indonesia menyediakan layanan dengan sistem pascabayar selama bertahun-tahun. Artinya, pengguna listrik baru akan tahu jumlah tagihan yang harus dibayarkannya pada awal bulan berikutnya. Setelah banyak pengguna terbiasa dengan sistem ini, PLN kemudian hadir dengan inovasi listrik prabayar. Tujuannya adalah untuk membantu pelanggan mengontrol penggunaan listriknya setiap bulan.

    Untuk menggunakan listrik prabayar, kita perlu menggunakan meter khusus ya Bun, berbeda dengan meter listrik pascabayar. Meter ini memiliki tombol-tombol untuk memasukkan kode token, yaitu kode 20 angka yang bisa didapat dengan cara dibeli. Token bisa dibilang merupakan suatu voucher dengan nominal tertentu. Semakin tinggi nominalnya, semakin tinggi kWh yang kita dapatkan, semakin lama pula kita bisa menggunakan listrik. Jumlah kWh yang kita dapatkan juga tergantung pada jenis meternya Bun, apakah subsidi atau bukan; rumah atau industri.

    Cara Beli Token PLN


    meter listrik
    Token Listrik - okezone.com
    Sebelum tempat tinggal atau kerja kita harus gelap-gelapan dan semua aktivitas terganggu, selalu pastikan kita memiliki token listrik yang cukup sesuai kebutuhan. Terutama untuk kita para ibu rumah tangga. Kalau bisa, selalu beli token sebelum kita benar-benar kehabisan token sebelumnya untuk menghindari terjadinya ‘mati lampu’ terlalu lama ya Bun.

    Untuk melakukan pembelian token PLN, caranya cukup mudah. Sekarang ini, kita bisa lho Bun melakukannya secara online dengan mudah dan cepat. Wah pastinya kita tidak perlu kelelahan lagi ya Bun harus keluar rumah hanya untuk membeli token listrik. Berikut ini adalah cara untuk membelinya secara online.

    1. Menemukan situs yang tepat
    Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian token untuk kebutuhan penerangan kita, mencari tahu apakah suatu situs cukup tepercaya menjadi hal utama. Jangan sampai kita memilih situs sembarangan yang melakukan penipuan atau tidak memiliki tingkat keamanan tinggi karena situs tersebut jelas akan merugikan kita pastinya ya Bun.

    Sebaliknya, pilihlah situs yang dikelola secara profesional dan terjamin keamanannya seperti Traveloka. Terlebih lagi, cara beli token listrik di Traveloka pun sangat mudah. Atau Bunda juga bisa mengakses langsung link ini https://www.traveloka.com/bill-payment/electricity/token-listrik-pln. Asalkan kita sudah bisa memanfaatkan internet, mengakses situs tersebut dan membeli token sesuai kebutuhan adalah hal yang mudah. Wah, kebutuhan rumah tangga jadi lebih mudah ya Bun di era digital ini

    2. Mengujungi situs pilihan
    Setelah yakin situs mana yang ingin digunakan, kunjungi situs tersebut menggunakan browser di komputer, laptop, atau gadget. Biasanya, situs yang dikelola dengan baik bisa dibuka sama baiknya di gadget sehingga sangat memungkinkan kita membeli token di sela-sela kesibukan kita sebagai ibu dalam beraktivitas. Selain itu, ada situs yang juga memiliki aplikasi mobile yang bisa dipasang di gadget. Kita bisa mengunjungi penyedia voucher listrik tersebut melalui aplikasinya saja.

    3. Lakukan transaksi pembelian
    Satu situs atau aplikasi memiliki banyak menu sesuai dengan jenis barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya, untuk pembelian melalui Traveloka, Bunda harus memilih menu berikut.

    - Buat akun kita di situs bersangkutan. Caranya adalah dengan memilih menu “Daftar” dan mengisi informasi yang diminta. Sebuah tautan konfirmasi terkirim ke alamat e-mail kita, klik tautan tersebut.

    - Masuk ke akun kita
    Dengan cara memasukkan alamat e-mail dan kata kunci yang telah kita masukkan ketika pendaftaran.

    -  Pilih “Bayar Tagihan,” Kemudian dilanjutkan dengan menu “Listrik PLN”.

    - Lanjut dengan memilih “Token Listrik” dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan kita

    - Pilih nominal token yang ingin kita beli. Perkirakan kita beli token untuk pemakaian berapa lama. Kalau hanya satu kali setiap bulan, nominal yang harus dibeli tentunya lebih besar daripada token yang direncanakan hanya untuk pemakaian selama satu minggu.

    -  Klik “Beli Sekarang”, kemudian akan muncul halaman baru yang mengarahkan kita ke review pembelian dan metode pembayaran.

    - Pilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kita Bun. Dalam situs contoh ini, metode pembayaran yang tersedia sangat bervariasi. Kita bisa menggunakan transfer, ATM, kartu kredit, kartu debit, dan cash melalui Alfamart atau Indomaret.

    - Setelah memilih metode pembayaran, lakukan check out pembelian.

    - Lakukan pembayaran melalui metode yang telah dipilih dengan segera. Jangan sampai kita melewati batas waktu yang telah diberikan. Kalau melewatinya, pembelian kita akan dibatalkan secara otomatis dan kita perlu mengulang cara yang sama seperti di atas.

    Setelah mendapatkan token listrik, kita dapat memakainya dengan cara memasukkan kode di dalam voucher token ke dalam meter kita sendiri, kemudian tekan “Enter”. Setelah berhasil, lampu indikator di meter kita akan berwarna hijau yang menunjukkan token kita masih banyak. Praktis sekali, bukan? Jadi, jangan sampai kita gelap-gelapan hanya karena terlambat beli token, ya Bun dan nggak perlu bingung-bingung lagi karena tinggal beli online aja

    26 comments:

    1. Menarik ni mba secara saya juga pake token kadang counter deket rmh suka kehabisan saldo, terimakasih sharing nya nanti di coba ya

      ReplyDelete
    2. wah aku belum pakai listrik yang bertoken, makasih banget infonya ya mbak

      ReplyDelete
    3. wahh traveloka sudah merambah ke token oln juga nih, saya juga belinya online mba, tapi pakai aplikasi sebelah yg isi deposit, hehe

      ReplyDelete
    4. Sekarang bayar listrik pasca maupun beli token gaperlu keluar rumah ya mba, praktiiis

      ReplyDelete
    5. Alhamdulillah sekarang lebih mudah y mba urusan rumah tangga begini. Bisa online semuanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener bangettt bun. Kerasa banget manfaatnya buat para bunda kyak kita 😃

        Delete
    6. Kalo aku juga biasa beli di marketplaces selain mudah dan simpel cukup lewat hp

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya pak traveloka juga bisa lewat hp dan sudah terpecaya juga ya

        Delete
    7. Traveloka sudah merambah dunia token juga ini, semakin lenkap saja meski agak keluar dari jalur bisnisnya :)

      ReplyDelete
    8. wowwww hidup di "jaman now" beneran memudahkan umat manusia sekalian ya mbak. termasuk beli token listrik, secara aku juga pakai token. Traveloka keren dagh :D

      ReplyDelete
    9. sekarang semua bisa hanya tinggal klik ya mba. banyak kemudahan alhamdulillah.. ga kebayang jaman dlu gmna ribetnya :)

      ReplyDelete
    10. Sekarang mudah sekali ya Bun..beli token saja tinggal klik pakai jari jemari kita. Bisa hemat waktu dan tenaga :)

      ReplyDelete
    11. Sekarang praktis, beli online juga udah beres :)

      ReplyDelete
    12. Sekaeang beli broken listrik bisa dimana2 ya bun. minimarket dekat rumah juga bisa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener. Tapi kalau pake traveloka bisa langsung dari HP. Jadi lebih praktis lagi ya 👍

        Delete
    13. wah praktis ya Bu. traveloka sudah jual pulsa listrik juga jadi bisa lebih hemat waktu nih :)

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES