• Sunday, June 24, 2018

    Kegiatan Stimulasi Anak Usia Dini dengan Membuat "Pelangi di Atas Susu"

    kegiatan stimulasi anak usia dini dengan membuat "pelangi di atas susu"

    Hai-hai Bunda, ada yang lagi bingung kah ngasih kegiatan positif untuk anaknya di rumah? Atau ada yang lagi bingung cara bikin anak betah di rumah tanpa harus main gadget atau terpapar tontonan TV mulu. Boleh banget nih mencoba kegiatan stimulasi kegiatan anak usia dini saya bersama Erysha (2y5m) yaitu membuat pelangi di atas susu.

    Baca juga: 5 KEGIATAN SEDERHANA UNTUK STIMULASI ANAK DI RUMAH

    Yup, benar sekali. Hari ini saya ingin membagikan kegiatan stimulasi Erysha beberapa hari yang lalu. Nah, daripada kita lama-lama atau bingung dengan kegiatan stimulasinya. Kalau gitu, kita langsung praktek aja yuk Bun!

    Kegiatan Stimulasi Anak Usia Dini dengan Membuat "Pelangi di Atas Susu"


    Nama Kegiatan: Kegiatan Stimulasi Anak Usia Dini dengan Membuat "Pelangi di Atas Susu"

    Untuk Usia: 2 sampai 7 tahun

    Alat dan Bahan

    stimulus

    - baskom kecil atau tempat yang ukurannya lebar
    - sabun pencuci piring (secukupnya)
    - pewarna makanan (sebaiknya warna primer ya Bun seperti Merah, Biru dan Kuning)
    - cutton bud
    - susu bubuk yang telah dicairkan
    - sendok

    Cara Membuat dan Mengajarkannya pada Anak 

    1. Sediakan alat dan bahannya. Untuk anak usia di bawah 3 tahun. Sebaiknya kita kenalkan nama dari setiap alat dan bahan yang kita gunakan  Agar anak menjadi tahu nama-nama dari setiap benda yang ia lihat

    2. Buatlah susu cair sebanyak yang kita inginkan. Dimana kita bisa menggunakan campuran susuk bubuk dan air. Semakin pekat warna susunya semakin bagus ya Bun. Buat susu cair itu di baskom kecil atau di tempat yang agak besar. Nah, karena ini percobaan stimulasi pertama Erysha, jadi saya menggunakan tempat yang kecil dan ternyata kurang maksimal Bun, sebaiknya kita menggunakan tempat susu cairnya yang memang lebar, agar kita bisa melihat reaksi yang terjadi nanti antar warna. Agar lebih puas aja bermain dan belajarnya

    3. Lalu teteskan satu atau 2 tetes pewarna makanan dari setiap jenis warna pada susu cair tadi. Untuk anak di atas usia 4 tahun, kita bisa meminta anak untuk mencobanya sendiri, tapi kalau di bawah usia 4 tahun, sebaiknya kita saja yang meneteskannya ya Bun, untuk menghindari kegagalan. Karena kalau pewarna makanannya kebanyakan, hasilnya bisa kurang bagus atau gagal Bun.

    Teteskan warnanya sambil kita sebut nama warna itu pada anak "Dede, kita masukkin warna merahnya, ya". Lalu, ketika memaksukkan pewarna makanan yang lain misalnya warna kuning. Ajaklah anak untuk melihat percampuran dari ke dua warna tersebut. Misalnya

    "Kakak, coba lihat kalau warna merah di campur dengan warna kuning, berubah jadi warna apa ya?"

    Sehingga, anak bukan hanya sekedar bermain saja tetapi belajar warna dengan cara menyenangkan tanpa anak sadari. Dll.

    Oleh sebab itu, saya sarankan menggunakan pewarna makanan yang warna primer agar anak sekaligus dapat belajar percampuran warna secara langsung.

    Percampuran dari warna primer yang bisa kita kenalkan pada anak (untuk anak usia 4 tahun ke atas):

    belajar warna

    - Merah + Kuning = Warna Jingga
    - Merah + Biru = Warna Ungu
    - Biru + Kuning = Warna Hijau

    3. Setelah ke 3 warna tersebut (merah, kuning, biru) telah diteteskan pada susu cair. Kita bisa memberikan contoh pada anak cara bermainnya.

    4. Ambil cutton bud lalu colek sabun pencuci piring dengan cutton bud tadi, dan tempelkan pada bulatan warna di atas permukaan susu cair. Dan ajak anak melihat reaksinya. Lalu, bermainlah bersama. Untuk contoh bermain dan reaksi warna yang terjadinya bisa lihat di video ini ya, Bun. Bunda akan dibuat kaget dengan reaksi warnanya. Keren banget Bun 😍.

    Kalau di video kurang jelas ya Bun reaksinya (maklum belum jago bikin video hiks). Tapi, kalau sudah melihat langsung, kita sebagai orangtua pun jadi ikut belajar akhirnya tentang reaksi warna ini. Oh ya untuk cara mengajarkannya fleksibel ya Bun. Bisa ditambahkan atau dikurangi sendiri sesuai kebutuhan dan usia anak 😃

    Manfaat Kegiatan Stimulasi Anak Usia Dini Membuat "Pelangi di Atas Susu" 


    Nah, kegiatan stimulasi anak usia dini ini, selain menyenangkan juga banyak banget lho Bun manfaatnya untuk anak kita. Apa aja ya?

    1. Membangun bonding dengan anak
    2. Memberikan kegiatan yang positif pada anak
    3. Memberikan kesenangan dan kecerian pada anak
    4. Mengenalkan warna pada anak
    5. Anak belajar percampuran warna secara langsung
    6. Menstimulasi anak untuk bereksplorasi sendiri
    7. Menstimulasi aspek kognitif anak
    8. Dll

    Baca juga: KEGIATAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN MEMBUAT POHON BIBIR

    Wah, bagaimana Bunda, kegiatan stimulasi anak usia dini ini mudah bukan? Mudah banget ya Bun. Udah gitu, alat dan bahannya gampang sekali lagi kita temukan. Berminat untuk mencobanya? Tunggu apa lagi!

    Selamat mencoba Bunda dan selamat bersenang-senang dengan anaknya. Tunggu kegiatan stimulasi Erysha berikutnya ya. Oh ya, Bunda jika ingin melihat kegiatan stimulasi Erysha yang lain boleh mampir ke sini ya "Kegiatan Anak" (klik aja). Semoga bermanfaat Bunda 😘.  Daa 👋👋



    36 comments:

    1. wahh..segera dipraktekn di rumah neh mbak, saya kebetulan memng lagi cari ide sensory play baru untuk anak.

      ReplyDelete
    2. Tanpa disadari anak sudah belajar sambil bermain, aku coba aah pada anak dan keponakan aku

      ReplyDelete
    3. Wah, mau dunk nyobain. Anak sulungku masih 3 tahun sekarang. Sepertinya udabisa diajak main beginian. Bagus buat ngajarin warna2 ke anak.

      ReplyDelete
    4. Keerreeenn....mau coba ah,kebetulan anak ku suka bgt sama percobaan-percobaan begini...makasih ilmunya ya

      ReplyDelete
    5. Ya ampun, jadi inget dulu pernah ngasih kegiatan ini waktu anakku masih setahunan, dulu ibunya masih getol sama per-montessorian :D seru ya mba, anak2 pasti happy deh.

      ReplyDelete
    6. Seru permainan nya dengan bahan sederhana yang akan membuat kita dan anak terjalin bonding dengan peralatan sederhana

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bner bun bonding trcipta dg sndirinya ya lwat prmainan ini

        Delete
    7. Bahan dan alatnya sederhana ya mbak...seru main bareng anak. Bonding makin kuat jadinya

      ReplyDelete
    8. Membaca tiap artikel Bunda menambah pengetahuanku bagaimana mendidik anak kelak. Dulu aku pernah jadi guru di kelas pre-kindergarten, sayang belum kenal Bunda ya saat itu, belum tau juga aktivitas membuat pelangi di atas susus bisa selucu ini, anak-anak pasti suka sekali

      ReplyDelete
    9. Bermanfaat sekali infonya mbak.. boleh dicoba ini di rumah. Saya belum pernah mencoba melakukan kegiatan khusus di rumah untuk menstimulasi anak seperti ini. Tiap ada waktu luang biasanya cuma bawa anak jalan jalan

      ReplyDelete
    10. Kreatif mainnya.Manfaatnya banyak ya walau cara maennya mudah banget. Bisa jd ide main sekaligus belajar jg buat anak2ku TFS ya bun :D

      ReplyDelete
    11. Kreatif, Mbak. Kalau anak-anak saya masih kecil, kayaknya bakal langsung saya praktekkan. Yakin deh bakal bikin anak-anak senang :)

      ReplyDelete
    12. Wah bisa membantu anak ga terlalu sering bermain dengan gadget nih, makasi ya Mba ide nya kreatif. Harus diaplikasikan dirumah nih.

      ReplyDelete
    13. ih kreatif banget sih Mbak.. jadi pengen main ini juga sama anakku.. lucu sih bisa bikin anak2 jadi semangat mainnya 😊

      ReplyDelete
    14. Bunda aku contek ya bun permainannya. Jujur aku kadang stuk ngasih stimulasi yang oke buat anak aku yang berusia hampir 3 tahun.

      ReplyDelete
    15. Langsung bookmark dulu nih, bermanfaat banget infonya apalagi untuk aku yang sebentar lagi bayinya berubah jadi toddler. Bahannya pun mudah didapat dan ngga berbahaya untuk anak-anak yaa Mba.

      ReplyDelete
    16. Eh.. anak kita sama ya usianya...xixixi.

      Btw, besok saya mau coba aaah. Seru juga kayaknya ya. Ini artikelnya saya bookmark.. ma kasih ilmunya, mba.

      ReplyDelete
    17. Seru ya mbak kalau bisa bermain sama anak apalagi menjadi bonding bersama anak. Anak bisa mengenal berbagai macam warna dan juga sensorik untuk dia.

      ReplyDelete
    18. Judulnya bikin penasaran ya, Pelangi di atas susu, kukira apa, ternyata permainan stimulasi anak ya. Permainan sederhana yang kaya manfaat nih. Ntar pas main sama ponakan, aku mau coba ah.

      ReplyDelete
    19. ahhh ini mah gak seru buat anak-anak aja, buat level saya yang emak-emak gini juga suka yang begini, xixxixii

      www(dot)innaistantina(dot)com

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES