• Wednesday, January 16, 2019

    Kegiatan Anak Usia Dini 2 - 3 tahun "Mengenalkan Berbagai Bentuk Benda"

    kegiatan anak usia dini 2 - 3 tahun yaitu mengenalkan berbagai bentuk benda pada anak

           Hai-hai Ayah Bunda, ada yang lagi nungguin tulisan saya tentang kegiatan stimulasi bersama Erysha? Hihihi geer banget ya ditungguin. Tapi beneran lho, hari ini saya akan berbagi kegiatan stimulasi Erysha (2y11m) kemarin yaitu "Mengenalkan Berbagai Bentuk Benda" dengan bermain tempel-tempelan bersama anak

          Nah, ceritanya itu begini. Kemarin itu saya sengaja mengecek indikator aspek tumbuh kembang anak yang dari Dinas Pendidikan untuk anak usia 2 - 3 tahun.

    aspek tumbuh kembang anak usia dini 2 - 3 tahun


    tabel tumbuh kembang anak usia dini

    Ternyata ada yang terlewat oleh saya dalam menstimulasi Erysha yaitu mengenalkan berbagai bentuk benda pada Erysha seperti bentuk bulat, kotak dan segi tiga.

          Sebenarnya berbagai bentuk benda ini pernah saya kenalkan dulu pada Erysha. Hanya saja, saya lupa untuk mengenalkannya kembali. Erysha itu baru tahunya bentuk bulat saja. Sedangkan bentuk kotak dan segi tiga ini, dia lupa.

    Akhirnya, saya langsung ada ide untuk membuat kegiatan stimulasi ini bersama Erysha.

          Nah, dalam mengenalkan sesuatu pada anak usia dini sebaiknya dimulai dari sesuatu yang kongkret ya Ayah Bunda. Karena anak usia dini belum bisa untuk diajak berpikir secara abstrak.

          Jadi, untuk mengenalkan berbagai bentuk ini pada Erysha, saya mulai dari benda nyatanya dulu seperti bentuk bulat contohnya bola, bentuk kotak contohnya buku, sedangkan bentuk segi tiga ini, kebetulan saya sulit mengenalkannya karena bendanya sedang tidak ada di rumah.

          Biasanya sesuatu yang bentuknya segi tiga itu seperti jam, es cream yang bentuknya segi tiga juga, kue dan lain-lain.

          Setelah mengenalkan dengan benda kongkretnya. Baru saya mengajak Erysha untuk bermain "mengenalkan bentuk" dengan tempel-tempelan ini. Agar anak lebih mudah mengingat dan tahu perbedaan berbagai bentuk benda ini jika dilihat secara 2 dimensi. Kalau gitu kita langsung saja ya bermain tempel-tempelannya

    Baca juga: KEGIATAN STIMULASI ANAK USIA DINI DENGAN AMPAS KELAPA

    Kegiatan Anak Usia Dini 2 - 3 tahun "Mengenalkan Berbagai Bentuk Benda"


    mengenalkan berbagai bentuk benda pada anak

    Alat dan bahan

    1. Kain planel 3 warna
    2. Kertas warna 3 atau 4 lembar (bebas)
    3. Kertas putih / karton 1 lembar
    4. Alat tulis (penggaris, pulpen)
    5. Lem

    Cara membuat & mengajarkannya

    1. Buatlah garis beberapa kotak pada kertas putih (sesuai selera ya banyaknya)

    2. Buat dan gunting semua bentuk (kotak, segitiga dan bulat) di kertas warna disesuaikan berapa banyak garis kotak yang kita buat di kertas putih tadi dan satu contoh semua bentuk dari kain planel

    3. Satu contoh semua bentuk dari kain planel ini kita tempelkan terlebih dahulu di pinggir kotak, sebagai contoh untuk anak nanti. Seperti ini ya Bun


    kegiatan anak usia dini 2 - 3 tahun yaitu mengenalkan berbagai bentuk benda pada anak


    4. Setelah selesai baru kita ajak anak bermain tempel-tempelan ini. Tapi sebelum itu, kembali kita kenalkan anak pada contoh bentuk tadi pada anak. Misalnya

    "Dede, lihat ini bentuk bulat kayak bola, ya"

    5. Ajari anak mengelemnya, bagi anak yang memang belum terbiasa dengan kegiatan mengelem ini


    cara mengenalkan bangun datar pada anak dengan bermain


    6. Ajak anak menempel bentuknya sesuai sama kotak tadi yang dipinggirnya telah ditempelkan bentuk dari kain planel tadi.

    7. Sambil mengelem dan menempel, bisa kita sambil kenalkan lagi nama dari bentuknya ya Bun.

    8. Lakukan kegiatan menempel dan mengelem itu sampai selesai. Kalau anaknya tipenya cepat bosan, berarti kotak atau bentuknya tidak usah terlalu banyak kita potong. Yang penting anak belajar mengenal.

          Bagaimana Ayah Bunda, mudah bukan? Lakukan dengan cara yang menyenangkan ya dan mengalir begitu saja. Yang penting anak suka dan nyaman

          Nah, selain kita mengenalkan dengan benda konkretnya, bermain tempel-tempelan, kita juga bisa mengenalkan berbagai bentuk benda ini pada anak lewat buku cerita. Kalau saya pakai semua cara ke Erysha dan dikenalkan dengan cara mengalir begitu saja agar anak tak merasa sedang belajar.

    Sekarang kita tengok yuk, apa saja manfaat dari kegiatan stimulasi ini

    Manfaat Kegiatan Anak Usia Dini 2- 3 Tahun "Mengenalkan Berbagai Bentuk Benda"


    Baca juga: KEGIATAN STIMULASI ANAK "MEMBUAT BUNGA DARI KANCING BAJU"

    Baca juga: KEGIATAN ANAK USIA DINI "MEMBUAT PERMEN KUPU-KUPU"

    ✔️ anak belajar mengenal bentuk bulat, kotak dan segi tiga
    ✔️ menstimulasi motorik halus
    ✔️ membangun bonding
    ✔️ memberikan kegiatan yang positif pada anak di rumah
    ✔️ ini salah satu dasar atau awal untuk menstimulasi bangun ruang atau spatial anak nantinya
    ✔️ bisa mencapai salah satu aspek tumbuh kembang yang sebaiknya anak kuasai di usia 2 - 3 tahun
    ✔️ dan lain-lain

    Waw, bagaimana Ayah Bunda. Banyak kan ya manfaatnya kegiatan anak usia dini  "mengenalkan berbagai bentuk" ini pada anak? Jadi, tunggu apa lagi. Bisa dicoba di rumah ya

    Selamat mencoba, Ayah Bunda



    27 comments:

    1. bermanfaat sekali bunda sharingnya :) belum punya anak sih tp gapapa buat pembelajaran

      ReplyDelete
    2. denagn bahan sederhana bisa mengajarkan anak banyak hal ya

      ReplyDelete
    3. Waaaah.... Boleh Saya tiru ya. Makasih infonya

      ReplyDelete
    4. Belajar memang bisa dari apa saja disekitar kita ya.. dengan board buatan bundanya, atau dia juga ikut membantu membuat, pasti si kecil akan lebih tertarik dan bersemangat belajar mengenal berbagai bentuk ya, bun

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun semua dibikin semenyenangkan dan semenarik mungking 😍

        Delete
    5. Nice share Mbak Yeni. Ide kreatif yang simple.

      ReplyDelete
    6. Waaaah, jadi ingat zaman masih ngajar di Tk, Buuuuuunn. Ini kegiatan yang bisa dilakukan didalam dan luar ruangan. Kalau dalam ruangan memang bisa gunakan media yang ada di tulisan Bunda, atau bisa juga sambil bermain lego dan balok. Tapi ketika diluar bisa banget sambil berlatih motorik kasarnya. Dulu pernah saya ajak anak-anak lomba mengambil dan mengelompokan bendera bentuk geometri yang sudah saya sebar di halaman sekolah. Mereka terlihat gembira sekali dan tidak terbebani dengan belajar seperti itu.

      ReplyDelete
    7. Belajar dari bahan sederhana dan sekitar kita malah bikin anak lebih kreatif yah. Yang penting tujuannya dapet...
      Happy parenting...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun yang penting tujuan indikator pembelajarannya tercapai ya 😍

        Delete
    8. AKu tuh tipe yang nggak telaten kayak gini emang, hehe, jadi suka galau kalau lihat ibu2 yang telaten bikinan project buat anak-anaknya. Sejauh ini aku ngenalin bentuk dengan menunjukkan barangnya langsung, ya itu pun sifatnya selalu spontan. Tapi ada juga puzzle aneka bentuk bangun punya Najwa. Jadi ya memanfaatkan itu juga.
      Kalau dipikir-pikir ngajarin anak bisa dibuat sederhana saja ya. Cuma telatennya itu yang musti dipupuk terus.

      ReplyDelete
    9. Keponakanku pernah juga menempel bentuk gitu pas jaman keponakanku masih di PAUD dan keponakanku berusia 3 tahun. Btw, bunda selalu kreatif banget ya.

      ReplyDelete
    10. Wah sangat mudah dan bermanfaat nih untuk dicoba dirumah. Dari bahan-bahan yang gampang ditemukan bisa dibuat sebegitu menariknya yah buat anak. Nice bun

      ReplyDelete
    11. wah keren banget bun bikin sendiri gini, kadang suka males bikin eh ujung2nya beli padahal bikin begini terus ajak anak aktif juga untuk membuat mainannya sendiri pasti lebih priceless. makasih bun sharingnya nanti mau coba ah bareng ponakan hehe.

      ReplyDelete
    12. Anak-anak saya juga suka banget main tempel-tempelan begini. karena kk shofa udah 5 tahun, dia udah mulai menggunting sendiri. sedangkan untuk adiknya yg masih 3,5 tahun, karena baru bisa benda2, jadi tiap lihat apapun bentuknya yg mirip bujur sangkar, lingkaran atau segitiga dia akan laporan. Bun, itu bentuknya kayak bujur sangkar, dll....

      ReplyDelete
    13. Asyik nih Erysha, bundanya kreatif pisan. Usia balita memang harus mendapat stimulasi yang tepat.

      ReplyDelete
    14. Wah, Pas ini. Si kecil saya 2y5m soalnya. Langsung cek tabel di atas: alhamdulillah Akmal menguasai yg disebut di situ.

      Tapi, pengenalannya pada bentuk benda dan warna langsung saya tunjuk ke bendanya. Pake mainan kayu berbagai bentuk juga, sih. Beli :) Belum setelaten Bunda Yeni.

      Makasih sharingnya :)

      ReplyDelete
    15. Ternyata mengenalkan berbagai bentuk benda ini banyak manfaatnya ya..
      Bagus sekali kegiatan ini.
      Selain membuat anak terstimulasi, mencapai aspek tumbuh kembang, berkegiatan poistif juga ada bonding denga orang tua.
      Makasih sudah menuliskan ini.

      ReplyDelete
    16. Bunda Erysha kreatif dan telaten banget. Kerennya lagi, bisa memanfaatkan hal-hal sederhana untuk pembelajaran anak. Salute, Bunda.

      ReplyDelete
    17. Disekitar kita banyak bentuk yg digunakan untuk mengenalkan bentuk & warna. Happy parenting

      ReplyDelete
    18. pasti langsung saya coba lah bun, dan aktivitas lainnya saya maucoba satu-satu,kebetulan si kecil udah mau TK nih

      ReplyDelete
    19. Pastinya oke nih info nya mb Yeni bermanfaat buat bunda-bunda muda yang msh memiliki Putra putri batita. Ayorupiah mbaa lanjutt.. .Sukses Yan..

      ReplyDelete
    20. Andai anakku masih kecil pastilah sudah kucoba proyek ini.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES