• Monday, March 25, 2019

    Prakarya untuk Anak Usia 2 - 5 Tahun "Membuat Domba"

    prakarya untuk anak usia 2 - 5 tahun "membuat domba"

          Halo Ayah Bunda, sudah mulai bingung belum ngasih kegiatan anaknya di rumah, terutama di hari libur? Tenang...tenang. Hari ini aku mu share kegiatan stimulasi aku bersama Erysha beberapa waktu yang lalu. Pasti dari gambarnya sudah bisa tebak kan ya, aku ama Erysha lagi bikin apa? Hahaha. Yup, kita ceritanya mau buat prakarya nih. Jangan khawatir, prakarya ini bisa untuk anak usia 2 sampai 5 tahun, lho. Tinggal tingkat kesulitannya disesuaikan dengan usia anak, ya.

           Nah sebenarnya, ide membuat kegiatan stimulasi ini bukan ide aku. Ini itu ya sisa kegiatan stimulasi Erysha waktu aku dan Erysha sedang mengikuti acara di Kalcare. Di sana kita belajar tentang kegiatan stimulasi anak dan kecerdasan majemuk pada anak. Untuk materinya bisa Ayah Bunda intip di sini ya "Kecerdasan Majemuk pada Anak". Eh tapi jangan lupa balik lagi ke sini ya hahaha 😂

    Kalau begitu, nggak usah lama-lama lagi ya Ayah Bunda. Cuss aja langsung, yuk!


    Kegiatan Membuat Prakarya untuk Anak Usia 2 - 5 Tahun (Membuat Domba)


    Alat dan Bahan


    alat dan bahan yang mudah di dapat untuk membuat prakarya anak usia dini

    1. Kertas HVS atau karton
    2. Kertas warna / lipat warna hitam 1 lembar
    3. Alat tulis (pensil, penghapus, dan spidol hitam)
    4. Lem kertas
    5. Lem kayu (yang warna putih itu lho, yang merknya itu Fo*)
    6. Kapas secukupnya yang sudah kita bentuk bulat-bulat kecil
    7. 1 pasang mata boneka yang bisa bergerak itu lho bola matanya



    Cara Membuat dan Mengajarkannya pada Anak

    1. Kenalkan semua dari nama alat dan bahan yang akan digunakan pada anak

    2. Untuk anak usia 2 - 3 tahun bisa kita gambarkan ya bentuk badan dombanya saja di kertas HVS. Jangan lupa setelah digambar, gambarnya ditebalkan ya dengan spidol hitam. Sedangkan bentuk kepalanya dan kakinya, kita gambarkan di kertas warna hitam. Lalu bentuk kepala dan kaki ini bisa kita gunting ya Ayah Bunda

          Sedangkan kalau usia anaknya 4 - 5 tahun, bisa minta mereka menggambarkan sendiri bentuk badan dombanya. Kalau kesulitan bisa kita bantu untuk memberi contoh dan minta juga mereka yang menggunting sendiri kepala dombanya dan kaki dombanya

    3. Kita ajak anak untuk menempel kepala domba ke badan dombanya dan juga kakinya dengan lem kertas. Sambil bercerita tentang domba, anggota tubuhnya, makanannya dan segala sesuatu tentang kehidupan domba


    kegiatan stimulasi anak usia dini dengan membuat sebuat prakarya

    kegiatan menempel untuk anak usia dini


    4. Setelah itu ajak anak untuk menempelkan bola mata yang bisa bergerak itu untuk dijadikan mata domba

    5. Mintalah anak menempelkan kapas pada badan domba untuk membuat bulu domba. Nah, Ayah Bunda, agar tempelannya kuat ya sebaiknya kita menggunakan lem kayu.


    kegiatan menyenangkan untuk si kecil di rumah

    kegiatan stimulasi untuk anak usia 2 - 3 tahun


    6. Setelah selesai, gambar dombanya bisa kita minta anak untuk menambah gambar apapun di prakaryanya agar terlihat lebih menarik lagi. Seperti menambahkan gambar rumput, matahari, awan dan lain-lain


    prakarya sederhana untuk anak usia dini


    Taraaaaaa selesai deh dan ini hasil aku bersama Erysha. Tolong abaikan gambar itu ya Ayah Bunda. Maklum aku nggak jago gambar wkwkwkw 😂. Nggak apa-apalah ya, yang penting kan niatnya baik buat kreativitas bersama anak hahaha.

          Nah, jangan salah lho Ayah Bunda. Bahwa membuat prakarya ini itu banyak manfaatnya lho. Apa saja ya?


    Manfaat Kegiatan Membuat Prakarya untuk Anak Usia 2 - 5 Tahun 


    1. Membangun bonding. Tentunya, ya
    2. Memberikan kegiatan yang positif sekaligus menyenangkan untuk anak di rumah
    3. Agar anak tidak cepat bosan di rumah
    4. Memberikan pengetahuan pada anak dan mengenalkan anak pada domba beserta kehidupannya
    5. Menstimulasi motorik halus anak
    6. Merangsang daya kreativitas anak
    7. Menstimulasi sensori anak
    8. Dan lain-lain

          Yeeee mudah kan ya prakarya untuk anak usia dini ini. Boleh coba di rumah ya Ayah Bunda. Oh ya buat Ayah Bunda yang ingin mencari ide kegiatan stimulasi untuk anaknya di rumah boleh sekalih nih diintip di sini ya seperti kegiatan membuat finger painting, pokoknya semua kegiatan stimulasi aku kumpulkan di sini di "Kegiatan Anak" ya. Oke deh kalau begitu. Semoga betmanfaat ya Ayah Bunda dan sampai bertemu lagi dengan kegiatan stimulasi aku dan Erysha selanjutnya ya. Daaa

    Baca juga ya kegiatan seru bersama anak lain di hari Minggu dari Blogger kece Mba Dian dan dari Teh Nurul tentang liburan yang berkualitas bersama anak


    6 comments:

    1. Kegiatan yang cocok banget untuk keponakan saya nih...
      Selain melatih motoriknya, bisa mempererat bonding antara bunda dan Erysha ya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener teteh. Satu kegiatan tapi manfaatnya banyak ya 😍

        Delete
    2. Rajin bunda, saya kadang mikir nanti prakarya anak disimpen dimana ya hehehhe makasih ya tipsnyaaa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa dijadiin portofolio anak bun u/ kenang-kenangan kita dikemudian hari atau karya2nya ditempel di kamar. Dibikin display gtu 😍

        Delete
    3. waah bisa dicoba nih di rumah.. makasih mba info nya

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES