• Sunday, June 16, 2019

    Mengenalkan Warna & Perpaduan Warna dengan Cara Menyenangkan pada Anak

    cara mengenalkan anak pada warna dan perpaduan warna dengan cara menyenangkan

          Halo Ayah Bunda, ketemu lagi kita ya dengan kegiatan stimulasi aku ke Erysha. Nah, hari ini aku mau berbagi cara mengenalkan warna dan perpaduan warna dengan cara menyenangkan pada anak. Jadi, anak bisa belajar dengan bereksperimen dan mencoba langsung

          Jujur ya, kegiatan stimulasi ini adalah dadakan Ayah Bunda. Jadi maafkan kalau aku kurang totalitas nih menyiapkan alat dan bahannya. Walau begitu, Ayah Bunda jangan khawatir tetap kok apa yang aku inginkan tercapai dengan alat dan bahan yang seadanya alias nemu di jalan wkwkwk 😂. Niat banget ya aku 😂

          Sebelum itu aku mau cerita sedikit. Kegiatan ini kegiatan stimulasi yang aku buat waktu liburan lebaran di rumah uyutnya Erysha sebagai salah satu cara aku mengalihkan Erysha agar nggak nonton TV atau main handphone melulu di hari liburnya karena kan di sana banyak orang. Jadi, otomatis Erysha kebawa walau sehari-hari dia nggak nonton TV di rumah.

          Liburan kemarin itu bener-bener tantangan banget buat aku dari beda pola asuh, jadinya suka nonton TV dan main gadget ditambah rewel karena lingkungan baru. Ada yang ngalamin hal yang sama nggak? Drama pokoknya lah ya. Cerita lengkapnya ada di sini nih "Lebaran: Beda Pola Asuh, TV/Gadget dan Anak yang Rewel"

    Nah, buat Ayah Bunda yang ingin tahu juga bagaimana cara mengalihkan anak dari tontonan TV atau main handphone agar tidak ketergantungan boleh intip di sini ya "Cara Mengalihkan Anak dari Tv dan gadget". Kalau begitu kita langsung cuss aja ya kegiatan stimulasi aku bersama Erysha



    Mengenalkan Warna & Perpaduan Warna dengan Cara Menyenangkan  pada Anak


    kegiatan menyenangkan untuk mengajarkan warna pada anak

    Alat dan Bahan:

    1. Pewarna makanan warna primer (merah, kuning, dan biru)
    2. 7 buah Gelas bening atau bekas minuman kemasan warna bening. Kalau dicontoh aku cuma 5. Harusnya sih 7 agar warna-warna perpaduannya lengkap
    3. Sendok (untuk mengaduk ketika membuat air berwarnanya)
    4. Air
    5. Tisu


    Cara Membuat dan mengajarkannya:

    1. Buatlah air warna merah 2 gelas, 1 gelas warna biru dan 1 gelas lagi warna kuning. Buat airnya hampir penuh ya di gelasnya

    kegiatan seru untuk mengajarkan warna pada anak
    Erysha sedang membuat air berwarna


    2. Susun air warna tersebut berbaris dengan pola: air berwarna - gelas kosong - air berwarna - gelas kosong seterusnya dan air berwarna merah diletakkan diurutan pertama dan terakhir. Kalau bingung lihat gambar aja ya. Tapi karena gelas plastik aku kurang, jadi cuma bisa buat 1 warna merah saja


    eksperimen mengajarkan warna untuk anak usia dini
    Disusun berpola (gelas berisi-gelas kosong)


    3. Lipat tisu memanjang lalu masukkan tisu tersebut ke dalam susunan gelas tersebut. Lihat pada gambar

    percobaan sains untuk mengajarkan warna pada anak usia dini


    4. Lalu, ajak anak mengamati apa yang terjadi.
    Nanti anak akan melihat air merambat dengan perlahan melalui tisu tadi sehingga gelas kosong tersebut perlahan-lahan berisi perpaduan warna tadi.

    Tunggu 15 atau 20 menit sampai gelas kosong berisi campuran warna-warna tersebut. Baru setelah itu ajak anak mengamati sambil mengenalkan pada anak.

    "De, lihat ternyata warna biru kalau dicampur dengan warna kuning jadinya warna hijau ya hasil rambatan warna dari tisu tadi"

    Perpaduan Warna 

    - warna biru dan kuning jadi warna hijau
    - warna merah dan biru jadi warna ungu
    - warna merah dan kuning jadi warna orange

    Hasil akhirnya bisa lihat di video ya Ayah Bunda



          Nah, bagaimana Ayah Bunda, gampangkan? Jadi, sekarang mengenalkan warna dan perpaduan warna bisa dengan cara menyenangkan. Tak perlu menyuruh anak untuk menghapal hasilnya. Tapi langsung aja praktek. Itu lebih berkesan di hati anak. Bisa dicoba di rumah ya Ayah Bunda 😉. Jangan lupa intip kegiatan aku yang lain juga ya bersama Erysha di sini "Kegiatan Anak". Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya ya. Daaa



    5 comments:

    1. Whaaw seru banget iiih. Mau coba ah sama si kecil. Tapi ini nunggunya 10 menit banget mba? Pasti anak saya gak sabaran wkwkwkwk.

      ReplyDelete
    2. wah kalau gini caranya anak semakim pimter dan ngerti ya Bun.. save ah.. sangat bermanfaat buat anaku di masa depan

      ReplyDelete
    3. aku juag pernah nyoba dg anak2 asuhku

      ReplyDelete
    4. Waaah, aku sendiri pun suka main warna giniii

      ReplyDelete
    5. Wah jadi pengen coba juga bundaaa heheu tfs yaaa

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES