• Friday, July 5, 2019

    Kegiatan untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun "Menempel Bentuk Tumbuhan"

    kegiatan menyenangkan untuk anak usia 2 sampa 3 tahun, membuat bentuk tumbuhan


          Halo-halo Ayah Bunda. Hari ini aku mau share lagi kegiatan Erysha di rumah waktu usianya sekitar 2 sampai 3 tahun. Kegiatannya sih sudah lama ya. Tapi seperti biasa karena kesibukan atau karena entah sok sibuk atau akunya yang memang belum bisa mengatur waktu menulis. Akhirnya belum sempat menulis tentang kegiatan Erysha yang satu ini. Tapi, sekarang disempatkan karena ngerasa punya janji hutang menulis di instagramku tentang ini. Oh ya Ayah Bunda bisa follow instagramku juga ya di sini.

          Di intagram biasanya aku suka share tulisan-tulisan edukasi yang pendek. Kalau di blog ini khusus tulisan-tulisan yang panjang. Hahaha. Jangan lupa follow ya. Oke kalau begitu, kita nggak usah lama-lama lagi ya. Langsung lihat kegiatan aku sama Erysha membuat apa ya

    Sebenarnya kegiatan ini idenya mendadak sekali. Jadi, maafkan kalau masih kurang bagus ya gambar akunya hehehe


    Kegiatan untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun "Menempel Bentuk Tumbuhan"


    Rencananya kita mau membuat gambar ini ya

    kegiatan anak, menempel bentuk daun



    Alat dan bahan

    kegiatan sederhana dan alat juga bahannya mudah di dapatkan untuk anak usia dini

    1. Kertas HVS atau karton
    2. Lem kayu (lem fox)
    3. Spidol
    4. Pernak pernik bentuk daun dan bunga
    5. Crayon

    Baca juga: MENGENALKAN WARNA & PERPADUAN WARNA DENGAN CARA MENYENANGKAN PADA ANAK

          Kalau pernak pernik bentuk bunga nggak ada. Bisa kita ganti dengan kertas warna yang telah kita bentuk menjadi daun dan bunga ya Ayah Bunda


    Cara Membuat dan Mengajarkannya pada Anak

    1. Kita gambarkan terlebih dahulu pot bunga pada anak dan batang tanamannya di kertas hvs atau karton

    2. Seperti biasa sebelum memulai bikin-bikin sama anak. Kenalkan terlebih dahulu alat dan bahan tadi pada anak. Ini untuk mengenalkan nama alat dan bahannya pada anak dan menambah pengetahuan untuknya

    3. Ajak anak bercerita kalau kita akan membuat tanaman / tumbuhan. Sambil mengajak anak menempelkannya sambil kita kenalkan pada anak "ini namanya daun warnanya hijau ya" dan ketika anak menempelkan bunganya sambil kenalkan juga kita lagi buat bunga pada anak. Agar anak jadi tahu bagian-bagian tanaman yang sederhananya seperti apa daun, bunga dan batangnya


    kegiatan anak usia dini "menempel bentuk tumbuhan"


    4. Setelah selesai kita ajak anak untuk mewarnai pot bunganya.

    kegiatan mewarnai anak usia dini

          Setelah semuanya selesai. Kita evaluasi lagi pada anak. Kita kenalkan bentuk tanaman tadi pada anak sambil ajak anak bercerita atau berdiskusi. Manfaatkan bermain sambil belajar ini untuk menstimulasi fitrah iman anak.

    Misalnya
    "Dede, tahu nggak siapa yang ciptain tumbuhan? Allah. Wah Allah hebat ya De bisa nyiptain tanaman untuk kita"

    Ini salah satu cara kita untuk membuat anak mengakui keberadaan Allah dan kehebatan Allah lewat apa yang Ia ciptakan. Ini akan membuat anak semakin mengagumi Tuhannya.

    kegiatan menyenangkan untuk anak usia 2 sampai 3 tahun "menempel"
    Hasil akhir Erysha ❤️


          Simpel kan ya kegiatannya. Tapi aku sarankan bermain ini sambil dibawah pengawasan orang tua ya. Karena kan anak usia 3 tahun ke bawah itu masih senang memaksukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Jadi tetap harus kita perhatikan.

    Manfaat Kegiatan 

    Manfaat kegiatan ini tentu banyak ya seperti
    - membangun bonding
    - memberikan kegiatan positif pada anak
    -mengenalkan tumbuhan pada anak
    - menstimulasi motorik halus anak
    - menstimulasi kecerdasan naturalis anak
    - menstimulasi fitrah iman anak kita
    - dan lain-lain

    Baca juga: KEGIATAN STIMULASI ANAK USIA DINI DENGAN AMPAS KELAPA

          Bagaimana Ayah Bunda? Daripada kita membiarkan anak menontoh TV atau main gadget melulu, bisa kita berikan kegiatan stimulasi untuk anak usia 2 - 3 tahun ini di rumah. Oke itu saja ya Ayah Bunda untuk hari ini. Sampai bertemu di kegiatan Erysha yang lain. Lengkapnya kegiatan-kegiatan Erysha yang lain bisa intip di sini ya "Kegiatan Anak". Daa






    6 comments:

    1. Kira-kira Mukhlas kalau main ini mau sabaran nggak ya? ini Erysha rapih banget. Anak cewek biasanya emang lebih rapih dan kalem dibanding anak cowok. Belum main udah mikirin parno bakal diacak-acak sama dia, hahaa.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha kayaknya ga cocok kegiatan ini bun buat anak kinestetik mah 😂

        Delete
    2. ini gampang banget ya bahan-bahannya. dan bisa biiin anak jadi anteng ngelem-ngelem gitu. tapi tergantung anaknya juga sih. kalau kinestetik kayaknya susah duduk manis begini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Klo anak kinestik jngan bikin ini bun. Nanti bisa dibuangw wkwkwk 😂

        Delete
    3. Zaman anak2ku masih umur segini juga aku temenin mengerjakan prakarya yang mudah begini. Bagi kita mudah ya tapi belum tentu pasti gampang buat mereka hehehe. Yang penting ada kertas, pensil warna atau krayon, hiasan lainnya, jadi deh :)

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES