• Friday, July 26, 2019

    Kegiatan Untuk Anak Usia 2 Sampai 4 Tahun "Membuat Kulit Jerapah dengan Kulit Telur"

    kegiatan untuk anak usia 2 sampai 4 tahun "membuat kulit jerapah dengan kulit telur"


    Halo-halo 😍
    Hari ini aku mau menulis yang ringan-ringan dulu ya sebelum nanti menulis yang berat-berat hahaha. Nah hari ini Ayah Bunda aku mau share kegiatan stimulasi Erysha di rumah yaitu "Membuat Kulit Jerapah dengan Kulit Telur". Kegiatan ini bisa untuk anak usia 2 sampai 4 tahun ya

          Sebenarnya kegiatan ini terinspirasi dari kegiatan anaknya temen aku namanya Teh Yusi. Penasaranlah aku ingin coba juga untuk Erysha. Ayah Bunda ingin coba juga kan? Nah, sebelum Ayah Bunda praktek langsung dengan anaknya ya, aku mau kasih tahu dulu manfaat dari kegiatan ini itu apa saja. Agar kita semakin semangat dan tahu indikator apa yang ingin kita ajarkan pada anak kita


    Manfat dari Kegiatan Anak Usia 2 Sampai 4 Tahun


    1. Menstimulasi motorik halus
    2. Menstimulasi sensori
    3. Mengenalkan anak pada jerapah, bagian jerapah dan kehidupan jerapah
    4. Menstimulasi kecerdasan naturalis anak
    5. Menstimulasi fitrah iman anak
    6. Membangun bonding
    7. Memberikan kegiatan positif dan menyenangkan pada anak

    Kalau begitu langsung aja, ya. Jadi Ayah Bunda kegiatan stimulasi ini mudah sekali bahan-bahannya.

    Bahan

    kegiatan untuk anak usia dini yang alat dan bahannya mudah ditemukan



    - 1 buah telur yang sudah direbus
    - 1 lembar gambar jerapah yang sudah diprint atau digambar sendiri juga boleh
    - Lem kayu (lem merk fox)

    Baca juga: MENGENALKAN WARNA & PERPADUAN WARNA DENGAN CARA MENYENANGKAN PADA ANAK


    Cara Membuat dan Cara Menstimulasinya

    1. Kenalkan anak dengan nama-nama bahannya untuk menambah pengetahuan anak
    2. Ajak anak mengupas telur yang sudah direbus
    3. Setelah kulit telur dikupas ajak anak meremukkannya.

    Nah Ayah Bunda, ketika anak mengupas, meremukkan kulit telur dan menempelkannya, kegiatan ini dapat menstimulasi motorik halus dan sensorinya


    kegiatan anak usia dini untuk menstimulasi motorik halus


    4. Ajak anak mengelem bagian badan jerapah dengan menggunakan tangan kiri anak dan menempekan kulit telurnya dengan menggunakan tangan kanan anak


    kegiatan menyenangkan untuk anak usia 2 sampai 4 tahun


    Kenapa mengelem pakai tangan kiri? karena kalau mengelem menggunakan tangan kanan akan membuat kulit telur itu sulit ditempelkan ke badan jerapah karena menempelkannya malah ke tangan anak

    5. Setelah selesai ajak anak mengamati gambar jerapah tersebut sambil bercerita

    "Dede lihat, ternyata kalau jerapah lehernya panjang ya. Kulitnya totol ya" dll.

    Ini untuk menstimulasi kecerdasan naturalis anak. Setelah itu berikan anak pertanyaan

    "Dede, tahu nggak siapa yang nyiptain Jerapah ya? Wah bener MasyAllah, Allah hebat banget ya De bisa nyiptain jerapah"

    Nah, dialog di atas untuk mengajarkan anak kalimat thayibbah "MasyAllah" dan mengenalkan anak pada Allah lewat ciptaannya. Ini untuk menumbuhkan fitrah iman anak kita

    Baca juga: KEGIATAN STIMULUS TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN MEMBUAT POHON BIBIR


    Dan kita bisa bercerita sedikit tentang kehidupan jerapah seperti tempat tinggalnya, makanannya dan lain-lain ini untuk menambah pengetahuan anak juga.


    kegiatan untuk anak usia 2 - 4 tahun


    Taraaaa ini hasil Erysha ya. Sebenarnya Erysha menempelnya penuh, cuma karena gambarnya baru keesokan harinya aku foto, jadi kulit telurnya ada yang terlepas. Nggak apa-apalah ya, yang penting Ayah Bunda kebayang hasil akhirnya 😂

    Nah Ayah Bunda, terkadang kan keadaan anak nggak selalu sesuai keinginan kita, jadi kalau anaknya sudah bosan bisa coba cari kegiatan yang lain atau bisa malamnya kita bercerita tentang jerapah dengan gambar. Paling tidak, ada yang anak pelajari. Jadi dia bisa bermain sambil belajar. Boleh dicoba ya kegiatan untuk anak usia 2 sampai 4 tahun "Membuat Kulit Jerapah dengan Kulit Telur" ini 😉. Intip kegiatan Erysha yang lain di sini ya "Kegiatan Anak"

    Selamat mencoba 😘


    10 comments:

    1. Ya ampun biasanya habis goreng telur ya kulitnya buang kayak gitu aja. Ternyata bisa dijadikan mainan anak ya bun. Makasih inspirasinya 😍😍😍.

      ReplyDelete
    2. wah bagus juga ya ,memang banyak hal yg bisa kita kreasikan dg kulit telur

      ReplyDelete
    3. Idenya sederhana.. tapi keren hasilnya. Kalo saya yang sering itu dari kertas origami yang saya potong2 kecil sich. Kapan2 coba yang telur ah. makasih ya ma sharingnya

      ReplyDelete
    4. Wah bisa banget neh buat bahan bermain bersama anakku.

      ReplyDelete
    5. Mau coba ah bun.. 😍😍 btw gambar jerapahnya googling aja gt bun?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun cari diinternet aja terus print biar cepet hihihi

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES