Kegiatan Anak Usia Dini "Membuat Ikan dari Piring Kertas"

Kegiatan Anak Usia Dini "Membuat Ikan dari Piring Kertas"


Halo-halooo. Sudah lama ya aku nggak berbagi kegiatan stimulasi Erysha di rumah atau DIY hasil Erysha Hihihi 😂. Oke deh hari ini aku mau berbagi kegiatan untuk anak usia dini yaitu membuat ikan dari piring kertas. Penampakannya kayak gambar di atas ya. Tenang gampang kok 😍.

Nah Teman-teman, DIY untuk anak usia dini ini bisa dimulai dari anak usia 2 tahun ya. Jadi, anak usia 2 tahun bisa kita ajak bagian yang mengecatnya dan menempelkan. Langsung aja ya 🙂


Kegiatan untuk Anak Usia Dini "Membuat Ikan dari Piring Kertas"


DIY dari piring kertas
Jangan pakai piring kertas model mengkilat ini ya, soalnya susah dicat dan hasilnya jelek


Alat dan Bahan

1. 2 buah piring kertas
2. Beberapa warna cat air. Warnanya sesuai keinginan kalian ya. Terserah ingin mengenalkan warna apa pada anak
3. Gunting
4. Lem kayu (fox)
5. Kuas untuk mewarnai atau cutton bud
6. Kertas warna

Cara Membuat

1. Pilih piring kertasnya yang depan dan belakangnya bener-bener kertas ya. Jadi jangan yang dilapisi plastik mengkilat di depannya. Soalnya susah nanti anak mengecatnya. Karena lapisannya yang licin dan hasil catnya jadi jelek.

2. Ajak anak menggunting bentuk segitiga untuk membuat mulut ikan di piring kertas. Kalau anaknya sudah 3 tahun ke atas. Bisa kita buat garis mulut ikannya dan nanti anak akan menggunting sesuai garis itu. Kalau 5 tahun ke atas, biarkan anak menggunting sendiri dari yang kita contohkan

3. Kita buat garis tengah di piring kertasnya untuk bagian kepala ikan nantinya. Jadi nanti anak bisa mengecat warna antara kepala dan badan ikan berbeda. Jadi garis ini cuma pembatas warna yang berbeda itu. Bisa lihat contoh ya 🙂

4. Ajak anak mengecat kepala dan badan ikan dengan warna yang berbeda sambil kita kenalkan warna pada anak. Seperti biasa untuk anak usianya 5 - 6 tahun bisa kita ajak bermain percampuran warna

prakarya dari piring kertas
Ini mewarnai hasil Erysha 😍


5. Keringkan warnanya sebentar atau pakai kipas angin.

6. Setelah itu kita ajak anak untuk buat ekor ikannya. Caranya kita ambil piring kertas satunya lagi. Minta anak menggunting bentuk segitiga dengan ukurannya seperti contoh yang di gambar ya atau bisa kita bikin garis dulu, jadi nanti anak menggunting mengikuti garisnya

DIY dari piring kertas untuk anak 2 sampai 5 tahun



7. Lalu tempelkan ekor ikan bentuk segitiga tadi ke badan ikan. Lihat contoh gambar ya.


Baca juga: DIY Membuat Ikan dari Serutan Pensil

Baca juga: Kegiatan Anak Usia Dini dengan Ampas Kelapa


8. Guntinglah kertas warna bentuk bulat. Ukurannya bebas untuk nanti ditempelkan pada ekor ikan

9. Ajaklah anak menempelkan kertas warna bentuk bulat tadi ke ke ekor ikan

10. Guntinglah kertas warna setengah lingkaran untuk dijadikan sirip ikan. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran ikannya ya. Lalu, ajak anak menempelkannya

11. Gunting kertas warna bentuk bulat kecil untuk membuat mata ikan. Nah, untuk membuat mata ikan, kita bisa membuatnya dari kertas warna atau mata gerak itu yang kayak mata boneka kecil itu lho.


hasil karya dari piring kertas
Ini hasil Erysha ^_^


Tuuu gampang kan kegiatan membuat DIY membuat ikan dari piring kertas. Ada manfaatnya nggak sih untuk anak kita? Banyakkkkkkk

1. Membangun bonding
2. Memberikan kegiatan positif pada anak
3. Mengenal warna
4  menstimulasi motorik halus
5  mengenalkan bentuk bulat pada anak usia 2 tahun
6. Merangsang daya kreativitas anak
7. Dll

Nah, bagaimana? Kegiatan untuk anak usia dini membuat ikan dari piring kertas ini menarik kan! Kalian bisa coba ya di rumah bersama anak-anak tercintanya. Selamat mencoba. Bisa juga lihat kegiatan Erysha yang lain di sini ya "Kegiatan Anak" 🙏


4 comments

  1. lucu..ini mengasyikkan untuk anak-anak, dan jadi media biar mereka nggak fokus ke tv atau gadget aja...

    nanti aku mau bikin juga bareng bocil, DIY model gini

    ReplyDelete
  2. keren keren mba... alat dan bahan cukup sederhana tapi bisa bikin fun dan menggali kreativitas anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏