6 Kebaikan yang Bisa Kita Lakukan di Tengah Mewabahnya Virus Corona

6 Kebaikan yang Bisa Kita Lakukan di Tengah Mewabahnya Virus Corona

Tulisan ini terinspitasi dari tulisannya Teh Jayaning Hartami yang terkenal itu lho. Kalau nulis itu pasti langsung viral 😍. Nah, Teman-teman tahu nggak? Ternyata ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan lho pada orang lain di tengah mewabahnya virus corona ini. Kenapa sih kita harus membantu orang lain di tengah mewabahnya virus corona ini? Karena sekarang semua orang sedang pada masa sulit ya terutama orang-orang yang kurang mampu

Banyak orang yang kehilangan nyawanya karena virus Corona atau disebut juga Covid 19 ini, banyak orang yang terinfeksi juga, banyak tenaga medis dan orang-orang atau pedagang kecil perlu kita bantu dan banyak juga yang kehilangan pekerjaan mereka dan pemasukan hiks. Jadi, kita perlu bantu mereka semampu kita. Semoga kita termasuk orang yang mau berbagi di kala lapang maupun sempit ya. Kalau kata Teh Jayaning Hartami, agar hati kita selalu terlatih untuk peka dan empati pada sesama di kondisi apapun. Kita pun bisa manfaatkan masa sulit ini untuk melatih kepekaan anak, empati, kecerdasan emosi dan rasa ingin memberi pada anak kita


Baca juga: Apa itu Kecerdasan Emosi?

Baca juga: Penting Mana Kecerdasan Intelegensi atau Kecerdasan Emosi?

Baca juga: Teruntukmu yang Tetap Bandel di Tengah Mewabahnya Virus Corona 


Aku mau cerita. Kalian tahu, bahagianya pedagang kecil itu sederhana sekali. Kita mau beli jualan mereka aja, mereka udah bahagiaaa banget. Kalian tahu ini apa?



Yup, ini hanya sebuah sisir kutu yang sengaja ku beli pada kakek penjual dagangan mainan yang ku temui di pinggir jalan. Waktu itu aku harus membeli bahan makanan untuk stok makanan di rumah. Ku lihat Kakek ini terus berjalan sambil mendorong-dorong gerobak jualannya.

Lalu, ku belilah barang dagangannya dan ku kasih uangnya sambil berkata

"Nggak usah dikembaliin Kek"

Dan berlalu dengan coolnya meninggalkan kakek itu. Dari belakang ku dengar dia berkali-kali mengucapkan rasa terima kasihnya padaku. Dan kalian tahu dari kejauhan, ku berbalik lagi ke belakang untuk melihatnya kembali. Ku lihat dia sedang duduk sambil menyeka keringatnya di samping gerobak jualannya.

Saat itu hatiku berkata

"Ya Allah kasian Kakek itu. Semoga Covid 19 dan kondisi sulit ini segera berlalu ya Allah"

Dan tiba-tiba aku merasa aneh. Aku menangis tersedu-sedu di sepanjang jalan di balik maskerku dari luar komplek sampai ke rumahku sambil berjalan kaki. Rasanya dadaku begitu sesak dengan keadaan saat ini.

Dan hai kalian, pernahkah kalian bertanya pada diri kalian masing-masing

"Apa yang bisa kita berikan untuk membantu orang lain di sikon seperti ini?"

Ternyata kita bisa lho membantu orang lain di tengah mewawahnya Covid 19 ini. Ini bisa kita mulai dari diri kita sendiri dan dari hal-hal sederhana di sekitar kita.


6 Kebaikan yang Bisa Kita Lakukan di Tengah Mewabahnya Virus Corona


covid 19
Pixabay


1. Lebihkan pemberian kita pada pedagang kecil
Jika kita sedang membeli, kita bisa lebihkan pemberian kita dengan ga minta uang kembalian pada mereka atau memberi mereka sembako atau sanitizer. Kira-kira sesuatu yang mereka butuhkan. Jangan lupa sertakan sedikit edukasi pada mereka

2. Traktir para ojol dengan bayar makan siang mereka lewat gopay/ovo

3. Nyumbang uang untuk kebutuhan medis atau orang-orang yang membutuhkan

4. Bantu orang-orang yang sedang membutuhkan
Coba lihat, adakah orang-orang sekitar kita yang keadaannya sangat sulit? Misalnya ART kita, tetangga kita yang sedang membutuhkan atau siapa. Kita harus peka soal ini

5. Menulislah atau share sesuatu yang sifatnya edukasi
Sharelah sesuatu yang bisa mengedukasi atau menguatkan orang lain. Yang penting jangan share hoax ya dan bagi kamu-kamu yang influencer atau selegram yang punya pengaruh besar pada orang lain, manfaatkan momen ini untuk semakin mengajak orang pada kebaikan

6. Stay #dirumah aja
Dan selemah-lemahnya kita, cukup stay aja di rumah dan keluar untuk sesuatu yang penting saja.


Baca juga: Menjadi Ibu Kreatif dari Rumah


Sederhanakan ya? Ternyata ada 6 kebaikan yang bisa kita lakukan di tengah mewabahnya virus corona ini ya. Ada yang ingin menambahkan?  Yuk kita mulai dari diri kita sendiri kalau begitu. Bagikan apa yang bisa kita bagikan dan berikan apa yang bisa kita berikan 🙂


7 comments

  1. Bener banget ya teh, apalagi di kota besar nih para pedagang pastinya sepi pembeli karna enggak ada yang seliweran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener teh. Klo beli juga sebaiknya kita panasi lagi atau kita lngsung buang bungkusnya. Paling tidak slain menjga kebersihan, kita bisa membantu orang lain ya

      Delete
  2. betul sekali , banyak sekali yang terdampak ya

    ReplyDelete
  3. iya mbak. membeli barang ke pedagang kecil dan dengan tambahan bisa jadi kebaikan sederhana
    apalagi kalau melihat mereka tersenyum rasanya ikt senang juga ya
    terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  4. kepengen bisa stay at home,
    cuma kerjaan masih menumpuk...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏