Kegiatan Mengenalkan Angka pada Anak dengan Membuat Jemuran Baju

kegiatan menyenangkan mengenalkan angka untuk anak usia dini

Allhamdulillah ya Allah semua kerjaanku udah beres. Daripada galau mau ngapain dan buang-buang waktu untuk sesuatu yang unfaedah jadi aku putusin aku nulis aja. Hari ini aku mau berbagi kegiatan stimulasi Erysha tempo hari yang lalu yaitu mengenalkan angka untuk anak usia dini dengan membuat jemuran baju. 

Nah, karena Erysha usianya udah 4 tahun lebih. Jadi, aku mau bikin kegiatan stimulasi yang sesuai dengan standar kompetensi untuk anak seusianya. 


Standart Kompetensi Anak Usia 4 - 5 Tahun

Aspek: Berpikir logis (Matematika) 

- Membilang banyak benda 1 - 10 

- Mengenal konsep bilangan

- Mengenal lambang bilangan 

Jadi aku ajaklah Erysha mengenal bilangan 1- 10 lewat membuat jemuran baju. Biar Erysha jadi belajar membilang dengan menghitung baju yang telah dia gunting dan mengenalkan angkanya sekalian. Yang namanya mengenalkan ini hanya sekedar mengenalkan ya Ibu-ibu. Nggak wajib anak langsung bisa dan tahu. Tapi kalau kita sering mengenalkan dengan ngalir gitu aja atau dikemas dengan permainan, nanti anak bisa sendiri kok. Tapi, kalau Ibu-ibu yang anaknya udah tahu angka 1 - 10 bisa dinaikin aja jadi mengenalkan angka 11 - 15. Terserah bebas ya. Disesuaikan aja ama kemampuan anak kita. Pelan-pelan aja. Jangan langsung banyak-banyak mengenalkan angkanya. Ntar anaknya malah bete 😂

Kalau Erysha aku kenalkan 1 - 10. Karena memang dia sudah tahu 1- 5. 6 sampai 10nya masih lupa-lupa ingat waktu itu. Nah, bisa langsung lihat kegiatan stimulasi kami ya


Baca juga: Prakarya Anak Membuat Kolase Hewan dari Daun

Baca juga: Cara Membuat dan Bermain Finger Painting untuk Anak Usia Dini


Mengenalkan Angka untuk Anak Usia Dini dengan Membuat Jemuran Baju

Alat dan bahan

mengenalkan angka dengan cara menyenangkan

1. Kertas warna warni 

2. Lem kayu ( lem fox) 

3. Benang wol secukupnya

4. Spidol 

5. Kertas HVS 


Cara Membuat dan Mengajarkannya pada Anak

1. Kita gambar dan gunting pola baju di kertas warna warni sebanyak 10 (jumlahnya bebas ya)

2. Kita buat jemurannya di kertas HVS dengan spidol hitam dan benang wol. 

3. Katakan pada anak "De hari ini kita main jemuran baju yuk"

Kita ajak anak menghitung ada berapa banyak baju yang akan di jemur. 

"Lihat bajunya warna warni ada warna apa aja ya? Wah kita jemur yuk bajunya! Bajunya udah Bunda kasih angka, biar kita bisa jemur bajunya berurutan biar bagus"

Bahasanya bebas ya. Fleksibel. 

Nah, kalau Erysha sekalian aku ajak dia menuliskan angka-angka itu sendiri. 

cara menyenangkan mengajarkan anak usia dini latihan menulis


4. Mintalah anak menjemur bajunya dengan cara menempelkan pola baju. 

mengenalkan angka untuk anak usia dini

Terus sambil menempelkan bajunya sambil kita kenalkan angka-angkanya pada anak 


5. Selesai deh dan ini hasil Erysha. Tolong ya Ibu-ibu netizen maklumin aja kalau jemuran bajunya nggak mirip. Efek emak nggak jago gambar jadinya gini hahaha 😂

Kegiatan kreativitas mengenalkan angka untuk anak usia dini


6. Setelah selesai kita review dan mintalah anak menyebutkan angkanya satu-satu sambil kita bantu kalau anak lupa. Selesai deh dan hasil karyanya bisa dikumpulin atau ditempel di kamar anak ya

DIY mengenalkan angka untuk anak usia dini


Baca juga: Serunya Bermain Kucing dan Tikus Bersama Anak


Manfaat Kegiatan 

- Mengenalkan angka 1 - 10

- Mengajak anak membilang 1 - 10

- Latihan menulis angka

- Mengenalkan warna

- Menstimulasi motorik halus saat menempel

- Dan lain-lain

Bagaimana? Mau coba nggak mengenalkan angka pada anak dengan bikin jemuran baju kayak gini? Selamat mencoba ya ibu-ibu 😍.  Jangan lupa intip juga kegiatan stimulasi Erysha yang lain di sini ya "Kegiatan Anak"




3 comments

  1. Gumush syekali permainannya mbak ^^. Jadi ingin mencoba.
    Ijin meniru permainannya ya mbak ^^, terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Mirip baju koooook. Hepi yaaaaaa main jemuran..
    Besok bisa bantuin jemur baju beneran nih hahahahaha

    ReplyDelete
  3. Naaah samaaa, anakku si bungsu msih suka lupa2 angka 6-10. EMG hrs ditunjukin trus2an sih mba. Lucu juga nih idenya pake jemuran baju :D. Ntr aku mau coba bikin, mungkin sekalian bikin celana dan kaos kaki, jadi dia menjemur banyak jenis pakaian :D. Soalnya kadang si adek suka nanya aja, kenapa cuma baju dll. Drpd pertanyaannya malah ngalihin belajar angka, dibikin dr awal hihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏