Tetap Lakukan Hal Wajib Ini Sebelum Vaksin Covid 19 Siap

Protokol kesehatan
Pixabay

Gembar-gembor tentang vaksin Covid 19 sudah lama terdengar. Ini jadi salah satu penyebab masyarakat semakin lalai dengan protokol kesehatan. Padahal mereka lupa, mempersiapkan vaksin Covid 19 itu butuh waktu, butuh proses dan penelitian yang panjang. Karena vaksin ini menyangkut keselamatan banyak orang. Tidak bisa tiba-tiba selesai dengan instan

Hingga akhirnya, kabar tentang vaksin Covid 19 ini mulai terlihat titik terangnya. Allhamdulillah beberapa vaksin Covid 19 sejak hari Minggu, 6/12/2020 sudah tiba di Indonesia. Salah satunya adalah Vaksin Sinochem. 


Vaksin Sinochem Vaksin Covid 19

Vaksin Sinochem adalah vaksin yang sedang diuji klinis di Indonesia ini berasal dari Tingkok. Allhamdulillah vaksin sinochem ini sudah berhasil melewati tahap I dan II dengan melakukan pengujian pada 1000 orang lebih. 

Saat ini Vaksin Sinochem sedang memasuki tahap ke III yaitu tahap terakhir dan tahap yang paling kritis. Juga memperhatikan apakah ada efek samping dari vaksin ini atau tidak, karena bisa jadi ada efek samping yang terlewati waktu uji tahap I dan II. Aduhhh jadi deg-degan ya. Kita doakan saja semoga tahap terakhir ini berhasil dan nggak ada efek sampingnya ya Teman-teman. 

Jika tahap III ini berhasil, maka vaksin pun perlu melalui pemeriksaan kembali di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan BPOM juga akan melakukan pengawalan terus pada vaksin Covid 19 ini hingga vaksin ini bisa digunakan oleh masyarakat. 

Itu juga dipasarkannya pelan-pelan dan bertahap. Pemerintah tentu akan lebih mendahulukan orang-orang yang lebih membutuhkan seperti tenaga kesehatan, ASN, dan lain-lain. 

Tuuu kan, vaksin ini akan lama sampai ke kitanya karena prosesnya itu butuh waktu yang panjang banget. Jadi jangan seenaknya keluar rumah apalagi nggak ngikutin protokol kesehatan. Jadi, sambil menunggu vaksin Covid 19 ini siap dan sampai ke kita, tetap lakukan hal penting ini ya


Lakukan Hal Wajib Ini Sebelum Vaksin Covid 19 Siap

Vaksin Covid 19
Pixabay


1. Ikuti Protokol Kesehatan 

Tetap patuhi protokol kesehatan. Apa saja itu? Ahhh rasanya hampir semua orang udah tahu ya apa itu protokol kesehatan. Yang menyebalkan itu menemui orang-orang yang tidak mematuhinya. Sampai gemes sendiri aku. Padahal informasi tentang protokol kesehatan itu udah ada dimana-mana, di tv, internet, di ruang publik dan di jalan-jalan. Jadi nggak ada alasan lagi untuk nggak tahu. 

Tapi emang orang-orang kitanya aja yang masih pada bandel, bebal dan kurangnya kesadaran diri tentang pentingnya menjaga kebersihan dan nggak khawatir menularkan penyakit pada orang lain. Astagfirullah ya Allah. Aku sampai gemas sendiri ama masyarakat kita itu. 

Jadi, yang bisa dilakukan itu menghadapi tipe masyarakat yang bebal begini adalah dengan adanya ketegasan berupa aturan yang jelas, bukan yang plin plan, ngambang dan membingungkan. 

Karena kita tidak bisa banyak berharap pada pemerintah dan masyarakat kita sendiri. Jadi sebaiknya mulailah menerapkan protokol kesehatan ini dimulai dari diri sendiri dan orang sekitar kita. Berilah contoh itu pada masyarakat kita


Baca juga: Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Zaman Now


2. Makan makanan yang bergizi

Setelah kita mengikuti protokol kesehatan, jangan lupa dibarengi dengan makan makanan yang bergizi seimbang. Karena daya tahan tubuh yang baik akan membuat kita tidak rentan sakit. Karena kalau fisik kita lemah, virus covid 19 akan lebih mudah menyerang kita

3. Olahraga 

Siapa yang selama ini malas olahraga? Akuuuuu 😂. Tapi sejak pandemi, aku jadi rajin olahraga lho. Untuk membantu agar tubuh kita selalu fit

4. Berpikir positif dan bahagia

Berpikir positif bukan berarti bikin kita jadi seenaknya ya. Itu mah bukan berpikir positif namanya tapi lalai. Berpikir positif itu dibarengi dengan ikhtiar dan doa yang baik. Karena berpikir positif membuat kita tetap merasa bahagia dan rasa bahagia ini adalah kunci kesehatan dari dalam jiwa. Ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kita juga


Baca juga: Tampak Receh tapi Sebenarnya Merusak Bahagia Orang Lain


5. Sediakan multivitamin

Selain dengan mematuhi protokol kesehatan, makan makanan sehat, olahraga, berpikir positif, kita pun perlu membantu menjaga daya tahan tubuh kita dengan mengkomsumsi multivitamin terutama di tengah pandemi begini. 

Nah, beberapa waktu yang lalu di kantor Ayahnya Erysha itu dilakukan Swab khusus karyawan. Terus ketahuan dong ternyata di kantor itu ada beberapa orang sekaligus yang positif huhuhu 😭 betapa sedih dan khawatirnya aku. Langsung dong, multivitamin Erysha yang awalnya udah lama habis aku langsung beli. 

Tapi karena akunya lagi hamil besar, daerahku juga zona merah, minta tolong Ayah Erysha buat beliin juga kasian karena dia udah capek pulang kerja sedangkan aku lagi butuh cepet itu multivitamin, akhirnya aku pesenlah multivitamin lewat Gojek. Nah, ternyata Gojek ini bekerja sama dengan Halodoc. 


Baca juga: Gojek itu Bukan Hanya tentang Cara Top Up Gopaynya yang Mudah. Tapi juga Soal Rasa


Jadi Halodoc itu, selain bisa berkonsultasi ama dokternya bisa juga tinggal pesan obat atau multivitamin aja di aplikasinya. Aku downloadlah itu aplikasinya malam hari, sambil cari sinyal duduk di luar teras demi sinyal coba wkwkwkw 🤣 *sedih. Allhamdulillah akhirnya bisa pesan juga di Halodoc, dianternya pakai Gojek dan aku bayarnya bisa pakai Gopay. Dan dengan waktu yang kurang dari sejam, multivitaminnya udah sampai dong di rumah. Ya Allah allhamdulillah terbantu banget aku sama Halodoc ini 😍

Covid 19
Pixabay


So Teman-teman, menurut aku sambil menunggu vaksin Covid 19 ini siap, jangan lupa kita tetap lakukan hal wajib di atas ya. Jangan sampai kita kena atau orang terdekat kita kena, baru deh kita menyesal. Hiks

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏