Caraku Mengenalkan dan Membuat Anak Menyukai Buku



        Setiap ortu pasti pengen anaknya itu harus lebih baik dari mereka, begitu juga denganku. Aku pengen banget anakku itu suka membaca. Secara Indonesia termasuk negara paling rendah minat bacanya dibandingkan negara2 lain. Hiks...hiks sedih ya 😢 Kebanyakan orang Indonesia itu yach, nggak suka baca tapi klo soal ngomong cepet. Makanya banyak orang Indonesia seneng nyinyirin orang lain tapi isinya nggak ada. Hadeuhhh 😯. Yupz, membaca itu juga bisa membuat orang itu berilmu atau tidaknya

        Nah waktu Erysha baru berusia 4 bulan. Aku udah ngenalin cerita ke dia, karena waktu itu Erysha belum mempunyai buku cerita, tapi emaknya tetep ngotot ngenalin cerita ke anaknya. Akhirnya aku bercerita pake buku resep masakan atau pake kalender bergambar dibacain ke Erysha hahaha (niat banget emaknya) 😂. Pokoknya apa aja dibacain ke Erysha termasuk gambar di setiap bungkus makanan hihihi 😂. Suatu hari aku jatuh cinta 😍 sama 1 paket buku cerita anak, tapi harganya jutaaaan makkkk 😱. Akhirnya aku putusin buat nabung n bela2in ngurangin jajan demi paket buku itu. Kadang mikir juga sich, "ngapain juga beli buku semahal itu?". Tapi nggak apa2lah masa beli hp atau motor nggak sayang ngeluarin uang jutaan tapi buat ilmu n manfaatnya bisa dipake seumur hidup ma anak, ngerasa sayang, trus bukunya juga bisa disumbangin lagi buat adik2nya kelak 😃. Terus sekarang bukunya udah kebeli ? Ya Belummmm, masih nabung hihihi 😂.

        Allhamdulillah akhirnya Erysha dapat kado buku juga, trus yang seneng siapa ? Ya emaknyalahhhh, Eryshanya ? Erysanya sich biasa aja cool 😎 hahaha 😂. Butuh perjuangan memang bikin anak suka buku. Aku udah capek-capek bacain buku ke Erysha, eh anaknya liatnya kemana aja, terkadang bukunya malah dilempar, hadeuhhh 😥. Padahal emaknya udah sampe ngebudah nich bacainnya. Ok, esok harinya aku coba lagi dengan ngeliatin banyak gambar dari buku ke Erysha, eh dianya pergi ninggalin aku n berlalu begitu saja, padahal nih emaknya sampe kering mulutnya nyorocos terus ngomongin gambar mulu. Walau berkali2 nggak berhasil tapi emak pantang menyerah, tiap hari aku coba terus dengan perlengkapan tempurku n smakin hari smakin ekspresif. Pokoknya hebohhh dech nyeritainnya, walau terkadang mikir juga, aku kok serasa lebay banget ya hihihi 😂.

        Allhamdulillah akhirnya perjuangan mak nggak sia-sia. Usia 7 bulan, Erysha udah mulai menunjukkan ketertarikannya pada buku cerita hiks...hiks (emak terharuuuu 😭😭😭). Erysha udah  seneng dibacain buku n seneng juga liat-liat gambarnya. Saat ini Erysha sudah berusia 1 tahun. Udah bisa nyodor-nyodorin buku minta dibacain, klo nggak anaknya bisa ngambek n nangis 😂. Tapi lama-lama malah maknya yang bosen nyeritainnya, abis anaknya mintanya berkali-kali udah gitu ceritanya itu-itu mulu, nih anak nggak bosen-bosen apa ? Hihihi 😂. Terkadang dibacain buku cerita ama ayahnya dari gaya cerita yang biasa sampai nyinden-nyinden n joget-joget, sampe geli aku liatnya 😂, tapi juga seneng n bersyukur Erysha sudah suka dengan buku 😘.

Baca juga: 20 Manfaat Membacakan Buku Cerita Pada Anak Dari Usia Dini

        Jadi para emak, anak suka buku itu perlu dikenalin, perlu proses. Nggak bisa tiba-tiba langsung suka ama buku. Butuh perjuangan. Gimana kita mau mengajarkan anak membaca nantinya jika anak-anak tidak menyukai buku dan tidak dikenalkan buku dari sedini mungkin ? Bisa saja anak mampu membaca tapi bukan dengan hatinya. Yuk ah para emak-emak yang semangat kita ngenalin bukunya agar anak-anak kita nanti suka membaca buku dan ajarkan anak membaca jika memang sudah matang usianya agar kita tetap bisa mengajarkan anak sesuai dengan fitrahnya 😃. Chemungutt Makkkk 💪💪💪

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
7 April 2017 12.07 delete

Selamat yaaaa...udah berhasil ngenalin dd sama buku...semoga tabungannya segera penuh, bisa beli buku yg diinginkan

Reply
avatar
8 April 2017 00.43 delete

Aaaminnnn teh Titi, smoga stok bukunya masih ada ya teh hihihi

Reply
avatar
29 Juli 2017 19.23 delete

Senangnya...saya juga sering bacain buku buat anak saya,19 bulan.
Semoga buku impian segera terbeli ya mak.
Salam kenal

Reply
avatar
29 Juli 2017 19.46 delete

Wah jadi inget zaman kecil dulu, tiap ulangtahun dikadonya buku biar suka baca hehehe

Reply
avatar
29 Juli 2017 22.17 delete

Siken dulu sempet gk tertarik sama buku yg aku beli mbk, tp pantang menyerahlah yah, kalok pas dia main, aku tarok aja buku2 itu disampingnya, eee lama2 dilihat jg, dan skrg mulai tertarik mbaca,
Emng kudu dikenalin sejak dini ya mbk, biar jd biasa, kebiasaan yg postif bgd tentunya, :)

Reply
avatar
30 Juli 2017 12.51 delete

budaya membaca memang harus dipupuk sedini mungkin. nice share gan.

Reply
avatar
30 Juli 2017 17.59 delete

Pasti menyenangkan si anak suka dengan buku.

Sampai sekarang saya masih membacakan buku cerita buat si bungsu. Padahal ya sebenarnya sudah bisa membaca sendiri. Tapi dengan membacakan buku ada bonding bersama anak.

Reply
avatar
30 Juli 2017 22.43 delete

Aaminnn. Terima kasih ya. Salam kenal jg 😃

Reply
avatar
30 Juli 2017 22.44 delete

Bahagianya punya ortu yang peka ya, akan pentingnya menyukai buku dari usia dini 😃

Reply
avatar
30 Juli 2017 23.57 delete

Iya bener bun. Perlu usaha dari kitanya ya. Buat bikin anak suka buku 😃

Reply
avatar
30 Juli 2017 23.59 delete

Bener bun, salah satu manfaat membacakan buku untuk anak adalah bondingnya 👍

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃