• Wednesday, December 4, 2019

    Yuk Manfaatkan Madu untuk Menjaga Kesehatan Anak Kita

    madu


    Hai-hai Teman-temnn. Hari ini aku mau share tentang belajar aku lagi nih. Beberapa hari yang lalu aku lagi di Jakarta Convention Center belajar tentang "Sedia Multivitamin Sebelum Hujan" bersama Madurasa Fitkidz 😃. Di sana aku belajar tentang banyak hal seperti bagaimana cara menjaga kesehatan anak, bagaimana cara anak mau makan dan apa saja manfaat madu untuk kesehatan anak kita? Kepo kan sama ilmunya 😃

    Allhamdulillah di acara ini mengundang ahlinya juga lho yaitu dr Ajeng Indriastasari, Sp.A dan Influencer terkenal Bunda Yunita Triyana.


    madu


    Teman-teman sekarang udah mulai memasuki musim hujan ya. Pasti membuat kita sebagai orang tua suka khawatir ya anak kita jadi lebih rentan sakit belum lagi kalau ada yang sakit itu menular ke yang lainnya lebih cepat ya. Nah, Dokter dr Ajeng Indriastasari, Sp.A punya tips nih untuk membantu kita menjaga kesehatan anak kita. Apa saja ya?


    Cara Menjaga Kesehatan Anak


    1. Berikan anak banyak minum air putih
    2. Menjaga kebersihan
    3. Berikan anak kegiatan fisik sebagai sarana olahraga anak
    4. Istirahat yang cukup
    5. Makan makanan yang sehat dan gizi seimbang.

    Tapi sayangnya tidak semua anak makannya bagus ya Teman-teman Hiks 😭. Jadi, anak perlu dibantu dengan multivitamin sebagai tambahan selain dari makanannya sambil pola makannya tetap harus kita benerin ya.

    Nah, Bunda Yunita Triyana yang seorang selegram, influencer dan dokter gigi juga memberikan caranya agar anaknya tidak gampang sakit. Seperti menjaga kebersihan anak, memperhatikan istirahat anak, berusaha memberikan makanan sehat gizi seimbang pada anak dan mendampingi anak dengan multivitamin di rumah. Bunda Yunita juga bercerita bahwa anaknya yang kedua lebih sulit makannya daripada anak pertama


    Bagaimana cara agar anak mau makan?


    1. Menu yang bervariasi
    2. Orang tuanya harus kreatif membuat menu yang menarik untuk anak. Kalau anaknya susah makan sayur, sayurnya bisa kita potong-potong kecil dimasukin ke dalam lontong dll
    3. Jangan kebanyakan minum susunya. Sehari cukup 2 atau 3 gelas
    4. Anak makan jangan dipaksa. Gapapa sering asal frekuensinya sering dengan menu yang berbeda
    5. Sebelum makan jangan dikasih cemilan apalagi yang manis. Nanti anak bisa kenyang duluan dengan cemilannya tapi tidak dengan menu utamanya. Atau menu utamanya dibuat seperti cemilan
    6. Dan lain-lain

    Baca juga: Ini Dia 5 Kesalahan Pola Asuh Gizi pada Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua 
    Baca juga: Menghadapi Anak GTM atau Susah Makan

    Sambil kita benerin makannya bisa kita bantu dengan multivitamin. Nah dalam memilih multivitamin sebaiknya pilih multivitamin yang mengandung bahan alami ya seperti Madurasa Fitkidz ini. Dari namanya saja Madurasa Fitkidz udah terlihat ya kandungannya dari madu 😃. Lalu manfaat madu untuk anak itu apa sih?


    Manfaat Madu untuk Anak



    madu untuk anak 1 tahun


    1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    2. Sumber energi
    3. Meredakan batuk pilek. Tapi hindari komsumsi langsung ya. Sebaiknya dicampur air hangat dll
    4. Bagus untuk sistem pencernaan
    5. Kaya vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh anak
    6. Dan lain-lain

    Banyak kan manfaatnya madu. Cuma bedanya madurasa Fitkidz ini selain kandungannya madu ada juga kandungan yang lainnya seperti Lysine, Sari Temulawak, Sari Kurma, dan vitamin C yang semuanya semakin menambah banyak manfaatnya. Madurasa Fitkidz ini madu untuk anak 1 tahun ke atas


    Aturan Minum Madu untuk Anak


    madu


    Madurasa FitKidz ini bisa untuk anak usia 1 - 12 tahun ya 😃

    Anak 1 - 6 tahun: 1 x 1 sendok makan (15 ml)

    Anak 6 - 12 tahun: 2 x 1 sendok makan (15 ml)

    Kemarin di acara ada yang nanya. Boleh nggak sih madu ini diminum berbarengan dengan obat? Ternyata jawabannya boleh lho Teman-teman karena Madurasa FitKidz ini kan vitamin dan cara minum madu itu tidak selalu kita suapkan pakai sendok pada anak. Bisa juga kita campurkan ke dalam minuman hangat anak atau kalau aku suka dijadikan toping roti untuk Erysha. Selain itu, kemasannya praktis dan bisa dengan mudah juga dibawa kemana-mana. Aku suka 😍. Jadi anak minum multivitamin nggak sehoror minum obat ya 😂


    Madurasa Fitkidz


    Kita berkenalan dengan Madurasa FitKidz ini, yuk. Madurasa Fitkidz ini dibuat oleh PT Air Mancur. Dimana PT Air Mancur ini telah berdiri dari 23 Desember 1963. Waw sudah lama sekali ya. Selain itu reputasi PT Air Mancur ini sudah internasional lho Teman-teman. Selain itu juga telah bersertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik)

    Jadi memang ya PT Air Mancur ini telah banyak melahirkan berbagai produk berbahan herbal dan kesehatan untuk anak salah satunya Madurasa Fitkidz ini. Waw ya Teman-teman 😍. Sudah terpecaya 😃


    madu
    Kecerian kami belajar kemarin 💗


    Yuk, Teman-teman bersama-sama kita menjaga kesehatan anak kita dengan madu untuk anak tumbuh sehat dan ceria.


    Kontak: 

    Madurasa Fitkidz


    Sudahkah Kita Mengajarkan Hidup Sederhana pada Anak Kita?

    Hidup sederhana


    Tadi sepulang liqo (ngaji). Tiba-tiba temen liqo aku nanya pas kita lagi di motor berdua

    "Teh, kisah hidup Teteh itu bagus. Dengan pekerjaan suami Teteh dan pendapatannya kita semua tahulah ya. Tapi gaya hidup Teteh tetap sederhana. Kok bisa sih Teteh begitu? Aku kagum lho ama Teteh dan belajar ama orang-orang kayak teteh"

    Lalu, ku jawab

    "Teteh say, bagi aku dan ayahnya Erysha. Kaya dengan hidup bermewah-mewahan itu biasa. Tapi kaya dengan hidup yang sederhana dan bersahaja itu baru luar biasa. Dan kami ingin memantaskan diri untuk menjadi orang luar biasa seperti itu"

    Pertanyaan itu tiba-tiba menghadirkan haru di dalam hatiku. Dulu, aku hidup miskin dan dibesarkan dengan kemiskinan. Aku tahu rasanya dipandang sebelah mata karena tidak memiliki apa-apa. Dari sana, aku jadi belajar bagaimana memperlakukan orang lain dan tidak menilai orang lain dari sebanyak apa yang mereka miliki atau tentang seberapa bermerek apa yang mereka pakai. Bukan


    Cara Mengajarkan Hidup Sederhana pada Anak


    Dan aku pun belajar bagaimana tetap hidup sederhana di saat lapang dan hal ini yang akan aku ajarkan juga pada anak-anakku kelak bahkan sudah dimulai dari Erysha. Bahwa jika dia ingin mendapatkan sesuatu dia harus berusaha dulu, dia harus nabung dulu misalnya. Agar dia belajar untuk menghargai sebuah proses dan segala sesuatunya. Membeli juga sesuai apa yang dibutuhkan.
    Kali-kali beli sesuai keinginan dan memanjakan diri nggak apa-apalah ya, yang penting jangan jadi gaya hidup. Anakku harus tahu bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik tanpa pandang bulu, memberikannya pengertian dan pemahaman mengapa kita perlu belajar kesederhanaan dan sering mengajaknya untuk melihat orang-orang yang berada di bawahnya agar ia selalu menjadi orang yang bersyukur dan bahagia dan serta memiliki empati yang tinggi pada orang lain dll (Baca juga: Tentang Empati / Kecerdasan Emosi ). Nah, kalau aku pengen anakku belajar kesederhanaan. Yaa akunya harusnya memberi teladan dong. Karena

    "Salah satu proses belajar anak adalah dengan meneladaninya" (Yeni Sovia)
     Baca juga: Belajar Bahagia dari Anak


    hidup sederhana
    Pixabay

    Baca juga: Yuk Ajarkan Kemandirian Anak Sejak Dini

    Walau karena kesederhanaan ini kebanyakan orang tetap memandang kita sebelah mata. Kita sederhana bukan karena kita tidak mampu membeli, bukan. Tapi hidup sederhana itu jauh lebih menenangkan hati dan menyeleksi mana orang-orang tulus yang berhak hadir dalam hidup kita. Bukan dekat dengan kita karena apa yang kita miliki. Bukan. Walau kesederhanaan ini kebanyakan dipandang sebelah mata, tetapi tidak apa-apa yang penting bukan Allah yang memandang kita rendah, bukan?

    Nanti, aku mau cerita ya lagi di tulisanku selanjutnya waktu aku disangka pencuri dan pernah disangka orang miskin gara-gara penampilanku yang sederhana  ini dan disangka nggak mampu beli coba *nyesek tahu 😂

    Ubah ya cara berpikir kita. Bahwa elegan itu nggak selalu soal penampilan, tapi sikappun harus elegan dong.

    "Kalau kita menghormati dan memperlakukan orang hanya dengan apa yang mereka miliki. Itu namanya sombong" (Yeni Sovia)

    Ke bos aja kita hormat, kasih senyum dan ramah. Tapi kok ke cleaning service atau orang yang kita anggap kecil suka seenaknya. Kan malu ngebeda-bedain orang. Tuhan aja nggak ngebeda-bedain orang dari materi. Terus ini siapa, Elu? *kasarnya begitu ya 😂

    Eh doian ya semoga aku beneran kaya sekaya Nia Ramadani hahaha 😂. Nggak apa-apalah ya kita ngaku-ngaku kaya dulu minimal kaya hati sebelum kaya materi *eaaa 😂. Yuk, ah kita didik diri kita dan anak-anak kita tentang hidup sederhana. Karena kesederhanaan itu "Mahal" cinnnnn 💓💓


    Cara Menjaga Kebersihan Anak Terutama di 1000 Hari Perlindungan Pertama Kehidupannya

    pembersih botol susu

    "Kok bisa sih anakku sakit? Ini pasti gara-gara aku teledor ngejaga kebersihannya"

    Itulah sepengggal kata-kata yang kugunakan untuk menyalahkan diriku hari itu. Dan bagiku itulah hari pertama ku merasa gagal menjadi seorang ibu. Hari melihat bayi kecilku tak berdaya itu tergolek lemas dengan jarum suntik infus ditangan kanannya hanya karena kelalaianku

    Malam itu, Erysha tiba-tiba muntah banyak sekali dan frekuensinya sering. Bahkan disusui juga langsung muntah. Karena panik dan melihat matanya yang sayuuuu sekali kayak yang ngantuk. Aku dan ayahnya Erysha langsung membawa Erysha ke rumah sakit dan ternyata Erysha harus tetap di rumah sakit dulu karena mengalami dehidrasi.

    Seketika itu, hatiku hancur sekali. Bisa nggak kalian bayangkan bayi sekecil itu harus di rawat di rumah sakit dan ditusuk benda tajam yang bernama suntikan itu? Rasanya aku ingin menangis di sana. Aku langsung mengevaluasi diriku tepatnya bukan mengevaluasi diri tapi menyalahkan diriku sendiri. Rasanya aku langsung gagal menjadi seorang ibu sekaligus ada rasa takut juga disalahkan oleh keluarga .

    Yup, seketika itu tanpa ku sadari aku telah menuntut diriku menjadi ibu yang sempurna. Padahal ibu yang sempurna itu tidak akan pernah ada di muka bumi ini dan aku lupa bahwa aku bukan Tuhan. Lalu, aku kembali  menguatkan diriku sendiri bahwa aku ibu yang baik, bahwa aku telah berjuang memberikan ASI pada Erysha selama ini, aku yang membuat dan mengatur sendiri nilai gizi MPASI untuk anakku, aku sampai mengorbankan karir ku dan menunda mimpiku demi bisa bersamanya dan  dapat mengikuti tumbuh dan kembangnya dengan mataku sendiri dan dengan tanganku sendiri

    Aku ibu yang baik...aku ibu yang baik. Itulah kata-kataku pada diriku sendiri dan setelah kejadian itu aku terus berusaha menjadi ibu yang lebih baik lagi. Dan aku ucapkan terima kasih banyak untuk ayahnya Erysha yang tak pernah sekalipun menyalahkanku ketika ku mendampingi tumbuh kembang anaknya karena ia tahu tumbuh kembang anak adalah tanggung jawab berdua bukan hanya tanggung jawab satu orang

    Setelah momen menyedihkan itu, aku pun belajar banyak bagaimana cara menjaga kebersihan anak terutama di 1000 hari perlindungan pertama di kehidupannya. Dan tahu nggak ibu-ibu, berdasarkan Riset Nasional mengungkapkan, diare masih menjadi penyebab kematian bayi dan balita di Indonesia. 31,4 persen kematian bayi dan 25,2 persen kematian balita di Indonesia disebabkan oleh diare.

    Selain diare, ada juga ISPA (infeksi saluran nafas atas) yang sering dialami anak. Belum lagi penyakit menular lainnya seperti salesma, influenza, pneumonia, TBC dan lain-lain yang juga mengintai bayi baru lahir. Huhuhu ngeri kan? Begitu juga denganku, terkadang suka membuatku parnoan sendiri. Nah, biar aku nggak parnoan juga, jadi begini caraku menjaga kebersihan Erysha agar ia tak mudah sakit



    Cara Menjaga Kebersihan Anak Terutama di 1000 Hari perlindungan Pertama Kehidupannya


    kebersihan anak


    1. Perhatikan kebersihan rumah

    Ibu-ibuuu siapa yang ngalamin kayak aku. Dalam sehari itu ya bisa nyapu dan ngepel berkali-kali? Belum lagi drama-drama lainnya yang membuat kita berkali-kali menarik nafas panjang ya. Tenang kalian nggak sendiri kok. Mari kita saling berpegangan tangan untuk saling menguatkan walau hati ini berkata *hayati lelah bangggggg #CumaEmakYangTahuRasanya

    2. Cuci tangan sebelum menyentuh bayi apabila kita dari luar

    3. Biasakan mencuci tangan anak sebelum dan sesudah makan dan setelah bermain dari luar

    Ibu-ibu di fase ini anak-anak pasti senang sekali ya memasukkan tangannya ke mulut. Nggak usah dilarang ya. Karena ini adalah salah satu proses belajar anak. Karena ketika anak memasukkan tangannya atau benda apapun ke dalam mulutnya itu adalah salah satu proses belajarnya. Anak jadi belajar sensory, merasakan rasanya, tekstur benda atau tangannya dan lain-lain.

    Yang perlu kita pastikan adalah menjaga kebersihannya saja dan benda yang dimasukkan ke dalam mulutnya bukan benda yang berbahaya atau kotor. Soalnya aku itu ya suka gemes ketemu orang tua yang sedikit-sedikit ngelarang anaknya padahal nggak berbahaya. Kalau tangan atau badan anak kotor yaaa tinggal dicuci aja daripada kita pelan-pelan tanpa disadari membunuh fitrah belajar anak. Hayooo. Iya kan? *lagi ngingetin diri sendiri ceritanya

    4. Memperhatikan kebersihan makanannya

    Aku merasa penyebab Erysha waktu itu masuk rumah sakit kayaknya karena ini deh

    5. Perhatikan kebersihan perlengkapan bayi

    Jaga kebersihan perlengkapan anak kita seperti pakaiannya, mainannya, perlengkapan makannya dan lain-lain. Untuk melindungi kebersihan perlengkapan bayi, aku juga pilih produk bayi yang aman dong. Nggak mau asal-asalan



    Untuk membersihkan perlengkapan bayi, aku pilih Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi Aku pertama kenal dengan Sleek Baby ini waktu Erysha bayi sekali dan semakin lama Sleek Baby ini semakin berkembang dan menambah 8 proteksi dengan formula baru . Buat aku ini memudahkan banget ya bagi para ibu apalagi ibu tanpa ART kayak aku hihihi 😂


    Yang Aku Suka dari Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi



    ✔️ Food Grade: Tidak mengandung zat-zat yang berbahaya dan aman untuk bayi. Jadi, nggak usah takut lagi kita

    ✔️ Natural Anti Bacterial: Mengandung Anti bakteri alami. Jadi bagus juga untuk pembersih botol susu kayak botol susu pompa ASI, botol penyimpanan ASI, botol minum anak.

    ✔️ Stain Removal: Mampu membersihkan kotoran, meluruhkan lemak dan menghilangkan bau tidak sedap. Dari semua keunggulan Sleek Baby ini ya, aku paling suka kandungannya yang ini. Soalnya aku pernah punya pengalaman ngerebus pompa ASI. Tapi karena telat sedikit angkat, pompa ASInya meleleh coba. Ya Allah langsung sedih aku itu, soalnya harus beli lagi dan harganya itu nggak murah.

    Tapi ternyata dengan adanya Sleek Baby ini kita nggak perlu serempong itu ibu-ibuuuu. Soalnya dengan kandungan stain removal ini aja udah bisa merontokkan lemak pada botol susu *emak-emak langsung pada bahagia hahaha 😂

    ✔️ Hypoallergenic: Dapat meminimalisir iritasi kulit, gatal dan kulit kasar. Bukan hanya untuk anak tapi bisa juga buat kita, lho

    ✔️ Dermatologically Tested: Sabun pencuci botol yang sudah teruji klinis atau Dermatology Tested

    ✔️ Microbiological Tested: Produk yang sudah teruji efektif dalam membunuh Mikroorganisme yang berbahaya

    ✔️ High Quality Concentrat: Cuma pakai sedikit aja tapi perlengkapan anak kita bisa langsung bersih dan terlindungi. Seneng kan kita ibu-ibu. Pertanda kita bisa hemat

    ✔️ Paraben Free: Sabun pencuci botol, peralatan makan dan mainan yang tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya juga. Tenanglah kita

    Banyak ya manfaatnya. Ibu-ibu semoga dengan kita lebih menjaga kebersihan anak kita terutama di 1000 hari perlindungan pertama di kehidupannya membuat kita lebih bisa menjaga kesehatan anak kita, ya. Bosan sih, lelah sih tapi percayalah masa lelah ini akan kita rindukan kelaknya ketika mereka telah beranjak dewasa dan tak bisa lagi temani kita seperti hari ini. Ahhh nulis kata-kata ini kok jadi bikin aku nangis ya. Ahh sudahlah

    Baca juga: Ketika Engkau Merasa Lelah Menjadi Seorang Ibu
    Baca juga: Bunda ingin Menjadi Seseorang yang Dirindukan Anak? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini

    #SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama
    #PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol


    Kontak:

    Facebook
    Instagram



    Tuesday, December 3, 2019

    Tentang Lelahnya Seorang Ibu

    ibu


    Jam segini Erysha baru tidur coba dan emaknya ini udah bangun dari subuh ngerjain ini itu. Ngerjain kerjaan rumah, ngurus anak, ngurus suami dan bisa santai jam segini. Waktu udah malem dan aku yakin hampir semua ibu begini. MasyAllah dengan semua kelelahan ibu itu ya, gimana ibu itu nggak rentan stres ya, nggak rentan depresi, rentan nggak warasnya. Apalagi kalau nggak ada yang nguatin atau suppor system yg mendukung. Sudah itu bisa habis semua kebahagiaan seorang ibu itu dengan sekaligus.

    Baca juga: Produktif dari Rumah. Kenapa Nggak?

    Kenapa? Karena semua itu membuat mereka sampai kehilangan dirinya sendiri, nggak punya waktu untuk dirinya sendiri. Berusaha ngasih kebahagiaan untuk semua orang, tapi ketika malam dan semua orang tertidur tiba-tiba terasa hampa, ada rasa tak bahagia di hati yang ada hanya rasa lelah.

    Bagaimana tidak kehilangan diri, makan dengan tenang aja susah, tidur dengan nyenyak aja susah, selonjoran sebentar aja susah, megang hp dengan santai aja susah. Jdi, betapa para ibu itu berusaha nguatin dirinya agar tetap waras dengan semua keadaan itu.


    ibu
    Pixabay


    Dan, ketika ku temukan dan ku lihat seorang ibu membentak-bentak anaknya, memarahi anak-anaknya, memukul,  menghardik anaknya dan bahkan membunuh anaknya. Yang ada di hatiku bukan perasaan marah pada ibu itu, tapi rasa kasian melihatnya. Melihat jiwa dan fisik  seorang ibu itu sedang kelelahan, putus asa dan perlu dibantu. Dan ku lihat juga jiwa anak-anak itu, penuh luka disiksa karena dibesarkan oleh ibu yang penuh luka pula tak bahagia.

    Ya Allah, menyedihkan bukan. Bahwa menjadi seorang ibu itu nggak mudah. Nggak mudah. Walau ku tahu,  kelelahan itu bukan jdi pembenaran untuk melampiaskannya pada anak. Tetapi paling tidak aku berempati pada mereka. Semoga Allah menguatkan kita ya dan kita saling menguatkan 😭.

    Baca juga: Ketika Engkau Merasa Lelah Menjadi Seorang Ibu

    Dan wahai para suami. Lihatlah istrimua. Apakah dia dalam keadaan baik-baik saja ataukah tidak? Jangan-jangan hanya sekedar lihat fisiknya tapi lihat dan rasakan jiwanya. Apakah ia terluka dan sedang membutuhkanmu atau sedang menunggumu untuk melihat mereka

    Baca juga: Semua Tulisan tentang Dunia Ibu 

    Tulisan ini ditulis dari hasil mikir. Aku aja dikasih suami yang baik dan teman-teman yang baik masih aja kadang ngeluh capek. Apalagi mereka para ibu diluaran sana yang nggak dapet support system yang mendukung, semoga Allah menguatkan mereka dan anak-anak mereka 😭😭😭



    6 Langkah Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil

    pilek pada bayi
    Pixabay


    Halo-halo Semuanya. Hari ini aku mau share lagi ilmu yang aku dapatkan waktu di Jakarta Convention Center yang diadakan oleh Respimer dengan Tema "Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil".

    Ngomong-ngomong ya, kalau anak udah kena batuk pilek aja. Kita serasa udah rempongggg rasanya ya. Karena udah siap-siap kurang tidur, harus sabar gendong si kecil, belum lagi siapkan menu makannya yang berbeda-beda agar anak masih mau makan. Hiks. Iya kan? Dan kesalnya itu ya. Kalau batuk biasanya suka satu paket ya dengan pileknya atau sebaliknya. Saking setia kawannya tapi kita yang repot 😂.

    Kita memang repot dan lelah. Tapi sebenarnya yang lebih lelah itu pasti anak. Wong anak yang ngerasa sakitnya, badannya nggak enak, susah makan padahal perutnya lapar, lebih kurang tidur daripada kita. Jadi, kalau anak dalam keadaan begini, memang kitalah yang seharusnya lebih sabar membersamai rasa sakitnya untuk mengurangi ketidaknyamanannya.


    Baca juga: Ketika Engkau Merasa Lelah Menjadi Seorang Ibu


    Penyebab Hidung Tersumbat


    hidung tersumbat


    Dokter Intan Diana Sari sebagai narasumber di acara kemarin menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan hidung tersumbat. Pastinya itu dari batuk pilek ya. Dimana terjadi penumpukan ingus (cairan) pada bayi dan anak sehingga menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang berada di permukaan dalam hidung mengalami pembengkakan. Bisa karena alergi, infeksi virus flu atau bakteri. Tapi kebanyakan dari virus flu ya


    Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dan Anak?


    1. Banyak minum air putih. Jika masih ASI. Banyak disusui
    2. Makan makanan yang sehat
    3. Atur suhu ruangan agar si kecil tak kedinginan
    4. Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream atau minyak penghangat
    5. Jika hidung bayi tersumbat atau mampet bisa kita gunakan penyemprot hidung dengan larutan nasal spray seperti respimer dan bisa pula setelah ingus encer digunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung
    6. Jika batuk pileknya disertai demam dan mengkhawatirkan bawa anak ke dokter ya

    Baca juga: ASI Bunda sedikit? Lakukan 7 Cara Ini untuk Memperbanyak ASI


    Apa itu Respimer?


    obat pilek untuk bayi, respimer

    Tadi kita berbicara tentang penyemprot hidung ya. Penasaran kan itu tu apa? Sama. Aku juga awalnya penasaran karena aku juga baru tahu. Allhamdulillahnya kemarin seneng dapat edukasi soal penyemprot hidung Respimer ini

    Jadi, Respimer ini adalah cairan cuci hidung (Nasal Spray) yang kandungannya murni 100% air laut lho Temen-temen yang dibuat dengan konsentrasi tertentu untuk membersihkan hidung harian, dapat juga membantu melegakan hidung yang tersumbat dan membantu mengeluarkan ingus atau lendir yang kental atau anak yang terkena flu atau sebagai cairan pembersih hidung harian. Jadi aman ya kita gunakan bahkan pada bayi


    Keunggulan Raspimer


    1. 100% dari air laut. Jadi alami ya
    2. Mengandung 80 mineral yang tentu saja bagus untuk kesehatan hidung kita
    3. Tidak menggunakan gas propelan. Gas propelan itu gas yang mudah terbakar ya
    4. Daya semprotnya lembut pada bayi. Jadi nggak usah khawatir ya
    5. Tutupnya lebih higienis. Jadi lebih mudah untuk dibersihkan

    Nah, Respimer ini ada 2 varian Teman-teman




    1. Raspimer Nasal Hyegiene ini (warna pink) untuk bayi 0 - 2 tahun. Berfungsi untuk cairan cuci hidung sehari-hari dan awal flu

    2. Raspimer Decongestant (warna kuning dan orange) untuk bayi berusia 1 bulan ke atas. Berfungsi untuk memberikan efek melegakan dan menarik ingus yang melekat pada rongga hidung. Cocok mengeluarkan ingus saat anak flu berat

    respimer


    Jadi bisa kita beli sesuai kebutuhan ya. Kalian pasti penasaran. Bagaimana sih cara pemakaian Respimer ini?


    Cara Menggunakan Respimer Baby




    1. Cuci tangan dulu
    2. Letakkan bayi pada posisi tidur ya
    3. Miringkan kepala bayi
    4. Masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung dengan pelan-pelan dan lembut. Lalu semprotkan 2 - 3 detik. Begitu sebaliknya untuk lubang hidung sebelahnya
    5. Bersihkan hidung setelah keluarnya ingus
    6. Bersihkan Respimer dengan air setelah steril baru disimpan

    Wah gampang ya? Jadi mengurangi drama kita deh kalau hidung si kecil tersumbat. Termasuk mengurangi drama hati juga *eaaaa. Kok bisa drama hati? Soalnya aku pernah dinyinyirin ama orang waktu Erysha bayi dan masih ASI. Udah kitanya lagi sakit pilek juga, terus ga tenang karena nularin ke anak juga, lelah. Eh ditambah dinyinyirin. Rasanya itu nyesek. Tapi, allhamdulillah ya sekarang sudah ada Respimer ini, membantu sekali kehidupan kita para ibu yang penuh drama ini. Coba ya aku tahunya dari dulu 😂

    Baca juga: Yakin Nggak Nyinyir? Yuk Kita Cek Diri Kita!




    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES