• Sunday, January 13, 2019

    Teruntukmu yang Bernama Suami, Pulanglah!

    teruntukmu yang bernama suami, pulanglah!
    Pixabay

           Lagi-lagi membuatku kembali menarik nafas panjang. Seorang ibu duduk di sebelahku lalu bercerita betapa putus asanya ia menghadapi anak-anaknya, pekerjaan rumah dan rasa tidak berguna di hatinya.

           Yah, dia hanya seorang ibu rumah tangga yang mengurus semuanya sendirian. Sama seperti ibu-ibu yang lain. Namun, ada rona ketidakbahagiaan di dalam dirinya, ada getar di dalam suaranya, ada isak yang berusaha ia coba untuk tahan dan ada butiran air mata yang menggenang jelas di matanya. Ia pun berusaha untuk menghapus genangan itu agar tak tumpah ruah di pipinya

           Sedangkan aku hanya bisa menatapnya, mendengarkannya, dan menguatkannya dengan kata-kata sederhanaku. Aku tahu dia butuh seseorang dan aku tahu ibu ini hanya salah satu dari ibu-ibu lain yang tidak menikmati perannya sebagai ibu sekaligus seorang istri

          Mereka perlu ditolong, mereka perlu dirangkul, mereka perlu didengarkan. Karena sungguh menjadi ibu itu tidaklah mudah. Jadi, aku paham sekali dengan apa yang ia rasakan. Karena aku juga seorang ibu dan juga seorang istri

           Aku melihat, betapa banyak seorang ibu mendidik dan membesarkan anak-anaknya dengan ketidakbahagian. Karena mereka sendiri pun dalam keadaan tidak bahagia

          Akhirnya, anak-anak dibesarkan dengan kata-kata negatif ibunya, kata-kata yang menyakitkan, teriakan, kemarahan dan air mata. Lalu, ibu itu merasa menjadi seseorang yang tidak berguna.


    anak-anak yang dibesarkan dengan tidak bahagia
    Pixabay


          Hidupnya hanya berkubang pada kotoran, rumah dan anak, mengerjakan itu-itu saja setiap harinya, tak ada yang melihat dan menghargai itu.

    Sedangkan di luar sana, betapa banyak ibu-ibu cantik nan wangi pergi bekerja, ada yang melihat mereka, ada yang menghargai pekerjaan mereka, dan mereka pun mendapatkan langsung dari apa yang mereka kerjakan

           Sedangkan ibu rumah tangga yang masih berproses dengan peran mereka, mereka merasa bagaikan kain lap, kotor, terinjak-injak dan tak berarti apa-apa. Ia merasa sendirian dan lelah dengan semuanya dan berkata "kapan ini berakhir?"

    Baca juga: JANGAN KATAKAN 9 HAL INI PADA IBU RUMAH TANGGA

           Tak ada yang menguatkan mereka. Yang ada dengan segala kelelahan fisik dan hati mereka, mereka masih dituntut menjadi seorang ibu yang sempurna oleh tanggapan orang, mertua, orang tua sendiri dan tak kadang dituntut begitu sempurna oleh suami sendiri.

    "Rumah kok berantakan, kamu ngapaiin aja di rumah?"

    "Ini anak kok kurus, nggak dikasih makan, ya?"

    Dan masih banyak komentar-komentar nyinyir yang lain.

    Ingin sekali ku berkata teruntukmu yang bernama suami sekaligus seorang ayah.

           Pulanglah, lihatlah istrimu, lihatlah ibu dari anak-anakmu itu. Sudahkah engkau selalu mendengarkannya selama ini? Jangan marah jika ia selalu bercerita tentang lelahnya dan tentang anak-anakmu. Dia tidak bermaksud untuk mengeluh. Dia hanya ingin bercerita.


    cara membuat istri yang bahagia
    Pixabay

           Siapa lagi dan kemana lagi tempatnya untuk bercerita, jika yang dia lihat di rumah hanya tembok, tembok dan tembok. Tak tahukah engkau ia meninggalkan kariernya, mimpinya, dan kesenangannya lalu memilih dirumah untuk fokus mendidik dan membesarkan anak-anakmu.

           Lalu, jika engkau tak mendengarkannya, kepada siapa lagi ia akan bercerita setelah Tuhannya, kemana lagi ia labuhkan hati dan kelelahannya mengurusmu, rumahmu dan anak-anakmu jika bukan selain pada dirimu?

          Apa engkau tahu, baju bersih yang engkau gunakan itu, dia yang mencucinya, dia yang menyetrikannya. Sedangkan engkau hanya tahu menggunakannya, kan?

           Makanan yang engkau makan itu, dia yang mengolahnya, dia yang memasaknya. Memasak itu terlihat sederhana bukan?

           Tapi sungguh di dalamnya ada proses yang rumit dalam pembuatannya. Ada bahan-bahan makanan yang harus dipilih dulu satu-satu, dipotong, dibersihkan, direndam dan di masak.

           Setelah itu ia harus masak sambil ditemani tangisan dan teriakan anak-anakmu, dan terkadang ia memasak sambil menggendong anakmu, lalu berlarian dengan waktu untuk mempersiapkan ini itu untukmu dan anak-anakmu


    Pixabay


           Apa engkau tahu rumah yang rapih, yang engkau lihat sepulangmu dari bekerja. Sebelumnya tidak serapih itu. Ada kapal pecah di dalamnya, ada serakkan mainan dimana-mana, dan ada tangisan anak-anakmu di dalamnya

           Atau engkau tahu, ketika engkau pulang bekerja tapi rumahmu masih berantakan. Itu juga bukan karena istrimu tidak membereskannya. Ia sudah membereskannya dan bahkan sudah menyapunya berkali-kali.

           Tapi rumah itu selalu kembali seperti kapal pecah. Bukankah engkau tahu bahwa anak yang aktif dan bereksplore salah satu ciri anak yang cerdas dan kreatif.

           Lalu, engkau masih menuntut kesempurnaan itu dari istrimu yang lelah dari pagi buta mempersiapkan semuanya tanpa jeda dengan sebuah standar kerapihanmu

    Teruntukmu yang bernama suami, pulanglah!


    cara menjadi suami yang baik
    Pixabay

           Lihatlah tangan istrimu itu. Dulu tangan itu tak sekasar itu. Lembut, wangi dan halus. Tapi kini tangan itu telah berubah menjadi kasar, dan bau. Bau bekas ompol anakmu, bau bawang, sisa bau hanyirnya ikan atau bau yang lain

    Lihatlah wajah itu. Dulu wajah itu masih ayu dan cantik kan, sebelum engkau menikahinya? Tapi kini lihatlah wajah itu berubah menjadi wajah yang lelah, kusam, tua dari umurnya yang sebenarnya dan terkadang tampak tak terurus.

           Bagaimana ia sempat mengurus diri jika jiwa raganya, waktunya, tenaganya telah ia habiskan mengurusmu, anak-anakmu, dan rumah dari pagi buta hingga larut malam?

    Lalu, masih teganya engkau menuntutnya untuk tampil cantik dan wangi di depanmu atau melirik wanita lain di kantormu atau di tempat lain?

           Jika engkau ingin melihat istrimu cantik dan wangi ketika menyambutmu pulang. Itu mudah, cukup beri mereka asisten rumah tangga, agar mereka masih memiliki waktu untuk diri mereka sendiri dan bisa fokus kepadamu dan anak-anakmu.

    cara membuat istri cantik
    Pixabay


           Jangan lupa beri mereka uang untuk perawatan ke salon agar mereka selalu terlihat cantik di matamu dan bahagiakan mereka. Karena

    "Sesungguhnya, kecantikan seorang istri itu tergantung seberapa besar engkau memberi uang untuk merawat diri mereka, dan tergantung sejauh mana hati mereka engkau bahagiakan" 

    Jika engkau belum sanggup untuk memberikan itu semua padanya. Berhenti kalau begitu menuntutnya untuk cantik secara fisik.

    Teruntukmu yang bernama suami.

    Pulanglah dan lihatlah mata panda di wajah istrimu itu. Engkau tahu dari mana kantung matanya bisa menggelap? Itu adalah mata-mata kurang tidur karena mengurus bayimu yang selalu terbangun di malam harinya, lalu esok shubuhnya dia harus bangun masak dan mempersiapkan kebutuhanmu dan anakmu yang lain.

           Begitu setiap hari ia bekerja di rumah tanpa penghargaan dari siapapun bahkan tanpa penghargaan dari dirimu. Terbiasa dilayani hingga engkau lupa untuk berterima kasih atas setiap usahanya yang berusaha memberikan yang terbaik untukmu dan anak-anakmu.

    Baca juga: SAAT BERHARGA UNTUK ANAK KITA

           Ia kesampingkan mimpinya, ia kesampingkan kariernya di luar sana, ia berkubang dengan semua kotoran dan kelelahan itu tanpa jeda juga tanpa sebuah apresiasi

           Lalu, dimanakah ia punya alasan untuk bahagia? Jika engkau hanya  tahunya mencari uang? Bagaimana tidak ia merasa tidak berguna jika usahanya tak ada yang menghargai, tak ada yang menguatkan dan membantu dirinya dari dalam dan luar

           Lalu, bagaimana seorang ibu itu akan memberikan kebahagiaan, jika kebahagiaan itu sendiri tidak ia miliki?

    Baca juga: BELAJAR BAHAGIA DARI ANAK

    Teruntukmu yang bernama suami, pulanglah!

           Peluk ia, ucapkanlah terima kasih slalu padanya. Kecup keningnya, bekerja sama lah dalam mengurus dan membesarkan anak-anakmu. Karena sungguh peranmu tidak sedangkal itu yang hanya berupa seputar uang, uang dan uang. Sungguh tidak

           Apa engkau tahu, pelukanmu yang sederhana itu mampu menguatkannya jiwanya untuk menghadapi hari esok, ucapan terima kasihmu padanya mampu meluruhkan rasa berlelah-lelahnya atasmu, anak-anakmu dan rumahmu selama ini.

           Buatlah ia merasa berarti dalam hidupmu dan anak-anakmu. Sekalipun ia tak terlihat lagi oleh dunia, tetapi paling tidak buatlah ia menjadi dunianya kalian di rumah yang bernama syurga

           Lalu, jika engkau bertanya padaku, siapa yang pertama kali harus engkau bahagiakan, istrimu atau anakmu? Aku akan jawab bahagiakanlah istrimu terlebih dahulu. Karena

    "Anak yang bahagia dimulai dari ibu yang bahagia"

    membuat istri bahagia
    Pixabay

          Seorang ibu layaknya sebuah matahari di dalam sebuah dunia. Jika sinarnya redup maka akan meredupkan semua seiisi dunia begitu pun sebaliknya.

          Jadi bahagiakanlah dia, istrimu dan ibu dari anak-anakmu. Ubahlah rasa tidak berguna itu di hatinya menjadi seseorang yang paling berarti di dunia. Hingga ia bisa berkata pada dirinya dan dunia bahwa ia tak kalah berartinya dengan yang lain dan   bangga dengan perannya saat ini

    Teruntukmu yang bernama suami, pulanglah

    Wednesday, January 9, 2019

    Anak Bunda Aktif? Begini Cara Menyalurkan Energinya

    anak bunda aktif? begini cara menyalurkan energinya

           Hai-hai Bunda, apa Bunda memiliki anak kecil yang rasanya itu kok susah sekali ya diamnya? walau berkali-kali Bunda sudah mengingatkan tetap saja anaknya bergerak aktif ke sana ke mari. Rasanya lelah ya Bun, jengkel, dan kita dibuat bingung bagaimana cara mengatasi anak yang aktif ini.

           Nah, kalau Erysha itu malah bukan tipe anak yang aktif, tapi saya sengaja membuatnya aktif dengan berbagai kegiatan stimulasi yang sengaja saya buat untuknya sehari-hari, baik itu di rumah mau pun di luar rumah.

           Jadi, bisa Bunda tiru juga di rumah ya untuk membantu menyalurkan energi anak Bunda yang aktif dan saya juga mau berbagi sedikit tipsnya nih Bun, bagaimana cara menyalurkan energi anak yang aktif agar berbuah positif  berdasarkan ilmu saya sebagai guru anak berkebutuhan khusus yang bukan hanya mengajarkan anak aktif tapi juga hyperaktif.

           Tapi sebelum itu, kita perlu nih meluruskan pemahaman kita terhadap anak kita sendiri dan memiliki konsep yang positif terhadap dirinya. Karena

    "Bagaimana anak memiliki self esteem yang baik jika ia dibesarkan dengan konsep diri yang negatif oleh orang tuanya"

    Iya, kan?

           Nah, banyak orang yang mengira anak aktif itu adalah anak yang nakal, susah nurut, nggak mau diatur, dan maunya "gimana aku". Semua label negatif ditujukan pada mereka. Tapi apakah benar faktanya begitu?

           Tentu tidak. Malah jika kita mau memperhatikan mereka dan menelaah mereka dengan baik, kita akan temui bahwa pada umumnya anak yang aktif itu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, cerdas karena mereka senang bereksloprasi, suka berpikir sebab akibat maksudnya mereka senang berpikir mengapa bisa begini dan mengapa bisa begitu, memiliki motorik kasar yang bagus karena mereka senang memanjat sana sini, melompat ke sana ke mari, berlarian dan bergerak bebas.

           Selain itu, anak yang aktif memiliki stamina yang lebih kuat karena mereka tidak mudah lelah yang disebabkan besarnya energi yang ada di dalam diri mereka. Tahu nggak Bunda, kalau ternyata anak yang aktif itu pemberani juga, lho.

           Mereka itu tidak kenal rasa takut dalam bereksloprasi dan mau mencoba lagi, lagi dan lagi. Mau tahu buktinya? Itu mereka berani memanjat jendela atau lemari yang tingginya minta ampun, berani bermain ayunan yang tinggi atau bermain naik turun tangga dan berlarian di sana. Iya, kan?

            Wah ternyata banyak ya Bunda kelebihan anak yang aktif ini kalau kita mau berhenti sejenak untuk melihat mereka dari sisi yang berbeda

           Bagaimana? Sudah mulai melihat anak kita dari sisi yang positifnya? Iya dong. Harus. Kalau bukan kita yang mengenali mereka dengan baik siapa lagi? #AktifItuSehat

           Nah, memang untuk mengantisipasi kelebihan energi ini pada anak perlu kita salurkan pada kegiatan positif dalam kehidupan anak sehari-harinya agar tidak berdampak ke hal negatif ya Bun. Apalagi kalau sampai kitanya ikut stres karena anak yang sedang aktifnya


    Cara Menyalurkan Energi Si Kecil yang Aktif


    cara menangani anak yang aktif

    1. Disalurkan lewat olahraga
           Bunda, kita bisa lho mendaftarkan anak kita untuk mengikuti beberapa klub olahraga seperti renang, lari, dan lain-lain. Karena kita percaya ya Bunda bahwa olahraga mampu mengeluarkan banyak tenaga kita hahaha 😂. Begitu juga untuk anak

           Selain anak energinya bisa tersalurkan dengan baik, mengikuti olahraga akan membuat tubuhnya semakin sehat

           Dulu, waktu saya masih mengajar anak berkebutuhan khusus. Saya memiliki murid yang aktiffff sekali di sekolah. Saking aktifnya itu anak nggak bisa duduk diam di kelas walau hanya 5 menit *seriusannnn

           Terbayang dong, anak itu jadi sulit mengikuti kegiatannya di dalam kelas. Jadi, salah satu cara saya agar anak itu mau duduk tenang di dalam kelas adalah sebelum masuk kelas, saya suka mengajak anak itu berolahraga denga cara berlari-lari kecil mengelilingi lapangan berkali-kali dan cara ini berhasil dong.

            Karena energinya sudah habis untuk olahraga tadi akhirnya dia bisa duduk tenang di dalam kelas dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

    Saya sih senang bisa berhasil. Hanya saja sayanya aja yang gempor setiap hari begitu wkwkwk. Tapi tidak apa-apa demi muridku tercinta 😍

    2. Mengajak si kecil untuk membantu pekerjaan rumah 
           Manfaatkan energi dan tenaga si kecil itu untuk membantu kita di dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Tentu saja mengajaknya dengan cara yang menyenangkan ya Bun agar anak juga memang senang membantu kita jadinya di kemudian hari. Misalkan saya biasanya

    "Dede, tolong ambilkan mangkok, dong!"

    "Sayang, boleh tolong bantu Bunda menutup pintunya!"

    "Ade, kita lomba lari ambil sapu, yuk!"

    3. Buat permainan kinestetik yang seru di rumah
           Kalau punya anak aktif itu kita perlu kreatif nih Bun membuat kegiatan-kegiatannya di dalam rumah. Salah satunya kegiatan yang berhubungan dengan aspek kinestetik mereka seperti membuat permainan yang bisa membuat mereka bebas bergerak.

    anak aktif bisa kita salurkan lho tenaga dan energinya ke hal positif
    Erysha paling seneng main bola

    Contoh:
    - lomba lari
    - permainan mencari harta karun
    - lomba joget (ini juga kesukaannya Erysha 😂)
    - bermain bola
    - dll

    4. Membiarkan anak bebas bergerak dan bereksplorasi di rumah 
           Nah, namanya juga anak balita lagi aktif-aktifnya ya Bun bergerak ke sana ke mari, selama itu tidak berbahaya jadi biarkan anak bereksplorasi gerakannya sebebas yang ia mau. Karena kalau diingatkan juga, malah kitanya yang capek ngomong ya Bun wkwkwk 😂

    5. Sediakan permainan yang mengasah otak 
           Anak aktif itu selain gerakannya yang aktif, mereka pun berpikir dengan aktif pula. Jadi di rumah bisa kita sediakan permainan yang mengasah otak seperti lego, scrabble, puzzle, balok dan lain-lain yang menarik bagi anak. Kalau Erysha itu paling seneng main lego 😃

    6. Buat kegiatan di luar rumah
           Buatlah kegiatan di luar rumah misalnya seminggu sekali bermain ke alam bebas seperti outbond, ke playground, ke taman, dan lain-lain

    Atau bisa setiap hari bersepeda bersama dan jalan-jalan sore keliling komplek rumah.

           Kalau saya pribadi, saya sukaaaa sekali bahkan hampir setiap hari mengajak Erysha untuk jalan-jalan pagi atau sore di dalam komplek.

    kegiatan untuk anak yang aktif

         
           Kasian kan kalau anak hanya bermain di rumah saja. Jadi, ada waktunya buat saya membiarkan Erysha aktif dan bereksplorasi di luar rumah. Itu juga demi kesehatan Erysha.

    Terkadang kalau sedang jalan-jalan atau bahkan pulangnya, Erysha kan suka haus tuh, saya suka langsung menyuguhkan susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini pada Erysha.


    bagus uht atau susu bubuk?


    susu uht untuk dampingi si kecil yang aktif
    Erysha serius banget minum susunya 😂

           Sejak Erysha di fase penyapihannya dari ASI, sejak itu pula saya sudah mengenalkan susu UHT padanya dan kini dikenalkan #IndomilkUHTKidsFullCream viarian baru.

           Di rumah juga saya sengaja menyetok susu UHT untuk Erysha agar membantu memberikan tambahan nutrisi pada Erysha selain nutrisi itu ia dapatkan dari makanannya.

           Jadi, susu ini cocok untuk dikenalkan pada si kecil selepas ASI atau susu untuk anak satu tahun ke atas

    Baca juga: CARA MENYAPIH DENGAN AL QURAN

    Baca juga: ASI BUNDA SEDIKIT? LAKUKAN 7 CARA INI UNTUK MEMPERBANYAK PRODUKSI ASI


    Review Susu Indomilk UHT Kids Full Cream


    review susu indomilk uht kids full cream

           Saya memilih Indomilk UHT Kids Full Cream ini karena tinggi kalsium bahkan tulisan tinggi kalsiumnya terpampang nyata lho di kemasannya dengan huruf agak besar. Susu ini juga susu tanpa garam dan bernutrisi lagi.

           Jujur menurut saya susu ini lebih murah daripada susu yang lain. Hahaha dasar emak-emak ya tetap dong nyarinya yang murah. Kalau ada yang bagus dan murah. Kenapa tidak? Ya kan Bunda hahaha 😂

           Selain itu, susu ini praktis dong jadi mudah dibawa kemana-mana. Kalau saya ada event blog di luar atau sedang mudik ke Bandung. Pasti bekel susu Indomilk untuk Erysha di perjalanan.

    Baca juga: KEGIATAN STIMULASI ANAK USIA DINI DENGAN MEMBUAT "PELANGI DI ATAS SUSU"

           Karena Erysha itu suka sekali susu UHT. Bahkan lebih suka susu UHT dari pada susu bubuk. Tentu anak yang aktif dan sehat itu menenangkan hati siapapun yang melihatnya ya Bunda 😍, begitu juga dengan saya ❤️

    susu uht Indomilk varian baru

    apa anak aktif itu anak nakal?


    Nah, kebetulan nih Bunda Indomilk UHT Kids Full Cream sedang mengadakan lomba blog, lho. Mau tahu caranya bagaimana? Caranya gampang

    ✔️ Kompetisi ini ditujukan untuk Moms blogger usia 25-35 tahun yang memiliki anak usia 2-5 tahun
    ✔️ Menulis 1 blog review tentang Indomilk UHT Kids Full Cream di blog pribadi
    ✔️ Menggunakan foto kegiatan outdoor yang menarik dengan anak
    ✔️ Informasikan dan ajak teman untuk bergabung dalam kompetisi ini dengan kalimat menarik di akhir blog


    lomba susu indomilk uht kids full cream 2019


    Bagaimana Bunda, ingin ikutan? Penasaran kan? Kalau Bunda ingin ikut lombanya bisa langsung cuss informasinya di sini, ya. Itu dia Bunda cara mudah menyalurkan energi si kecil yang aktif karena dibalik anak yang aktif ada sesosok anak yang sehat. Anak yang sehat ibu bahagia 💕


    Wednesday, January 2, 2019

    Review Buku Great Mom, Strong Son - Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super

    review buku great mom, strong son - rahasia mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super


    Judul        : Great Mom, Strong Son, Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super
    Penulis        : Bety Kristianto
                          Jessica Valentina
    Penerbit      : Andi Yogyakarta 
    ISBN             : 978-979-29-7174-3
    Tebal Buku : 160 halaman 



    Review Buku Great Mom, Strong Son - Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super


    "Adeeee, kuncinya jangan dimasukin ke galon, nanti susah dikeluarin" (Lalu beberapa detik kemudian kunci itu sudah ada di dalam galon)
    "Kakakkkkkk, jangan manjat-majat dong nanti jatuh" (Lalu dengan sekelebat anak itu sudah ada di atas pohon)
    "Aduhhhh, itu ya si Ade. Udah jatuh beberapa kali, masih aja nggak ada kapoknya" (curhat seorang ibu pada suaminya)

    Ayah Bunda punya anak laki-laki? Pasti familier dengan adegan di atas, ya? Hahaha. Rasanya kalau punya anak laki-laki itu ya, nggak ada diemnya kan ya. Rasanya ini mulut kita udah mau sobek ngomong terus, tetap aja nggak didengerin atau jantung kita rasanya kayak dibuat naik jet coaster setiap melihat tingkah laku mereka. Iya, kan?

           Pernah nggak sih Ayah Bunda berpikir, kenapa sih kok anak laki-laki itu seperti itu? Kok beda sih sama anak perempuan? Bagaimana sih menangani karakter anak laki-laki itu? Dan terakhir, bagaimana sih caranya kita bisa mendidik anak laki-laki kita menjadi pribadi yang super? Waw, banyak sekali ya pertanyaan kita sebagai orang tua

           Jangan khawatir Ayah Bunda. Semua pertanyaan Ayah Bunda itu dijawab semuanya oleh buku ini.

    review buku buku great mom, strong son - rahasia mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super


           Yup, hari ini saya akan mereview dan merangkum buku parenting yang baru keluar akhir tahun kemarin, lho. Yah, masih hangat-hangatnya ini. Judulnya Great Mom, Strong Son, Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super. Kebetulan juga saya senang sekali berkesempatan datang saat peluncuran buku ini

    ibu bety kristianto penulis buku parenting great mom, strong son -  rahasia mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super - yenisovia.com


    penulis buku parenting great mom, strong son yaitu ibu bety kristianto
    Senangnya bisa berfoto dengan penulisnya, Ibu Bety Kristianto ❤️


    Baca juga: REVIEW BUKU BERTEMAKAN PARENTING "NANNY BELIA" DAN PESAN DI DALAMNYA

    Baca juga: REVIEW BUKU PANDUAN MEMILIH SEKOLAH UNTUK ANAK ZAMAN NOW

           Rasanya dari judulnya saja sudah memberikan gambaran kalau buku ini akan menjawab kebutuhan kita, ya. Yuk, kita tengok dulu daftar isinya Ayah Bunda

    daftar isi buku great mom, strong son

    daftar isi buku great mom, strong son - rahasia mendidik anak laki-laki menjadi pribadi super

    daftar isi buku great mom, strong son - rahasia mendidik anak laki-laki menjadi pribady super - yenisovia.com


           Pembahasannya ada banyak ya Ayah Bunda dalam buku ini. Saya hanya bisa berbagi sedikit tentang isinya, ya. Nah, ketika kita mengetahui akan memiliki seorang anak laki-laki dari hasil USG atau sudah melahirkan seorang anak laki-laki, yang pertama kita lakukan adalah mengetahui karakter anak laki-laki itu seperti apa sih?

           Karena bagaimana kita bisa mendidiknya dan membersamai tumbuh kembangnya jika kita tidak mengetahui karakter anak laki-laki itu seperti apa dan mengapa mereka berbeda. Iya, kan?


    Karakter Anak Laki-laki 


    - Di buku ini dijelaskan ketika anak perempuan bagaikan burung pipit terbang ke sana kemari, saling berebut bicara, bersuara beda dengan anak laki-laki. Anak laki-laki senang berjalan dengan kelompok kecil, berbaris rapi, sok cool dan sesekali berangkulan

    - anak laki-laki sulit untuk rapi
    - anak laki-laki suka terlibat sesuatu
    - energi mereka sangat besar
    - mereka suka dipuji dan diperhatikan

           Selain karakter dasar yang membuat anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan, ada juga penyebab lainnya seperti hormon mereka pun berbeda.


    Hormon pada Laki-laki


           Pada umumnya hormon pada anak laki-laki dan anak perempuan sama. Hanya saja ada hormon-hormon tertentu yang dominan pada jenis kelamin masing-masing

           Pada anak perempuan yang paling dominan adalah hormon ekstrogen sedangkan pada anak laki-laki adalah hormon testosteronnya. Hormon testosteron inilah yang membedakan karakter anak laki-laki dengan anak perempuan.

           Nah, di buku ini dijabarkan pula dengan lengkap hormon apa saja pada anak laki-laki selain hormon testosteron tadi yang berada di dalam tubuhnya


    Fisik Laki-laki


    fisik anak laki-laki

    Dari fisik tentu sudah berbeda ya dari anak perempuan. Karena secara fisik mereka lebih kuat, oleh sebab itu mereka senang sekali melakukan kegiatan fisik yang berhubungan dengan motorik kasarnya


    Cara Mereka Berpikir

           Cara mereka berpikir pun sudah berbeda dengan anak perempuan. Karena otak pria memiliki ukuran 6 persen lebih besar dari perempuan.

           Makanya ya Bunda, para lelaki itu biasanya cuma bisa fokus dalam satu hal saja sedangkan perempuan bisa fokus ke banyak hal sekaligus. Nggak aneh juga kan ya kenapa perempuan suka disebut sebagai makhluk multitasking.

           Jadi ya Bunda, kalau berbicara dengan laki-laki. Jangan langsung sekaligus banyak dan dicampur-campur. Itu hanya membuat mereka pusing dan tidak paham dengan maksud kita. Makanya ya, para lelaki itu suka kesal kalau mendengar para perempuan sudah ngomel-ngomel. Kenapa? Karena mereka tidak mengerti dengan apa yang kita omelkan itu hahaha *capek hati ya 😂


    Laki-laki Berpikir Masa Kini dan Masa Depan 


    cara berpikir anak laki-laki

           Ayah Bunda tahu nggak? Ngakkk hihihi. Gara-gara baca buku ini, saya jadi mengerti kenapa ya kalau laki-laki itu lebih cepat move on daripada perempuan ketika mereka sedang patah hati? Yaaa ternyata karena laki-laki itu suka berpikirnya ke masa sekarang dan ke depannya.

           Mereka itu nggak terpengaruh sama masa lalu. Lagian kenapa juga ya saya kasih contohnya ke patah hati, soalnya biar lebih gampang ngasih contohnya hahaha

           Makanya ya, laki-laki itu lebih visioner dari pada kaum kita perempuan. Ya karena laki-laki itu suka dengan resiko dan tantangan ke depannya. Beda banget ama kita ya


    Anak Laki-laki Berpikir Kritis dan Logis


            Nah, kalau perempuan itu kan sukanya baper ya. Beda sekali dengan laki-laki. Karena memang laki-laki itu makhluk yang senang berpikir kritis dan logis. Itu karena  otak mereka memberikan respon yang berbeda dengan sesuatu yang berbau emosi

           Mereka pun kurang menyukai kejutan. Beda ya ama kita kaum hawa yang senaaang sekali dikasih kejutan hahaha. Karena para laki-laki itu tidak suka berandai-andai. Jadi, kalau ada efek yang tidak biasa itu hanya membuat mereka kurang nyaman.

           Walau begitu bukan berarti mereka tidak suka kejutan. Mereka hanya lebih suka kalau kita langsung bertanya pada mereka apa yang mereka inginkan di hari special mereka.


    Sifat Anak Laki-laki


    karakter anak laki-laki

    - Anak laki-laki menyukai persaingan
    - Anak laki-laki itu sangat fokus
    - Cepat bosan

           Di bab selanjutnya dijelaskan secara detail bagaimana ibu itu  menjadi orang terpenting untuk anak-anaknya. Karena betapa banyak anak-anak mencari kenyamanan di luar sana ketika ibu yang seharusnya menjadi tempat mereka untuk pulang tapi menjadi tempat tak nyaman mereka, terintimidasi dan tidak dimengerti oleh sosok yang bernama ibu itu sendiri.

    Di buku ini dijelaskan bagaimana menjadi ibu yang baik untuk anak laki-laki kita dan bagaimana cara mendidik anak laki-laki agar memperlakukan juga menghormati  perempuan dengan cara yang benar

           Ada banyak hal dibahas dalam buku ini dengan bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti terutama cara mendidik anak laki-laki untuk menjadi pribadi yang super.

           Ayah Bunda bisa lihat daftar isi tadi ya pembahasan apa saja yang ada di buku ini. Soalnya nggak bisa saya tuliskan semua rangkumannya di sini. Nggak muat hihihi. Nah, itu dia Ayah Bunda review buku Great Mom, Strong Son Rahasia Mendidik Anak Laki-laki Menjadi Pribadi Super. Penasaran, kan? Yuk, langsung aja cusss ke toko buku aja ya

           Oh ya, buat Ayah Bunda, yang ingin berkenalan dengan salah satu penulisnya yaitu Ibu Bety Kristianto, bisa langsung ke blognya dan melihat tulisannya yang lain ya, yang pastinya tak kalah kecenya betykristianto.

    Kesimpulan saya setelah baca buku Great Mom, Strong Son ini adalah saya jadi pengen punya anak laki-laki juga hahaha. Aaamininnnn dong Ayah Bunda. Semoga Erysha di tahun ini bisa di kasih adik laki-laki hehehe. Biar sepasang. Aaaminnn ya Allah. Walau pun mau laki-laki atau perempuan tetap dong saya syukuri 😍.



    Monday, December 31, 2018

    2 Tahun Menjadi Blogger Parenting. Ini Pencapaianku

    pencapaian sebagai blogger parenting
    Pixabay

    "Hidup adalah untuk belajar dan memberi"


           Bagiku hidup itu untuk belajar. Belajar memaafkan ketika tersakiti, belajar ikhlas ketika semua terasa menyesakkan, belajar sabar ketika berkali-kali gagal dan mencoba lagi. Belajar dan terus belajar semuanya bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik lagi 

    "Tak harus selalu menjadi yang terbaik yang terpenting selalu berusaha untuk lebih baik"

           Bagiku pula hidup itu untuk memberi. Memberi apa saja yang bisa diberikan. Materi, waktu, tenaga, dan ilmu. Karena sungguh betapa egoisnya jika hidup hanya untuk diri sendiri dan keluarga sendiri. Karena

    "Kebahagiaan itu tak akan bertambah jika hanya dinikmati sendiri"

           Dan bagiku menulis adalah salah satu caraku dalam memberi dan berbagi. Dengan latar belakang Pendidikan Luar Biasa, pengalaman mengajar, dan mengikuti seminar parenting dimanapun. Berangkat dari kompetensi itulah yang membuatku menjadi seorang Blogger Parenting dengan niche blog khusus parenting dan anak berkebutuhan khusus.

          Menjadi seorang blogger adalah sebagai pengingat diri dalam setiap ilmu yang ku tuangkan lewat tulisanku, sebagai aktualisasi diri dan sebagai ladang dakwahku dalam mengedukasi masyarakat dengan ilmu yang ku punya dan tak terasa kurang lebih sudah 2 tahun aku menjadi seorang blogger dan satu setengah tahun berdomain. Sudah 2 tahun pula ku bertahan dengan visi misiku untuk berbagi lewat blog ini. 

           Yup, aku seorang blogger bervisi misi, sebagai salah satu peranku dan tanggung jawabku di masyarakat. Kamu tahu, ku bangga dengan profesiku sebagai narablog

    Lalu, jika ditanya prestasi apa yang sudah ku ukir selama 2 tahun? ini yang bisa ku jawab


    2 Tahun Menjadi Blogger Parenting. Ini Pencapaianku


    manfaat sebagai blogger parenting - yenisovia.com
    Pixabay

    1. Konsisten menulis sesuai niche blog
           Ketika semua blogger mengisi blog mereka dengan banyak hal dan banyak topik, sedangkan aku masih tetap di sini konsisten dengan niche blogku yaitu parenting dan anak berkebutuhan khusus.

           Itu semua bukan karena aku hebat, tapi karena memang aku belum bisa sehebat blogger lifestyle yang bisa membahas banyak topik. Tapi tidak apa-apa. Karena setiap orang memiliki kenyamanannya masing-masing dimana posisi mereka nyaman untuk menulis

           Walau begitu, aku tetap bangga dengan profesiku sebagai blogger parenting. Karena dari konsistensi menulis tentang parenting itulah membuat blogku berciri khas dan mudah diingat orang

    2. Memiliki pembaca yang loyal
           Dua tahun membangun sebuah blog dan tetap konsisten menulis tentang parenting membuat blogku memiliki pembaca khusus dan loyal pada konten-konten parenting yang aku tulis 

           Kamu tahu, ketika ada banyak orang yang menunggu tulisan terbaru kita dan mau berkunjung kembali lagi...lagi...dan lagi ke blog kita. Kamu tahu rasanya seperti apa? bahagia dan terharu

    3. Memiliki branding
           Lagi-lagi karena aku seorang blogger parenting dan berniche parenting, akhirnya membuatku dengan mudah membangun branding selama 2 tahun ini karena aku hanya fokus membahas satu topik saja

           Akhirnya, aku kini merasa senaaaaang sekali dikenal oleh pembacaku, sesama teman blogger dan mulai dikenal oleh brands juga sebagai blogger parenting. Tentu saja itu menjadi identitas yang kuat untukku saat ini dan ke depannya

    4. Diidolakan oleh para blogger lain

    5 blogger parenting yang menginspirasi
    Hikmah Nisa

           Kamu tahu, aku hanya seseorang yang sedang belajar menulis selama 2 tahun ini. Benar-benar ya hanya ingin menulis dan berbagi. Nggak lebih. Lalu, jika tiba-tiba namaku muncul sebagai blogger favorit mereka dalam tulisan mereka, dalam unggahan mereka di medsos. Kamu tahu rasanya bagaimana? Lagi-lagi aku sulit mengungkapkannya dengan banyak rasa. Karena sungguh rasa yang ku tahu hanyalah bahagia

    blogger parenting indonesia
    Meyke Santoso

    blogger parenting sekaligus influencer


    Gambar di atas cuma baru beberapa aja. Nggak bisa dimasukin semuanya. Apapun itu intinya, terima kasih banyak untuk kalian semua. Kalian membuatku semakin semangat untuk terus berbagi lewat tulisan 😘

    5. Traffic blog bertambah
           Allhamdulillah traffic blogku semakin bertambah dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Tak terasa tulisanku bisa dibaca hingga ribuan orang dalam setiap bulannya. 

           Tentu saja traffic blogku dikatakan rendah jika dibandingkan dengan blogger lifestyle. Karena target pembacanya berbeda. Hanya saja untuk blog berniche parenting, traffic blogku bisa dikatakan tinggi dan aku bersyukur untuk pencapaian ini

    6. Menang lomba blog dan menulis 

    website yang terpilih masuk nominasi website indonesia awards 2018

           Allhamdulillah tahun ini masih diberikan kesempatan untuk beberapa kali menang lomba blog dan menulis. Dari semua kemenangan itu yang paling berkesan adalah ketika blogku yenisovia.com terpilih sebagai site of the mont dan masuk nominasi awards dari IWA  2018 (Indonesia Website Awards)

           Tapi jujur, tahun ini nggak sebanyak tahun kemarin prestasi menang lomba blognya, karena sekarang lebih banyak ambil job ngeblog daripada ikut lomba blognya. Buat emak-emak beranak kecil seperti aku, rasanya nggak mudah jika mau mengambil semuanya. Tetap harus ada prioritas dan yang harus dikorbankan. 

           Walaupun akhirnya setiap ada blogger yang menang suka bikin aku baper. Baper karena kangen menang lomba blog lagi wkwkwkw 😂

    7. Telah bekerja sama dengan berbagai brands
           Allhamdulillah ya Allah di tahun ini lebih banyak dapat job daripada tahun lalu. Karena memang tahun lalu juga, aku sedang membangun blog. Jadi, sekarang terasaaaa sekali nikmat hasil dari sebuah kekonsistenan dan perjuangan itu. 

           Dulu, aku yang suka cari informasi tentang job. Kalau sekarang job yang langsung datang menawarkan padaku dan aku yang malah nolak-nolak job *plakkkkk. 

          Jujur, aku benar-benar pilih job. Karena aku memang membatasi konten sponsored post di blog aku dan aku pilih yang sesuai dengan prinsipku saja

           Kok ngeblog harus tetap berprinsip sih? Iya dong, karena tulisan kita itu bukan hanya dibaca oleh satu atau dua orang. Tapi dibaca oleh ribuan orang tiap bulannya. Jadi kalau kita tidak menulis dengan jujur, dan positif. Tulisan kita itu akan jadi bumerang pada diri kita sendiri ketika nanti diminta pertanggung jawabannya di akherat nanti.

           Menurut aku jadi blogger itu harus tetap punya prinsip. Jangan sampai karena uang dan eksistensi kita menjual prinsip kita *lagi ngomong ama diri sendiri

           Aku pun tak pernah menyangka dengan niat berbagi ini malah mendatangkan uang juga. Walau begitu, tetap bagiku uang itu hanyalah bonus. Prioritas utama tetaplah berbagi 

           Allhamdulillah juga tahun ini telah bekerja sama dengan berbagai brands besar seperti Traveloka, Airy Room, Morinaga Platinum, Cat Dulux, Shopee, Crayola, MNC Vision dan lain-lain yang langsung email memberikan penawaran kerja sama. Kamu tahu rasanya kayak apa? Kayak mimpi 

           Lalu, apakah aku hanya menerima tawaran kerja sama dari brands besar saja? Tentu tidak, karena bagiku semua tidak selalu tentang uang. Aku juga mau menerima tawaran kerja sama yang feenya kecil atau hanya produknya saja. Bagiku itu salah satu caraku membantu usaha kecil. 

    8. Menulis 2 buku antologi

    buku pernikahan

           Aduhhh aku pun tak pernah menyangka ternyata benaran ya aku bisa menulis buku juga walau sementara ini antologi dulu, yang judulnya secarik hikmah, meracik sakinah dan the power of doa.

           Sedangkan buku-buku antologi yang selanjutnya sedang dalam tahap cetak. Tunggu ya tahun depan 

    9. Menjadi influencer
           Dulu aku nggak tahu influencer itu apa? Sekarang aku tahu bahwa profesi blogger itu erat kaitannya dengan influencer juga. Akhirnya, di tahun ini aku pun mengembangkan sayap menjadi influencer. Walau begitu lagi-lagi aku tetap pilih-pilih job.

            Sekarang followers instagramku hampir 3000. Buat teman-teman yang ingin berteman juga di instagram. Yuk, kita saling follow. Ini instagramku, ya yenisovia

    10 Mulai dilirik oleh perusahaan / brands untuk menjadi pembicara acara mereka
           Allhamdulillah beberapa kali mendapatkan tawaran kerja sama sebagai pembicara oleh perusahaan dan brands untuk mengisi acara mereka yang berhubungan dengan parenting. Sayangnya semuanya aku tolak hiks. karena acaranya diluar kota. Kalau aku ambil, anak ama siapa. Kebetulan juga suami sedang tidak bisa cuti T_T

    Biasanya aku cuma suka ngisi di kulwap parenting dan sesekali kajian offline. Karena menjadi seorang pembicara hebat adalah mimpiku jauhhhh sebelum ku mengenal dunia blogging. Tapi kini menjadi seorang blogger rasanya aku sedang mencicil mimpiku

    11. Da/Pa blog tinggi
           Dulu waktu awal ngeblog aku nggak tahu apa itu DA/PA. Ya nulis, nulis aja. Berbagi ya, berbagi aja dan ternyata allhamdulillah ya Allah blogku kini berDA/PA 33/ 41. Salah satu nilai plus untukku berani memberikan harga yang sesuai pada brands 

    12. Doa

    Pixabay

           Ini yang terakhir dan yang paling berarti. Dari awal aku ngeblog ada banyak doa dari orang-orang yang tak ku kenal yang mereka persembahkan untukku. Ada tanda terima kasih yang tulus yang mereka berikan untukku dan keluarga kecilku. Dan di tahun ke dua ini aku ngeblog, doa itu semakin banyak. Hingga berkali-kali membuat mataku berkaca-kaca  karena ketulusan itu

           Aku tak pernah menyangka bahwa tulisanku akan dibaca oleh ribuan  orang dalam setiap bulannya, aku tak pernah menyangka bahwa tulisanku benar-benar mampu menguatkan para ibu di luar sana, merangkul dan memeluk mereka dalam kelemahan jiwa mereka, menghapus air mata itu dan menyakinkan mereka bahwa hari esok akan lebih baik lagi dan mengingatkan para ayah akan peran sejati mereka di keluarganya. 

           Hanya lewat tulisan yang ku tulis dengan sebuah ketulusan yang akhirnya kembali pulang dengan ketulusan dan cinta yang lebih padaku. Aku selalu percaya 

    "Bahwa setiap kebaikan dan ketulusan yang diberikan itu akan kembali pulang pada si pemberinya"

           Aku menulis hanya untuk berbagi. Tidak lebih dan tidak mengharapkan apapun. Aku selalu percaya dengan salah satu prinsip hidupku yaitu

    "Nothing to lose" 

    Itulah yang selalu ditularkan oleh lelakiku ketika jiwaku mulai melemah. Nothing to lose memang membuat kita tidak banyak berharap pada apapun, tapi dari keikhlasan itulah Allah malah memberikan banyak hal dalam hidup seperti ketulusan, cinta, ketenangan dan sudut pandang yang positif dalam memandang hidup ini

           Semua pencapaian itu aku tuliskan ke dalam portofolioku 

    Evaluasi & Resolusiku Sebagai Blogger Parenting di Tahun 2019


    resolusi sebagai blogger di tahun 2019
    Pixabay

          Aku merasa aku mulai gersang karena banyak memberi. Bukan karena banyak memberinya yang salah tapi aku banyak memberi tapi lupa untuk banyak mengisinya kembali. Jadi resolusiku tahun depan di 2019 adalah

    ✔️ Lebih banyak lagi membaca buku
    Apa yang bisa ku berikan dalam setiap tulisanku jika aku tak mengisi akalku dengan pengetahuan dan hati dengan pemahaman yang baik?

    ✔️ Lebih banyak lagi belajar
    Harus belajar kata baku, cara penulisan, tentang blogging dan lain-lain untuk meningkatkan kualitas tulisanku dan profesiku sebagai blogger 

    ✔️ Berkali-kali harus menengok dan meluruskan niat
    Bekerja sebagai blogger dan di depan publik. Membuatku perlu berkali-kali berhenti sejenak untuk menengok niat. Apakah masih lurus atau sudah mulai berbelok? Apa yang ku posting itu karena Allah atau karena ingin dikatakan hebat oleh manusia? *astagfirulloh

    ✔️ Menjaga kekonsistenan dalam menulis
    "Karena yang paling sulit itu bukan membangunnya tetapi menjaga kekonsistenannya"

    Baca juga: Kaleidoskop tahun 2018 blogger profesional favoritku Mba Helenamantra

    Itu dia pencapaianku dan evaluasiku tahun ini dan resolusiku di tahun 2019. Sekaligus menjadi momen specialku sebagai narablog. Kalau kamu?

    Baca juga: SATU TAHUN NGEBLOG. 8 HAL INI YANG TIDAK TERDUGA SAYA CAPAI



    Wednesday, December 26, 2018

    8 Kegiatan Asyik Saat Liburan untuk Anak di Rumah dan Seru Bareng MNC Vision

    8 kegiatan asyik saat liburan untuk anak di rumah dan seru bareng mnc vision

    "Libur telah tiba
    Libur telah tiba 
    Hore....horeeee"

           Yeayyyyyyy liburrrrr sudah tiba, ya. Semua orang langsung bersorak dan menunggingkan senyum penuh pada bibir mereka. Begitu juga dengan saya. Hahaha. Nah, berbicara soal liburan, apa Ayah Bunda sudah mempunyai rencana liburan keluarga? Mau liburan di rumah saja bersama anak tapi bingung liburannya mau diisi apa?

           Eitssss jangan khawatir ya, hari ini saya akan berbagi 8 kegiatan seru saat liburan untuk anak di Rumah dan seru bareng MNC Vision. Kita langsung cuss aja, yuk!



    8 Kegiatan Asyik Saat Liburan untuk Anak di Rumah dan Seru Bareng MNC Vision 


    1. Olahraga
           Ayah Bunda, biasanya kita jarang sekali ya bisa memiliki kesempatan untuk olahraga bersama. Karena berbagai alasan seperti suami harus bekerja, anak sekolah dan alasan lainnya yang membuat kita sulit menemukan momen yang pas untuk bisa berolahraga bersama

           Nah, mumpung liburan nih dan semua anggota keluarga bisa berkumpul bersama. Kenapa tidak untuk kita manfaatkan kesempatan untuk berolahraga bersama? Jarang-jarang lho kita memiliki kesempatan langka seperti ini

           Buat Ayah Bunda yang masih memiliki anak usia dini, olahraga ini selain bisa menyehatkan badan tapi juga bisa mengedukasi anak kita, lho. Anak bisa berolahraga sambil belajar lingkungan di sekitarnya, bersosialisasi dengan orang lain dan membangun bonding antar setiap anggota keluarga

    2. Berkebun

    serunya mengajak anak berkebun untuk mengisi liburannya di rumah
    Canva

           Apa Ayah Bunda pernah mengajak anaknya berkebun? Jangan salah lho, berkebun ini pun banyak manfaatnya untuk anak seperti mengenalkan tanaman pada anak, mengenalkan anak pada ciptaan Allah dan ini bisa juga kita manfaatkan untuk menumbuhkan fitrah iman anak kita sejak dini bahwa

     "Wah Allah itu hebat ya, De, bisa nyiptain tumbuhan" 

    Saya juga pernah menulis cara menumbuhkan fitrah iman anak di usia keemasan. Bisa mampir juga ya, Ayah Bunda. Nah, kegiatan berkebun ini pun dapat menstimulasi aspek kecerdasan naturalis juga pada anak, lho

           Berkebun itu tidak selalu sesuatu yang terlihat rumit, ya Ayah Bunda. Ketika anak mau membantu kita bercocok tanam dan menyirami tanamannya. Ini termasuk berkebun juga. Bagaimana tertarik untuk berkebun dan bermain tanah bersama mereka? Kenapa tidak, ya? 😉

    3. Masak bersama

    memasak bersama antar anggota keluarga dapat membangun bonding keluarga

           Kalau saya sukaaa sekali mengajak Erysha untuk masak bersama bahkan dari usia Erysha masih bayi. Sambil masak, saya bisa mengenalkan dengan berbagai macam bahan masakan dan alat masakannya pada Erysha.

           Akhirnya, karena sering dikenalkan Erysha jadi tahu nama-nama bahan masakan di usianya yang masih dini

           Tentu saja memasak bersama anak ini disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak, ya Ayah Bunda. Kalau anaknya sudah SD kita bisa meminta anak untuk memotong bahan masakannya tentu saja yang sederhana, ya.

           Sebenarnya memasak bersama anak ini, selain bisa membangun bonding antara orang tua dan anak, bisa juga menstimulasi aspek kognitif anak dan motorik halusnya, lho. Sehingga itu akan menjadi salah satu cerita yang akan dikenang anak nantinya ketika kelak mereka telah dewasa.

           Tapi anak saya laki-laki, masa belajar masak? Kata siapa laki-laki nggak boleh masak? Laki-laki juga boleh belajar masak, kok. Siapa tahu nanti besarnya dia jadi chef terkenal, menjadi anak yang mandiri, dan bisa membantu istrinya ketika istrinya sedang sakit, selesai melahirkan dan lain-lain

           Stssssss tahukah Ayah Bunda, mengajarkan anak laki-laki masak sejak dini itu, salah satu cara kita mempersiapkan perannya sebagai ayah untuk keluarga kecilnya suatu hari nanti, lho

    4 Kemping di halaman belakang
           Ayah Bunda, kalau kita kemping di tempat-tempat wisata itu biasa, ya. Nah, sesekali kita bisa juga lho mengajak anak kita untuk kemping di halaman belakang. Pasti seru dan berkesan juga.

           Sambil menatap bintang, membuat api unggun, bernyanyi dan sambil menghisap minuman hangat. Hmmm Mantapppp. Nggak kalah keren juga ama kemping di tempat wisata, bukan?

    5. Membuat prakarya

    kegiatan stimulasi anak usia dini untuk liburan anak di rumah
    Gambar: Chai's Play

           Nah, Ayah Bunda tahu nggak kalau kita juga bisa banget liburan keluarganya sambil membuat prakarya dengan anak, lho. Pasti menyenangkan.

           Buat Ayah Bunda yang ingin melihat kegiatan stimulasi saya bersama Erysha dalam membuat prakarya bisa dilihat di sini, ya "Kegiatan Anak"

    6. Percobaan sains

        anak tetap dapat belajar sambil bermain untuk mengisi liburannya di rumah

           Untuk ide membuat percobaan sains ini ada banyak ya Ayah Bunda. Bisa dicari sendiri di internet sesuai dengan usia anak kita

    Salah satunya adalah membuat pelangi di atas susu. Ini adalah kegiatan percobaan sains saya bersama Erysha.

    Alat dan Bahan

    - baskom kecil atau tempat yang ukurannya lebar
    - sabun pencuci piring (secukupnya)
    - pewarna makanan (sebaiknya warna primer ya Bun seperti Merah, Biru dan Kuning)
    - cutton bud
    - susu bubuk yang telah dicairkan
    - sendok

    Menarik bukan? Untuk lengkapnya bisa diintip di sini, ya "Membuat Pelangi di Atas Susu"

    7. Mendekor ruangan
           Nah, mumpung liburan nih kita bisa juga lho mengajak anak-anak kita dan semua anggota keluarga untuk mendekorasi ulang ruangan. Baik itu tata letaknya, warna ruangannya atau ingin menambahkan hiasannya agar terkesan beda dan tidak monoton itu lagi itu lagi, ya.

           Kegiatan mendekorasi ruangan ini terlihat sederhana, ya. Padahal sebenarnya itu bisa menjadi momen untuk kita membangun kebersamaan yang berkualitas dengan anak-anak kita lho, Ayah Bunda

    8. Membuat bioskop di dalam rumah
         
    tontonan mengedukasi untuk anak di rumah bersama mnc vision
    Sharp-Indonesia

    Ayah Bunda pernah nggak sih membuat bioskop di dalam rumah?   Kalau belum pernah boleh banget nih dicoba. Caranya gampang banget. Tinggal pilih film favorit keluarga yang tentu saja tontonan yang mengedukasi ya, siapkan tempat duduk yang nyaman, dan tinggal matiin lampu deh.

           Oh ya, jangan lupa siapkan cemilannya juga ya. Kita bisa menikmati seru bareng ngerasain sensasi nonton di rumah tapi layaknya seperti nonton di bioskop

           Nah, berbicara soal cari tontonan yang mengedukasi, kebetulan ada kado akhir tahun MNC Vision, nih. Aku bisikin ya apa sajanya...


    Seru Bareng MNC Vision 


    promo mbc vision dalam memberikan tontonan yang mengedukasi untuk keluarga sebagai kado akhir tahun
    Taktiktuk.ga

    ✔️ Gratis 3 bulan tayangan dan juga free internet selama 3 bulan bagi pelanggan yang berlangganan paket Super Bundle. Kenyamanan ini bisa didapatkan oleh pelanggan yang sudah melakukan pembayaran advance payment atau 1 tahun di muka

    ✔️ Jika Ayah Bunda ingin liburan keluar rumah, dan sudah berlangganan MNC Vision juga bisa merasakan keistimewaan promo MNC Vision Priority yang menghadirkan diskon hingga 50% untuk hotel-hotel, restoran, tempat wisata dan berbagai merchant menarik lainnya yang bekerja sama dengan MNC Vision

    ✔️ Nah, buat Ayah Bunda yang ingin anaknya menonton sambil belajar, MNC Vision juga memberikan diskon 50% untuk berlangganan channel besmart, channel bimbel pertama di Indonesia.

           Dengan tayangan edukatif, menghibur, dan juga sesuai dengan kurikulum nasional kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD), anak-anak dapat belajar dengan nyaman tanpa perlu keluar rumah. Promo diskon besmart ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2018

    ✔️ Untuk Ayah Bunda yang belum berlangganan dan ingin berlangganan, MNC Vision memberikan kesempatan untuk pelanggan baru mendapatkan penawaran menarik berupa free ala carte dan free Open All Channel hingga 4 bulan yang disesuaikan dengan paket berlangganan.

           Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan keistimewaan free biaya instalasi, lho. Promo ini berlaku selama periode 18 Desember hingga 6 Januari 2019. Untuk lengkapnya, Ayah Bunda bisa langsung buka ke MNC Vision saja, ya

           Wah tunggu apa lagi Ayah Bunda, yuk kita buat kegiatan asyik, seru liburan di atas untuk anak kita di rumah dan ciptakan momen seru bareng MNC Vision ini. Selamat liburan dan selamat bersenang-senang, ya

    "Nikmatilah setiap momen kebersamaan itu dengan anak-anak kita, sebelum waktu akan begitu cepat berlari untuk mendewasakan mereka"



    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES