• Thursday, June 20, 2019

    Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka pada Anak?

    laderma pumudar bekas luka anak, bayi


          Halo Ayah Bunda. Apa Ayah Bunda mempunya anak laki-laki? Hmmm mempunyai anak laki-laki itu rasanya sesuatu ya. Karena rasa ingin tahunya yang tinggi, berani, aktif dan jiwa eksplorasinya yang tinggi membuat anak sering terjatuh dan bahkan tak jarang meninggalkan bekas luka pada kulit anak dimana-mana. 

          Anak perempuan juga begitu, walau anak perempuan tak seaktif anak laki-laki. Tapi tetap saja sekali terjatuh dan luka. Langsung merusak kecantikan kulitnya. Begitu juga dengan Erysha. Erysha itu senangggggg sekali berlari-larian di luar rumah. Karena memang setiap sore aku suka mengajak Erysha jalan-jalan keliling komplek. Dan dia sering jatuh donggg. 

    Cuma aku juga nggak mau terlalu banyak melarang Erysha untuk tidak lari-lari. Karena bagaimanapun juga lari-lari itu berguna juga untuk menstimulasi motorik kasarnya 

          Nah, di komplek rumahku itu ada jalannya yang menggunakan paving block dan Erysha itu suka jatuh di situ karena emang dekat rumah. Kebayang kan lutut Erysha itu jadi suka luka dibagian yang sama dan beberapa hari yang lalu terjatuh lagi. 

    Terus ada teman yang kasih tahu untuk menghilangkan bekas luka bisa pakai Laderma. Soalnya dia juga pakai Laderma untuk menghilanglangkan bekas luka sehabis operasi caesarnya.


    laderma


    Ternyata Laderma ini selain untuk orang dewasa bisa juga untuk anak-anak. Karena kata tetangga sebelah rumahku, anak saudaranya pakai produk laderma ini juga untuk memudarkan bekas lukanya. Penasaran dong aku. Ayah Bunda penasaran juga? Nah, hari ini aku mau review produknya nih di sini


    Laderma, Pemudar Bekas Luka untuk Anak dan Dewasa 


    Apa itu Laderma?



          Laderma adalah krim pemudar bekas luka yang juga mampu meredakan gatal. Laderma ini terbuat dari bahan aktif alami lho Ayah Bunda. Jadi, aman digunakan pada anak-anak dan bahkan bayi. Kita lihat yuk, manfaatnya apa saja

    Manfaat Laderma

          Ternyata ya Ayah Bunda, laderma ini tidak hanya bermanfaat untuk meninggalkan bekas luka setelah terjatuh atau sehabis operasi caesar saja, tapi bisa juga bekas luka karena cakaran, bekas cacar, bekas jerawat, bekas luka alergi dan bahkan luka gigitan nyamuk.

    Baca juga: REVIEW JOHNSONS TOP TO - TOE SENSITIVE TOUCH BABY WASH UNTUK KULIT SENSITIF DAN ALERGI

    Karena ada ya anak yang kulitnya sensitif sekali. Jadi kalau digigit nyamuk bisa langsung luka karena gatal dan digaruk oleh anak. Setelah itu muncul bekas luka deh dimana-mana kayak bekas sakit cacar. Pastinya itu langsung membuat kecantikan kulit anak berkurang dan membuat anak kurang percaya diri jadinya. Kasian kan 

    Kemasan Laderma


    pemudar bekas luka sakit cacar untuk bayi, anak, dan dewasa


          Kemasannya standar ya sama seperti obat semi padat yang lain. Hanya saja Laderma ini didominasi wana putih. Jadi, terkesan lebih bersih ketika kita melihatnya. 

    Aku paling suka dengan moncong tempat keluarnya krim. Karena moncongnya itu runcing sekali, jadi kita nggak usah takut salepnya keluar kebanyakan dan bisa lebih hemat pemakaiannya.

    salep untuk menghilangkan bekas luka karena alergi dan gigitan nyamuk dan operasi caesar



    Kandungan Laderma

    1. Aruba Aloe Vera
    Aruba Aloe Vera ini berfungsi untuk mengurangi iritasi kulit, membuang sel kulit mati dan melindungi sel kulit baru, meningkatkan produksi kolagen yang mempercepat penyembuhan kulit 

    2. Jojoba Oil 
    Jojoba Oil dikenal dapat melembabkan, memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit, dan juga memiliki efek meredakan

    3. Vitamin C dan E
    Siap sih yang tidak kenal dengan manfaat vitamin C dan E ini. Hampir semua orang tahu ya bahwa vitamin C dan E bisa melindungi jaringan kulit karena mengandung antioksidan, mampu memperbaik kulit yang rusak dan mengandung kolagen juga untuk mempercepat penyembuhan kulit

    Cara Pakai Laderma


    krim untuk menghilangkan bekas luka anak dan bayi


    Cara pakainya gampang kok. 
    1. Oleskan krim pada bekas luka anak. Oleskannya tipis-tipis aja, ya
    2. Pakainya harus teraktur, 3 hari sekali selama 8 minggu untuk memudarkan bekas luka. 
    3. Oleskan krimnya kalau lukanya sudah tertutup saja ya Ayah Bunda. Karena krim ini bukan untuk luka terbuka. Tetapi, ketika luka sudah menutup, segera oleskan Laderma ini untuk hasil yang maksimal 

    Nah, ini dia hasil pemakaianku pada Erysha sebelum dan sesudahnya


    bagaimana cara menghilangkan bekas luka pada anak
    Sebelum

    bekas luka hilang setelah menggunakan laderma
    Sesudah


           Terlihat kan ya perbedaannya. Untuk Ayah Bunda yang pengen coba juga untuk si kecil bisa membeli Laderma ini di Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, dan Baby shop terdekat. Itu dia hasil review aku tentang Laderma. Semoga bermanfaat ya

    Kontak

    Website: www.laderma.co.id
    Facebook: Laderma Indonesia 
    Instagram: @ladermaindonesia


    Sunday, June 16, 2019

    Mengenalkan Warna & Perpaduan Warna dengan Cara Menyenangkan pada Anak

    cara mengenalkan anak pada warna dan perpaduan warna dengan cara menyenangkan

          Halo Ayah Bunda, ketemu lagi kita ya dengan kegiatan stimulasi aku ke Erysha. Nah, hari ini aku mau berbagi cara mengenalkan warna dan perpaduan warna dengan cara menyenangkan pada anak. Jadi, anak bisa belajar dengan bereksperimen dan mencoba langsung

          Jujur ya, kegiatan stimulasi ini adalah dadakan Ayah Bunda. Jadi maafkan kalau aku kurang totalitas nih menyiapkan alat dan bahannya. Walau begitu, Ayah Bunda jangan khawatir tetap kok apa yang aku inginkan tercapai dengan alat dan bahan yang seadanya alias nemu di jalan wkwkwk πŸ˜‚. Niat banget ya aku πŸ˜‚

          Sebelum itu aku mau cerita sedikit. Kegiatan ini kegiatan stimulasi yang aku buat waktu liburan lebaran di rumah uyutnya Erysha sebagai salah satu cara aku mengalihkan Erysha agar nggak nonton TV atau main handphone melulu di hari liburnya karena kan di sana banyak orang. Jadi, otomatis Erysha kebawa walau sehari-hari dia nggak nonton TV di rumah.

          Liburan kemarin itu bener-bener tantangan banget buat aku dari beda pola asuh, jadinya suka nonton TV dan main gadget ditambah rewel karena lingkungan baru. Ada yang ngalamin hal yang sama nggak? Drama pokoknya lah ya. Cerita lengkapnya ada di sini nih "Lebaran: Beda Pola Asuh, TV/Gadget dan Anak yang Rewel"

    Nah, buat Ayah Bunda yang ingin tahu juga bagaimana cara mengalihkan anak dari tontonan TV atau main handphone agar tidak ketergantungan boleh intip di sini ya "Cara Mengalihkan Anak dari Tv dan gadget". Kalau begitu kita langsung cuss aja ya kegiatan stimulasi aku bersama Erysha



    Mengenalkan Warna & Perpaduan Warna dengan Cara Menyenangkan  pada Anak


    kegiatan menyenangkan untuk mengajarkan warna pada anak

    Alat dan Bahan:

    1. Pewarna makanan warna primer (merah, kuning, dan biru)
    2. 7 buah Gelas bening atau bekas minuman kemasan warna bening. Kalau dicontoh aku cuma 5. Harusnya sih 7 agar warna-warna perpaduannya lengkap
    3. Sendok (untuk mengaduk ketika membuat air berwarnanya)
    4. Air
    5. Tisu


    Cara Membuat dan mengajarkannya:

    1. Buatlah air warna merah 2 gelas, 1 gelas warna biru dan 1 gelas lagi warna kuning. Buat airnya hampir penuh ya di gelasnya

    kegiatan seru untuk mengajarkan warna pada anak
    Erysha sedang membuat air berwarna


    2. Susun air warna tersebut berbaris dengan pola: air berwarna - gelas kosong - air berwarna - gelas kosong seterusnya dan air berwarna merah diletakkan diurutan pertama dan terakhir. Kalau bingung lihat gambar aja ya. Tapi karena gelas plastik aku kurang, jadi cuma bisa buat 1 warna merah saja


    eksperimen mengajarkan warna untuk anak usia dini
    Disusun berpola (gelas berisi-gelas kosong)


    3. Lipat tisu memanjang lalu masukkan tisu tersebut ke dalam susunan gelas tersebut. Lihat pada gambar

    percobaan sains untuk mengajarkan warna pada anak usia dini


    4. Lalu, ajak anak mengamati apa yang terjadi.
    Nanti anak akan melihat air merambat dengan perlahan melalui tisu tadi sehingga gelas kosong tersebut perlahan-lahan berisi perpaduan warna tadi.

    Tunggu 15 atau 20 menit sampai gelas kosong berisi campuran warna-warna tersebut. Baru setelah itu ajak anak mengamati sambil mengenalkan pada anak.

    "De, lihat ternyata warna biru kalau dicampur dengan warna kuning jadinya warna hijau ya hasil rambatan warna dari tisu tadi"

    Perpaduan Warna 

    - warna biru dan kuning jadi warna hijau
    - warna merah dan biru jadi warna ungu
    - warna merah dan kuning jadi warna orange

    Hasil akhirnya bisa lihat di video ya Ayah Bunda



          Nah, bagaimana Ayah Bunda, gampangkan? Jadi, sekarang mengenalkan warna dan perpaduan warna bisa dengan cara menyenangkan. Tak perlu menyuruh anak untuk menghapal hasilnya. Tapi langsung aja praktek. Itu lebih berkesan di hati anak. Bisa dicoba di rumah ya Ayah Bunda πŸ˜‰. Jangan lupa intip kegiatan aku yang lain juga ya bersama Erysha di sini "Kegiatan Anak". Sampai bertemu di kegiatan selanjutnya ya. Daaa



    Wednesday, June 12, 2019

    Liburan Keluarga Ke Garut. Situ Bagendit Bisa Dijadikan Pilihan Nggak Ya?

    liburan keluarga ke garut. situ bagendit bisa jadi pilihan nggak ya

          Hai-hai Ayah Bunda, waktu liburan keluarga kemarin tepatnya saat momen lebaran, aku liburan ke tempat wisata Situ Bagendit, Garut. Karena memang kami sedang mudik ke garut tempat uyutnya Erysha.

    Nah, aku mau cerita tentang Situ Bagendit ini apa bisa dijadikan pilihan keluarga atau tidak untuk liburan Ayah Bunda semua


    Situ Bagendit Tempat Wisatanya Garut 


          Situ Bagendit ini terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya pas sekali dipinggir jalan raya. Sehingga dilewati oleh angkutan umum seperti angkot maupun ojeg. Nah, Situ Bagendit itu punya arti sendiri lho. Situ artinya adalah danau dan Endit adalah nama tempatnya.

    Dari artinya sudah terbayang kan Situ Bagendit ini adalah berupa danau yang dijadikan tempat wisata. Situ Bagendit ini juga memiliki cerita legenda atau dongeng terkenal lho Ayah Bunda, awal mulanya mengapa menjadi sebuah danau seperti ini. Walau ini hanya sekedar mitos, tapi nggak ada salahnya kan kita ikut bercerita pada anak-anak kita dan mengambil pesan positif dari cerita rakyat dari negeri sendiri. Aku ceritkan ya legendanya dulu


    Legenda Tempat Wisata Situ Bagendit 


    tempat wisata situ bagendit, garut, jawa barat terkenal juga dengan cerita rakyatnya
    Rindang dan bersih


          Dulu, di desa Bagendit ini adalah desa yang makmur dengan pertaniannya. Sayangnya, sekalipun desa ini makmur, orang-orang di dalamnya tidak mengalami kemakmuran. Karena setiap mereka memanen padi hasil pertanian mereka, mereka semua wajib menjual hasil panen mereka pada seorang tengkulak yang bernama Nyi Endit. Jika tidak, anak buah Nyi Endit ini akan menghajar mereka.

           Sehingga, ketika penduduk dari desa ini kelaparan karena persedian mereka habis, mereka harus membeli hasil panen mereka pada Nyi Endit dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga mereka menjual beberapa waktu yang lalu.

    Karena banyak penduduk desa ini yang hidup dalam kemiskinan dan kelaparan karena tertindas oleh Nyi Endit. Hingga suatu hari muncullah seorang nenek yang berpenampilan miskin sekali sengaja datang meminta sedekah pada Nyi Endit.

          Tapi, Nyi Endit yang suka berfoya-foya dan berpesta bukannya memberikan sedekahnya malah memaki-maki nenek tersebut. Hingga nenek itu marah dan menancapkan tongkatnya ke tanah. Ketika tongkat itu dicabut kembali, keluarlah air yang sangat deras dari bekas tancapan tongkat nenek tersebut. Sehingga menenggelamkan Nyi Endit beserta hartanya sehingga jadilah tempat Nyi Endit itu menjadi sebuah danau.

    Sedangkan para penduduk yang lainnya selamat dan hidup bahagia setelah Nyi Endit pergi.

          Yeaaaaay ceritanya menarik ya Ayah Bunda dan banyak nilai positif yang bisa kita sampaikan pada anak-anak kita. Nah, kalau begitu aku mu lanjut cerita tentang tempat wisatanya, ya.

    🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼


    harga tiket masuk ke situ bagendit, garut, jawa barat

          Tiket masuk Situ Bagendit itu murah banget menurut aku. Dewasa Rp. 7000,- dan anak-anak Rp.5.000,-. Itu harga lebaran lho. Sepertinya kalau bukan momen liburan lebaran akan lebih murah lagi.

    Oh iya, aku dateng pagi-pagi nih. Jadi belum ramai. Ketika kita awal masuk tempat ini, kita akan di sambut dengan hiasan payung warna warni yang menghiasi langit-langitnya dan di pinggir-dipinggirnya banyak ruko pedagang.


    situ bagendit tempat wisatanya garut

     Ada juga sebuah jembatan warna merah yang desainsnya unik dan menurut aku bagus juga untuk kita jadikan tempat foto-foto. Oh iya, yang di bawah jembatan itu bukan sampah ya tapi teratai. Sekilas dari kejauhan tampak seperti sampah ya hihihi (bisa lihat foto). Ada juga jalan yang dihiasi bendera


    tempat keren untuk berfoto bersama di situ bagendit



    Ada Apa Saja di Situ Bagendit?


    ada apa saja di situ bagendit


    1. Kita bisa lihat pemandangan
          Nah, karena situ Bagendit ini kan danau ya, jadi kita bisa melihat pemandangan sekitar danau yang menurut aku menenangkan ketika kita melihatnya. Belum lagi terpaan anginnya yang sepoi-sepoi menyejukkan. Hmm mantap, bikin kita pengen tidur sambil lihat pemandangannya hahaha

    Enak juga dipakai tempat untuk merenung gitu, beristirahat dan menenangkan hati *asyikkkk

    2. Enak dijadikan tempat botram
          Dipinggir danau itu selain kita bisa melihat pemandangannya dan merasakan angin. Enak juga lho kalau dipakai sambil botram atau ngaliwet gitu di pinggir danau. Karena di pinggir danau juga disediakan banyak lesehan begitu. Sepertinya itu bayar, hanya saja aku lupa nanya harganya. Maafkan ya πŸ™

    Jadi, buat Ayah Bunda yang ingin ke Situ Bagendit, aku saranin bawa makanan berat biar botram dengan keluarga di sana. Karena di sana jarang ada rumah makan. Banyaknya dagangan seperti bakso, sosis, minuman kemasan, cilok dan lain-lain. Harganya menurut aku standarlah ya. Nggak dipatok harga mahal.

          Jadi, kalau mau jajan yang mecin dan gurih. Di sini banyak pedagangnya. Kan yang mecin-mecin begitu enak kan ya hahaha πŸ˜‚

    3. Ada sepeda air, perahu dan rakit


    wahana yang ada di situ bagendit

          Nah, Ayah Bunda sekeluarga bisa juga lho mencoba sepeda air di tempat ini. Harganya untuk satu sepeda air Rp. 20.000,- itu harga lebaran ya. Kalau nggak lebaran bisa lebih murah lagi

    Ayah Bunda juga bisa merasakan sensasi naik perahu atau rakit itu seperti apa. Nanti ada petugasnya juga yang mengayuh rakitnya

    4. Wahana permainan anak

    wahana permainan anak di tempat wisata situ bagendit, garut, jawa barat

          Nah, untuk wahana permainan anaknya nggak banyak. Paling di dalam wahana itu ada kereta api yang bisa maju dan dipatok harga Rp. 5.000,- , ada trampolin, mainan mancing-mancingan, mainan perosotan yang berbentuk rumah balon dan di dalam ada bola kecil warna warni begitu dan ada juga melukis untuk anak-anak. Melukis untuk anak-anak ini hanya di bandrol seharga Rp. 10.000, -. Bagaimana, murah kan? πŸ˜‰

    melukis salah satu kegiatan anak di situ bagendit
    Erysha lagi fokus melukis


    Dulu di Situ Bagendit ini ada kolam renangnya. Sayangnya sekarang sudah tidak berfungsi lagi dikarenakan rusak

          Nah, karena harga masuknya murah, kita jadi nggak bisa memiliki ekspektasi yang tinggi pada tempat wisata ini. Karena tempatnya nggak besar, dan wahana permainannya sedikit. Sesuailah ya menurut aku dengan harganya.  Tapi nyaman-nyaman aja kok dijadikan tempat wisata

    Sudah deh. Semoga dari gambaran cerita aku di atas, Ayah Bunda bisa menarik kesimpulan sendiri ya bisa dijadikan pilihan atau nggak sih Situ Bagendit itu untuk liburan keluarga di garut. Ini dikembalikan pada selera dan sikon keuangan keluarga masing-masinglah ya hihihi.

          Oh ya, Ayah Bunda bisa juga mampir ke ceritaku waktu liburan ke Museum Geologi Bandung dan naik Bandros, atau mau merencanakan honeymoonnya di kota Yogyakarta kayak aku, bisa banget hahaha dan kalau Ayah Bunda bingung kegiatan liburan anaknya diisi apa? Boleh juga mampir ke kegiatan anak ini ya. Klik aja link warna merahnya ya πŸ˜‰

    Selamat merencanakan liburan Ayah Bunda ke Situ Bagendit, Garut dan sampai bertemu dengan liburan keluargaku yang lain ya. Daaa πŸ’•


    Wednesday, June 5, 2019

    Mudik dan Tentang Bedanya Pola Asuh, Gadget, TV, dan Anak yang Rewel

    penyebab anak rewel saat mudik dan cara mengatasinya
    Pixabay

          Hari ini aku mu cerita bahwa mudik itu selain menyenangkan tapi juga meninggalkan rasa tidak nyaman sepertinya beda pola asuh antara kita dan orang tua, gadget, tontonan TV dan anak yang rewel. Ada yang merasakan hal yang sama?

    Hahhhhhh tarik nafas dulu. Beberapa hari ini aku kesal sekali dibuatnya terutama hari ini. Erysha (3y3m) sejak mudik ke rumah uyutnya (nenek di atas nenek), ya ampunnnnnn mengaduk-aduk emosi aku dan rewelnya minta ampun. Padahal aku dan ayahnya Erysha itu udah nurunin standar dan idealisme kami soal pengasuhan anak jika di rumah uyut dan nenek-neneknya

          Tapi, tetap aja dong kami nggak bisa sampai lepas gitu ke anak. Seperti hari ini, Erysha itu jadi nggak fokus makannya kalau sambil nonton TV. Erysha itu biasanya emang nggak nonton TV tapi sejak kurang lebih 2 bulan tinggal di rumah neneknya gara-gara kami mudik duluan. Erysha jadi terbiasa makan sambil nonton TV. Akhirnya apa? Makannya jadi nggak bener dan nggak fokus. Kan kesal jadinya

          Padahal kalian tahu, aku itu udah berjuang keras mengalihkan Erysha dari nonton TV dan main gadget. Yang waktu awal-awal tinggal di rumah neneknya, Erysha sehari bisa 3 x nonton TV dan waktunya lama lagi. Serasa udah kayak minum obat aja kan?

          Nah, aku nggak mau dong membuat itu jadi kebiasaan Erysha. Apalagi kalau Erysha rewel, nangis terus langsung aku kasih TV atau gadget. Duh...duh...duhhhh aku nggak mau kayak gitu ke Erysha. Nanti, dia nggak akan belajar mengendalikan emosinya kalau aku langsung kasih jalan pintas begitu dan menghilangkan kesempatan anak untuk belajar. Aku nggak mau.

          Akhirnya aku berusaha ngasih dan nyari kegiatan apa saja di rumah agar Erysha nggak nonton TV mulu. Masalahnya dia juga masih kecil. Keseringam nonton TV kan nggak baik juga. Nah, kalau kalian ingin tahu bagaimana cara aku mengalihkan Erysha dari TV dan gadget bisa mampir ke sini, ya "Cara Mengalihkan Anak dari Gadget dan TV ". Jadi, Erysha yang biasanya nonton TV di rumah neneknya sehari 3 x sekarang bisa berkurang dan terbatasi jadi sehari sekali saja dan maksimal 2 jam

    Jadi, aku cuma bisa menurunkan idealisme aku untuk sementara waktu. Kalau nggak, aku bisa perang ama orang-orang seisi rumah gara-gara aku ngotot dengan pola asuh aku selama ini dan aku nggak mau dong nyakitin perasaan mereka terutama mamaku. Bukannya aku ngelarang anak nonton TV. Bukan. Cuma aku nggak pengen membiasakan anak suka nonton TV aja apalagi anaknya masih kecil.

          Nah, karena sekarang mau lebaran, kami pun mudik ke rumah uyutnya Erysha di Garut. Nah, di rumah uyutnya itu banyak orang termasuk ada neneknya dan kakeknya (mertua aku). Otomatis dong aku makin kesulitan menerapkan pola asuh aku selama ini karena akan ada banyak saudara yang berkumpul

          Kalau ke mama sendiri, kita lebih enak kan ya ngobrolin pola asuh kita, tapi kalau sama mertua. Eits... tunggu dulu. Harus hati-hatiiiii banget dan aku tipe yang suka cari aman daripada nanti menyinggung mereka.


    bedanya pola asuh kita dengan kakek dan neneknya anak-anak kita


          Jadi kalau berhadapan ama mertua, ayah Erysha yang suka maju duluan untuk memberikan pengertian pada mama atau papa mertua.

    Yah, aku emang banyak bersyukur sekali mempunyai suami yang sama-sama mau belajar ilmu parenting sehingga enak kerja samanya.


    Penyebab Anak Rewel Ketika Mudik atau Ketika Bertemu Banyak Orang dan Cara Mengatasinya 


    penyebab anak suka menangis jika bertemu banyak orang atau berkunjung ke tempat baru
    Pixabay

          Tapi ya, sejak 3 hari ini Erysha rewellllllll sekali dan manja sekali ke aku. Sampai rasanya aku lelah sekali menghadapinya. Tapi ya, aku juga nggak bisa begini terus dengan Erysha. Aku sampai instrospeksi diri apa yang membuat Erysha mendadak seperti itu. Apakah dia sedang sakit, kelelahan, merasa lapar atau apa? Dan aku pikirkan Erysha dalam keadaan baik-baik saja.  Lalu ku berpikir yang lain apa ada kebutuhannya yang lain yang terlewat aku penuhi atau apa?

         Setelah dipikir-pikir aku merasa perlakuanku selama ini sama seperti Erysha. Nggak ada yang beda. Tapi aku jadi menemukan penyebab lain mengapa Erysha seperti itu. Sepertinya Erysha begitu karena tempatnya baru, lingkungannya baru dan ada banyak orang-orang baru yang tidak ia kenali. Sehingga menyebabkan ia kehilangan TRUST pada lingkungannya dan orang-orang di sekitarnya kecuali pada Ayah dan Bundanya

          Itu wajar jika Erysha merasa tidak nyaman, merasa tidak aman dan inginnya ditemani dan didekati Bundanya terus atau ayahnya.


    Apa yang harus kita lakukan ketika anak rewel di tempat mudik atau bertemu banyak orang?


    Jadi, yang bisa kami lakukan adalah

    1. bersabar
    Anak kita butuh waktu untuk mengenali tempat barunya dan butuh waktu untuk beradaptasi selain dengan lingkungan barunya juga dengan orang-orang yang baru ia temukan

    2. Mengendalikan Emosi
    Aku berusaha mengendalikan emosiku menghadapi rewel dan manjanya. Selama sifatnya tidak prinsip aku ikuti semua maunya dan berusaha ingat perasaannya yang sebenarnya dan nggak pernah meninggalkannya pergi. Jadi, kalau benar-benar harus pergi sebentar pasti aku bilang dulu karena aku nggak mau membuat dia semakin ketakutan nantinya di tempat baru

    3. Disounding
    Sering sounding bahwa paman-paman dan bibinya termasuk uyutnya adalah orang-orang baik dan menyayanginya

    4. Jalan-jalan
    Mengajak Eryaha jalan-jalan di sekitar tempat baru dan mengenal banyak orang di jalan untuk menstimulasi keberaniannya

    5. Dan lain-lain

          Nah, itu dia cerita mudikku dengan anak yang rewel, beda pola asuh dan gadget atau tontonan Tv yang membuatku ngos-ngosan ketika mudik. Kalau kalian punya cerita apa? Oh ya, tulisan ini aku tulis untuk mengingatkan diriku sendiri ya dan kalau kalian ingin mengisi liburan anaknya, bisa contek caraku ini ya "Cara Mengisi Liburan Anak di Rumah" atau "Kegiatan Anak"




    Tuesday, May 28, 2019

    Sudahkah Kita Mengenali Kecerdasan Anak Kita? Yuk, Kita Belajar Kecerdasan Majemuk pada Anak

       
    sudahkah kita mengenali kecerdasan anak kita. yuk, kita belajar tentang kecerdasan majemuk pada anak
    Pixabay

          Hai Ayah Bunda, beberapa hari yang lalu aku diminta untuk mengisi kulwap parenting. Nah, materinya aku share juga di sini ya. Apa Ayah Bunda sudah tahu kecerdasan si kecil itu apa saja sih? Dan apa itu kecerdasan majemuk pada anak?

          Yes, zaman dulu kecerdasan seseorang hanya diukur dari tes IQ saja ya, Ayah Bunda. Padahal sesungguhnya kecerdasan anak bukan hanya sekedar angka-angka dari hasil tes tersebut. Rasanya kurang adil ya, Ayah Bunda jika seorang anak dikatakan pintar jika angka tes IQ nya dianggap kurang padahal masih dalam batas normal.

         Nah, kecerdasan majemuk inilah yang sebaiknya orangtua perlu pelajari untuk menemukan tipe kecerdasan anak-anak kita.

    Zaman dulu juga, orang-orang yang dikatakan pintar itu hanya untuk orang-orang yang jago matematika saja, atau orang-orang yang jurusan IPA saja, selain itu dianggap anak-anak lain kurang pintar. Akhirnya apa? Banyak orangtua yang menuntut anak-anaknya harus jago matematika atau harus masuk jurusan IPA agar anak mereka dikatakan anak yang cerdas. Iya kan, ya?

          Eits, tapi tunggu dulu. Itu cuma berlaku untuk zaman dulu ya. Sekarang itu nggak berlaku lagi lho, Ayah Bunda. Kenapa? Apa Ayah Bunda pernah lihat ada anak yang tidak jago di matematika tapi dia hebat di bahasa? Anak yang tidak jago di akademik tapi dia berprestasi di olahraga? Atau bahkan anak yang tidak naik kelas tapi besarnya dia sukses? Pasti banyak kan, ya?

    Lalu, apa anak-anak seperti itu tidak dikatakan hebat juga? Pasti hebat juga dong. Nah, di sinilah kecerdasan majemuk pada seorang anak itu berperan

          Hari ini kita akan mulai bahas setiap pengertian dari 9 kecerdasan majemuk ini, ciri-cirinya pada anak dan cara menstimulasinya. Tahukah Ayah Bunda bahwa kecerdasan majemuk ini pada anak banyak yang berkata termasuk parenting yang modern saat ini, lho.

          Jadi, tugas kitalah untuk menstimulasi semua aspek kecerdasan ini pada anak agar kemampuan anak bisa berkembang dengan optimal dan nanti kita akan melihat anak kita paling menonjol di kecerdasan mana dan ini akan memberikan gambaran pada kita tentang bakat anak di kemudian harinya


    Mengapa kita perlu mempelajari kecerdasan majemuk ini pada anak?


    pentingnya orang tua mempelajari kecerdasan majemuk pada anak
    Pixabay

    1. Agar orangtua dapat mengenali dimana potensi dan kecerdasan anaknya yang paling menonjol
    2. Memberikan gambaran pada kita bahwa sesungguhnya tidak ada anak yang tidak cerdas. Yang ada kita yang belum mengenali kecerdasan anak kita dan anak yang belum terstimulasi kecerdasannya oleh orang tuanya
    3. Agar orangtua memiliki konsep yang positif pada anaknya
    4. Untuk mengedukasi dan membantu orangtua dalam menstimulasi semua aspek kecerdasan pada anak sesuai dengan tumbuh kembangnya
    5. Untuk memberikan gambaran bakat anak ke depannya

          Jadi, kecerdasan majemuk itu apa? Pakar Psikologi dari Amerika Serikat yaitu Howard Gardner Ph.D membagi konsep kecerdasan majemuk "Multiple Intelligences" ke dalam 8 jenis dan sekarang menjadi 9 jenis. Dikutip dari buku Morinaga Platinum berikut pengertian setiap jenis kecerdasan beserta ciri-cirinya pada anak yaitu

    1. Linguistic  intelligence / Kecerdasan Kecerdasan bahasa adalah kemampuan yang berkaitan dengan kebahasaan yaitu kemampuan mengolah kata, kepekaan terhadap arti dan tata bahasa

    Ciri-cirinya:

    1. Memberikan perhatian kepada orang yang berbicara
    2. Suka belajar kata-kata baru
    3. Suka bercerita
    4. Tertarik pada buku
    5. Sering memberikan instruksi kepada orang lain
    6. Dll

    Baca juga: MENGAPA MEMBACA BUKU PERLU DIPERKENALKAN PADA ANAK SEJAK DINI?

    Cara Menstimulasinya

    1. Jadilah pendengar yang baik untuk anak agar sampai kapanpun anak akan senang bercerita dan terbuka pada kita

    Baca juga: BEGINI CARA MENJADI PENDENGAR YANG BAIK UNTUK ANAK

    2. Sering diajak ngobrol
    3. Bacakan buku cerita atau mendongeng pada anak setiap harinya
    4. Sering bawa anak ke tempat-tempat yang ramai agar ia bisa berinteraksi dengan orang lain dan memperkaya kosa katanya
    5. Dll

    Baca juga: 20 MANFAAT MEMBACAKAN BUKU CERITA PADA ANAK DARI USIA DINI


    Bakat dari anak yang kecerdasan bahasanya paling menonjol biasanya di pekerjaan

    1. Menjadi guru
    2. Pembicara
    3. Penulis
    4. Penerjemah bahasa
    5. Ahli bahasa
    6. Dll

    2. Logical - mathematical intelligence / Kecerdasan Matematis logid

    kecerdasan matematika
    Pixabay


    yaitu kemampuan untuk menangani bilangan serta melakukan perhitungan dengan menggunakan pola pemikiran yang logis dan ilmiah

    Ciri-cirinya:

    1. Menyukai pelajaran matematika
    2. Mudah mengingat angka-angka
    3. Menikmati kegiatan percobaan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
    4. Banyak bertanya tentang bagaimana sesuatu dapat bekerja
    5. Menyukai permainan-permainan yang melibatkan strategi
    6. Dll


    Cara menstimulasinya

    1. Sering berikan pertanyaan-pertanyaan logika dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan usianya.
    2. Fasilitasi dengan mainan edukasi yang merangsang kemampuan berpikirnya
    3. Kenalkan anak dengan hitungan dalam kehidupan sehari-hari misalnya "De, piring di atas meja udah ada berapa ya?"
    4. Dll

    Bakat dari anak yang kecerdasan matematisnya paling menonjol biasanya di pekerjaan:

    1. Menjadi akuntan / ekonomi
    2. Juru taksir
    3. Programmer
    4. Analis keuangan
    5. Dll

    3. Spatial intelligence / Kecerdasan ruang dan bangun


    kecerdasan spasial pada anak
    Pixabay

    Kecerdasan Spasial adalah kecerdasan dalam memvisualisasikan gambar dalam bayangannya atau kecerdasan seseorang dalam menempatkan aspek keruangan dengan cara yang tepat

    Ciri-cirinya:

    - lebih menyukai aktivitas menggambar daripada bercerita
    - mudah mengenali tempat baru
    - lebih mudah membaca gambar daripada teks
    - suka berkhayal
    - menyukai permainan yang berupa pembangunan bentuk 3 dimensi
    - dll

    Cara menstimulasinya:

    1. Berikan anak permainan edukatif seperti puzzle, lego, bermain balok dll
    2. Sering-seringlah ajak anak untuk jalan-jalan atau berwisata
    3. Kenalkan anak pada kegiatan menggambar / melukis
    4. Kenalkan anak dengan permainan maze
    5. Sering mendongeng pada anak untuk menstimulasi imajinasinya
    6. Dll

    Bakat yang paling menonjol di kecerdasan ini cocok untuk pekerjaan

    - pelukis
    - arsitek
    - kartunis
    - ahli desain
    - dll

    4. Bodily - Kinesthetic Intelligence / Kecerdasan olah tubuh
    Yaitu keahlian menggunakan anggota tubuh

    Ciri-cirinya:

    - mudah belajar naik sepeda, berseluncur & olahraga
    - banyak menampilkan bahasa tubuh saat berbicara
    - banyak aktivitas fisik tanpa merasa lelah
    - mudah meniru gerakan orang lain
    - selalu aktif
    - dll

    Cara menstimulasinya:

    1. Berikan mereka ruang untuk gerak bebas
    2. Berikan mereka kegiatan positif untuk menyalurkan energi mereka
    3. Ajak anak untuk kegiatan fisik seperti olahraga, membantu kita dll
    4. Dukung anak menyalurkan hobinya seperti olahraga, menari dll
    5. Dll

    Bakat yang paling menonjol di kecerdasan ini cocok untuk pekerjaan:

    1. Atlet
    2. Penari
    3. Artis karena mereka ahli memainkan peran dengan gerakan mereka
    4. Dll

    5. Musical Intelligence / Kecerdasan musik


    kecerdasan musik pada anak
    Pixabay

    Yaitu kecerdasan anak dalam memahami musik baik dalam menyanyi atau memainkan alat musik

    Ciri-cirinya:

    1. Suka menyanyi
    2. Suka mendengarkan musik
    3. Mudah mengingat melodi
    4. Suka memainkan alat musik
    5. Dll

    Cara menstimulasinya:

    1. Sering ajak anak bernyanyi, menari dan mendengarkan berbagai macam musik sesuai usianya
    2. Kenalkan anak dengan alat musik
    3. Ajak anak nonton pertunjukan musikal
    4. Ajak anak bermain tebak-tebakkan bunyi-bunyian sperti suara burung, air, dll
    5. Dll

    Bakat yang paling menonjol di kecerdasan ini dalam pekerjaan:

    1. Penyanyi
    2. Penari
    3. Pemain alat musik
    4. Pencipta lagu
    5. Composer lagu
    6. Dll

    6. Interpersonal Intelligence / Kecerdasan interpersonal 
    Yaitu kecerdasan dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain

    Ciri-cirinya:

    1. Mudah beradaptasi
    2. Menyukai permainan & kegiatan dengan anak-anak yang lain
    3. Memberikan nasihat pada teman yang mengalami masalah
    4. Mampu merasa dan berpikir seperti yang diraskan oleh orang lain
    5. Mampu memimpin teman-temannya
    6. Dll

    Cara menstimulasinya:

    1. Sering ajak anak ke tempat yang ramai
    2. Ajak anak untuk menyapa semua orang yang ia temui di jalan
    3. Ajak anak dan membiasakan anak berkenalan dengan orang lain tanpa memaksa anak
    4. Ajarkan anak untuk mau berbagi tetapi bukan dengan cara memaksa anak
    5. Dll

    Bakat yang paling menonjol di kecerdasan ini untuk pekerjaan:

    1. Public relations
    2. Pembicara seminar
    3. Bekerja dengan tim
    4. Mc
    5. Dll

    7. Intrapersonal Intellegence / Kecerdasan intrapersonal


    kecerdasan intrapersonal pada anak
    Pixabay

    Yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri

    Ciri-cirinya:

    - seringkali membutuhkan tempat yang sepi dan tenang untuk beraktivitas
    - suka mengoleksi barang yang memiliki arti baginya
    - mengingat mimpinya
    - memiliki kemauan yang keras dan mandiri
    - mampu mengukur kekuatan dan kelemahannya sendiri
    - dll

    Cara menstimulasinya:

    - Sering ajak anak berkomunikasi
    - Ajak anak untuk mengenali dirinya secara fisik
    -  Sering tanyakan apa yang anak sukai dan tidak. Misalnya kamu suka warna apa? Mengapa?
    - Kenalkan cita-cita / mimpi pada anak dari sedari kecil
    - labeli nama-nama emosi pada anak dan ajarkan anak untuk memahami perasaannya sendiri dan cara mengungkapkan perasaannya
    - dll

    Pekerjaan yang cocok dengan bakat anak di kecerdasan ini seperti: 

    - Psikolog
    - Ulama
    - Guru BP
    - dll

    8. Naturalist Intelligence / Kecerdasan alam
    Yaitu kemampuan mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun di lingkungan

    Ciri-cirinya:

    - menikmati kegiatan mengumpulkan serangga, bunga atau batu
    - senang menyelidiki hal yang ia temukan di alam
    - suka mengamati fenomena alam
    - suka belajar sesuatu dari alam
    - suka menanam atau memelihara binatang
    - dll

    Cara menstimulasinya:

    - sering ajak anak jalan-jalan seperti ke kebun binatang, naik gunung, ke pantai dll
    - kenalkan anak pada penciptaNya ketika ia mengagumi apa yang dia lihat
    - ajak anak mengamati alam yang ada sekitarnya. Misalnya "De, kepala jerapah itu panjang ya"
    - dll

    Pekerjaan yang cocok di bakat kecerdasan ini seperti:

    - pengurus kebun binatang atau taman
    - ahli biologi
    - ahli geologi
    - dokter hewan
    - dll

    9. Kecerdasan moral


    kecerdasan moral pada anak
    Pixabay

    Kecerdasan moral? Kecerdasan moral adalah kemampuan untuk memahami tuntutan yang ada di luar dan mengetahui mana yang baik dan buruk

    Ciri-ciri: 

    - lebih peka dengan perasaan orang lain
    - lebih mudah merasa kasihan pada orang lain
    - memiliki empati yang tinggi
    - dll

    Cara menstimulasinya:

    - beritahu anak mana yang boleh dan mana yang tidak dan sertai dengan alasannya. Komunikasikan dengan bahasa yang mudah dimengerti anak
    - tanamkan rasa empati sejak dini pada anak. Misalkan "De, lihat kucing itu terluka, kasian ya"
    - asah nurani anak. Ini agar anak ketika melakukan kesalahan langsung segera menyadarinya dan merasa bersalah di hatinya. Caranya dengan menanamkan dan membiasakan nilai-nilai positif di hati dan di kehidupan sehari-hari anak
    - dll

    Pekerjaan yang cocok di bakat kecerdasan ini seperti:

    - Pekerja sosial
    - Psikolog
    - Aktivis
    - Ulama
    - Guru agama
    - pemimpin
    dll

          Itu dia Ayah Bunda ke 9 kecerdasan majemuk pada anak. Jadi Ayah Bunda berikan stimulasi yang tepat sesuai usia anak dan lakukan dengan cara menyenangkan agar anak menyukai kegiatan main dan belajarnya.

          Stimulasi ke 9 kecerdasan anak ini untuk mengoptimalkan kemampuannya dan pembentukan karakter positifnya di masa depan. Nanti dari ke 9 kecerdasan ini kita bisa lihat anak kita paling menonjol di kecerdasan mana dan di sanalah bakatnya berada.

          Jadi, kita dan anak nggak usah bingung lagi mau masuk jurusan apa ketika SMA dan kuliahnya nantinya. Karena mereka sudah menemukan dimana yang mereka sukai dan dimana kemampuan mereka berada

    So, nggak ada anak yang nggak cerdas Ayah Bunda. Karena setiap anak itu unik dan istimewa dengan caranya masing-masing. Jadi, semua tergantung kita mau menemukan dan mengasah kilau mereka atau tidak?

    Semakin ia diasah maka sinarnya akan semakin berkilau. Tetapi, jika kita tidak mengasahnya ditambah melabelinya dengan hal negatif seperti "bodoh kmu, masa itu aja nggak bisa, sibuk membanding-bandingkannya dengan anak yang lain". Maka bersiap-siaplah kita menjadi orangtua yang tanpa disadari memadamkan sinar anak kita sendiri.

    Bagaimana Ayah Bunda, dari ke 9 kecerdasan majemuk di atas, sudahkah kita mengenali dimana letak kecerdasan anak kita saat ini? So, selamat membersamai buah hatinya dengan ilmu, cinta dan doa ya 😘







    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES