20 Manfaat Membacakan Buku Cerita Pada Anak Dari Usia Dini


Hari ini aku mau cerita tentang salah satu kegiatan anakku, Erysha (1y1m) yaitu membacakan buku cerita. Bagiku membacakan buku cerita untuk anak itu salah satu hal penting yang nggak boleh terlewatkan dalam program parentingku untuk Erysha. 

        Bahkan para ahlipun menyarankan untuk para orang tua sering membacakan buku cerita pada anaknya,  mengingat banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut.  Membacakan buku cerita pada anak sudah bisa dilakukan dari anak masih dalam kandungan, ini salah satu cara menstimulus anak dari masa kandungan.

        Aku slalu ngusain tiap hari harus ada kegiatan bacain buku cerita untuk Erysha, karena aku ingin membentuk pembiasaan yang baik dari usia dini ke Erysha agar terbentuk hingga ia besar nanti, slain itu mengenalkan dan membuat anak menyukai buku itu perlu proses jadi nggak bisa tiba-tiba instan.

Baca juga : Caraku Mengenalkan dan Membuat Anak Menyukai Buku

         Cara mengenalkan dan membuat anak menyukai buku udah aku tulis diartikeku sebelumnya, boleh dilihat ya, karena aku udah ngenalin buku ke Erysha dari Erysha  usia 4 bulan, jadi sekarang aku menikmati sedikit hasilnya. Sekarang Erysha udah suka buku dan bahkan nagih minta dibacain terus, cuma akunya yang sekarang udah mulai bosen bacainnya  hihihi, tetapi tetep berusaha slalu bacain hahaha.

Erysha 1 tahun
        Dalam memilihkan buku cerita ke anak harus disesuaikan juga dengan usia dan kematangan anak. Nggak semua buku cerita cocok dibacain untuk anak. Nah bun, karena Erysha usianya masih (1y1m) jadi aku pilihin buku-buku yang lebih banyak gambarnya, karena anak-anak usia seperti Erysha senang dengan gambar-gambar yang banyak, besar dan warnanya yang menarik serta pastikan bahan bukunya juga yang nggak mudah disobek ya bun atau dimakan *hihihi kayak gambar dibawah ini  


        Ini salah satu dari penampakan gambar buku cerita Erysha bun. Cuma gambar aja tetapi untuk ceritanya kita bisa berimprovisasi sendiri dan buat ceritanya semenarik mungkin ke anak. Ceritanya pun bisa kita ganti setiap hari dan jangan lupa buatlah gaya bahasa yang selebay dan sealay mungkin pada anak yah biar anak tertarik untuk memperhatikan kita membacanya, karena anak senang jika kita begitu ekpresif


       Nah apa aja sih manfaat membacakan buku cerita dari usia dini pada anak :
1. Membangun bonding orang tua dan anak
2. Mengenalkan dan menambah kosakata baru pada anak
3. Mengembangkan daya imajinasi anak
4. Menambah pengetahuan anak
5. Merangsang rasa ingin tahu anak
6. Mengenalkan warna
7. Membentuk kebiasaan baik pada anak
8. Membuat anak menyukai buku dan menumbuhkan minat baca anak
9. Melatih komunikasi dan perkembangan bahasa anak
10. Menstimulus artikulasi ucapan anak
11. Menstimulus kemampuan anak  berbicara
12. Melatih motorik halus anak ketika membuka setiap lembaran kertas buku
13. Membuat anak semakin pintar
14. Mengenalkan anak dengan ritme dan melodi bahasa kepada anak seperti mengenal intonasi, artikulasi pengucapan  dll
15. Merangsang kreativitas anak
16. Mempersiapkan anak untuk belajar membaca kelak, ketika usianya sudah matang untuk belajar membaca
17. Menambah kecerian orang tua dan anak saat berkegiatan
18. Bisa menyanpaikan kebaikan atau karakter yang baik lewat cerita
19. Sebagai sarana untuk memotivasi anak
20. Membentuk karakter anak dari dini
21. dll. 

         Wah ternyata banyak banget yah bun manfaatnya. Ayo kita lebih semangat dan konsisten lagi bacain bukunya buat anak-anak kita. Jangan berkecil hati juga buat para bunda yang belum memulainya, bisa kita mulai dari sekarang karena tak ada kata terlambat untuk terus belajar. Semangatttt bun
"Dunia adalah sebuah buku, dan mereka yang tidak melakukan perjalanan, hanya membaca sebuah halaman"  Santo Augustinus 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
3 April 2017 15.12 delete

salah satu manfaat membaca buku, anak jadi punya kegiatan positif dan tidak terpaku pada layar gadget ya mba..

Reply
avatar
3 April 2017 16.13 delete

Wah bener banget bunda, jadi bertambah nih manfaatnya 😃

Reply
avatar
7 April 2017 12.09 delete

manfaatnya banyak banget ternyata yaa.....

Reply
avatar
7 April 2017 22.48 delete

Jazakillah banget bukunya teh Titi, bermanfaat sekali 😘😘😘

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃