40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 2

40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI

Dear Bunda,

Hari ini saya kembali menulis lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang "40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI". Dimana, materi ini saya dapatkan di sebuah seminar online mengenai ASI (Air Susu Ibu). Nah buat bunda yang belum menyimaknya dari awal, nggak usah khawatir ketinggalan ilmunya. karena Bunda boleh mampir ke sini ya πŸ˜ƒ.

Oke kalau begitu, saya munculkan kembali Biodata Narasumbernya, ya Bun. Ini Dia πŸ˜ƒ

πŸ“œ Biodata Narasumber

πŸ’πŸ»Nama Lengkap: Nadia Nur Ganischa, SST

πŸ₯TTL: Ngawi/19 November 1988

🏒Pendidikan:
DIV Kebidanan UNS
S2 Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu dan Anak UNAIR

πŸ™‹πŸ»Aktivitas:
Ibu Rumah Tangga, mengerjakan tesis (mohon doanya ya)

Moderator: Ibu Hajah

Yuk, sekarang kita simak aja ya, Bun pertanyaannya

2⃣1⃣ Iis
1. Mohon penjelasan lebih detil tentang metode amenore laktasi.
2. Pasca melahirkan nafsu makan saya, kok, malah turun, ya, Dok? rasanya itu malas makan nasi, minum air, dan makan aneka cemilan. Buah saja sudah membuat saya kenyang. (Alhamdulillah produksi asi tetap lancar. Bayi juga minum dengan teratur)
Apakah kondisi ini masih normal / aman bagi saya ?
Terima kasih atas penjelasan dan jawabannya.

Jawaban

MAL : KB alami. Karena prolaktin tinggi menghambat produksi estrogen. Syaratnya : asi eksklusif, belum haid, jeda menyusui tidak lebih dari dua jam, hanya berlaku enam bulan.
Nasi bisa diganti kentang, mie, spagheti dll. Yang penting gizi seimbang ya : karbo, protein hewani dan nabati, serat, lemak. Produksi asi sih tetap lancar tetapi khawatir jika kondisi ibu yang terganggu

2⃣2⃣ Nurhalimah
* apakah ada dampak negatif terhadap anak yang disapih dengan cara tradisi kolot (PDnya di kasih yg pahit-pahit, yang pedas)?
*anak saya sebentar lagi 6 bln, nah untuk MPASInya menu/ buah2an apakah yg terbaik dan pertama kali diberikan ? 😊
Jazakunalloh khoirol jaa 😍

Jawaban

Bisa menimbulkan trauma dan mengganggap asi itu pahit. Anak merasa dibohongi dan merasa tertolak.
Biasanya dua minggu awal diberi menu tunggal untuk mengenalkan rasa.

2⃣3⃣ Fathimah
Assalamu"alaykum teh mau tanya kan dalam alqur"an itu penyusuan selama 2 tahun, itu sebenernya asi ekslusif selama 2 tahun atau sudah dengan MPASI? kalau memang selama 2 tahun itu disusui secara ekslusif tanpa MPASI, apakah bisa? dan bagaimana caranya? jazakillah

Jawaban

Di dalam Al Qur'an, diperintahkan untuk menyempurnakan penyusuan sampai dua tahun. Tetapi bukan berarti tidak boleh memberikan mpasi sebagaimana kita ketahui dan kita lakukan selama ini. Selama tidak ada dalil yang mengharamkan, maka hukumnya mubah (boleh), sebagaimana hukum asal makanan/minuman itu mubah kecuali ada dalil yang mengharamkan. Jadi bisa kita kombinasikan dengan ilmu yang berkembang sekarang, dimana pemberian mpasi mulai usia 180hari.

Kami sendiri belum menemukan riwayat tentang bagaimana contoh pemberian makanan zaman Rasulullah, apakah dengan mpasi atau tidak. Yang pernah disebutkan hanyalah tentang pemberian tahnik. Memang ada yang menjalankan pemberian asi sampai dua tahun tanpa memberi makanan selain kurma dan madu. Hal ini tentunya perlu diperhatikan beberapa hal juga, tentang asupan si ibu dll. Adapun memberikan mpasi di usia 180 hari, kembali ke hukum asalnya yaitu mubah. Wallahu a'lam

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

2⃣4⃣ Melli
Makanan dan minuman apa yang bisa memperbanyak ASI? Bolehkah mengkonsumsi durian,nangka, cempedak,, tape,, makanan pedas, makanan terlalu asin, semangka selama menyusui?

Jawaban

Semua zat gizi seimbang baik untuk busui. Busui boleh makan apa saja asal halal, tayib, tidak berlebihan dan perhatikan reaksi anak, apakah ada efek negatif ke anak. Misal diare atau alergi. Setiap anak berbeda reaksinya dan tingkat sensitifnya

2⃣5⃣ Evi
Mau tanya masalah ASI seret. Dari hari pertama melahirkan ASI saya nggak lancar. Udah coba minum sari kacang hijau, susu menyusui, obat asifit, lancar asi sampai moloco tetep ga lancar. Memang makan saya ga banyak. Apa berpengaruh porsi makan dengan produksi ASI ? Karena memang saya ga lapar kalo habis menyusui seperti ibu-ibu yang lain jadi ga bisa makan banyak.

Jawaban

Hari-hari pertama memang sangat sedikit asi yang keluar karena kebutuhan bayi pun juga masih sedikit. Lambung bayi baru lahir masih sangat kecil. Kira-kira sebesar kelereng. Jadi, ya, masih sedikit dia butuh asinya. Yang penting jaga gizi seimbang ya, dan tambah porsi makan. Kalau belum lapar, makan sedikit-dikit tapi sering

2⃣6⃣ Ammelita
Assalamu'alaykum
Pertanyaan saya untuk kulwap diantaranya:
1. Beberapa kasus busui mengalami rambut rontok, masalah kulit (gatal2, eksim, yang mulanya tidak memiliki alergi jadi mudah kena alergi) yang menurut dokter itu karena daya tahan tubuh ibu sedang turun karena zat terbaik dalam tubuhnya disalurkan ke asi.. Apa selalu begitu?

2. Bagaimana penjelasan konsep AsiX menilai sunnah tahnik?

3. Benarkan dalam payudara ibu, terdapat semacam filter yg dapat menyaring nutrisi2 yg hanya dibutuhkan bayi? (Penjelasan dr dspog saya dulu)

Jawaban

Tidak selalu begitu. Bisa karena pengaruh hormon, daya tahan tubuh menurun dll. Banyak yg tidak mengalami kok.
Masalah tahnik tidak menyebabkan kegagalan asi ekslusif sebab tahnik hanya *mengoles* kurma yg sebelumnya sudah dikunyah orang tua yang mengharap keberkahan untuk anaknya.
Mengenai filter saya kurang tahu. Yang jelas asi memenuhi kebutuhan nutrisi bayi

2⃣7⃣ Asmi
Bagaimana cara yang baik untuk mulai menyapih anak?

Jawaban

Mulai sounding saat sebelum dua tahun. Sounding: bilang ke anak bahwa saat umur dua tahun, dia sudah tidak boleh nenen dst.
Lihat kesiapan anak. Cirinya anak mulai menolak nenen.
Kurangi frekuensi menyusui sedikit demi sedikit. Lebih lengkap ada di buku Cerita Cinta Pejuang ASI berikut kisah nyatanya

Air Susu Ibu

2⃣8⃣ Ayunda
Teh mau nanya, kan kalau suply asi itu akan mengikuti gimana anak new born lahir kan, nah, gimana kasusnya untuk yang relaktasi di usia 2 kebutuhan anak udah banyak kan, terus asi belum banyak. gimana cara biar anak ga kurang asi?

Jawaban

Perbaiki cara menyusui. Perlekatan harus benar. Susui sesuai permintaan bayi.

2⃣9⃣ Dewi
Saya kan lagi hamil 4 bln tapi saya juga masih menyusui usia 2.5 th.. Saya sengaja tidak menyapih kakaknya karena tidak ada masalah dengan kandungan saya. Saya biarin aja karena lama-lama asi menyusut.. apa benar menyusui anak diatas 2t h ga papa.. soalnya saya baca artikel asi bisa meningkatkan imun pada anak. Bahkan diluar negeri ada yang masih menyusui usia 6 th dan anaknya jarang sakit.. dan apakah benar klo menyusui terus tulang kita jadi keropos.. terimakasih.. mohon penjelasannya..

Jawaban

Wa'alaikumsalam dalam Islam memang boleh menyusui di atas 2 tahun. Tapi sebaiknya ada usaha untuk menyapih anak karena sesuai di Al Qur'an al baqarah :233 "bagi yang ingin menyempurnakan persusuan."
Wanita memang memiliki risiko osteoporosis sebab saat lansia estrogen berkurang. Inilah yang menyebabkan keropos

3⃣0⃣ Reny
Ini pertanyaan saya
Kenapa ibu yang setelah melahirkan harus rawat gabung dengan bayinya?
Terima kasih

Jawaban

Rawat gabung agar ibu bisa sering menyusui anaknya. Dan lebih dekat dengan anaknya

3⃣1⃣ Lina
Saya kan ibu bekerja, otomatis anak saya minum ASIP. Apakah bayi harus minum ASIP hangat ya? Kalau misalnya ASIP semula hangat lalu diminum tapi ga habis trus selang beberapa jam masih boleh diminum kan ya? Kalau seperti itu harus direndam air hangat lagi atau gimana?
Yg kedua, ASIP saya sekali perah kok maks cuma 80 ml ya, apa termasuk ASI saya kurang?
Terima kasih

Jawaban

Tidak harus hangat. Bahkan ada bayi yang suka asip dingin. Maksimal empat jam dan tidak usah dihangatkan lagi.
Sama bunda. Saya klo memompa rata-rata segitu 😊

3⃣2⃣ Yanti
Teh mau tanya kalo efek bayi di kasih sufor apa ya? Dan jika di kasih sufor pun susu apa yang bagus untuk bayi khususnya bayi 1 thn yg belum tumbuh gigi tapi sedang belajar jalan?

Jawaban

Kelemahan sufor : komposisi gizinya tetap tidak berubah sesuai kebutuhan bayi. Sulit dicerna pencernaan bayi. Dapat menyebabkan diare dan alergi. Cocok-cocokkan pada bayi. Ada yang satu membuat diare bayi A belum tentu bayi B mengalami hal yang sama pula

3⃣3⃣ Rahmawati
Teteh mau tanya kalo lagi hamil boleh gak ya menyusui usia bayi yg nyusunya 18bln kandungannya belum cek lagi . Trus agar semuanya sehat dan kebutuhannya terpenuhi ada tipsnya ?

Jawaban

Boleh asal riwayat kehamilan sebelumnya tidak ada masalah, ibu dan janin sehat dan tidak timbul kontraksi saat menyusui. Asupan nutrisi ditambah ya dan tetap perhatikan gizi seimbang

3⃣4⃣ Shaheera
anak saya 23 bln laki-laki. Saat ini masih asi dan aktivitas menyusu nya msh sering sekali bisa lebih dari 10x dalam sehari, mau tidur pun kalau dengan ibu nya harus menyusu dulu. Durasi menyusu yang paling lama biasa nya ketika subuh bisa kurang lebih 2 jam tidak lepas asi padahal skitar jam 12 & jam 3 kebangun untuk menyusu juga sekalipun sudah di beri air putih.

Pertanyaan nya : apakah ini normal? Bagaimana cara mengatasinya? Dan di usia berapa saya bisa menyapih anak saya?
Terimakasih

Jawaban

Wa'alaikumsalam. Ananda ini sepertinya menyusu bukan karena lapar tetapi mencari kenyamanan. Baiknya mulai disapih, dengan menumbuhkan kesiapan anak. Caranya kurangi frekuensi menyusu dan beri pemahaman bahwa sudah saatnya dia berhenti menyusu. Pahamkan juga hal ini tidak mengurangi kasih sayang kepadanya

3⃣5⃣ Rachma
Mau bertanya, kedua puting saya sejak kecil hingga sekarang tidak keluar. Lalu bagaimana caranya untuk menyusui anak? Saat ini posisi saya sedang hamil.
Jazakillah umm

Jawaban

Menjelang persalinan bisa ditarik dengan jari, nipple puller atau spuit yg dihilangkan jarumnya. Konsultasi ke tenakes ya

3⃣6⃣ Nina
Bun bila anak sudah mencapai usia 2 thn bagaimana cara menyapihnya apakah dengan paksaan harus ataukah dengan cara halus atau sampai anak kita berhenti dan ga mau lagi?

Jawaban

Dengan tanpa paksaan sampe ibu dan anak siap

3⃣7⃣ Yussi
Mohon dijelaskan tentang penyapihan, bagaimana cara terbaik dalam proses menyapih, terimakasih πŸ™πŸΌ

Jawaban

Menyapih dengan Cinta

Yaitu menyapih dengan CINTA

3⃣8⃣ Kania
a. Bayiku setiap abis nyusu selalu disendawakan, tapi habis itu selalu cegukan.. Itu kenapa, ya?
b. Hasil pumping aku sehari 5x bisa 1L lebih. Itu termasuk over supplykah?
c. Apa benar mau dikasih dot sebagus apapun pasti akan mengalami bingung puting?

Jawaban

Tidak apa cegukan asal sehat.
MasyaAlloh 😍 banyak ya. Menurut saya itu masih normal. Ya dot berisiko menyebabkan bingung puting

3⃣9⃣ Diah
1. Semenjak kerja asi jadi berkurang,  biasanya waktu cuti sehari bisa 300 atau 400ml sehari padahal sambil menyusui bayi, sekarang disaat kerja tidak disusui oleh bayi justru hanya dapat sedikit asinya,  itu biasanya karna faktor apa ya?

2. Saat pumping lebih banyak foremilknya daripada handmilknya, solusinya bagaimana?

3. Dulu saat malam hari payudara cepat terasa keras,  kenapa sekarang tidak? Apa hormon prolaktinnya berkurang?
Maaf banyak pertanyaannya 😁

Jawaban

Wa'alaikumsalam.
Kebutuhan bayi tidak sama setiap umurnya bertambah. Paling banyak produksi asi saat bulan-bulan awal. Apalagi jika sudah bekerja otomatis frekuensi menyusui berkurang, berkurang pula produksi asi. Memompa pun tidak sama degan bayi menghisap langsung puting ibu.
Saat menyusui/memompa jangan terlalu cepat ganti payudara. Ibu juga dapat memakan lebih banyak lemak

4⃣0⃣ Devi
Aku mau tanya, apa perlu ibu hamil yang sebentar lagi HPL coba buat minum booster asi atau segala macem yang buat nambahin asi? Karena ibu hamil, apalagi yang pertama kali sangat ingin mengASIhi, tetapi ketakutan bakal asi kurang atau malah tidak keluar itu selalu ada

Jawaban

Yang paling mempengaruhi adalah kondisi psikis ibu. Jika ibu stres produksi asi terhambat. Jika ibu bahagia produksi asi meningkat. Booster hanya bersifat membantu ibu agar rileks dan happy. Membantu mensugesti. Maka setiap ibu bisa berbeda boosternya.

Selesai sudah semua pertanyaannya ya, Bun. Semoga dari semua pertanyaan itu, ada yang menjawab sudah rasa keingin tahuan kita. Untuk materi seminarnya, tunggu tulisan saya berikutnya, ya Bun. Semoga bermanfaat, Bunda πŸ˜ƒ

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

komentar
21 September 2017 05.23 delete

Sayang pas dulu saya punya bayi, belum jamannya internet. Jadi pengetahuan tentang menyusui dari bidan dan buku.

Reply
avatar
21 September 2017 06.23 delete

Iya bener bunda. Semoga dengan banyaknya sumber pengetahuan akan semakin memudahkan para ibu untuk mendapatkan ilmu

Reply
avatar
21 September 2017 22.31 delete

Wow, terimakasih sudah berbagi. Lumayan nih sebagai reminder buat bumil seperti saya :)

Reply
avatar
22 September 2017 01.44 delete

Wah, ada yg bs stok asip sampai 1lt sehari...

Reply
avatar
22 September 2017 04.30 delete

Komplit!
Pertanyaan dijelaskan dengan gamblang dan mudah dimengerti...
Alhamdulillah kini banyak informasi yang mudah diakses seperti ini. Sehingga banyak bumil/busui yang nggak kebingungan lagi :)

Reply
avatar
22 September 2017 06.38 delete

Banyak banget ya bun. Termasuk jarang ini

Reply
avatar
22 September 2017 06.38 delete

Iya bner bun. Semakin banyak bumil dan busui yang jadi teredukasi

Reply
avatar
22 September 2017 16.51 delete

Ilmu yang sangat bermanfaat. terima kasih sudah berbagi ☺️

Reply
avatar
23 September 2017 18.10 delete

Seluk beluk ASI memang topik yang evergreen, akan dibutuhkan sampai kapanpun. Terima kasih sharingnya ya mba

Reply
avatar
24 September 2017 05.33 delete

Makasih sharingnya mbak, ilmunya bergizi banget

Reply
avatar
24 September 2017 05.45 delete

Allhamdulillah sama2 bunda πŸ˜ƒ

Reply
avatar
25 September 2017 22.12 delete

terima kasih sharingnya mb...saya termasuk yang kurang banyak asinya sampai-sampai ditambah susu kedelai....

Reply
avatar
26 September 2017 04.27 delete

Sama2 bunda. Sekarang jadi tau ya, bun. Kalau ada masalah dengan ASI kita, kita bisa konsultasi k konselor ASI πŸ˜ƒ

Reply
avatar
26 September 2017 07.07 delete

Tulisan yang sangat berguna untuk ibu-ibu yang ingin tahu seputar ASI. Bahkan ada metode KB dengan pemberian ASI ya...

Reply
avatar
27 September 2017 13.26 delete

Iya bunda. Allhamdulillah, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk orang lain πŸ˜ƒ

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ