Prakarya dengan Media Daun Untuk Anak Usia Dini


Hai Bunda! Hari ini saya ingin mengajak para bunda untuk membuat prakarya dengan media daun untuk anak usia dini, yaitu mengelem dan menempel daun pada gambar tanaman. Sebenernya, ide ini nggak sengaja sih dan saya benar-benar mendadak buatnya. Jadi, abaikan saja, ya, Bun, kalau hasilnya kurang memuaskan hehe.

Alat dan Bahan


1. Lem
2. Kertas HVS / Karton Putih
3. Crayon
4. Pensil
5. Daun (daun yang berwarna hijau dan kuning)
6. Asesoris / pernak pernik

Cara Membuat Prakarya dengan Media Daun Untuk Anak Usia Dini


Ini dia cara membuatnya beserta cara mengajarkannya pada anak

1. Siapkan karton yang telah bergambar tanaman. Untuk anak yang usianya di bawah 3 tahun. Bisa kita yang menggambarkannya untuk anak. Karena Erysha masih 1y8m. Jadi, saya yang gambarin, deh 😃 Tetapi, untuk anak yang telah berusia 4 tahun ke atas, bisa kita arahkan untuk menggambar dan mewarnai gambarnya sendiri sesuai selera anak

2. Ajak anak untuk mengelem dan menempel daunnya. Untuk anak yang berusia di bawah 3 tahun, nggak apa-apa, ya, Bun jika anak maunya cuma salah satunya saja (menempel atau mengelem saja) sisanya kita bantu, yang terpenting kita membuat anak nyaman dulu dengan kegiatannya.


Ketika mengarahkan anak untuk mengelem dan menempel, kita bisa sambil mengenalkan pada anak yang namanya daun, warna, lem, bunga, dan kenalkan pada anak bahwa tanaman itu ciptaan Allah lho dll.


Sedangkan pada anak usia di atas 4 tahun, sudah bisa diarahkan untuk mengelem, menempel, dan berkreasi sendiri dengan meletakkan daunnya, sesuai dengan keinginan anak. Jangan lupa, sambil mengajak anak diskusi mengapa daun bisa berwarna hijau dan kuning

3. Setelah semuanya selesai, untuk anak di bawah 3 tahun, bisa kita ajak anak untuk kembali mereview apa saja yang ia pelajari dari kegiatan tersebut. Misalnya ketika saya meminta pada Erysha untuk menunjukkan "Daun dan Bunga" yang mana?. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan dan bermain, ya, Bun bertanyanya. Nggak serius kayak di sekolah hihihi 😂. Tetapi, allhamdulillah Erysha sudah tau mana yang daun dan bunga serta sudah bisa menyebutkannya dan menunjukkanya (Good Job Erysha 😘)

Hasil akhir prakarya Erysha (1y8m) dengan bantuan

Sedangkan untuk anak usia 4 tahun ke atas. Bisa kita kenalkan anak untuk menulis atau mengenalkan huruf pada anak dari namanya sendiri, yang ditulis di kertas prakarya anak atau bisa juga anak berkreasi sendiri dengan cara menambah pernak pernik pada prakaryanya

Sebenarnya kita bisa mengenalkan dan mengajarkan apa saja selain mengenalkan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Tergantung kita sebagai orangtua, ingin mengenalkan hal apa saja pada anak kita

Baca juga: Cara Membuat Playdough atau Malam Sendiri yang Pastinya Lebih Aman Buat Anak

Nah, untuk menambah daya kreasi Bunda bersama buah hatinya. Saya sertakan juga, ya, beberapa contoh prakarya yang bisa, Bunda tiru di rumah

m.brilio.net
m.brilio.net

m.brilio.net
m.brilio.net

Manfaat Membuat Prakarya dengan Media Daun Untuk Anak Usia Dini


1. Dapat mengenalkan nama-nama benda pada anak
2. Mengenalkan warna
3. Menambah kosakata
4. Menambah pengetahuan
5. Memberikan kegiatan yang berkualitas untuk anak
6. Melatih motorik halus
7. Mengembangkan daya imajinasi
8. Mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan
9. Membangun bonding
10. Dapat mengenalkan banyak hal pada anak dengan cara yang alami
11. Dll

Baca juga: Bahagianya Anak-Anak Membuat dan Bermain Slime

 Wah banyak, ya, Bun manfaat dari prakarya dengan media daun ini. Semoga setelah kita tahu manfaatnya. Bisa jadi semakin semangat nih bikinnya. Kalau, Bunda sendiri suka buat prakarya apa nih dengan anaknya di rumah? Bagi idenya, dong 😃


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

20 komentar

komentar
25 Oktober 2017 21.06 delete

seru banget ya bun, mungkin nanti kalau Mukhlas udah setahun mau nyoba ini deh. thanks for sharing :D

Reply
avatar
25 Oktober 2017 21.11 delete

Waa.. Lucu2! Terimakasih idenya :)

Reply
avatar
26 Oktober 2017 08.08 delete

kalo caranya seperti ini anak-anak gak terasa telah belajar banyak, Menyenangkan sih...

Reply
avatar
26 Oktober 2017 08.17 delete

Sama2 bunda. Kegiatan ini kayaknya lebih cocok untuk anak hampir 2 tahun ke atas bun 😃

Reply
avatar
26 Oktober 2017 14.44 delete

Iya bun sambil bermain anak bisa belajar ya 😃

Reply
avatar
26 Oktober 2017 17.49 delete

Kreatif ini Bunda Erysha...Senengnya Erysha belajarnya :)
Thanks for sharing

Reply
avatar
27 Oktober 2017 08.50 delete

Lucuuu! Aku pernah buat prakarya daun bersama ponakan. Gambarnya ulat bulu trus dia tempel daunnya.

Reply
avatar
27 Oktober 2017 09.11 delete

Masih belajar saya bunda. Makasih ya 😘

Reply
avatar
27 Oktober 2017 09.12 delete

Wah aq jdi ngebayanginnya juga lucu ada ulet bulu di daun 😍

Reply
avatar
28 Oktober 2017 06.17 delete

Lucuuu ga usah Mahal ya until mendidik anak. Mau nyontoh ah pdhl anak yg terkecil udah 6 the sih

Reply
avatar
28 Oktober 2017 07.06 delete

Wow bagus hasilnya, kereeen.. tapi daunnya itu sengaja dipetik atau ngambil yang sudah jatuh mba? Hiks, sayang kalau dipetik..

Reply
avatar
28 Oktober 2017 13.44 delete

Iya bun lucu n murah meriah ya 😍

Reply
avatar
28 Oktober 2017 13.45 delete

Ada daun yang sudah jatuh ada yang dipetik bun. Tpi yang di petik sedikit 😃

Reply
avatar
28 Oktober 2017 20.34 delete

Dibalik anak yang cerdas, ada ibu yang kreatif. Untuk menstimulasi motorik anak, gak perlu bahan yang mahal dan sulit di dapat. Dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, anak pun bisa distimulasi ya.

Reply
avatar
29 Oktober 2017 00.44 delete

kreatif banget bun.... lucu ☺️

Reply
avatar
29 Oktober 2017 00.56 delete

kreatif banget bunda, terima kasih sharingnya ... pelajaran banget ini

Reply
avatar
1 November 2017 07.32 delete

thank bunda ersya sheringnya , mau eksekusi langsung

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃