Sudahkah Bunda Memiliki 3 Benda Penting Ini Untuk Menstimulus Tumbuh Kembang Anak Di Rumah? Yuk, Temukan Di Shopback Saat Harbolnas Nanti!

sudahkah bunda memiliki 3 benda penting ini untuk menstimulus tumbuh kembang anak di rumah? yuk, temukan di shopback saat harbolnas nanti!
www.pixabay.com

Tak terasa Erysha 3 bulan lagi berusia 2 tahun. Banyak sekali kejutan yang Erysha berikan pada saya. Saya selalu takjub dengan setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Karena memang sebagai orangtua, saya selalu berusaha menstimulus tumbuh kembang Erysha di rumah agar potensi Erysha berkembang dengan optimal.

Aspek Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Distimulus

stimulus tumbuh kembang anak
www.pixabay.com

Ada beberapa aspek tumbuh kembang Erysha yang saya stimulus seperti:

Aspek Agama
Saya memang ingin mengenalkan Erysha pada Allah dari sejak dini. Karena bagi saya, mengenalkan Erysha pada penciptanya akan membuat Erysha mencintai Tuhannya selamanya.

Tanamkanlah pada anak bagaimana cara mencintai Tuhannya. Hingga kelak, ketika ia belajar beribadah. Bukan lagi karena dilandasi rasa takut padaNya tetapi, karena rasa cintaNya pada Tuhannya

Aspek Bahasa
Di usia Erysha saat ini, Erysha telah bisa berbicara bukan hanya sekedar kata tetapi, telah berupa kalimat seperti "Bunda tolong minum" atau "nggak mauh ah dede". Nah, kalau Erysha sudah berbicara "nggak mau ah" itu adalah salah satu momen yang bikin saya baper hihihi 😂. Efek dari perkembangan bahasa Erysha yang terstimulus dengan baik jadi, memberikan PR baru pula untuk saya 😂.

Aspek motorik
Motorik ini terbagi 2 yaitu motorik halus dan motorik kasar

👉 Motorik Halus
Motorik halus sangat penting sekali saya stimulus pada Erysha. Dimana, motorik halus ini akan mempermudah ketika Erysha belajar kemandirian nanti seperti belajar makan sendiri, berpakaian sendiri, memakai sepatu sendiri dll

👉 Motorik kasar
Erysha kurang menyukai kegiatan fisik seperti berlari, naik turun tangga, manjat-manjat dll. Padahal itu semua bisa membantunya dalam mentimulus motorik kasarnya. Karena, Erysha kurang menyukai aktivitas fisik. Sehingga, membuat saya sebagai orangtua sengaja membuat permainan di rumah untuk mengarahkan Erysha mau melakukan aktivitas fisik. Walau, motorik kasar Erysha belum bagus, tetapi paling tidak dengan dibantu stimulus di rumah. Bisa dikatakan sesuai dengan seusianya.

Aspek Emosi
Saya pun membantu erysha dalam menstimulus perkembangan emosinya di rumah seperti, mengajak Erysha untuk berkenalan dengan rasa sakit yang dirasakan orang lain atau hewan, membantu Erysha menamai atau melabeli perasaanya sendiri. Seperti, ketika Erysha marah saya langsung peluk Erysha sambil bilang "Erysha marah, ya" atau emosi yang lainnya. Sehingga ketika Erysha berbuat salah, ia sudah mau untuk meminta maaf dan bahkan terkadang memeluk saya. Diinget-inget lagi, Erysha so sweeeet sekali, ya 😍. Tak sia-sia Bundanya membantu perkembangan emosinya di rumah

Aspek Sensori



Banyak cara saya untuk menstimulus aspek sensori Erysha. Seperti, memberikannya kacang hijau untuk ia pegang dan pindahkan, membiarkan Erysha membantu saya mengupas telur rebus, walau sebenarnya malah pekerjaan saya yang menjadi bertambah karena harus membereskan sisa kulit telurnya atau harus ikhlas telurnya hancur karena diremas-remas oleh Erysha 😂😂😂.

Tidak apa-apa, yang terpenting Erysha bisa belajar dari sana. Saya pun suka mengajak Erysha berbelanja ke swalayan untuk menstimulus pendengarannya dengan suara keramaian, menstimulus penglihatannya dll. Lebih bagusnya sih membawa Erysha ke pasar. Cuma sayanya belum sanggup wkwkw 😂. Tau sendiri kan ribetnya gimana. Pokoknya banyak cara yang saya lakukan untuk menstimulus aspek sensori ini

Aspek Kemandirian
Dari usia Erysha 1 tahun. Saya telah mengarahkan Erysha untuk makan sendiri. Walau belum konsiten untuk makan sendiri. Tetapi paling tidak Erysha sudah mau dan masih banyak kemandiriannya yang lain, yang saya biasakan sejak dini. Terima kasih, Nak 😘.

Aspek Kognisi
Erysha sekarang sudah tau dan bisa menyebutkan atau menunjukkan nama anggota tubuhnya maupun orang lain. Bahkan nama ketiak atau pusar aja Erysha, tau 😂. Erysha pun sudah mengenal warna, walaupun semua warna benda di mata Erysha jadinya warna biru atau pink 😂. Dan masih banyak perkembangan kognisinya yang lain

Aspek Sosial
Erysha itu dominannya berkarakter pendiam, tenang, dan kalem jika di luar rumah. Akhirnya saya sengaja menstimulus Erysha dengan sering mengajak Erysha bermain keluar rumah. Seperti jalan-jalan keliling komplek, mengajak Erysha menyapa setiap orang yang kita temui di jalan, atau mengajak Erysha bersalaman dengan orang lain. Karena sering di bawa keluar, Erysha sekarang mulai berani sedikit mengeluarkan suaranya di depan orang luar dan nggak langsung menangis lagi jika bertemu orang baru

Baca juga: Konsep Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Itu semua hanya sebagian kecil saja dari perkembangan Erysha dan saya hanya menuliskan sedikit cara menstimulus anak di rumah.

Saya tahu, setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Tetapi, paling tidak anak yang terstimulus dengan baik tentu berbeda hasilnya dengan anak yang tidak terstimulus. Dan sebagai orangtua, saya hanya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, Erysha.

Baca juga: Termasuk Tipe Orang Tua yang Manakah Kita?

Saya berusaha menstimulus Erysha tanpa paksaan tetapi dengan cara menyenangkan. Karena saya tidak mau Erysha tidak menyukai proses belajarnya. Karena saya tahu ....

Ada yang lebih penting dari sebuah hasil. Yaitu, bagaimana cara kita membersamai anak dalam proses belajarnya

Dalam menstimulus tumbuh kembang Erysha. Pastinya saya memerlukan beberapa media penting untuk membantu saya di rumah. Nah, benda apa saja yang bisa kita jadikan media belajar?

Benda Penting yang Perlu Dimiliki Orangtua dalam Menstimulus Tumbuh Kembang Anak


buku erysha dan buku cerita
Buku Erysha

1. Buku
Buku adalah salah satu cara saya menstimulus Erysha di rumah. Kenapa? Karena buku memiliki banyak sekali manfaat seperti

a. Membangun bonding orang tua dan anak
b. Mengenalkan dan menambah kosakata baru pada anak
c. Mengembangkan daya imajinasi anak
d. Menambah pengetahuan anak
e. Merangsang rasa ingin tahu anak
f. Mengenalkan warna
g. Membentuk kebiasaan baik pada anak
h. Membuat anak menyukai buku dan menumbuhkan minat baca anak
i. Melatih komunikasi dan perkembangan bahasa anak
j. Menstimulus artikulasi ucapan anak
k. Menstimulus kemampuan anak  berbicara
l. Melatih motorik halus anak ketika membuka setiap lembaran kertas buku
m. Membuat anak semakin pintar
n. Mengenalkan anak dengan ritme dan melodi bahasa kepada anak seperti mengenal intonasi, artikulasi pengucapan  dll
o. Merangsang kreativitas anak
p. Mempersiapkan anak untuk belajar membaca kelak, ketika usianya sudah matang untuk belajar membaca
q. Menambah kecerian orang tua dan anak saat berkegiatan
r. Bisa menyanpaikan kebaikan atau karakter yang baik lewat cerita
s. Sebagai sarana untuk memotivasi anak
t. Membentuk karakter anak dari dini
u. dll.

2. Mainan edukasi
Belajar dengan mainan edukasi dapat membuat anak belajar dengan cara menyenangkan. Banyak sekali aspek yang bisa terstimulus dengan mainan edukasi ini, tanpa membuat anak merasa belajar

3. Peralatan edukasi anak
Banyak sekali macam-macam peralatan edukasi seperti buku gambar, alat mewarnai, cat, pernak pernik untuk menghias hasil karya anak, dll. Dimana peralatan edukasi ini pun mampu menstimulus aspek tumbuh kembang anak

Karena sebentar lagi juga Erysha akan memasuki fase penyapihan dari menyusunya. Sehingga, saya ingin menambah koleksi dari 3 benda penting di atas sebagai salah satu media pengalihan Erysha dari kegiatan menyusunya dan karena Erysha juga semakin besar. Jadi, akan semakin luas Erysha dikenalkan dengan banyak hal dan bereksplore ini itu

Mengapa Memilih Belanja Online?

alasan memilih belanja online
www.pixabay.com

Sayangnya sebagai ibu rumah tangga. Membuat ruang gerak saya keluar terbatas. Apalagi Erysha dititipkan ke siapa, karena Ayahnya bekerja. Terus kalau hari libur rasanya lelah, ya kalau nyari barang segitu banyaknya. Belum lagi menguras tenaga, waktu dan biaya. Ya sudah saya putuskan untuk belanja online saja. Kalau ada yang mudah dan praktis, kenapa harus mencari yang sulit

Apalagi saya baru tahu nih dari tetangga tentang Harbolnas. Langsung, deh saya menabung dulu biar bisa belanja pas HARBOLNAS nanti hehehe

Apa Itu Harbolnas?

harbolnas (hari belanja online nasional)
www.pixabay.com

Apa sih itu Harbolnas? Harbolnas merupakan kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional. Dimana, akan ada acara promo dan diskon tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Harbolnas ini akan akan jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Wah, tanggal cantik, ya. Yuk, kita catat tanggalnya, Bunda!

Karena promo dan diskon yang ditawarkannya nggak tanggung-tanggung, lho. Besarrrrrr 😱

Wish List Barang Impian Di Shopback


Langsung deh saya siapkan  Wish List barang yang ingin saya beli. Niatnya sih cuma ingin beli 3 barang aja. Tapi, karena harbolnas. Jadinya saya menyiapkan semua barang yang saya inginkan. Seperti:

1. Mainan Edukasi Hafiz Talking Doll di Elevania 

hafiz talking doll
Elevania

Saya ingin Erysha suatu hari nanti, bisa juga jadi penghapal Quran dan ini salah satu media untuk membuat Erysha mencintai Allah dan agamanya dengan cara menyenangkan sejak dini. Karena Ia harus tahu betapa Tuhannya mencintainya

2. Sepeda United Sepeda Anak 12" Pom Pom" di Lazada

sepeda anak perempuan

Saya menginginkan sepeda ini untuk Erysha. Untuk mengurangi kesulitan saya dalam menstimulus motorik kasar dan keseimbangan Erysha. Selain itu juga bisa mengajak Erysha berkenalan dengan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sepeda

3. Paket Buku Edukasi "Buku Bayi-Paket Buku Rabbit Hole Lengkap" di Lazada 

paket buku lengkap rabbit hole
Lazada

Paket buku ini komplit, deh. Termasuk bisa mengajarkan Erysha tentang emosi melalui buku. Karena emosi itu abstrak, ya dan anak usia dini itu sulit untuk mempelajari secara abstrak. Jadi, agak sulit mengenalkan emosi jika tidak dibantu lewat media juga. Bagi saya, mengenalkan emosi pada anak itu perlu dimulai sejak dini. Agar kelak anak menjadi pribadi yang mampu mengendalikan emosinya dan tahu cara menyalurkan emosinya dengan cara yang tepat.  Saya inginnya paket buku rabbit hole ini yang khusus perempuan dan berbahasa Indonesia soalnya ada yang buat anak laki-laki dan berbahasa Inggrisnya

4. Rak Buku Uni Home di Lazada

rak buku

Saya membutuhkan sebuah rak buku untuk Erysha. Karena Erysha mempunyai banyak buku dan ingin menambah koleksi bukunya. Tetapi, belum punya rak buku T_T. Jadi bingung deh nyimpennya dimana. Selain itu membuat saya agak kesulitan pula untuk mengajarkan Erysha kemandirian dalam merapihkan bukunya kembali. Jika, rak bukunya belum ada

Semoga semua barang impian saya ini, bisa segera saya dapatkan untuk Erysha 🙏


Tips Cermat dan Hemat Berbelanja Barang Impian Lewat Shopback saat Harbolnas Nanti

tips belanja hemat dan cermat
www.pixabay.com

Agar kita bisa belanja dengan hemat dan juga cermat saat harbolnas nanti. Ini dia tipsnya dari saya

1. Siapkan barang impian kita, lalu beli di saat harbolnas. Agar tidak ada yang terlewati enaknya di list dulu untuk menghindari pemborosan juga dan kita tetap bisa hemat
2.Cari harga yang sesuai dengan dana kita tetapi, barang tetap berkualitas dari beberapa e-commerce yang berafiliate dengan ShopBack
3. Ikuti semua media sosial ShopBack agar mempermudah kita untuk mendapatkan info promo atau pun diskon
4. Manfaatkan harbolnas untuk belanja sepuasnya agar mendapatkan banyak diskon dan promonya
5. Bagi yang mempunyai kartu kreditnya pun, bisa dimanfaatkan untuk mencari promo atau diskon khusus bagi penggunanya, lho.

Nah, itu wist list saya untuk belanja di harbolnas nanti, semuanya untuk menstimulus tumbuh kembang Erysha di rumah. Kalau Bunda, apa saja barang impiannya? Yuk, kita siapkan wist listnya dari sekarang, ya!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
22 November 2017 19.36 delete

Pas harbolnasnanti sy pengen beliin anak sepeda juga. Jadi ingat anakku minta sepeda.haha

Reply
avatar
22 November 2017 20.08 delete

Harbolnas tahun ini aku juga mau beli barang untuk anakku mba.

Reply
avatar
22 November 2017 22.32 delete

aku juga ngiler hafiz doll sama buku rabbit hole mba :) semoga bisa kesampean ya aamiin

Reply
avatar
22 November 2017 22.35 delete

Hahaha hayu ngeborong bun 😂

Reply
avatar
22 November 2017 22.36 delete

Wah kita sama. Tos bunnn 🙌🙌

Reply
avatar
23 November 2017 00.04 delete

Wah samaaa ya bunnn. Aaaminnn bun 🙏

Reply
avatar
23 November 2017 00.12 delete

paket buku sama hafiz doll itu aku juga pengen mbak beliin buat anakku. kalau kata teman-teman hafiz doll itu bagus banget buat anak-anak

Reply
avatar
23 November 2017 06.22 delete

Sama ya kita. Smga kita bisa ngedapetin apa yg kita butuhkan ya buat anak

Reply
avatar
23 November 2017 06.22 delete

Sama ya kita. Smga kita bisa ngedapetin apa yg kita butuhkan ya buat anak

Reply
avatar
23 November 2017 19.52 delete

wah saya baru tau ternyata banyak ya bun aspek yang perlu diperhatikan untuk menstimulasi perkembangan anak. BTW ngiler ya sepaket buku rabbbit hole :D

Reply
avatar
24 November 2017 00.10 delete

Iya bun ngiler banget saya juga. Smga kita sgera punya bukunya ya buat buah hati kita 😍

Reply
avatar
6 Desember 2017 16.54 delete

Rak bukunya keren, tapi cara kirimnya bagaimana ? kan gede banget gitu

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃