Bunda Bingung Bagaimana Cara Membersihkan Mulut Bayi? Begini Caranya!

bunda bingung bagaimana cara membersihkan mulut bayi? begini caranya!

Hai-hai Bunda. Sudah tahukah Bunda kalau ternyata mulut bayi itu, perlu dibersihkan lho. Pernah nggak Bun, melihat mulut bayi kok, ada bercak-bercak putihnya? Kalau masih ASI dan belum menggunakan susu formula, itu aman Bunda. Tetapi, jika bercak-bercak itu muncul setelah bayi mengkomsumsi susu formula. Itu baru bisa kita bisa bertanya-tanya. Itu karena kotoran atau karena telah muncul jamur yang diakibatkan dari mulut bayi yang tidak suka dibersihkan?

Nah, jika ternyata itu jamur atau Bunda ragu. Bunda bisa berkonsultasi langsung pada tenaga kesehatan terdekat, ya. Terus kalau ada yang bilang, penyebab lidah bayi bercak putih itu, gara-gara Bundanya yang suka minum air panas. Saya bilang itu Mitosssssss, ya Bun. Jangan dipercaya 😃.

Hari ini saya berbagi ilmu dan juga pengalaman saya dalam membersihkan mulut Erysha, dari sejak bayinya. Ada 2 alat dalam membersihkan mulut bayi, yaitu:

Alat Untuk Membersihkan Mulut Bayi 


1.

kain kassa untuk membersihkan mulut bayi

Kain kassa atau bisa
2.

sikat gigi khusus untuk membersihkan mulut bayi

 Sikat gigi khusus

Dulu, ketika Erysha masih bayi banget. Saya menggunakan kain kassa untuk membersihkan mulutnya. Tetapi, ketika gigi Erysha sudah tumbuh beberapa buah. Saya beralih menggunakan sikat gigi khusus. Namun, jika Bunda masih ingin menggunakan kain kassa juga, tidak apa-apa.

Cara Membersihkan Mulut Bayi


Jika menggunakan kain kassa

1 Sediakan kain kassa dan air hangat terlebih dahulu
2. Cuci tangan Bunda sampai bersih, untuk menghindari bayi terkana bakteri
3. Letakkan bayi di pangkuan atau di posisi yang nyaman untuk Bunda dan bayi
4. Lilitkan kain kassa pada telunjuk tangan Bunda.
5. Bersihkan lidah bayi dengan cara mengusap kain kassa dari arah dalam lidah ke arah luar. Jangan terlalu dalam juga, ya Bun. Khawatirnya bisa menyebabkan bayi muntah nantinya
6. Bersihkan pula langit-langit mulut bayi, gigi dan gusinya dengan pelan.
7. Sambil berkali-kali dicelupkan pada air hangat

Jika menggunakan sikat gigi khusus.

Bunda cukup masukkan telunjuk tangan Bunda ke dalam. Seperti ini.

cara menggunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan lidah, gusi dan gigi bayi

Sikat gigi khusus ini berbahan dasar silikon. Jadi aman untuk bayi. Cara membersihkannya sama dengan membersihkan dengan menggunakan kain kassa. Tetapi, sikat gigi khusus itu selalu dicuci, ya Bun sebelum dan setelah menggunakannya. Untuk menghindari bakteri menempel pada sikat giginya.

Baca Juga: 40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 1

Lakukan ini setiap hari. Minimal 2 x sehari. Memang awal-awalnya, mulut bayi nggak akan langsung bersih, ya Bun . Karena ini butuh perawatan yang rutin. Dan hindari membersihkan mulut bayi langsung setelah bayi makan atau minum, karena bisa menyebabkan bayi langsung muntah. Sebaiknya tunggu setengah jam setelah bayi makan atau minum susu

cara membersihkan mulut bayi

Bunda, pun bisa membersihkan mulut bayi sambil mengajak bayi bermain, bercanda dan dengan cara menyenangkan. Untuk menghindari bayi trauma dengan kegiatan ini.

Baca Juga: 40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 2

Lalu usia berapa bayi boleh menggunakan pasta? Anak boleh menggunakan pasta ketika telah berusia di atas 2 tahun. Pastanya yang tidak mengandung flouride ya, Bun. Karena usia 2 tahun, pada umumnya anak sudah bisa diajarkan untuk berkumur-kumur.

Dalam proses belajarnya menggunakan air matang dan tidak mengandung flouride untuk menghindari tertelan oleh anak. Memang, sih sekarang banyak ya, Bun pasta yang flouridenya aman jika tertelan oleh anak. Tetapi, tetep aja serem, ya Bun kalau tertelannya sering. Soalnya bagaimana pun juga, flouride berbahan dasar dari zat kimia

Manfaat Membersihkan Mulut Bayi


1. Organ mulut bayi seperti lidah, gigi, langit-langitnya dan gusi menjadi bersih
2. Ketika kita menekan-nekan gusi bayi dengan pelan. Itu bisa menstimulus pertumbuhan gigi bayi
3. Menghindari anak terinfeksi bakteri atau jamur
4. Membersihkan mulut bayi dengan sikat gigi khusus pun, dapat merangsang kemampuan bicara anak. Oleh sebab itu, sikat gigi khusus ini bisa juga digunakan untuk menterapi anak terlambat bicara.
5. Membiasakan anak untuk menjaga kebersihannya sejak dini
6. Dll

Baca Juga: ASI Bunda Sedikit? Lakukan 7 Cara Ini Untuk Memperbanyak Produksi ASI

Bagaimana Bunda, sudahkah Bunda melakukan cara membersihkan mulut bayi ini di rumah? Kalau belum, yuk kita mulai dari sekarang. Selamat mencoba ya, Bunda 🙏

Sumber

drg. Nurul Pudjiastuti, SpKGA




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
12 November 2017 17.57 delete

Saya termasuk gagal utk rutin membersihkan mulut anak saya bun, karena trauma pernah digigitnya sampai berdarah. Huhuhu

Reply
avatar
12 November 2017 18.40 delete

Wahh kebetulan dah mulai MPASI nih jadi infonya sangat bermanfaat. Sebenernya suka pk kassa tp kadang2 sih soalnya males, karena sekarang mulai tumbuhbgigi jadi beli sikat gigi silikon yg kayak gitu kemarin ;)

Reply
avatar
12 November 2017 20.20 delete

Iya bun. Sama Erysha juga suka ngegigit. Tetapi klo pke sikat gigi khusus lebih aman buat kita membersihkannya. Soalnya klo d gigit, ga terlalu sakit jadinya

Reply
avatar
12 November 2017 20.22 delete

Wah semangat MPASI nya ya bun 😃

Reply
avatar
12 November 2017 23.12 delete

Iya nih sy jg termasuk yg gagal. Suka lupa haha...apalagi kl si adek gigit atau menutup mulutnya rapetttt :(

Reply
avatar
13 November 2017 00.42 delete

Buat pelajaran kalo status jomblo saya nanti lepas

Reply
avatar
13 November 2017 02.29 delete

Udah coba bersihinnya pake sikat gigi khusus bun? Klo pake sikat gigi itu, ga akan terlalu sakit klo digigit ama anak. Trus klo anaknya ngegigit, digelitikin aja. Suka dilepas lagi 😃. Erysha juga suka gigitin soalnya hihihi

Reply
avatar
14 November 2017 09.29 delete

bagi ibu muda atau lebih dikenal dengan Mahmud, tentu membersihkan mulut bayi bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalikkan tangan, keraguan ketika membersihkan bisa jadi berimbas negatif pada sang bayi, untungnya ada cara lengkap dan detail disini

Reply
avatar
16 November 2017 02.24 delete

Iya bener pak. Mahmud suka ragu-ragu karena baru pengalaman pertama

Reply
avatar
17 November 2017 16.32 delete

ooh gitu, bagus itu, soalnya saya akan jadi calon bpk hehe bisa untuk ngajarin istri....

Reply
avatar
18 November 2017 00.17 delete

Wah selamat ya pak. Semoga istri dan anaknya sehat selalu

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃