• Sunday, April 23, 2017

    Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

       

    Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 

            Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.

            Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?

    Cara Bermain

            Permainan ini mudah sekali lho bun dimainkannya dan membuat semua badan kita bergerak. Berikut cara bermainnya:

    1. Buatlah lingkaran besar dengan saling berpegangan tangan dan jangan putus.


    2. Tanyakan pada anak siapa yang mau menjadi kucing dan siapa yang mau menjadi tikus

    3. Lalu tunjuk 2 orang yang satu jadi kucing dan satu jadi tikus.

    4 Yang jadi kucing berdiri di luar lingkaran dan yang jadi tikus berdiri di dalam lingkaran

    5. Jelaskan pada anak aturan mainnya

    6. Tugas kucing adalah mengejar dan menangkap tikus dan tugas tikus jangan sampai tertangkap oleh kucing. 

    7.  Anak-anak yang lain bertugas tetap 
    berdiri menjadi sebuah lingkaran besar dan saling berpegangan tangan. Tugas mereka adalah melindungi tikus agar tidak mudah tertangkap oleh kucing. 

    Jadi ketika tikus berlari ke dalam lingkaran dan kucing mengejar sampai ke dalam lingkaran. Anak-anak berusaha menahan lingkaran mereka dan berusaha membuat kucing tidak mudah masuk lingkaran.

    8. Jika tikus tertangkap oleh kucing maka ganti pemain selanjutnya untuk menjadi kucing dan tikus.

            Biasanya anak-anak yang lain ikut senang dan ikut menjerit ketika melihat adegan tikus hampir tertangkap oleh kucing. 

    Manfaat Dari Permainan Ini

            Banyak sekali bunda manfaat yang bisa kita ambil dari permainan sederhana ini. Apa aja yah itu ?
    1. Membangun bonding bersama
    2. Melatih motorik kasar anak-anak
    3. Melatih keseimbangan anak-anak ketika berlari
    4. Secara tidak langsung membuat anak- berolah raga
    5. Menyehatkan badan dan membuat semua badan kita menjadi bergerak
    6. Menambah kecerian anak-anak dari keseruan permainan ini
    7. Dll

            Wah banyak sekali yan bun manfaatnya. Nah ayah bunda pun bisa mengadakan permainan ini antar keluarga atau keluarga besar ketika sedang berkumpul bersama. Semoga bermanfaat

    10 comments:

    1. bermain dengan anak2 selalu seru ya mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bunda bikin kita muter otak juga ya bikin permaianan yg menarik buat anak2 hihiji. Terima kasih sudah berkunjung 😃

        Delete
    2. Namanya anak anak ya mbak..pasti sukaaa sekali bermain..emang itu dunianyaa..ya gak..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bunda. Kita aja masih seneng main ya klo ada kesempatan, apalgi anak2. Terima kasih bunda sudah berkunjung 😃

        Delete
    3. permainan ini seru banget bunda
      dulu sering memainkannya bareng teman-teman sd
      hihii, heboh banget jadinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bun, ini salah satu permainan yang tak lekang oleh waktu. Tetep seruuuu hihihi 😂

        Delete
    4. Mainan seperti ini banyak banget manfaatnya buat anak. Bisa melatih motorik mereka dan bagus karna anak bisa berinteraksi langsung satu sama lain. Alhamdulillah di daerah saya anak-anaknya masih banyak yang suka main permainan tradisional. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah klo gitu yah bun. Soalnya anak-anak jaman sekarang kebanyakan main di tablet daripada bergerak dan bersosialisasi dengan yang lainnya

        Delete
    5. Ini kalo di lingkungan kerja namanya team building ya bu?? Bagaimana sebuah team saling bekerja sama untuk mencapai tujuan secara bersama juga. Dari kita, untuk kita dan oleh kita... Nice sharing

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES