• Sunday, February 25, 2018

    9 Tips Aman Bepergian Bersama Si Kecil dengan Kendaraan Umum

    9 tips aman bepergian bersama si kecil dengan kendaraan umum


    Hai Bunda!

    Sebagai seorang ibu yang adakalanya kita terpaksa ya harus bepergian hanya berdua dengan si kecil tanpa Ayahnya di samping kita, dan dengan menggunakan kendaraan umum pula. Seperti bepergian ke luar kota atau ke tempat yang jauh. Membuat kita cukup was-was juga ya, Bun. Apalagi, yang kita khawatirkan itu bukan hanya tentang kita. Tetapi, juga tentang si kecil yang sedang bersama kita.

    Kita memang tidak bisa memprediksi kejadian di perjalanan kita nanti. Tetapi, paling tidak kita bisa ya, Bun meminimalisir sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi. Nah, berikut tips yang aman untuk kita dan si kecil bepergian dengan menggunakan kendaraan umum

    9 Tips Aman Bepergian Bersama Si Kecil dengan Kendaraan Umum



    ibu  dan anak

    1. Pilihlah pakaian yang nyaman dan tidak berlebihan 

    Pilihlah pakaian yang nyaman untuk kita dan membuat kita mudah bergerak, tidak mencolok dan tidak berlebihan. Begitu juga, pakaikanlah pakaian yang tidak menarik perhatian orang lain untuk si kecil.

    Pakaian yang praktis akan membuat kita mudah bergerak jika sesuatu yang tidak diingankan terjadi pada kita. Jangan sampai ya, Bun

    2. Tidak memakai perhiasan berlebihan 

    Bunda, terkadang sebagai orangtua. Kita pengen ya memakaikan semua perhiasan emas untuk anak kita. Tetapi, sebenarnya itu bisa membahayakan si kecil, lho. Mengapa? Karena perhiasan emas akan membuat anak kita terlihat lebih menarik sehingga, menimbulkan keinginan yang tidak baik pada orang lain untuk merampas perhiasan anak kita.

    Karena kita juga tidak pernah tahu ya, Bun isi hati orang lain. Jadi, menjaga tetap terasa lebih baik. Kalau Bunda ingin memakaikan perhiasan emas pada anak, cukup anting saja yang anak gunakan. Tidak perlu memakaikan yang lainnya

    3. Pilihlah posisi duduk yang aman

    Pilihlah posisi duduk yang aman dan mudah dilihat orang lain seperti memilih duduk di belakang sopir, dan di depan. Jangan di paling belakang atau pojokan karena membuat kita dengan mudahnya menjadi sasaran orang yang berkeinginan jahat pada kita

    4. Tidak mudah percaya dengan orang lain

    Jangan mudah percaya dengan orang lain, seperti dengan orang yang mencoba sok akrab pada kita atau kepada orang yang pura-pura akan menolong membawakan barang kita. Bukannya kita berburuk sangka pada orang lain ya, Bun. Tetapi, ini hanya sekedar untuk kehati-hatian saja. Ingat ya, Bun buruk sangka dengan waspada itu berbeda.

    5. Tidak menerima makanan / minuman pemberian orang lain

    Sebaiknya kita jangan menerima makanan atau minuman dari orang lain ya, Bun. Karena saat ini banyak modus pencurian dengan memasukkan zat tertentu ke dalam makanan atau minuman yang dilakukan pencuri pada korbannya untuk mengambil barang berharga milik korban.

    Jika, ada yang menawarkan makanan atau minuman pada kita. Tolaklah dengan sopan. Karena siapa tahu orang yang menawarkan makanan atau minuman pada kita memang bermaksud baik

    6. Beristirahatlah di tempat yang ramai

    Jika, di perjalanan Bunda atau si Kecil merasa lelah. Carilah tempat istirahat yang memang ramai. Tempat yang ramai membuat orang yang bermaksud kurang baik pada kita, sulit melancarkan aksinya

    7. Jangan hilangkan pandangan kita dari si kecil

    Bunda, jangan pernah hilangkan pandangan kita sedikit pun dari si kecil. Jangan asyik bermain handphone, karena terkadang ketika kita asyik dengan handphone, membuat kita menjadi kurang fokus dengan keadaan di sekitar. Dan ini akan dijadikan kesempatan baik oleh penculik untuk menculik anak kita. Dekap dan pegang terus anak kita termasuk di kamar mandi.

    Baca juga: Ayah Bunda, Jauhkan Anak Dari 6 Jenis Bahaya Ini. Berikut Tips Cara Menjelaskannya Pada Anak dari Segi Parenting

    8. Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman.

    Jangan simpan barang berharga kita di tempat yang mudah dijangkau orang lain! Dan genggamlah barang kita dengan erat

    9. Doa

    Setelah kita berusaha, jangan lupa sertai doa di dalamnya. Karena

    "Doa tanpa usaha adalah mustahil dan usaha tanpa doa adalah kesombongan"
    Baca juga: Menumbuhkan Fitrah Iman Anak di Usia Keemasan


    Berikut 9 tips aman bepergian bersama si kecil dengan menggunakan kendaraan umum. Tips di atas bukan untuk membuat kita parnoan ya, Bun.  Tapi untuk membuat kita hati-hati saja dan tidak memberikan kesempatan pada orang lain memiliki celah untuk berniat buruk pada kita. Ingat kata Bang Napi bahwa kriminalitas itu datang bukan adanya niat buruk dari pelaku, tetapi karena adanya kesempatan dari kita. Untuk itu berhati-hati tetaplah lebih baik. Apa Bunda ingin menambahkan? 😉

    15 comments:

    1. Bener banget, untuk ukuran jaman sekarang memang kita harus selalu hati2, apalagi bawa si kecil...
      Tambahan satu bun, simpan nomor2 penting di hp dengan menggunakan quick call, jadi jika sesuatu terjadi kita bisa dengan cepat menghubungi suami, sanak sodara, atau bahkan polisi dan petugas kesehatan ...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh iya bener. Makasih ya tambahannya ☺️👍

        Delete
    2. Jadi keingat kasus modus penculikan di kereta yg kemaren heboh ya bun. Saya sampai sekarang belum berani berdua anak aja naik kendaraan umum jadi selalu tergantung pak su. Semoga tips ini membantu saat kepepet harus naik kendaraan umum berdua anak 😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun. Klo ga kepepet mah mendingan ada yang nemenin klo pergi jauh-jauh gitu

        Delete
    3. Tambahan info buat aku nih. Udah agak lama juga nggak ngajak anakku travelingan berdua.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ya ampunnn saya merasa terhormat dikunjungi oleh penulis profesional seperti bunda Nunik. Makasih ya kunjungannya 🙏

        Delete
    4. kalau aku pergi berduaan biasanya memilih naik travel mba karena kan orangnya dikit kalau naik bis yang banyakan ga berani hehehe..

      ReplyDelete
    5. Wah kebetulan sekali saya ketemu tulisan ini. Karena sekarang saya baru pindahan dan tidak punya ART, sehingga apabila harus pergi-pergi untuk keperluan jadi harus bawa anak. Semoga tipsnya bisa bermanfaat untuk ibu-ibu yang lain.

      ReplyDelete
    6. Gegara heboh model penculikan baru, jadi parno kalau mau bepergian bareng anak aja

      ReplyDelete
    7. Setuju banget Bunda..
      Apalagi yang pakai perhiasan. Sering lihat anak kecil sudah dipakein perhiasan lengkap. Kuatirnya gara-gara yang berkilauan itu ada yang tertarik dan nyakitin dia, dijambret..dll..Astaghfirullah..Jangan sampai ya. Mending cukup anting kecil saja sebagai penanda dia anak perempuan.

      ReplyDelete
    8. Menyiapkan makanan sepertinya penting juga...anak-anak biasanya rewel dikendaraan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya ya Bun. Tetapi, karena saya fokus kontennya ke keamanan saja. Jadi ga bhas ke kenyamanannya. Tpi sepertinya perlu juga ya nanti bahas ttb kenyamanan d konten selanjutnya 😉

        Delete
    9. kalau naik kendaran umum sama anak emang harus ekstra hati2 dan tetap fokus meskipun susah, soalnya apalagi anak kecil dikendaraan suka banyak gaya :D jadi kita harus sigap & emang hrs banyak2 doa biar terhindar dr hal2 aneh :)

      ReplyDelete
    10. Aku ajari anak2ku naik kendaraan umum sejak dini. Biar mereka bisa mandiri kelak ga bikin rempong orang lain. Belajar bertoleransi juga kan sama orang di sekitar. Pakaian berbahan adem itu penting banget biar ga kepanasan maupun kedinginan. Ga usah dipakein barang2 bling2, ntar ngundang penjahat ih amit2 ya bun hehehe :)

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES