• Sunday, February 4, 2018

    Satu Tahun Ngeblog. 8 Hal Ini yang Tidak Terduga Saya Capai

    Satu Tahun Ngeblog. 8 Hal Ini yang Tidak Terduga Saya Capai

    Hai saya adalah Yeni. Saya seorang Guru yang memutuskan berkarier menjadi seorang ibu rumah tangga. Dulu, dalam hidup saya. Saya tidak pernah terbesit sekali pun untuk memilih peran ini. Tetapi, kehidupan membawa saya ke pemberhentian sementara ini. Mengapa sementara? Karena kelak, ketika anak-anak saya sudah mulai besar. Saya ingin kembali merajut mimpi-mimpi besar saya yang tertinggal di luar sana.

    Sebagai seorang perempuan, saya termasuk perempuan yang memiliki banyak mimpi dalam hidup saya. Saya ingin kembali bersekolah lagi, menjadi seorang dosen, dan menjadi pembicara hebat suatu hari nanti. Itu cita-cita besar saya yang saya tancapkan di dalam hati

    Tetapi, demi agar bisa mendidik dan mengurus anak saya langsung oleh tangan saya sendiri. Saya putuskan untuk resign mengajar dari tempat saya mengajar dan menunda semua mimpi-mimpi besar saya. Untuk yang namanya sebuah TOTALITAS. Yah, saya selalu ingin menjalankan apa pun peran saya secara totalitas.

    Lalu apakah dimata saya seorang perempuan yang berkarier di luar sana tidak baik? Tentu baik dong. Karena di luar sana sampai kapan pun masih membutuhkan peran seorang perempuan untuk tampil di ranah publik. Seperti guru, dokter, dll yang memang posisinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

    Kalau semua perempuan memilih sibuk bekerja di luar. Siapa dong yang sibuk pula bekerja dari dalam? Begitu pun sebaliknya. Asal tetap prioritas utama kita adalah anak. Semangatttt kita, Bun 😘

    Lalu, apakah saya hanya menjadi ibu rumah tangga saja. Tidak, beberapa bulan yang lalu, saya masih menyempatkan diri untuk mengajar sebulan sekali yang sifatnya sosial dan tanpa dibayar. Itu hanya salah satu bentuk peran saya membantu di masyarakat.

    Hanya saja, saya merasa peran saya masih belum bisa membantu banyak orang. Terutama saya suka sedih dan miris membaca berita tentang rusaknya mental anak-anak kita zaman ini. Betapa banyaknya orangtua yang tidak teredukasi dengan baik. Lalu, bagaimana orangtua tersebut akan mengedukasi anaknya, jika mereka sendiri pun belum teredukasi.

    Masih banyak orangtua yang tidak peka betapa pentingnya membekali diri dengan banyak ilmu, terutama ilmu dalam mendidik anak-anak. Akhirnya, terpanggillah hati saya untuk belajar menulis, menyampaikan ilmu saya dan menyampaikan apa-apa yang seharusnya disampaikan.

    Saya pun merasa sayang dengan ilmu yang saya dapatkan. Kebetulan juga saya memamg kuliah di pendidikan, tepatnya Pendidikan Luar Biasa. Bertahun-tahun mengajar di dunia pendidikan dan suka mengikuti seminar atau pun pelatihan parenting dimana-mana. Sayang kan, kalau ilmunya tidak saya bagi.
    "Bukankah sebaik-baik manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk banyak orang?"

    Setiap orang memiliki jalan dakwahnya masing-masing dan saya memilih jalan menulis ini sebagai ladang dakwah saya untuk mengingatkan diri saya sendiri dan orang lain. Tetapi, tetap bisa mendidik anak dari rumah. Untuk itulah saya belajar menulis dan ngeblog. Dan jadilah saya seorang blogger pemula seperti saat ini.

    Yup, bulan ini tepat satu tahun saya belajar menulis dan ngeblog. Dan sungguh saya tidak pernah terbayangkan oleh saya, betapa ada banyak hal yang saya capai dari kegiatan nge-blog ini. Rasanya saya seperti sedang bermimpi

    Satu Tahun Ngeblog. 8 Hal Ini yang Tidak Terduga Saya Capai 

    Blog, Blogger

    1. Mendapatkan tawaran kerjasama

    Banyak tulisan dari blogger senior yang saya baca. Bahwa, perlu waktu bertahun-tahun untuk kita bisa menghasilkan uang dari yang namanya ngeblog. Tetapi, saya benar-benar tidak menduga. Baru saja kurang lebih 6 bulan saya belajar menulis dan ngeblog apalagi belum berdomain. Saya sudah mendapatkan tawaran kerjasama dari sebuah agensi.

    Tugas saya hanya datang sejam ke tempat pameran mereka. Saya tulis di blog tentang acaranya, share di blog dan di medsos. Tapi, sayangnya nggak saya ambil karena Erysha sedang sakit. Walau begitu, tetap saja berkesan. Karena itu tawaran kerjasama pertama saya

    2. Jebol media

    Viva

    Saya pun tidak pernah menyangka bahwa tulisan saya bisa jebol di media. "10 Cara Menstimulus Anak Terlambat Bicara" adalah tulisan pertama saya masuk Viva. Linknya ada di sini ya

    Selanjutnya tulisan saya sering dimuat di Rocking Mama. Sehingga nama saya pernah ditulis sebagai penulis di Rocking Mama. Rasanya itu senengggg banget.

    Dan terakhir tiba-tiba saya dikagetkan oleh adanya sebuah email dari pihak media Dream. Yang meminta ijin untuk mengambil salah satu konten dari blog saya untuk menjadi artikel di media mereka. Lagi-lagi saya rasanya senengggg banget. Rasanya seperti dilamar 😂, karena mereka yang meminta langsung tulisan saya. Allhamdulillah

    3. Menang lomba blog

    Lomba blog
    Kuis pertama yang diikuti dan diadakan oleh Warung Blogger

    Allhamdulillah juga, beberapa kali saya bisa menang lomba blog. Walau belum jadi pemenang utama. Tetapi, paling tidak. Sebagai seseorang yang baru belajar menulis dan ngeblog bisa menang aja. Udah syukur banget, ya

    4. Traffic pengunjung dan pageviews meningkat

    Traffic blog

    Dulu itu, waktu awal ngeblog. Ngeshare tulisan sendiri di medsos itu, rasanya itu nggak pede banget. Dan kalau ngeshare, yang baca cuma beberapa orang aja. Dan salah satu yang terpaksa diam-diam suka membaca tulisan saya adalah pak suami hihihi 😂. Karena dia khawatir istrinya sedih, tulisannya nggak ada yang baca 😂😂. (Makasih, Ayahhhhh 😘)

    Tetapi, sekarang allhamdulillah ya Allah yang baca tulisan saya bukan cuma beberapa orang lagi, tetapi udah ribuaan *Hasil stres belajar SEO 😂

    5. Diterima google adsense

    Diterima oleh google adsense

    Dulu, itu banyak tulisan yang bilang kalau daftar google adsense itu super susah, perlu berkali-kali ditolak dulu oleh pihak adsense. Tetapi, ya Allah allhamdulillah Allah memberikan kemudahan untuk saya. Hanya cukup sekali saya daftar, lalu menunggu hampir sebulan. Lalu, ternyata di ACC oleh pihak Google Adsensenya. Ya Allah lagi-lagi saya merasa beruntung.

    Jadi, sekarang saya seneng banget kalau buka blog, muncul deh iklannya. Jadi bisa dapet penghasilan dengan iklan. Kita cuma duduk manis saja dan menulis ❤️. Saking senengnya itu blog sampai berkali-kali saya buka cuma biar bisa lihat iklan apa ya yang ada di blog saya kini 😂

    6. Menjadi pembicara

    Seminar parenting
    Sehabis mengisi kajian parenting Tk Al-Izzah

    Menjadi pembicara itu adalah cita-cita besar saya dulu. Dan saya menyangka, untuk menjadi pembicara itu perlu sekolah tinggi, atau harus memiliki karya. Tetapi, ternyata dari ngeblog banyak orang yang meminta saya menjadi narasumber dan mengisi seminar parenting sesuai dengan niche blog saya juga yaitu, parenting. Lagi-lagi saya merasa seperti sedang bermimpi

    7. Menambah pertemanan

    Sejak jadi ibu rumah tangga yang dunianya banyak di rumah saja. Akhirnya, saya semakin banyak punya teman dari ngeblog ini. Terutama teman-teman dari para blogger senior yang lain. Terima kasih ya. Suka membantu saya dan mau berbagi ilmu tentang ngeblog pada saya. Semoga semua kebaikan kalian dibalas olehNya 🙏

    8. Didoakan

    Doa

    Dan ada satu lagi yang luar biasa. Yang tak pernah ada dalam pikiran saya karena ngeblog ini. Karena niat saya menulis menyampaikan ilmu dan cuma sekedar berbagi saja. Akhirnya, banyak orang yang tidak saya kenal. Tiba-tiba mengirim pesan pribady kepada saya dan mendoakan saya. Ya Allah saya, terharu sekali dengan doa-doa mereka untuk saya dan keluarga saya 😭😭😭. Semoga Allah membalas kebaikan kalian juga, ya 😘.

    Lalu, apakah dengan mudah saya mendapatkan itu semua? Tentu tidak. Setahun yang lalu, waktu awal ngeblog. Saya pikir ngeblog itu gampang. Tugas saya cuma cukup belajar menulis. Tetapi, ternyata saya salah. Banyak hal yang perlu saya pelajari tentang blog. Bukan hanya sekedar bagaimana cara menulis yang baik dan menarik bagi pembaca.

    Tapi, saya pun wajib belajar tentang kode pemograman dari HTML sampai SEO. Rasanya pengen nangis bombay aja 😭. Blog oh ngeblog. Tetapi memang benar bahwa

    "Usaha tidak akan pernah mengkhianati sebuah hasil"

    Allhamdulillah akhirnya saya bisa berjalan sejauh ini dalam membangun sebuah blog. Dan semoga bisa konsisten, ya.

    Kini, setelah tepat satu tahun saya belajar menulis dan ngeblog. Rasanya saya sudah yakin untuk me-monetize blog saya. Tetapi, tetap prioritas utama saya adalah berbagi. Bukan karena uang. Uang hanyalah bonus. Mohon doanya, ya dari para Ayah Bunda agar niat saya ini selalu lurus. Setelah semua pencapaian ini. Membuat saya perlu berkali-kali menengok niat saya. Apakah masih lurus ataukah sudah mulai melenceng. Tolong diingatkan, ya.

    Baca juga: PortFolio Saya 

    Dan saya ucapkan banyak terima kasih untuk para Ayah Bunda yang suka membaca tulisan saya. Saya juga teramat minta maaf jika tanpa disadari, tulisan saya menyinggung banyak hati. Mohon dimaafkan. Semoga apa yang saya tulis dan bagikan, selalu bermanfaat untuk Ayah dan Bunda. Aaaminnn

    Setelah satu tahun ngeblog dan ada banyak hal yang tidak terduga saya capai. Membuat saya bertanya-tanya pada diri saya sendiri "Jangan-jangan saya punya passion menulis lagi?" Wkwkwk 😂. Menurut Ayah Bunda, saya punya passion nulis nggak, sih?😂

    Terima Kasih 🙏🙏🙏

    65 comments:

    1. Ayuk Mbak tetep menulis dan berbagi. Saya juga sama kayak Mbak Yeni masih kudu banyak belajar. Bener kata banyak orang " Nikmati saja prosesnya ". In sya Allah sih nanti berjalan dengan sendirinya

      ReplyDelete
    2. Selamat ya bund. Atas pencapaiannya. Sy yakin semua berkat usaha yang tidak mudah dan terus belajar. Semoga terus memberikan ilmu-ilmu parenting dan hidupnya berkah karena berbagi ilmu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnn bun. Mksh banyak ya Bunda 😘

        Delete
    3. Wah... banyak juga pencapaian yang mbak dapatkan ya, aku juga baru nih ngeblog.. semoga bisa sukses juga seperti Mbak... amiin
      Pingin juga jebol ke media kayak Mbak, bagi2 dong tipsnya.. heheh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tenang aja, bunda bisa kok lebih dari saya 👍. Tips biar jebol ke media adalah dengan belajar membuat tulisan yang berkualitas lalu kirimin ke mereka Bun. Mau dimuat atau ga, yang penting kita berusaha dulu. Semamgatttt bun kita 💪

        Delete
    4. Kak Yeniiiiiii, terima kasih sudah menulis banyak hal tentang anak ABK dan parentingnya. Senang bisa kenal Kak Yeni yang murah hati, dan senang berbagi.

      Saya belajar banyak dari tulisan Kak Yeni, sangat membantu saya mengasuh putra saya yang luar biasa hebatnya. Keep writing and sharing the good vibes as always 😍 *peluuuuukk Kak Yeni*

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pelukkkkk Bunda Diraaa juga. Jazakillah untuk semuanya ya Bun 😘

        Delete
    5. Subhanallah mba saya seneng banget bacanya heheh btw sama saya juga Guru yang sekarang urus anak di rumah😂 semangat ✊

      ReplyDelete
    6. wahh luaarr biasa ya mbak, saya berani bilang ini termasuk awal yang cepat memperoleh hal ini semua hanya dalam 1 tahun, saya ga ragu kalau tulisan mbak yang lain pasti bagus2 dan sangat membantu bagi para orangtua dalam mengurus anak.

      semoga terus konsisten ya mbak, dan monitize nya berjalan sesuai harapan, paling ga bayar domainnya setiap tahun hehe, kalau bisa lebih malah,

      memang ada keouasan sendiri kala keberhasilan itu datang silih berganti karena kerja keras dan istiqamahnya kita,

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnn. Terima kasih ya sudah berkunjung 🙏

        Delete
    7. Selamat ya bun. Kereeennn...
      Saya sudah 5 tahunan masih gini2 ajah
      😂

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih ya. Nggak apa2, pak. Yang penting ttp semamgattt

        Delete
    8. Selamat Mbak atas semua capaiannya. Semoga semakin membuat Mbak semangat untuk terus berbagi ilmu parenting.

      Percayalah, orang tua zaman now masih sangat membutuhkan ilmu dari Mbak.

      Salam kenal dan sukses selalu!😊😊

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnnn makasih ya. Sukses juga untuk Mas Darul ya 🙏

        Delete
    9. Keren banget pengalamannya dalam 1 tahun. Jadi terinspirasi buat tulisan kaya gini juga.

      Happy 1 tahun Yen. Semoga makin sukses sebagai blogger.

      ReplyDelete
    10. Salam kenal mbak. Tulisannya inspiratif sekali, btw mau dong mbak belajar SEO sama mbak:)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah terima kasih Bun. Kalau saya SEO ga jago bun. Hanya tau yang dasar2nya aja karena bagi saya SEO itu rumit 😂

        Delete
    11. Alhamdulilah mba semoga berkah terus dan konsisten dalam menulis :) kece bener deh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Makasih banyaj ya bun. Suka baca tulisan saya 😘

        Delete
    12. wah diterima adsense, tulisannya mmg menarik2 sih.. selamat ya kaak..

      ReplyDelete
    13. Wah di nomor 3 namaku ada mbak.

      Mampir juga di blogku ya mbak https://thurprosmart.wordpress.com/2018/02/04/di-balik-kemajuan-bangsa-ada-edukasi-yang-berkualitas/

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah terima kasih jdi awal perjuanganku ngeblog dlu nih

        Delete
    14. Keren, mbak pencapaiannya. Semoga tulisannya selalu bermanfaat ya buat yang baca

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah terima kasih bunda. Suka berkunjung ke sini. 😘

        Delete
    15. Wahh pencapaian yang luar biasa! Tetap semangat menulis ya mbak 😊

      ReplyDelete
    16. Luar biasa tulisannya bunda erysha, memotivasi saya banget, sampe bikin nangis gara-gara saya juga pengen kayak bunda. Semoga bisa segera beli laptop dan fokus ngeblog. Saya pengen jadi orang yang bermanfaat untuk keluarga dan orang lain kayak bunda.
      Makasih motivasinya bun������

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semangatttt bunda. Saya juga ngeblog lewat hp kok. Soalnya lebih fleksibel karena saya punya anak kecil hihihi

        Delete
    17. Punya passion menulis, Bun, karena penyampaiannya lugas dan enak dibaca. Hanya yang perlu diperhatikan lagi, tanda bacanya. Bunda masih sering mrmenggal kalimat dengan tanda titik(.). Padahal pas dibaca menggantung...mohon maaf sebelumnya...
      Sukses ya Bun...
      Ikutan terinspirasi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah makasih banget masukannya bunda. Iya nih PR aq nih soal tanda baca. Harus banyak belajar lagi

        Delete
    18. Alhamdulillah, sebuah pencapaian yang sangat menginspirasi.
      Ilmu memang akan berbuah saat dibagikan kepada yang lain, tetap semangat dan konsisten bunda *jangan seperti sy yang bolak balik hiatus :) *

      ReplyDelete
    19. selamat ya bunda, saya ngrblognya masih bolong2x jadi semangat ngeblog lagi. 💪💪💪

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah semangat bunda kita 😃

        Delete
    20. Semoga cita-citanya dapat terwujud ya mbk. Amin. Semangat selalu. Jadi semangat ngeblog nih habis baca tulisan ini. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

      ReplyDelete
    21. Bunda...aku terharu bacanya. Tetep semangat nulis di blog ya bun. Bener banget bun...usaha tidak akan mengkhianati hasil.

      ReplyDelete
    22. Sudah banyak jug ay pencapainnya, semoga tetap memberikan inspirasi bunda. Di doakan banyak orang mah itu menurut saya penting bngt, apalgi doa nya baik semua

      ReplyDelete
    23. Keren Mbak blognya, terima kasih inspirasinya. Saya memutuskan untuk resign dari sebuah bank BUMN dengan alasan yang berbeda. Saya juga baru memulai belajar menulis akhir tahun lalu. Sambil belajar menulis sambil ngurusin ternak lovebird di rumah. Ternyata memang mendamaikan. Salam kenal ya Mbak, semoga kesuksesan Embak bisa menular ke saya. Amin.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal bunda. Semangatttt ngeblog ya 😉

        Delete
    24. sejak 2016 daftar adsense memang lebih gampang sich, gak kayak dulu2. tapiiiiii cpc-nya itu ancuur banget :P

      ReplyDelete
    25. Wahhhh.... keren mbakk...
      Semoga semakin sukses dari ngeBlog y mbak..

      pengen juga jadi sperti mbak nih,, harus semangat ngeblog

      ReplyDelete
    26. Keren pencapaiannya. Baarakallah, Mbak :) Saya resign sekitar tiga tahunan yang lalu tapi belum terpikir untuk serius ngeblog :( Saya baru mulai lagi Agustus kemarin, itu pun belum gaspol. Alhamdulillah, banyak manfaatnya memang. Dan blog mbak Yeni ini jadi salah satu inspirasi

      ReplyDelete
    27. Wah..... engga diduga ya mba, dengan ngeblog bisa jadi hebat seperti sekarang. Sebarin yuk mba untuk membudayakan membaca melalui dunia digital / internet yang positif dan bermanfaat.

      Mampir ke blog saya juga ya mba, www.geraldirizki.com

      ReplyDelete
    28. Alhamdulillaah... keep writing, keep sharing mbak. semangat selalu ya.. salam kenal ya bun, saya Dewi, Bunda Gio :)

      ReplyDelete
    29. wah hebat mbak, tetap semangat dan terus berbagi ya ^^

      ReplyDelete
    30. Subhanallah, menulis memang hal yang paling baik untuk mengajarkan kebaikan. banyak orang melupakan peran penulis. Padahal dengan menulis banyak hal yang bisa diberi manfaat.

      Semoga konsisten dan sukses selalu ya mbk menjadi ibu sekaligus penulis. hihi

      ReplyDelete
    31. Selamat ya bun, dan salam kenal
      Tulisannya panjang tapi enak di baca.
      Jadi pengen belajar membuat tulisan kayak gini

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun tulisan panjang salah satu cara agar tulisan kita terindeks oleh mesin google ☺️

        Delete
    32. Tembus media aku belum pernah karena belum pernah coba juga. Pasti rasanya berbunga-bunga ya mba

      ReplyDelete
    33. Karang profesi blogger di dominasi kaum emak emak ,sementara yang muda masih asik posting galau di berbagai macam sosmed ,
      Hehehe

      Tetep semangat y Bun bikin konten yang berkualitas 😁

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES