• Wednesday, April 25, 2018

    5 Kegiatan Sederhana untuk Stimulus Anak di Rumah

    5 kegiatan sederhana untuk stimulus anak di rumah

    Bunda sebagai ibu terkadang kita suka bingung ya "aduh ini anak diapain lagi, ya?",  "Gimana ya caranya biar anak betah di rumah, dan ga main mulu ke rumah temennya?" Atau "kegiatan apa ya yang bermanfaat buat stimulus anak di rumah?" Dan masih banyak kebingungan dan keinginan kita terhadap anak ya Bun. Nah, hari ini aku mau bagiin 5 kegiatan sederhana Erysha di rumah.

    Kalau bikin kegiatan stimulus anak, nggak harus selalu yang wah banget sih Bun, yang penting apa aja bisa kita manfaatkan buat stimulus anak di rumah. Bahkan dari hal sederhana sekalipun. Sebenernya aku suka nulis dan ngeshare kegiatan Erysha di facebookku. Cuma rasanya sayang ya, kalau tulisannya cuma bermanfaat hari itu aja. Jadi, aku pindahin juga ke sini. Biar siapa pun dapet manfaatnya. Oke langsung aja yuk Bun πŸ˜‰

    Kegiatan Sederhana untuk Stimulus Anak di Rumah


    Hari ke 1

    πŸ‘‰ Meronce Sedotan

    meronce

    Sebenernya aku tu bingung mau stimulus Erysha apa hari ini. Terus, tadi pagi itu nggak sengaja lihat sedotan bekas minum ayahnya Erysha tadi malam. Akhirnya, tercetuslah ide sederhana ini yaitu mengajak Erysha "Meronce dari sedotan dan menjadi sebuah gelang". Walau sederhana, tapi bermanfaat banget lho Bun buat stimulus anak kita.

    Nama Kegiatan: Meronce dari Sedotan
    Untuk usia: 2 - 5 tahun

    Alat 
    1. Tali yang agak keras atau benang wol (buat Bunda yang mau pakai benang wol, bisa ujung benangnya yang akan dimasukkan ke dalam sedotan itu dililitkan isolasi. Sedikit saja, untuk memudahkan anak untuk memasukkan benangnya nanti)
    2. Gunting
    3. Sedotan atau bisa juga manik-manik


    Kegiatan:
    1. Mengenalkan Erysha pada nama-nama dari alatnya. Hah kok penting sih mengenalkan anak pada alat/bahan yang digunakan? Untuk anak yang seusia Erysha, anak belum banyak tahu. Jadi, sebaiknya kitalah yang perlu banyak mengenalkan benda apapun pada anak

    2. Memberi contoh pada Erysha cara memasukkan talinya ke dalam lubang sedotan (cara memberitahukannya kayak ngobrol aja ya, Bun. Jangan serius amat πŸ˜ƒ)

    3. Mengajak Erysha untuk mencobanya sendiri. Dan Erysha bisa dengan dibantu. Erysha bisa memasukkan talinya ke dalam lubang, tetapi belum mau menarik talinya, ya udah nggak apa-apa, yang penting dia udah mau dan bisa memasukkannya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Karena Erysha masih 2 tahun 2 bulan ya, jadi kebetulan ukuran sedotannya besar. Jadi, pas banget buat seusia Erysha. Tetapi untuk anak yang usianya 4 tahun ke atas bisa kita kasih sedotan atau manik-manik yang lebih kecil ya Bun. Karena semakin kecil lubangnya tingkat kesulitannya pun akan semakin tinggi pula

    Bunda juga bisa pilih manik-manik yang lucu agar mudah menarik minat anak untuk mengerjakan kegiatan ini. Bisa dibuat kalung, gelang, dll. Biarkan anak berkreasi sepuasnya

    meronce sedotan

    Manfaat Kegiatan:

    1. Membangun bonding
    Setiap kegiatan yang berkualitas dan menyenangkan bersama anak, pasti itu akan menambah ikatan bonding kita bersama anak. Percaya deh

    2. Memberikan kegiatan yang positif pada anak
    Daripada anak kita bosen ya Bun dengan kegiatannya, dan nggak tau juga mau ngapain. Kenapa nggak kita kasih anak kegiatan yang positif untuk mengisi hari-harinya

    3. Melatih motorik halus
    Nah, Bun ketika anak akan berusaha memasukkan tali ke dalam sedotannya dan menarik talinya. Pada saat itulah motorik halus anak menjadi terlatih

    4. Melatih konsentrasi
    Kok kegiatan ini bisa melatih konsentrasi? Bisa bangettt Bun. Untuk anak-anak yang masih usia dini, memasukkan tali ke dalam sedotan itu perlu fokus lho, agar mereka berhasil memasukkan benangnya ke dalam lubang sedotannya

    5. Melatih kesabaran 
    Pastinya ini melatih kesabaran anak juga Bun ketika memasukkan benang ke dalam sedotannya. Apalagi kalau sedotannya banyak hahaha

    6. Melatih kreativitas anak
    Kegiatan ini pun dapat melatih kreativitas anak seperti membuat gelang, cincin, kalung, dll
    Baca juga: KEGIATAN STIMULUS ANAK USIA DINI DENGAN "MELUKIS TISU BASAH"

    πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž

    Hari ke 2

    πŸ‘‰ Bermain tebak-tebakkan

    bermain tebak-tebakan, stimulus

    Nama Kegiatan: Bermain Tebak-tebakkan
    Kegiatan untuk usia: 1 - 5 tahun

    Alat yang disediakan bisa apa saja. Kalau aku menyediakan

    Alat
    1. Kain panjang untuk penutup mata
    2. Garam
    3. Gula
    4. Boneka
    5. Boneka barbie
    6. Boneka gurita yang bisa bunyi
    7. Celengan yang di dalamnya sudah disediakan uang logam untuk dibunyikan nanti
    8. Garpu
    9. Pensil warna
    10. Bola
    11. Buku
    12. Kerudung

    Cara bermain:


    stimulus sensori

    - tutup mata anak dengan kain panjang
    - lalu berikanlah 1 benda ke tangan anak secara bergantian agar anak bisa meraba tekstur benda dan bentuk bendanya
    - mintalah anak menjawab benda apa yang ia pegang
    - untuk benda yang bisa berbunyi seperti boneka gurita, celengan uang logam, dengarkanlah bunyi tersebut pada anak agar anak bisa menebak bendanya dari bunyi yang ia dengar dan jika anak sulit menebaknya, biarkan anak merabanya
    - untuk benda seperti garam dan gula, biarkan anak merasakannya di lidahnya secara berganti dan tanyakan pada anak apa nama benda tersebut beserta rasanya
    - lakukanlah permainan ini dengan cara menyenangkan dan bergantian dengan kita

    Manfaat kegiatan: 
    - membangun bonding ibu dan anak
    - memberikan kegiatan yang menyenangkan sekaligus positif terhadap anak
    - menstimulus aspek kognitif anak
    - melatih daya ingat anak
    - menstimulus sensori anak (di sini indra peraba, perasa, dan pendengaran anak bisa terlatih)
    - dll

    Kalau buat gula dan garam Erysha masih kurang tepat. PR Bundanya nih buat lebih sering ngenalin soal rasa ke Erysha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Klo usia anaknya lebih besar bisa dikasih tantangan bendanya yang lebih sulit dan jarang digunakan ya bun
    Baca juga: KEGIATAN STIMULUS TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN MEMBUAT POHON BIBIR

    🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

    Hari ke 3

    πŸ‘‰ Bermain Balon Sabun

    membuat balon sabun

    Kegiatan Stimulus Erysha (2y1m) hari ini adalah membuat dan bermain balon sabun.

    Nama kegiatan: Bermain balon sabun
    Untuk usia: 2 - 6 tahun

    Alat dan Bahan:
    - sabun cuci piring
    - air
    - mangkok
    - sedotan
    - tutup botol yang sudah dipotong (utk membuat balon sabun yang besar)
    - sendok
    - gula pasir (agar gelembung balon sabunnya nggak gampang pecah)
    - gliserin (agar gelembung balon sabunnya nggak gampang pecah) tapi lagi ga ada

    Kegiatan:


    bermain balon sabun

    - Mengenalkan Erysha dengan alat dan bahan yang digunakan
    - mengajak Erysha dalam proses pembuatan balon sabun
    - menjelaskan pada Erysha bahwa untuk membuat balon berasal dari sabun dan mengapa bisa muncul gelembung balon
    - belajar meniupkan dan bermain balon sabun

    Manfaat Kegiatan:
    1. Membangun bonding
    2. Mengenalkan anak pada nama-nama alat dan bahan yang digunakan
    3. Merangsang rasa ingin tahu anak
    4. Melatih motorik mulut anak, dimana ini dapat menstimulus kemampuan bicara anak nantinya
    5. Memberikan kegiatan yang positif sekaligus menyenangkan pada anak
    6. Menstimulus aspek kognitif anak

    Nb: untuk anak di bawah 2 tahun, jangan biarkan meniup lewat sedotan karena bisa tertelan. Meniupnya lewat potongan botol atau buat alat tiup khusus yang tidak mengenai mulut langsung dan di bawah pengawasan orangtua

    Baca juga: CARA MEMBUAT DAN BERMAIN FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI

    🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾

    Hari ke 4

    πŸ‘‰ Bermain pasir dan daun


    bermain pasir

    Hai Bunda hari ini Erysha langsung ada dua kegiatan yaitu bermain pasir dan daun

    Nama kegiatan: Bermain pasir dan daun
    Untuk usia: 2 - 6 tahun

    Alat dan bahan
    1. Pasir
    2. Sendok
    3. Beberapa wadah
    5. Daun
    5. Air

    Bermain pasir 

    Kegiatan 1: Bermain pasir 

    Erysha bermain memasukkan pasir dengan menggunakan sendok kecil ke dalam botol dan terkadang Erysha langsung menggunakan tangannya untuk mengambil pasir. Bermain pasir ini untuk anak usia 1 - 3 tahun bermanfaat sekali untuk menstimulus sensorinya. Untuk anak usia 3 tahun ke atas biar akan anak mengembangkan imajinasinya dengan membuat berbagai bentuk dari pasir ini

    Kegiatan ke 2: Bermain daun

    bermain daun, stimulus

    Erysha bermain daun dengan cara merobek-robek daun dan meremas daun ke dalam air. Jangan salah ya Bun. Kegiatan ini sangat membantu  melatih motorik halus anak. Karena anak usia kurang lebih 2 tahun itu, belum bisa merobek sesuatu itu dengan benar. Pada umumnya mereka hanya bisa menarik bendanya saja

    Manfaat dari kedua kegiatan:
    1. Membangun bonding
    2. Anak dapat bereksplorasi dengan menyenangkan
    3. Menstimulus sensori Erysha
    4. Melatih motorik halusnya
    5. Mengenalkan warna dari hal-hal yang alami anak temui
    6. Melatih kreativitas dan imajinasi anak

    Nah, itu dia Bunda 5 kegiatan sederhana stimulus anak di rumah. Benar-benar sederhana dan mudah bukan? Buat Bunda yang ingin tau kegiatan anak yang lain boleh lihat di sini ya "Kegiatan Anak" Boleh di tiru di rumah ya. Tunggu kegiatan aku bersama Erysha selanjutnya ya. Semoga bermanfaat




    15 comments:

    1. Erysha anteng ya ditutup matanya begitu kalau mukhlas pasti udah ngamuk minta dilepas, pakai peci aja nggak betah wkwk. Makasih tipsnya mba, saya juga suka main stimulus begini di rumah biar nggak keranjingan tv atau hp.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun mungkin karena tipenya anteng kali ya Erysha hihihi

        Delete
    2. Wow...banyak cara utk menstimulus anak tanpa harus keluar banyak fulus..hihi. Keren bun, bisa jadi inspirasi utk dicoba di rmh. Tks

      ReplyDelete
    3. Kreatif ya mbk. Setuju banget nih kalau kedekatan itu bakal ngebangun bonding. Izin bookmark. Bisa dicoba kalau udah punya anak nanti. Hehe

      ReplyDelete
    4. Masya Allah, kreatif banget... Aku gak kepikiran meronce sedotan. Aaah terima kasih mba sharingnya. Bermanfaat bgt insya Allah.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bun. Itu sederhana sekali tanpa persiapan πŸ˜‚

        Delete
    5. kreatif banget mak...aku juga kdg bingung mau tak ajak main apa anakku kalau di rumah...hbs gadget terus

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah ini mah tanpa persiapan bunda. Jadi apa adanya hihihi

        Delete
    6. sederhana tapi banyak manfaatnya. Keren Bunda Yeni ini. Memang enggak harus keluar dana banyak untuk menstimulus anak yaaa, Bun. Pakai benda di sekitar kita juga bisa :)

      ReplyDelete
    7. Tebak-tebakan itu selalu menarik buat anak-anak, Bunda. Asyiiik banget

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener pak. Selalu ada sensasi tersendirinya ya kalau main tebak-tebakkan itu πŸ˜ƒ

        Delete
    8. Makasih untuk tipsnya, Bun. Bahan-bahannya mudah didapat dan kebayang pasti seruu banget kalo si kecil diajak meronce sedotan dan main gelembung sabun buatan sendiri.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES