• Thursday, May 23, 2019

    Prosedur Berobat dengan BPJS Anti Ribet

    begini cara mudah berobat dengan BPJS
    Dok Pri


          Hai-hai Ayah Bunda hari ini aku mu share untuk Ayah Bunda, bagaimana cara berobat dengan BPJS biar nggak ribet kayak aku alami belakangan ini.

          Soalnya aku ribet banget dan sampai bolak balik ke rumah sakit terus ninggalin anak dan kehujanan lagi. Eh pas sampai rumah sakit ternyata aku datang nggak sesuai sama jadwal dokternya, terus pas balik lagi dan sesuai sama jadwal dokternya, eh malah dokternya yang membatasi jumlah pasien karena dokternya tiba-tiba nggak enak badan padahal aku udah nungguin sampai hampir 2 jam, lho.

    Akhirnya aku pulang lagi huhuhu. Tapi aku nggak marah kok karena dokter juga manusiaaaaaaa (sambil nyanyi lagunya candil) karena dokter juga kan bisa sakit 😂. Baru deh datang ke 3 kalinya ke rumah sakit cocok semuanya

          Nah, aku nggak mau Ayah Bunda mengalami apa yang aku rasakan. Aku akan tulis detail di sini ya. Siapkan diri Ayah Bunda semua karena tulisan ini akan panjang dan informatif hahaha 😂.

    Jadi begini, belakangan ini aku baru sadar ada benjolan di pergelangan tangan aku. Akhirnya aku baliklah ke Bandung karena BPJS aku kan BPJS Bandung terus di Bandung juga banyak keluarga untuk diminta bantuan nantinya.


    Cara Mudah Mengurus BPJS dengan Online (Aplikasi Mobile JKN)


          Tapi kalau Ayah Bunda berada di luar kota dan ingin berobat dikota sekarang tapi BPJSnya nggak sesuai dengan tempat asal BPJSnya, nggak usah khawatir karena Ayah Bunda bisa melakukan pemindahan faskes 1 nya ke tempat yang sekarang melalui online saja. Cukup download aplikasi Mobile JKN saja di Play Store. Itu aplikasi resmi ya dari pemerintah. Ayah Bunda bisa mengurus apapun bahkan daftar BPJS dengan mudah melalui aplikasi tersebut.


    Apakah kita bisa langsung berobat ke rumah sakit dengan BPJS tanpa harus melalui faskes 1?


          Bisa asalkan rumah sakitnya memang rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Lalu, kondisi pasiennya memang benar-benar dalam keadaan darurat. Misalnya langsung menginap di rumah sakit atau dalam keadaan parah dan jangan lupa ketika sampai dan mengurus administrasinya kita yang serahkan terlebih dahulu BPJS kita agar kita tidak dianggap bayar pribadi oleh pihak rumah sakit


    Cara Berobat dengan BPJS Anti Ribet

    agar tidak repot berobat dengan BPJS
    Dok Pribadi

          Nah, ketika sampai di Bandung aku memeriksakan diri aku ke puskesmas sebagai faskes 1. Persyaratannya gampang kok, cukup bawa kartu BPJS milik kita saja dan tak perlu juga mengeluarkan uang untuk pembayarannya. Semua gratis.

          Ternyata aku didiagnosa nama penyakitnya ganglion dan harus di rujuk ke rumah sakit untuk melakukan operasi. Nah, Ayah Bunda nanti oleh dokter faskes 1 itu kita akan ditanya ingin dirujuk ke rumah sakit mana? Biasanya pilihan rumah sakitnya sesuai dengan zona lokasi rumah kita atau rumah sakit yang berhubungan dengan BPJS kita. Terus aku pilih rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung. Itu kan rumah sakit swasta ya.

          Aku mu cerita berdasarkan pengalaman aku berobat di rumah sakit swasta dan milik pemerintah. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan Ayah Bunda dalam memilih rumah sakit. Soalnya semuanya ada plus minusnya

    Rumah Sakit Pemerintah


    Kekurangannya

    - pasien BPJSnya lebih banyak
    - kita harus antri dari shubuh (karena antriannya banyak)
    - pelayanannya kurang dan kurang ramah
    Tapi nggak bisa disalahkan juga karena pasiennya banyak jadi membuat pegawai dan susternya kelelahan, apalagi banyaknya pasien BPJS ini dari kalangan kurang mampu jadi *maaf kurang tahu ilmu dan prosedurnya sekalipun sudah dijelaskan berkali-kali
    - karena terlalu banyak orang ini membuat kita kurang nyaman menunggu di sana
    - ribet karena kita harus mengurus administrasi dan ambil obat sendiri ketika kita rawat inap. Tapi itu dulu kalau sekarang aku kurang tahu

    Kelebihannya

    - dokter dari semua poli biasanya selalu ada dari pagi tapi memang dibatasi misalnya sampai sore prakteknya.
    Jadi nggak akan banyak drama kita bolak balik pulang seperti yang aku alami
    - biasanya obat-obatan yang ditanggung BPJS lebih banyak dan lebih sering ada.
    Soalnya kalau obat-obatan yang ditanggung BPJS habis biasanya kita harus bayar atau beli sendiri


    Rumah sakit swasta


    bagaimana cara berobat dengan BPJS agar tidak repot
    Pelayanan Rumah Sakit Hermina Arcamanik Bandung


    Kekurangannya

    - dokter semua poli itu pada umumnya nggak selalu ada dari pagi karena mereka datang sesuai jadwal praktek mereka. Jadi dokternya 1 poli itu ada banyak. Setiap prakteknya jamnya sebentar dan beda-beda. Jadi sebaiknya kalau mau datang harus tahu dulu jadwal dokternya. Caranya bagaimana? Nanti aku ceritakan di bawah ya.

    - menunggu lama.
    Mau di rumah sakit pemerintah atau swasta pasti kalau pakai BPJS menunggunya pasti lama.

    - Suka ada obat atau pemeriksaan yang nggak ditanggung pemerintah. Tapi ini nggak selalu ya. Tergantung sikonnya berbeda-beda.

    Kelebihan rumah sakit swasta

    - pasien bpjsnya tidak sebanyak di rumah sakit pemerintah
    - nyaman menunggu antriannya
    - pelayanannya bagus
    - pegawai / susternya lebih ramah
    Karena mereka punya nama yang harus mereka jaga dan pasiennya nggak sebanyak di rumah sakit pemerintah. Jadi, mereka masih adalah ya sedikit stok sabar dan tenaga menghadapi kita para pasien 😂
    - administrasinya nggak ribet.
    Ngurus administrasinya nggak seribet ngurus administrasi di rumah sakit pemerintah

    Jadi ya Ayah Bunda aku bisa ribet begitu dan bolak-balik dari rumah sakit tanpa hasil kemarin, karena kesalahan aku. Jadi aku share di sini ya


    Begini Cara Berobat dengan BPJS agar Tidak Repot


    cara berobat ke rumah sakit agar tidak repot menggunakan BPJS
    Rumah Sakit Hermina Arcamanik Bandung

    1. Jika kita memilih rumah sakit swasta sebagai pilihan kita berobat. Sebaiknya telepon pihak rumah sakit untuk menanyakan jadwal dokternya sesuai dokter poli apa kita berobat. Jangan lihat jadwalnya di website rumah sakitnya ya. Soalnya yang namanya website itu informasinya kurang update. Ini kesalahan aku ini lihatnya malah di websitenya 🙈. Akhirnya membuatku bolak balik pulang karena salah jadwal dokter

    2. Kalau rumah sakit pemerintah sebaiknya datangnya shubuh atau pagi-pagi sekali tapi kalau rumah sakit swasta bisa 2 jam sebelum jadwal dokternya

    3 Ketika datang ambil nomor antrian. Biasa tekan tombol antrian dan pilih sesuai kebutuhan kita mau kemana. Kalau di rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung pilihannya itu seperti tombol no untuk pasien baru, cek lab, konsultasi, rawat jalan dll.


    antrian berobat ke rumah sakit dengan menggunakan bpjs
    No antrian di Rumah Sakit Hermina Arcamanik Bandung


    Nah, di rumah sakit itu ambil no antriannya kalau nggak pakai tombol kadang ada yang pakai layar. Kalau Ayah Bunda kebingungan bisa minta bantuan petugasnya ya

    4. Bawa persuratan yang lengkap seperti
    - fotocopy KK 5 lembar dan bawa KK (kartu keluarga) aslinya juga buat jaga-jaga takut diminta
    - fotocopy KTP 5 lembar dan bawa KTP aslinya juga
    - fotocopy surat rujukan dari puskesmas 5 lembar dan bawa yang aslinya juga
    - fotocopy kartu BPJS 5 lembar dan bawa yang aslinya juga

    Banyaknya lembar fotocopyan ini tergantung kebijakan rumah sakitnya ya. Kalau di rumah sakit hermina aku nggak banyak diminta fotocopynya. Tapi tetap aku fotocopy banyak untuk jaga-jaga

          Nah, Ayah Bunda jika Ayah Bunda rawat jalan di rumah sakit dengan menggunakan BPJS nggak usah bolak balik lagi setiap bulan minta surat rujuk ke puskesmas. Soalnya surat rujuk sekarang sudah berlaku sampai 3 bulan. Senangnya 😍

          Aku juga mau mengucapkan banyak terimakasih kepada dokter, suster serta pegawai rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung yang telah melayani dan merawatku dengan baik dan ramah. Semoga Allah membalas kebaikan kalian.

          Ayah Bunda tahu seharusnya aku dikenai biaya operasi 13 juta. Tapi karena aku menggunakan BPJS dan allhamdulillah obat-obatannya tersedia semua di rumah sakit, akhirnya semua di cover oleh BPJS dong tanpa aku harus mengeluarkan uang sepeserpun. Terima kasih untuk semuanya.

          Walau untuk BPJS ini masih pro kontra. Aku berharap semoga segera ditemukan solusi terbaiknya agar tidak ada salah satu pihak dirugikan dengan adanya sistem BPJS ini.

    Akhir cerita, ini untuk mengingatkan diriku juga. Aku cuma mau bilang. Bahwa sebagai ibu kita harus benar-benar menjaga kesehatan kita salah satunya dengan pola hidup sehat. Karena akan ada banyak hal yang terkorbankan ketika kita sakit. Pernah dengarkan slogan "Emak dilarang sakit" ? Menurut aku slogan itu ada benarnya juga

    Kalian tahu hal apa yg paling penting kenapa kita harus menjaga kesehatan kita sebagai ibu? Itu semua agar kita memiliki umur yang panjang untuk tetap bisa membersamai anak-anak dan suami tercinta kita. Kita pasti inginkan ya melihat mereka tumbuh dan tertawa bersama mereka. Jadi jangan sepelekan kesehatan kita. Dan semga Allah pun ridha dengan usia kita itu

    Nah, itu dia Ayah Bunda prosedur cara berobat anti ribet dengan menggunakan BPJS. Semoga informasi aku bagikan ini bermanfaat ya 🙏

    6 comments:

    1. makasih sharingnya, kalau untuk faskes awal aku pakai dokter keluarga yangaku cari deket ke rumahd an melayani bpjs

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah allhamdulillab enak ya kalau kita udah punya dokter keluarga 😍

        Delete
    2. Wah, jadi bisa ganti nama rumah sakit faskes 1 secara online ya? Aku punya sih kartu BPJS hanya belum pernah digunakan. Aku juga mau mendaftarkan ART-ku untuk bisa punya kartu BPJS ini kan lumayan ya jadi terjamin kesehatan masyarakat dengan adanya kemudahan seperti ini, TFS bun :)

      ReplyDelete
    3. Terimakasih banyak bun, artikelnya sangat membatu. Semoga bermanfaat untuk semua orang.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES