• Tuesday, May 21, 2019

    Ingin Liburan Keluarga yang Ada Nilai Edukasinya? Yuk, Wisata Sejarah Saja ke Surabaya

    liburan keluarga yang ada nilai edukasinya. yuk, liburan wisata sejarah saja ke surabaya
    Foto: Anggareni Septi


          Hai-hai Ayah Bunda apa kabar? Sudah merencanakan liburankah? Secara sebentar lagi liburan sekolah anak akan tiba nih atau Ayah Bunda masih bingung mau liburan keluarga kemana? Ingin liburan keluarga yang ada petualangannya dan nggak hanya sekedar liburan tapi ada nilai edukasinya juga untuk anak-anak kita? Yuk, wisata sejarah aja ke Surabaya

    Baca juga: SERUNYA LIBURAN KE MUSEUM GEOLOGI BANDUNG DAN NAIK BANDROS

          Siapa sih yang tidak kenal dengan kota yang satu ini? Pada umumnya kita tahu ya Surabaya ini adalah kota pahlawan karena kota pahlawan inilah membuat kota Surabaya kaya akan wisata sejarahnya.

    Jadi, akan bermanfaat sekali jika kita bisa mengajak anak-anak kita berpetualang ke tempat wisata sejarah ini. Apa saja ya manfaatnya?


    Manfaat Liburan Wisata Sejarah di Surabaya untuk Anak-anak


    👉 Anak belajar tentang sejarah bangsanya sendiri dengan cara menyenangkan dan melihat langsung tempat terjadinya peristiwa penting
    👉 Menumbuhkan rasa cinta anak akan tanah airnya sendiri
    👉 Menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme pada diri anak
    👉 Membuat anak kaya dengan pengetahuan sejarah negerinya
    👉 Menstimulasi rasa ingin tahu anak
    👉 Membuat anak menyadari bahwa ia harus mengisi kemerdekaan negara dengan hal-hal yang positif
    👉 Membuat anak belajar kritis dengan negaranya
    👉 Anak bisa bermain sambil belajar
    👉 dan lain-lain

          Wah banyak ya ternyata manfaatnya wisata sejarah ini untuk anak-anak kita. Sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk anak saja tapi juga bermanfaat untuk kita ya. Kita pun jadi belajar bersama-sama dengan anak-anak kita.

    Nah, apa Ayah Bunda sudah penasaran sekarang tempat wisata sejarah di Surabaya itu apa saja sih? Sebenarnya ada banyak ya, hanya saja aku akan tuliskan beberapa saja yang paling terkenal ya. Yuk langsung cuss aja ke bawah


    Surabaya Kota yang Kaya Wisata Sejarahnya


    1. Monumen Kapal Selam

    monumen kapal selam surabaya cocok digunakan untuk liburan keluarga
    Foto: monkasel

          Monumen Kapal Selam atau disingkat menjadi Monkasel adalah salah satu bukti perjuangan rakyat Surabaya untuk kemerdekaan Indonesia. Kapal Selam ini adalah kapal selam TNI Angkatan Laut Tipe Wiskey kelas dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952 dan kapal selam ini bernama Submarine KRI Pasopati 401.

    Kapal Selam ini pernah lho diikut sertakan dalam pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda. Jika Ayah Bunda dan keluarga berlibur ke sini, kita akan disajikan dengan interior kapal selam yang nggak biasa kita temukan. Selain itu akan ditayangkan pemutaran film tentang pertempuran yang terjadi di Laut Aru. Wah anak-anak pasti senang nih bisa menonton filmnya

    Lokasi: Jl Pemuda No 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
    Tiket: 10.000,-/ orang
    Buka: 08.00 - 22.00 Wib

    2. Tugu Pahlawan

    tugu pahlawan salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di surabaya
    Foto: gomuslim

          Tugu pahlawan terletak tidak jauh dari pusat kota jadi mudah sekali kita kunjungi. Tugu pahlawan juga salah satu bukti perjuangan arek-arek suroboyo untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Di Tugu Pahlawan nanti akan ada banyak patung pahlawan kita temukan seperti patung Soekarno Hatta dan pahlawan lainnya serta benda-benda sejarah yang lain

    Nah, Ayah Bunda Tugu Pahlawan ini dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945. Jadi pas sekali nih kita kenalkan pada anak kita peristiwa penting ini dan mengapa pada setiap tanggal 10 November diperingati hari pahlwan oleh kita

    Lokasi: Jl Bubutan, Alun-alun Contong, Kec Bubutan
    Tiket: umum: 2.000,- / orang
    Buka: Selasa - Jumat : 08:00 - 14:30
    Sabtu - Minggu : 08:00 - 13:30
    Senin dan hari libur nasional : Tutup

    3. Museum House of Sampoerna


    house of sampoerna salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di surabaya
    Foto: aroengbinang

          Apa Ayah Bunda pernah mendengar House of Sampoerna ini? Mendengar kata sampoerna langsung mengingatkan kita pada rokok kan ya? Betul sekali.

    Museum ini dulunya adalah panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda dengan gaya bangunannya yang kolonial Belanda banget. Lalu, bangunan ini dibeli oleh pendiri Sampoerna yaitu Liem Seeng Tee pada tahun 1862 dan dijadikan tempat produksi rokok Sampoerna pertama kali

    Nah, di museum ini kita bisa mengenalkan sejarah rokok pada anak-anak kita dan betapa berbahayanya rokok ini untuk kesehatan kita dan orang lain. Yang mengenalkan bahaya rokok ini oleh kita ya Ayah Bunda

    Lokasi: Taman Sampoerna No.6. Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya
    Tiket: Gratis
    Buka: 09.00-22.00

    4. Hotel Majapahit

    hotel majapahit adalah hotel bintang 5 yang memiliki nilai sejarah di surabaya dan cocok digunakan untuk liburan
    Foto: IdnTimes

          Ayah Bunda ternyata hotel ada nilai sejarahnya lho bagi bangsa Indonesia contohnya Hotel Majapahit. Hotel Majapahit ini adalah tempat dimana para arek-arek suroboyo merobek bendera Belanda pada tahun 1945. Tau nggak saking bersejarahnya Hotel Majapahit ini masuk dalam cagar budaya, lho. Waw, ya

    Di hotel ini selain banyak cerita sejarahnya juga kita akan disuguhkan dengan pemandangan di sekitar hotel yang nyaman dilihat, pernak pernik peninggalan para pahlawan dan kemegahan bangunannya yang bisa membuat kita bilang "waw" begitu

          Nah, Ayah Bunda Hotel Majapahit ini adalah hotel berbintang 5 dimana perlengkapan dan pelayanannya mewah sekali, lho. Jadi bisa juga kita gunakan sebagai tempat asyik untuk berlibur atau menginap.

    Selain Surabaya terkenal dengan wisata sejarahnya dan tempat berpetualang, Surabaya juga memiliki makanan kuliner yang enak seperti Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Rawon Setan Mba Endang, Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng, Nasi Goreng Jancuk, Mie Pecun, Sate Klopo Ondomohen dan masih banyak lagi.

    Nah, yuk liburan ke Surabaya saja. Kita bisa memesan hotel di Surabaya lewat pegi-pegi saja. Caranya bagaimana? Gampang


    Begini Langkah-Langkah Memesan Hotel dengan Pegi-Pegi


    cara memesan hotel lewat pegi-pegi


    1. Kita buka website pegi-pegi. Di halaman utamanya di pencarian kita ketik daerah atau nama hotel yang kita inginkan. Lalu isi data menginap (check in dan lama menginap)

    2. Pilih hotel yang diinginkan. Saat memilih hotelnya bisa Ayah Bunda lakukan filter harga untuk mencari harga hotel yang sesuai dengan dana yang kita miliki

    3. Setelah kita dapat hotel yang kita inginkan. Kita dapat memilih kamar hotel dan jumlahnya

    4. Isi data pemesan dengan data tamu yang akan menginap. Jangan lupa setelah itu kita review kembali data kita di halaman review. Setelah datanya benar baru kita lakukan pembayaran

    5. Setelah pembayaran sukses. Nanti Ayah Bunda akan dikirimkan email berisi voucher hotel berupa e-ticket secara instan, maksimum dalam 60 menit. Sebentar kan

          Bagaimana, mudah bukan? Kalau begitu yuk langsung aja kita buat persiapan liburan edukasi kita ke wisata sejarah di Surabaya. Selamat berlibur ya. Semoga liburan kalian menyenangkan 😉

    Baca juga: 8 KEGIATAN ASYIK SAAT LIBURAN UNTUK ANAK DI RUMAH


    14 comments:

    1. ternyata di Museum Sampoerna didalamnya ada menjelaskan tentang bahasa rokok juga ya mbak? padhaal yang membangun menjadi meseum notabenenya adalah perusahaan rokok. Ini mah patut diacungi jempol, meski sebagai produsesn tetap ngasih edukasi bahasa rokok

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha yang bilang ke anak2 rokok itu nggak baik itu kita ortunya mas. Biar mereka selain tahu sejarah rokok tahu juga dampaknya

        Delete
    2. Wah masa aku selama ini hanya lewat aja loh ke Surabaya. Ga pernah menapakkan kaki, cuma di bandara aja pas transit misalnya kwwkwkwkwwk. Kepengen menginap di Hotel Majapahit ah. Kayaknya ghotic gitu pasti asik ya hihihi. Ke museum2 juga menyenangkan buat anak2. Selain jalan2 kita sekalian kasih edukasi secara nyata ya jadi senang deh.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ayo Bun direncanaim liburam ke sana bareng keluarga 😍

        Delete
    3. Aku udah pernah jalan-jalan ke surabaya waktu jaman kuliah mbak yeni. Kotanya emang bagus banget, maju! Nyaman! Makanannya enak! Cuman macetnya aja nggak nguatin, sebelas dua belas sama jakarta lah, wkwkwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. Surabaya ama Yogya deketan soalnya ya Mba Ajeng hihihi

        Delete
    4. Wahhh.. gawat nih.. pesona Kota Surabaya sedang menari-nari di depan saya. Apakah saya harus ke Surabaya liburan sekolah besok ini? Btw makasih banyak mba Yeni atas rekomendasi tempat-tempat bersejarah di Surabaya ini. Cocok ini buat anak-anak saya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 Bun. Ayo Bun direncanain dari sekarang liburannya Bun. Pakai pegi2 aja praktis hihihi

        Delete
    5. Di Muuseum Sampoerna ada cafe restonya. Menunya endez. Hihi...aku cocok sih. Tempat sejarah lainnya belum pernah nih. Blm explore Surabaya. Hotel Majapahit cuma lewat depannya aja. Blm pernah masuk...Mahal kayaknya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Harga hotel majapahit bisa bunda lihar di pegi-pegi aja. Hotelnta mewah sih ya

        Delete
    6. Aku paling penasaran sama House of Sampoerna mba Yen.. soalnya itu pabrik rokok, tapi ada edukasi ttg bahaya rokok. Bertolak belakang ini yang bikin penasaran dgn isinya. Ternyata banyak juga ya tempat wisata yang bermanfaat buat anak dg harga terjangkau.. bahkan ada yang gratis 😳 Jadi pingin jelajah museum di dekat rumah ini..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yang mengenalkan bahaya rokok ini adalah kita ya Bun. Bukan pihak sononya 🤣🤣

        Delete
    7. Widyanti YuliandariMay 23, 2019 at 7:15 PM

      Monkasel asik. Anak2 suka diajak ke sana. Asiknya lagi, bisa sekalian naik perahu di sungai sebelahnya. Kalau hotel majapahit emang ciamik bgt. Cantikkk banget di dalamnya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kayaknya hotel majapahit ini enak juga buat honeymoon ya mba wkwkwk 😂. Untung ada pegi2 ya 😍

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES