• Monday, November 18, 2019

    Cara Mendapatkan Alat Bantu Dengar dengan Menggunakan BPJS

    alat bantu dengar
    Pixabay

    Halo Ayah Bunda, bulan kemarin itu mama saya sakit telinga dan sakit telinganya ini ternyata semakin memperparah pendengarannya mama yang sebelumnya memang udah kurang denger. Jadi, hari ini saya mau cerita cara saya mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS, bagaimana prosedurnya agar nggak ribet, dan berapa harga alat dengarnya dan lain-lain.

    Baca juga: TERIMA KASIH MAMA TELAH MEMBESARKANKU DI ATAS KETIDAKBAHAGIAANMU

    Baca juga: AKU TAK INGIN MEMBAHAGIAKAN IBU HANYA DENGAN CARA YANG SEDERHANA


    Cara Mendapatkan Alat Bantu Dengar dengan Menggunakan BPJS


    Mama, saya bawa ke puskesmas dengan harapan bisa dirujuk ke rumah sakit. Karena mama memang perlu konsultasi dengan dokter THT dan mama berobatnya juga pakai BPJS jadi memang harus ke faskes satunya dulu

    Allhamdulillah beneran di rujuk ke dokter THT di rumah Sakit Hermina Arcamanik Bandung. Saya pikir cuma diobati saja di sana. Ternyata saya salah. Selain mama dikasih obat, mama juga disuruh datang lagi minggu depan ke rumah sakit untuk tes audiometri. Tes audiometri itu adalah tes pendengaran buat ngecek sejauh atau separah apakah pendengaran pasien. Karena memang mama udah kurang dengar waktu mama kecil. Jadi, pas disuruh tes ini, saya senang dong. Siapa tahu mama memang perlu dibantu dengan alat dengar dan bisa pakai BPJS

    Minggu depannya saya ambil hasil tesnya dan kasih ke dokternya. Dan ternyata memang benar mama perlu dibantu dengan alat dengar. Nah, karena dirumah sakit Hermina Arcamanik Bandung itu tidak menyediakan falitas untuk alat bantu dengar, akhirnya mama dirujuk lagi ke rumah sakit yang menyediakan layanan alat bantu dengar ini. Kalau di Bandung kemarin di rujuk ke rumah sakit Al-Islam Bandung. Saya nggak tahu ya kalau di Bandung rumah sakit mana saja yang memiliki layanan ini. Pokoknya saya mengikuti saja.

    Nah, sayangnya tidak semua dokter paham dengan prosedurnya atau nggak tahu pihak BPJSnya kurang sosialisasi tentang prosedurnya, saya tidak tahu. Karena surat pengantar yang dikasih dokter THT rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung tidak bisa langsung ke bagian alat bantu dengar di rumah sakit Al-Islam ternyata. Jadi harus dirujuk dulu ke dokter THT rumah sakit Al-Islamnya baru dari dokter rumah sakit Al-Islamnya kita bisa langsung ke bagian alat dengar ini.

    Karena salah prosedur ini, akhirnya saya dan mama saya kepaksa minggu depannya balik lagi dan antri lagi di rumah sakit Hermina Arcamanik buat ketemu dokter THT lagi buat minta surat rujuk ke dokter THT di rumah sakit Al-Islam. Sesuatulah ya pokoknya ribetnya, muternya, dan lamanya.

    Nggak apa-apalah ya konsekuensi namanya pakai BPJS ya harus sabar. Walaupun begitu, semoga hal di atas bisa dijadikan masukan aja buat kita semua agar semakin lebih baik 😊. Jadi, buat temen-temen biar nggak ribet bisa belajar dari pengalaman saya dan sebaiknya kalau mau berobat ke rumah sakit swasta harus telepon dulu rumah sakitnya buat nanyain jadwal dokternya sekalian daftar di telepon atau daftar online biar nunggu di rumah sakitnya nggak makin lama.

    Akhirnya, setelah dari rumah sakit Hermina Arcamanik baru bisa ke poli THT Al - Islam dan ke bagian alat dengarnya. Nah, Ayah Bunda klinik alat dengarnya ini ada di lantai 2 rumah sakit Al-Islam Bandung ya sebelahan banget dengan poli THT nya.

    Baca juga: Prosedur Berobat dengan BPJS Tanpa Ribet


    Berapa Harga Alat Bantu Dengar 


    alat dengar
    Pixabay

    Saya pikir jika mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS bisa gratis hahaha *ngarep 😂. Tapi ternyata saya salah. Karena ternyata harga alat bantu dengar ini muahal Ayah Bunda, jadi wajar alat bantu dengar ini nggak gratis ya *plakkk terlalu kamu Yen 😂

    Emang harganya berapa? Harga paling murahnya itu 3,8 juta Ayah Bunda dan itu cuma sebelah lho bukan sepasang. Aduh....aduhhhhh.   Untung ditanggung BPJS sejuta. Tapi kita nggak bisa bawa langsung alatnya, karena di sana pasiennya di tes lagi buat nyari alat dengar yang cocok seperti apa disesuaikan dengan sejauh apa tingkat keparahan pendengarahan pasien.

    Setelah itu kita bayar uang mukanya baru nanti alatnya dibuat dulu khusus untuk kita. Maksimal selesainya 3 bulan dan nanti kita dihubungi oleh pihak mereka. Tapi allhamdulillahnya kemarin alat bantu dengar untuk mama itu dalam sebulan udah selesai dan nanti kita ke sana lagi buat ambil. Tapi nggak usah repot-repot antri lagi. Langsung aja ke bagian alat dengarnya. Nah, ada beberapa hal yang perlu kita tanyakan tentang alat bantu dengar ini pada ahlinya


    Beberapa pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada bagian alat bantu dengarnya


    bpjs
    Pixabay


    1. Bagaimana asuransinya?
    2. Bagaimana cara pakainya?
    3. Bagaimana cara merawatnya?

    Biar detail dan lengkap ya kita nanyanya sekalian untuk mengedukasi kita. Karena kemarin jujur, saya lupa nanyain soal merawatnya. Akhirnya cari tahu sendiri gara-gara ga nanya ke ahlinya. Hadeuhhhh. Nah, itu Ayah Bunda prosedur cara mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dan allhamdulillah mama sekarang udah seneng udah punya alat bantu dengarnya hihihi. Sampai bertemu ditulisan saya berikutnya ya. Daa 😊





    8 comments:

    1. Aku baru tau ini alat bantu dengar ada beberapa macam gitu ya mbak. Kalau bisa dengan menggunakan BPJS alhamdulillah banget ya jadi bisa membantu untuk mereka juga yang memerlukan alat bantu dengar.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya Bun. Alat bantu dengar ini tergantung tingkatan pendengaran pasiennya 😊

        Delete
    2. Waahh lumayan sih ya bun, di cover juga ama BPJS meski nggak penuh. btw emang mihil banget yak, padahal 1 doang, ya Allah.
      betapa nikmat Allah terhadap pendengaran kita ini tidak bisa tergantikan ya bun :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget Bun mahal bgt. Betapa terkadang kita suka mensyukuri pendengaran kita dan smuanya ya hiks

        Delete
    3. Oh iya untuk alat dengar itu emang dibikin custom dan disesuaikan dengan bentuk telingah masing-masing ya? Saya pernah lihat ada yang share mesin cetak alat bantu dengar.

      Syukur alhamdulillah ya...meski hanya sejuta at least rasa discount dengan harga 3.8jt/pcs

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aku kurang tahu Bun kalau disesuaikan dengan telinga atau tidak. Soalnya yang aku tahu disesuaikan dengan tingkat keperahan pendengarahan pasien 😊

        Delete
    4. wah kalau ibuku gak suka pakai alat bantu, kitanya kudu keras kalau ngomong sama beliau

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES