Skip to main content

Cara Mendapatkan Alat Bantu Dengar dengan Menggunakan BPJS

alat bantu dengar
Pixabay

Halo Ayah Bunda, bulan kemarin itu mama saya sakit telinga dan sakit telinganya ini ternyata semakin memperparah pendengarannya mama yang sebelumnya memang udah kurang denger. Jadi, hari ini saya mau cerita cara saya mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS, bagaimana prosedurnya agar nggak ribet, dan berapa harga alat dengarnya dan lain-lain.

Baca juga: TERIMA KASIH MAMA TELAH MEMBESARKANKU DI ATAS KETIDAKBAHAGIAANMU

Baca juga: AKU TAK INGIN MEMBAHAGIAKAN IBU HANYA DENGAN CARA YANG SEDERHANA


Cara Mendapatkan Alat Bantu Dengar dengan Menggunakan BPJS


Mama, saya bawa ke puskesmas dengan harapan bisa dirujuk ke rumah sakit. Karena mama memang perlu konsultasi dengan dokter THT dan mama berobatnya juga pakai BPJS jadi memang harus ke faskes satunya dulu

Allhamdulillah beneran di rujuk ke dokter THT di rumah Sakit Hermina Arcamanik Bandung. Saya pikir cuma diobati saja di sana. Ternyata saya salah. Selain mama dikasih obat, mama juga disuruh datang lagi minggu depan ke rumah sakit untuk tes audiometri. Tes audiometri itu adalah tes pendengaran buat ngecek sejauh atau separah apakah pendengaran pasien. Karena memang mama udah kurang dengar waktu mama kecil. Jadi, pas disuruh tes ini, saya senang dong. Siapa tahu mama memang perlu dibantu dengan alat dengar dan bisa pakai BPJS

Minggu depannya saya ambil hasil tesnya dan kasih ke dokternya. Dan ternyata memang benar mama perlu dibantu dengan alat dengar. Nah, karena dirumah sakit Hermina Arcamanik Bandung itu tidak menyediakan falitas untuk alat bantu dengar, akhirnya mama dirujuk lagi ke rumah sakit yang menyediakan layanan alat bantu dengar ini. Kalau di Bandung kemarin di rujuk ke rumah sakit Al-Islam Bandung. Saya nggak tahu ya kalau di Bandung rumah sakit mana saja yang memiliki layanan ini. Pokoknya saya mengikuti saja.

Nah, sayangnya tidak semua dokter paham dengan prosedurnya atau nggak tahu pihak BPJSnya kurang sosialisasi tentang prosedurnya, saya tidak tahu. Karena surat pengantar yang dikasih dokter THT rumah sakit Hermina Arcamanik Bandung tidak bisa langsung ke bagian alat bantu dengar di rumah sakit Al-Islam ternyata. Jadi harus dirujuk dulu ke dokter THT rumah sakit Al-Islamnya baru dari dokter rumah sakit Al-Islamnya kita bisa langsung ke bagian alat dengar ini.

Karena salah prosedur ini, akhirnya saya dan mama saya kepaksa minggu depannya balik lagi dan antri lagi di rumah sakit Hermina Arcamanik buat ketemu dokter THT lagi buat minta surat rujuk ke dokter THT di rumah sakit Al-Islam. Sesuatulah ya pokoknya ribetnya, muternya, dan lamanya.

Nggak apa-apalah ya konsekuensi namanya pakai BPJS ya harus sabar. Walaupun begitu, semoga hal di atas bisa dijadikan masukan aja buat kita semua agar semakin lebih baik 😊. Jadi, buat temen-temen biar nggak ribet bisa belajar dari pengalaman saya dan sebaiknya kalau mau berobat ke rumah sakit swasta harus telepon dulu rumah sakitnya buat nanyain jadwal dokternya sekalian daftar di telepon atau daftar online biar nunggu di rumah sakitnya nggak makin lama.

Akhirnya, setelah dari rumah sakit Hermina Arcamanik baru bisa ke poli THT Al - Islam dan ke bagian alat dengarnya. Nah, Ayah Bunda klinik alat dengarnya ini ada di lantai 2 rumah sakit Al-Islam Bandung ya sebelahan banget dengan poli THT nya.

Baca juga: Prosedur Berobat dengan BPJS Tanpa Ribet


Berapa Harga Alat Bantu Dengar 


alat dengar
Pixabay

Saya pikir jika mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS bisa gratis hahaha *ngarep 😂. Tapi ternyata saya salah. Karena ternyata harga alat bantu dengar ini muahal Ayah Bunda, jadi wajar alat bantu dengar ini nggak gratis ya *plakkk terlalu kamu Yen 😂

Emang harganya berapa? Harga paling murahnya itu 3,8 juta Ayah Bunda dan itu cuma sebelah lho bukan sepasang. Aduh....aduhhhhh.   Untung ditanggung BPJS sejuta. Tapi kita nggak bisa bawa langsung alatnya, karena di sana pasiennya di tes lagi buat nyari alat dengar yang cocok seperti apa disesuaikan dengan sejauh apa tingkat keparahan pendengarahan pasien.

Setelah itu kita bayar uang mukanya baru nanti alatnya dibuat dulu khusus untuk kita. Maksimal selesainya 3 bulan dan nanti kita dihubungi oleh pihak mereka. Tapi allhamdulillahnya kemarin alat bantu dengar untuk mama itu dalam sebulan udah selesai dan nanti kita ke sana lagi buat ambil. Tapi nggak usah repot-repot antri lagi. Langsung aja ke bagian alat dengarnya. Nah, ada beberapa hal yang perlu kita tanyakan tentang alat bantu dengar ini pada ahlinya


Beberapa pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada bagian alat bantu dengarnya


bpjs
Pixabay


1. Bagaimana asuransinya?
2. Bagaimana cara pakainya?
3. Bagaimana cara merawatnya?

Biar detail dan lengkap ya kita nanyanya sekalian untuk mengedukasi kita. Karena kemarin jujur, saya lupa nanyain soal merawatnya. Akhirnya cari tahu sendiri gara-gara ga nanya ke ahlinya. Hadeuhhhh. Nah, itu Ayah Bunda prosedur cara mendapatkan alat bantu dengar dengan menggunakan BPJS. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dan allhamdulillah mama sekarang udah seneng udah punya alat bantu dengarnya hihihi. Sampai bertemu ditulisan saya berikutnya ya. Daa 😊





Comments

  1. Aku baru tau ini alat bantu dengar ada beberapa macam gitu ya mbak. Kalau bisa dengan menggunakan BPJS alhamdulillah banget ya jadi bisa membantu untuk mereka juga yang memerlukan alat bantu dengar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bun. Alat bantu dengar ini tergantung tingkatan pendengaran pasiennya 😊

      Delete
  2. Waahh lumayan sih ya bun, di cover juga ama BPJS meski nggak penuh. btw emang mihil banget yak, padahal 1 doang, ya Allah.
    betapa nikmat Allah terhadap pendengaran kita ini tidak bisa tergantikan ya bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Bun mahal bgt. Betapa terkadang kita suka mensyukuri pendengaran kita dan smuanya ya hiks

      Delete
  3. Oh iya untuk alat dengar itu emang dibikin custom dan disesuaikan dengan bentuk telingah masing-masing ya? Saya pernah lihat ada yang share mesin cetak alat bantu dengar.

    Syukur alhamdulillah ya...meski hanya sejuta at least rasa discount dengan harga 3.8jt/pcs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tahu Bun kalau disesuaikan dengan telinga atau tidak. Soalnya yang aku tahu disesuaikan dengan tingkat keperahan pendengarahan pasien 😊

      Delete
  4. wah kalau ibuku gak suka pakai alat bantu, kitanya kudu keras kalau ngomong sama beliau

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…