• Tuesday, December 3, 2019

    Tentang Lelahnya Seorang Ibu

    ibu


    Jam segini Erysha baru tidur coba dan emaknya ini udah bangun dari subuh ngerjain ini itu. Ngerjain kerjaan rumah, ngurus anak, ngurus suami dan bisa santai jam segini. Waktu udah malem dan aku yakin hampir semua ibu begini. MasyAllah dengan semua kelelahan ibu itu ya, gimana ibu itu nggak rentan stres ya, nggak rentan depresi, rentan nggak warasnya. Apalagi kalau nggak ada yang nguatin atau suppor system yg mendukung. Sudah itu bisa habis semua kebahagiaan seorang ibu itu dengan sekaligus.

    Baca juga: Produktif dari Rumah. Kenapa Nggak?

    Kenapa? Karena semua itu membuat mereka sampai kehilangan dirinya sendiri, nggak punya waktu untuk dirinya sendiri. Berusaha ngasih kebahagiaan untuk semua orang, tapi ketika malam dan semua orang tertidur tiba-tiba terasa hampa, ada rasa tak bahagia di hati yang ada hanya rasa lelah.

    Bagaimana tidak kehilangan diri, makan dengan tenang aja susah, tidur dengan nyenyak aja susah, selonjoran sebentar aja susah, megang hp dengan santai aja susah. Jdi, betapa para ibu itu berusaha nguatin dirinya agar tetap waras dengan semua keadaan itu.


    ibu
    Pixabay


    Dan, ketika ku temukan dan ku lihat seorang ibu membentak-bentak anaknya, memarahi anak-anaknya, memukul,  menghardik anaknya dan bahkan membunuh anaknya. Yang ada di hatiku bukan perasaan marah pada ibu itu, tapi rasa kasian melihatnya. Melihat jiwa dan fisik  seorang ibu itu sedang kelelahan, putus asa dan perlu dibantu. Dan ku lihat juga jiwa anak-anak itu, penuh luka disiksa karena dibesarkan oleh ibu yang penuh luka pula tak bahagia.

    Ya Allah, menyedihkan bukan. Bahwa menjadi seorang ibu itu nggak mudah. Nggak mudah. Walau ku tahu,  kelelahan itu bukan jdi pembenaran untuk melampiaskannya pada anak. Tetapi paling tidak aku berempati pada mereka. Semoga Allah menguatkan kita ya dan kita saling menguatkan 😭.

    Baca juga: Ketika Engkau Merasa Lelah Menjadi Seorang Ibu

    Dan wahai para suami. Lihatlah istrimua. Apakah dia dalam keadaan baik-baik saja ataukah tidak? Jangan-jangan hanya sekedar lihat fisiknya tapi lihat dan rasakan jiwanya. Apakah ia terluka dan sedang membutuhkanmu atau sedang menunggumu untuk melihat mereka

    Baca juga: Semua Tulisan tentang Dunia Ibu 

    Tulisan ini ditulis dari hasil mikir. Aku aja dikasih suami yang baik dan teman-teman yang baik masih aja kadang ngeluh capek. Apalagi mereka para ibu diluaran sana yang nggak dapet support system yang mendukung, semoga Allah menguatkan mereka dan anak-anak mereka 😭😭😭



    No comments:

    Post a Comment

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES