Donat Kental Manis Pas untuk Camilan Keluarga

cara mudah dan cepat membuat donat

Siapa sih yang nggak suka sama empuk dan nikmatnya kue donat? Rasanya yang lezat, kenyal, membuat kue donat jadi favorit banyak orang. Apalagi kalau sudah dikasih toping yang bervariasi termasuk kental manis, pasti langsung jadi rebutan.

Sekarang, menu kue donat sudah makin bervariasi di pasaran, mulai dari donat jenis Bomboloni dengan isian selai coklat di dalamnya hingga donat Pączki yang bentuknya pipih dan ditaburi bubuk gula atau selai lainnya. Namun, rasa-rasanya meskipun banyak topping yang menggoda kita tetap jatuh cinta sama donat klasik, ya nggak sih? Donat klasik dengan berbagai macam toping sudah termasuk donat terlezat yang dimakan. 

Untuk mendapatkan rasa yang otentik dan klasik seperti donat kampung, kita bisa lho bikin sendiri di rumah. Psst, ada bahan rahasia yang wajib kamu pakai biar kue donat yang kamu buat wangi dan rasanya lebih lezat, yakni kental manis. Selain membuat donat makin nikmat, bahan penambah cita rasa yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai penambah gurih yang akan membuat donat buatanmu makin nikmat serta kaya rasa. Tersedia dengan berbagai kemasan mulai dari pouch, kaleng hingga sachet, kamu bisa menggunakan kental manis sesuai dengan selera dan kebutuhan masakanmu. Praktis, kan?


Baca juga: Tempat Makan yang Enak dan Murah di Bandung


Resep Donat Kampung Pakai Kental Manis

resep cara mudah membuat donat enak
Pixabay

Saat ini donat bisa didapatkan dengan mudah di tempat penjual roti atau gerai makanan cepat saji yang khusus menjual donat. Tetapi kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Penasaran? Yuk, buat sekarang di rumah! Ini dia resep kue donat klasik yang lezat.


Baca juga: Ini Dia 3 Resep Menu Bakso Enak yang Wajib Kamu Coba  


Bahan-bahan

250 gr tepung protein sedang

1 sdm ragi instan

2 sdm gula pasir

30 gr margarin

1 kuning telur

½ sachet kental manis

½ sdt garam

Air secukupnya

Gula halus secukupnya

Gula palem secukupnya


Cara membuat:

1. Campur semua bahan seperti tepung, ragi instan, gula pasir, kuning telur, kental manis, dan tambahkan air sedikit demi sedikit dan uleni hingga adonan setengah kalis.

2. Tambahkan margarin dan garam, kemudian uleni lagi sampai adonan benar-benar kalis, kemudian bulatkan dan tutup dengan plastik atau kain bersih, diamkan selama satu jam.

3. Setelah 1 jam, maka adonan akan mengembang dua kali lipat, kemudian kempiskan dan potong sesuai selera untuk besaran donat.

4. Bentuk adonan jadi bulat-bulat dan buat lubang di tengahnya kemudian diamkan selama 20 menit.

5. Siapkan minyak goreng yang cukup banyak dan panaskan dengan api kecil, lalu goreng donat saat minyak sudah cukup panas.

6. Balik donat satu kali saja, kemudian, angkat dan tiriskan.

7. Kamu bisa menaburi topping pilihanmu dengan gula halus, gula palem atau kental manis dan donat bisa langsung disajikan. 

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Salah satu bahan rahasia yang akan membuat donatmu wangi, lembut dan enak yakni karena penggunaan kental manis. 

Kandungan dan tekstur kental manis juga sangat pas untuk campuran makanan dengan tekstur lembut tapi padat karena penambah cita rasa yang satu ini nggak akan menggumpal jika dicampur dengan beberapa jenis bahan makanan, sehingga cocok untuk campuran makanan seperti makanan yang berkuah atau makanan kue lainnya. 


Baca juga: Menghadapi Anak GTM atau Susah Makan 


Camilan Lainnya yang Bisa dibuat dengan Kental Manis

Selain donat, kamu juga bisa membuat aneka ragam camilan lezat lainnya menggunakan kental manis, lho. Penasaran apa saja? Berikut adalah beberapa resep camilan yang bisa kamu ikuti:


Banana Katsu

Banana katsu
Arum Yusial

Ingin memakan pisang tapi bosan membuat pisang goreng atau pisang bakar sebagai camilan? Yuk coba buat banana katsu! Camilan kekinian yang satu ini juga bisa kamu buat dengan menggunakan bahan-bahan yang simple, lho. Daripada gak tahu lagi harus melakukan apa di rumah, kamu bisa mencoba keahlian masakmu dengan camilan banana katsu, jika berhasil membuat camilan yang satu ini dengan rasa yang lezat, siapa tahu saja bisa kamu jadikan bisnis, bukan? Yuk intip resep banana katsu di bawah ini!

Kamu bisa siapkan 2 buah pisang tanduk, 150 gram tepung terigu, 1 sendok teh pasta vanilla, 1 butir telur, 100 ml air, 100 gram tepung roti, ½ sdt garam serta 50 ml kental manis. Cara membuatnya pun cukup dengan mencampurkan tepung terigu sebanyak 150 gram dan 1 butir telur ke dalam wadah, serta air matang. Selanjutnya masukkan 1 sendok teh pasta vanilla dan ½ sendok teh garam. Setelah itu, tuang kental manis dan aduk semua adonan secara merata.

Potong pisang tanduk menjadi beberapa bagian sesuai seleramu. Masukkan pisang tanduk yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian tersebut ke dalam adonan lalu balut dengan tepung roti sebanyak 100 gram. Terakhir, masukkan pisang tersebut ke dalam minyak panas dengan api yang kecil. Bila sudah kecoklatan, segera tiriskan pisang. Voila, banana katsu yang kamu buat sudah siap untuk dihidangkan.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahannya karena tersedia dimana-mana, jadi banana katsu ini pas banget jadi camilan yang menemanimu dan keluarga yang ada di rumah. 


Es krim no churn

Es krim no churn
Pixabay

Kamu bisa juga lho membuat es krim super lembut di rumah saja. Bahan yang diperlukan cuma kental manis, whipped cream, dan mixer saja. Biasanya, saat membuat es krim, kamu membutuhkan berbagai macam bahan baku yang disebut churn. Namun, dengan kental manis, kamu nggak memerlukan churn saat membuat es krim. Kamu tinggal mengocok whipped cream dan kental manis hingga cairannya bisa mengental dan bekukan selama beberapa jam. Es krimmu siap disantap. Lebih efisien dalam membuatnya kan? 


Yoghurt Vietnam

Yoghurt Vietnam
Pixabay

Menu yoghurt Vietnam dianggap cocok untuk camilan keluarga karena prosesnya yang cepat tanpa harus merebus susu terlebih dahulu sehingga menghemat banyak waktu. Cukup dengan menambahkan bahan kental manis, rasa yoghurt Vietnam jadi lebih lezat.

Hanya butuh 4 bahan yaitu 400ml susu segar, 250ml kental manis, 50ml kultur aktif yoghurt, dan air mendidih. Cara membuatnya pun mudah, kamu bisa langsung menuangkan satu kaleng kental manis ke dalam mangkuk kemudian campurkan bahan penambah cita rasa ini dengan satu kaleng air mendidih. Kocok secara perlahan hingga tercampur dan tambahkan setengah dari susu segar kemudian kocok lagi sampai tercampur secara merata. Tambahkan yoghurt dan aduk terus sampai nggak ada gumpalan yoghurt yang tersisa. 

Tambahkan sisa susu segar yang belum terpakai dan kocok kembali, lalu taruh adonan ke dalam toples dan tutup rapat. Kemudian diamkan toples di pressure cooker yang sudah diberi satu gelas air dan diamkan selama 6-8 jam. Jika sudah, maka dinginkan selama beberapa jam dan yoghurt Vietnam bisa langsung disantap.

Nah, itu dia beberapa resep yang bisa kamu buat untuk kreasi camilanmu. Jangan lupa selalu gunakan kental manis sebagai bahan untuk membuat camilanmu jadi semakin nikmat, ya. Selamat mencoba!

15 comments

  1. Wah resep²nya banyak. Aku sering bikin yogurt sendiri nih Teh. Patut dicoba deh bikin yogurt Vietnam. Gurih pasti...

    ReplyDelete
  2. Noted mbak resepnya, saya beberapa kali bikin donat gak pake kental manis, sekarang pengin coba ah pake kental manis kayak mbak Yeni. Saya juga suka bikin banan katsu yang di taburi keju dan kental manis, rasanya memang lezat banget. Makasih resepnya mbak, kapan2 mau coba.

    ReplyDelete
  3. penasaran pengen bikin yogurt vietnam nya. Karena sering beli jadi dan siapa tau bisa jadi bisnis rumahan.Tapi beli kultur yogurt nya di mana ya?

    ReplyDelete
  4. Bikin ngiler dan wajib dicoba nih, pas banget lagi psbb plus cuaca begini. Makasih resep-resep wuenaknya mbak.

    ReplyDelete
  5. Camilan manis gini paling cucok ditemenin sama teh tawar atau kopi pait hehe. Maknyuss.. terlebih lagi kalau tinggal hap tanpa harus repot bebikinan alias dibikin wkwkwk... Simbok halu. Maunya dilayanin kayak putri. Dulu aku suka bebikinan donat dan roti sendiri. Sekarang nyerah, pilih beli. Ijin sontek resep ya mba Yen. Kali-kali besok dpt hidayah bikin camilan lagi di rmh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semoga hidayahnya segera dateng ya Mba Bet 😂

      Delete
  6. Waktu anakku ada tugas sekolah bikin donat kami ribet cari resep...pas nih ada resep donat kental manis yang bisa dicoba. Juga ada resep lain dari kental manis. Lengkap sekali ide camilannya. Bisa dieksekusi akhir pekan nanti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok nih mba Dian buat cemilan anak2 di rumah 😀

      Delete
  7. Mbak Yen, aku lagi puasa dan semua makanannya bikin kabita iiihh, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Wow, es krim dari kental manis ini sangat praktis mbak, jadi pingin praktikkan nih. Makasih resepnya ya...

    ReplyDelete
  9. Dulu mama saya sering banget bikin donat...banyak yang pesen...giliran saya yang bikin ngga pernah jadi...😂... terimakasih resepnya mbak...harus coba

    ReplyDelete
  10. Donat salah satu camilan yang paling sering kami buat Mbak, praktis dan selalu jadi,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏