Kupas Tuntas Semuanya tentang Vaksin dengan Ahlinya, Yuk!

 

Kupas Tuntas Semuanya tentang Vaksin dengan Ahlinya, Yuk!

Kupas Tuntas Semuanya tentang Vaksin dengan Ahlinya, Yuk! Halo-halo. Allhamdulillah pada tanggal 30 April 2021, aku berkesempatan mengikuti zoom yang diadakan oleh theAsianparent Indonesia tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan vaksin anak dan masyAllah ilmunya banyakkkkkkkkk banget. Pokoknya daging banget menurut aku. Apalagi buat aku yang ilmu tentang vaksinnya ada yang lupa lagi dan mesti belajar lagi hahaha 😂

Vaksin tambahan

Jadi ya hari Jumat itu, aku belajar tentang kenapa harus vaksin? Tentang vaksin balita, dampak dari vaksin itu apa? Kapan jadwal vaksin itu? Terus jika anak terlambat divaksin harus bagaimana? Apa itu imunisasi kejar atau ganda? Vaksin untuk anak prematur itu bagaimana? Bagaimana vaksin di tengah pandemi? Dan masih banyak ilmu yang lainnya lagi dong. Penasaran kan? Semua dikupas tuntas oleh ahlinya lho yaitu dr Attila Dewanti Sp.A(K) 😍 dan dibantu oleh moderatornya Mba Sissy Prescilia. Aku share di sini ya ilmunya 


Baca juga: Tetap Lakukan Hal Wajib Ini Sebelum Vaksin Covid 19 Siap


Kenapa harus vaksin? 

Kita belajar yuk kenapa harus vaksin? 

1. Mencegah kematian 

Teman-teman tahu tidak, bahwa vaksin itu bisa mencegah kematian lho. Karena vaksin ini digalakkan karena memang agar kita tidak mudah terkena penyakit yang menular dan berbahaya. Karena jika berbahaya tentu saja jadi mengancam banyak nyawa dan ternyata 2 sampai 3 juta kematian bisa dicegah dengan vaksin 


2. Dapat mencegah penyakit

Aku baru tahu ternyata vaksin atau imunisasi itu bisa mencegah sampai 26 penyakit lho. Salah satunya seperti TBC dan lain-lain


3. Mengurangi Resistency Antibiotic

Dapat mengurangi resistency antibiotic yang dapat mencegah penyakit pada tahap awal 


4. Melindungi orang lain

Nah, jika kita divaksin otomatis kita pun juga ikut melindungi orang lain karena tidak ikut tertular penyakit dari kita


Mengapa balita perlu divaksin? 

mengapa balita perlu divaksin

Sekarang kita sudah tahu ya kenapa harus vaksin. Dan sekarang kita sebagai ibu perlu belajar juga tentang vaksin balita dan mengapa balita perlu divaksin? 

1. Sistem imum bayi yang belum sempurna 

2. Agar bayi terhindar dari penyakit yang berbahaya

3. Vaksin untuk balita juga mampu menguatkan daya tahan tubuhnya

4. Melindungi orang lain karena terhindar dari penyakit menular yang diakibatkan dari anak kita jika anak kita sedang sakit

5. Tentu saja jadinya menghemat biaya ya kalau anak kita sehat


Apa dampak dari vaksin atau imunisasi ini? 

Bisa terbentuknya herd immunity yaitu terciptanya kekebalan pada sebuah kelompok hingga membentuk populasi. Jadi kalau kita semua divaksin, maka terbentuk populasi yang sehat pula 

Selain itu, dampak dari vaksin ini untuk beberapa anak ada yang mengalami demam seperti setelah mendapakan vaksin DPT tapi itu normal kok. Jadi vaksin aman ya. Nggak perlu khawatir


Cara Membaca Jadwal Imunisasi

jadwal imunisasi atau vaksin

Hayoooo siapa yang masih kesulitan cara membaca jadwal imunisasi? Tenang kalian nggak sendiri kok. Karena memang imunisasi ini banyak jenisnya ya Teman-teman. Jadi wajar juga jika awalnya kita sempat bingung. 

Untuk jadwal vaksin, Teman-teman bisa lihat pada buku warna pink yang judulnya buku kesehatan ibu dan anak yang dari pemerintah atau menggunakan buku kesehatan dari faskesnya kalian juga bisa. Biasanya di situ ada ya jadwal imunisasi berdasarkan bulannya. 

Nah Teman-teman, aku juga baru tahu ternyata jadwal imunisasi yang sekarang dari IDAI 2020 sedikit berbeda dengan jadwal imunisasi dahulu. Perbedaannya seperti

1. Imunisasi BCG sudah bisa diberikan sejak bayi baru lahir. Jadi nggak harus nunggu usianya sebulan dulu. 

2. Sudah adanya imunisasi baru yang bernama JE (Japanese Encephalitis) yaitu imunisasi yang bertujuan untuk menghindari balita dari infeksi pada otak dan ini ternyata sudah jadi vaksin wajib lho oleh pemerintah. Wah jadi ingin Erysha dan Kayesa mendapatkan vaksin JE ini ikh 

3. Hepatitis A dulu diberikan pada anak usia 2 tahun. Tapi sekarang sudah boleh diberikan pada anak usia 1 tahun

4. Dan lain-lain


Arti Warna pada Jadwal Vaksin

Sekarang kita belajar arti warna pada jadwal vaksin ya Teman-teman. 

Biru: ini vaksin primer alias wajib. Jadi bukan vaksin tambahan ya. Vaksin tambahan itu seperti vaksin influenza dan lain-lain. Vaksin primer ini diwajibkan dan disesuaikan dengan usia bayi pada jadwal


Baca juga: Tahukah Bunda Bahwa Salesma dan Influenza itu Berbeda lho


Merah: Ini untuk vaksin booster atau vaksin penguat contohnya seperti vaksin DPT

Kuning: Catch - up artinya boleh vaksin tertunda karena pandemi

Kuning tua: Daerah yang sedang dilanda banyak penyakit tertentu. Contohnya seperti corona ya

Waw vaksin itu kan ada banyak ya Teman-teman jenisnya dan jadwalnya pun berbeda-beda. Jadi, jangan ragu untuk rajin bertanya pada dokternya ya. Dan jika kita lupa anak kita sudah dapat vaksin tertentu atau belum, bisa vaksin ulang. Jangan khawatir vaksin aman. Jadi jika ternyata anak sudah mendapatkan vaksinnya, maka kelebihan komponen vaksin barunya akan dibuang oleh tubuh anak. Begitu kata dr Attila Dewanti Sp.A(K)


Kapan anak tidak boleh divaksin atau diimunisasi? 

1. Ketika anak terkena kanker atau sedang kemoterapi

2. Anak yang sedang mengkomsumsi oba-obatan khusus

3. Anak yang memiliki riwayat alergi berat pada doksis vaksin sebelumnya


Kapan bayi prematur bisa diberikan vaksin? 

Buat Teman-teman yang memiliki anak yang lahir dengan prematur pasti bingung, kapan bayi prematur boleh divaksin? Yaitu ketika bayi sudah berusia 2 bulan atau ketika berat badannya minimal sudah 2 kg. Jadi jangan khawatir ya, bayi prematur tetap bisa divaksin kok dan jadwal imunisasinya sama dengan jadwal imunisasi dari IDAI 


Tips agar Anak Nyaman saat Divaksin atau Diimunisasi

1. Dipeluk

2. Di sounding

3. Bawakan mainan kesukaan anak

4. Dan lain-lain


Tips Vaksin / Imunisasi saat Pandemi

Teman-teman siapa yang khawatir membawa anak vaksin ketika pandemi begini? Samaaaaa, Aku juga. Nah dr Attila Dewanti Sp.A(K) juga kasih tips vaksin saat pandemi 

1. Tetap menjaga protokol kesehatan 


Baca juga: Bagaimana Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Zaman Now? 


2. Pastikan anak kita sehat saat vaksin di tengah pandemi

3. Pilih rumah sakit yang sudah memisahkan anak yang sakit dan anak yang sehat 

4. Tetap jaga jarak

5. Selalu rajin cuci tangan sebelum dan sesudah 

6. Setelah divaksin jangan dulu langsung pulang. Tapi tunggu dulu selama 30 menit untuk melihat apa ada reaksi setelah divaksin pada anak atau tidak 

7. Sampai rumah langsung mandi dan bajunya langsung direndam 


Apa itu vaksin ganda atau kejar? 

Vaksin

Nah Teman-teman, vaksin di tengah pandemi ini kan bikin kita suka khawatir ya, oleh karena itu ada yang namanya vaksin ganda atau kejar. Yaitu kita boleh melakukan vaksin pada anak lebih dari 1 vaksin dalam satu waktu asal di titik yang berbeda atau bisa juga menggunakan vaksin kombinasi yang artinya dalam satu suntikan tapi ada banyak komponen vaksin lain di dalamnya

Nah itu Teman-teman ilmu yang aku dapatkan dari webinar itu. MasyAllah lengkap banget kan. Jadi Teman-teman nggak perlu takut ya anaknya divaksin. Vaksin aman kok. Buat Teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang vaksin, bisa cuss kepoin instagramnya @kenapaharusvaksin. Yuk tunggu apalagi, kita lengkapi vaksin anak kita demi tumbuh kembangnya yang sehat dan ceria ❤



24 comments

  1. Vaksin sebagai upaya preventif di masa pandemi, merawat kesehatan dan semua

    ReplyDelete
  2. Setuju, ayo kejar vaksinasi dengan vaksin ganda..Gapapa kok
    Anak bungsuku juga dulu di Amerika karena tertunda dari Indonesia jadi sekali datang langsung 4 suntikan (kedua paha, kedua lengan dan tetesan)

    ReplyDelete
  3. Orang tua di Indonesia masih takut-takut menerapkan vaksin ganda atau multiple injection. Saya sendiri kalo gak salah pernah 2x menerapkan vaksin ganda untuk putri saya. Saya pilih yang kombinasi. Jadi ada vaksin yang disuntikkan ke anak, itu ada 6 jenis vaksin, dan ada pula yang diteteskan. Pokoknya biar gak sering-sering ke rumah sakit deh.

    ReplyDelete
  4. Dengan vaksinasi rutin sesuai jadwal tentu membuat imunitas tubuh pada anak kita bertambah dan tentunya juga ditambah asupan gizi yang cukup.

    ReplyDelete
  5. seneng banget bacanya

    sangat mengedukasi agar ortu yang anti vaksin bisa sadar

    bahwa bahaya banget jika anaknya nggak divaksin

    mereka juga menggagalkan usaha pemerintah untuk membasmi virus di suatu daerah

    ReplyDelete
  6. Jadi inget ponakan daku waktu diimunisasi, megangin tangan daku kencengnya sambil nangis-nangis. Padahal bidannya ramah banget. Ternyata memang begitu ya harus dibuat nyaman

    ReplyDelete
  7. wahh saya baru tahu nih tentang vaksin ganda ini. Jadi ternyata bisa yaa. Buat ibu-ibu yang telat ngasih vaksin udah ada solusinya nih yaitu vaksin ganda ini

    ReplyDelete
  8. Wah tercerahkan dengan penjelasan vaksin ini. Jadi emang harus belajar pada ahlinya agar tidak mudah ikut omongan keramaian yg meragukan. Vaksin itu penting sejak bayi, ya. Agar tidak mudah tertular dan menularkan penyakit ke orang lain. Semoga banyak yang tersadarkan untuk vaksin sesuai jadwalnya.

    ReplyDelete
  9. Semua orang pastinya membutuhkan vaksin ya,Mba. Sejak kecil sudah mulai diberikan vaksin agar tubuhnya kebal. Sekarang sudah besar harus divaksin juga untuk vaksin covid. Makin paham nih tentang vaksinnya setelah baca tentang vaksin ini.

    ReplyDelete
  10. Membayangkan efek kelalaian vaksin itu sesungguhnya cukup mengerikan. Efeknya bukan hanya sekarang tapi juga buat kedepannya. Tumbuh kembang anak otomatis akan terganggu dan itu bahaya banget. Karena disekitar kita banyak virus mengintai. Apalagi untuk anak-anak yang masih memiliki imunitas rendah.

    ReplyDelete
  11. Yes, webinar kemarin membuat kita jadi tambah ilmu ya mbak. aku juga kemarin berkesempatan mengikuti webinar keren ini.

    ReplyDelete
  12. lengkap banget tulisannya mbak
    memang vaksin itu penting bagi anak ya mbak
    bisa melindungi anak anak dari berbagai ancaman penyakit

    ReplyDelete
  13. Banyka juga loh yg blm faham trg pentingnya vaksin sehingga anaknya gak di vaksin. Ada bbrp kawan saya yg beranggapan bgitu. Pdhl betapa pentingnya Vaksin ini

    ReplyDelete
  14. Btw, anak aku belum vaksin Japanese Encephalitis. Baru tau sekarang-sekarang kalau itu wajib. Udah lewat usia balita sih anaknya udah 6 tahun. 😅

    ReplyDelete
  15. Huwooow....seneng banget kalau bisa diskusi langsung dengan ahlinya ya. Aku pribadi lumayan prihatin dengan masih banyaknya ortu yang antivaksin karena pemahaman yang salah.

    ReplyDelete
  16. Wah bahaya kalo sampai lupa jadwal vaksinasi buat anak-anak. Aku dulu takut kelupaan, jadi buku imunisasi itu aku simpan di tas kerja. Waktu itu masih kerja, jadi jadwalnya aku simpan juga di PC kantor buat ngingetin sehari sebelumnya.

    ReplyDelete
  17. Di masa pandemi ini jangan sampai absen bawa anak imunisasi ya kak. Soalnya imunisasi bukan hanya penting bagi anak kita .juga bagi lingkungan agar tercipta herd immunity.

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah penting banget nih info tentang vaksin, karena kondisi pandemi kmrn bisa jadi banyak yang dilema untuk berangkat vaksin.

    ReplyDelete
  19. Lengkap sangat penjelasannya ya Bun.. aku genk mamak-mamak pto vaksin. Pokoknya bikin anak sehat dan kuat itu penting. Sehat selalu ya untuk si kecil di rumah ❤️

    ReplyDelete
  20. Entah kita yang lebay atau tidak rela melihat anak di vaksin. Kita sedih banget anak kita nangis saat di vaksin. Padahal ini bagus buat masa depannya

    ReplyDelete
  21. Secara tidak langsung sebenarnya vaksin tak hanya melindungi orang yang divaksin tapi juga orang di sekitarnya ya mba. Waah dapet ilmu baru soal warna-warna jadwal vaksin

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah anakku udah divaksin lengkap. Beruntung program vaksin pemerintah melalui posyandu di kampung saya berjalan sangat baik. Mengingat lokasi lumayan jauh dari fasilitas kesehatan, bisa jadi kalau posyandu nggak berjalan, anak-anak sini nggak divaksin wajib karena pemahaman masyarakat tentang vaksin masih kurang.

    ReplyDelete
  23. Iya, benar mbak.
    Nggak perlu khawatir ngevaksin anak asal patuh prokes dan lihat kondisi anak juga, ya mbak?
    Jadwal vaksin IDAInya boleh juga tuh, disertai cara bacanya, thx mbak.

    ReplyDelete
  24. Setuju Mbak vaksin penting banget jadi jangan sampai telat insyaallah asalkan taat prokes semua aman...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏