Bingung Mencari Lagu Anak Indonesia? Di Youtube Hoala & Koala Saja

Bingung Mencari Lagu Anak Indonesia? Di Youtube Hoala & Koala Saja

Bingung Mencari Lagu Anak Indonesia? Di Youtube Hoala & Koala saja. Sudah 5 tahun lebih aku jaranggggggg sekali mendengarkan lagu-lagu kesukaanku sejak memiliki seorang anak dan aku tersemangat panggilan baru yaitu sebagai seorang "ibu". Tahu sendiri kan lagu-lagu orang dewasa atau seusiaku itu sukanya lagu cinta-cintaan begitu. Jadi, nggak mungkin dong aku suka memperdengarkan lagu-lagu seperti itu di rumah pada anak-anakku. Kenapa coba? 


Baca juga: Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Anak Sadari


Mengapa sebaiknya anak-anak tidak diperdengarkan lagu orang-orang dewasa? 

1. Tidak sesuai dengan usianya

Kebanyakan lagu-lagu orang dewasa itu kan tentang cinta-cintaan ya, jadi belum waktunya kan ya anak kecil berbicara tentang cinta dan bahas-bahas soal cinta 😂. Khawatirnya terlalu dini dikenalkan mereka salah memahami. Jadi biarkan semuanya berjalan sesuai usianya dan waktunya saja

2. Banyak lirik lagu orang dewasa yang tidak layak anak dengar 

Lagu-lagu orang dewasa itu apalagi zam now selain banyak tentang cinta-cintaan, banyak juga yang liriknya bahasanya kasar, nggak sopan bahkan ada yang vulgar huhuhu 😭 aku kan sedih jadinya 

Soalnya pernah dong aku dengerin anak kecil nyanyi lagu dangdut yang bahasanya kurang lebih kayak gini "dihamili pacar". Ya Allah serasa duniaku berguncang dong. Walau tetap itu bukan anak aku, tapi kan tetap saja miris sekali rasanya. Dan ada juga rasa khawatir anak aku kelak terbawa arus oleh lingkungan yang ngga baik. Aduh janganlah ya. Kita harus banyak berdoa semoga Allah menjaga anak-anak kita ya Teman-teman dan kita harus banyak belajar menjadi orang tua


Baca juga: Saat Berharga untuk Anak Kita 

Baca juga: Termasuk Orang Tua yang Bagaimanakah Kita? 


Dan kalian tahu apa yang membuat aku semakin sedih lagi? Orang tua yang anaknya menyanyikan lagu tersebut malah cengengesan tanpa merasa bersalah coba, anaknya menyanyi lagu yang tidak pantas dinyanyikan oleh orang dewasa apalagi ini oleh anak kecil. 

Ya Allah ingin rasanya aku memarahi di dalam hati. Tapi segera aku cepat cepat istigfar huhuhu 😭. Berat sekali ya PR kita dengan generasi selanjutnya

3. Lagu orang orang dewasa banyak berkonten galau

Anak-anak itu butuh lagu-lagu yang membawa kebaikan untuk mereka, lagu-lagu yang mengedukasi, memberi semangat pada anak bukannya lagu cinta-cintaan yang bernuansa galau. Hadeuh mau jadi apa coba generasi anak kita sejak kecil dikasih lagu galau begitu. 

Makanya, terkadang ada dari masa kecilku yang kurindukan yang tidak aku temui di generasi saat ini. Saat dulu waktu kita kecil lagunya anak-anak sekali, lucu, asyik seperti lagunya sherina, joshua yang airnya diobok-obok itu dan lain-lain. Tapi sekarang, dimana-mana yang kita dengar hanyalah lagunya orang-orang dewasa. Kasian bukan anak-anak kita jarang sekali ada lagu yang memang khusus dikomsumsi oleh mereka. Bahkan di perlombaan lagu anak saja, yang dinyanyikan lagu-lagu orang dewasa juga. Hiks

Nah terus ya, beberapa hari yang lalu aku baca tulisan di sebuah blog tentang lagu anak Indonesia yang dengan mudah kini bisa kita temukan di you tube Hoala & Koala. Ya ampunnnn penasaran dong aku apa itu Hoala & Koala. Tiba-tiba aku sudah merasa senang aja, karena nggak sabar mengenalkan Hoala & Koala ini pada anakku, Erysha. 


Mengenal Hoala & Koala 

Hoala & Koala

You tube Hoala & Koala adalah sebuah tontonan edukasi yang memang dirancang dan dipersembahkan untuk anak-anak. Latar belakang dibuatnya Hoala & Koala ini berangkat dari rasa khawatir si pembuat dengan lesunya perkembangan dunia musik anak Indonesia. 

Oleh karena itu, Hoala & Koala ini dibuat dengan animasi 3D agar menarik untuk anak. Di dalamnya semua pesan kebaikan dan pendidikan karakter dikemas sangat menarik sekali berupa cerita yang dirangkai oleh alunan lagu dan musik yang merdu dan berkelas tentunya 😍. 

Bingung Mencari Lagu Anak Indonesia? Di Youtube Hoala & Koala saja

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang suka sekali bernyanyi. Jadi untuk ke depannya Hoala & Koala akan terus mengeluarkan lagu. Bukan hanya lagu bergenre pop saja. Tapi juga bergenre jazz, big band, jpop, hingga etnik. MasyAllah luar biasa ya. 

Jujur ya, aku sukaaaaaa sekali dengan hadirnya Hoala & Koala ini. Karena memang mengedukasi menurutku dan lagunya enak di dengar dan berisi pesan kebaikan. 

Aku berharap dengan hadirnya youtube lagu dan animasi anak dari Hoala & Koala ini, kembali membawa aura positif dan menaikkan musik anak di Indonesia lagi. Amin ya Allah. 



13 comments

  1. Keponakan saya yang bayi lagi suka dengerin lagu anak. Nanti kalau ketemu dia mau kasih lihat akun ini. Kayaknya dia bakal suka, deh

    ReplyDelete
  2. Perkembangan, pertumbuhan anak salah satunya ditunjang keberadaan hiburan sesuai usia anak, channel link lagu anak salah satunya di atas dibutuhkan

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya aplikasi karakter Hoala Koala ini putra saya Fahmi merasa terbantu banget untuk mengetahui lebih banyak lagu anak Indonesia. Secara sekarang lagu anak Indonesia bisa dibilang hampir hilang ya...

    ReplyDelete
  4. Lebih mudah mengajari anak usia dini dengan menyanyi hoala koala recommended untuk anak usia dini

    ReplyDelete
  5. kasihan banget ya anak anak kita?

    untung banyak pelaku industri kreatif yang tanggap akan kebutuhan ini

    saya pun kalau sedang suntuk sering setel Hoala Koala

    happy lagi deh ^^

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu tentang hola koala ini. Pasti anak-anakku suka banget. Sekaligus bisa memperkenalkan lagi anak Indonesia, soalnya mereka lebih hafal lagu bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  7. Informatif nih bisa nantinya saya bagikan ke anak-anak murid di sekolah. Selama ini sudah terlalu banyak anak-anak yang mendengarkan lagu orang dewasa dengan lirik yang sudah pasti tidak pantas untuk usia anak. Baru tau juga dengan Hoala Koala ini makanya cocok deh diinfo ke murid di sekolah yang masih SD.

    ReplyDelete
  8. Penting memang melesetarikan lagu anak dengan aplikasi hoala dan koala ya...jadi teringat era-90-an lagu anak2 memang benar2 menjamur di tanah Air. Inget lagu2 dari Eno Lerian dan Joshua yang terkenal kala itu.

    ReplyDelete
  9. Sepertinya lagu-lagu anak Indonesia sudah hilang belasan tahun. Sekarang anak-anak malah lebih kenal gadget, main game, ketimbang main di luar dan menikmati lagu-lagu yang pas untuk seumuran mereka. Semoga Hoala dan Koala konsisten pada visi dan misinya, sehingga anak-anak Indonesia punya lagu-lagu yang indah untuk dikumandangkan lagi.

    ReplyDelete
  10. Kalau keseringan dengar lagu yang bukan untuk usianya memang gak bagus buat perkembangan anak² ya mbak. untunglah ada Hoala Koala jadi penyejuknya

    ReplyDelete
  11. Hoala koala ini punya konsep yang unik yaa apakah semua lagu yang ada di akunnya punya animasi kartun yang bagus begini? Tentu anak-anak akan semangat nyanyi bareng nih kalau ada akun lagu anak Indonesia seperti Hoala Koala.

    ReplyDelete
  12. allhamdulillah ada channel anak hoala koala yang bisa bikin anak Indonesia makin mengenali lagu negerinya sendiri. Salut buat yang nyiptain

    ReplyDelete
  13. Aku udah mulai nih bukain channel ini buat anakku, walau pun sesekali anakku masih mau nonton cocomelon. Kekekeke. Harus mulai dibiasakan mencintai produk indonesia. Biar bangga dengan lagu anak indonesia.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏