Caraku Memilih Lembaga Terpecaya untuk Zakat dan Wakaf

Caraku Memilih Lembaga Terpecaya untuk Zakat dan Wakaf
Gbr: Ig Dompet Dhuafa

Caraku Memilih Lembaga Terpecaya untuk Zakat dan Wakaf. Assalammualaikum Teman - teman. Apa kabar? Sebagai umat islam tentu kita tidak asing ya Teman - teman sama yang namanya zakat dan wakaf. Begitu juga dengan keluarga kecilku. Kami termasuk yang rutin membayar zakat. Hanya saja sejak pandemi aku membayar zakat lewat online untuk menghindari kontak dengan banyak orang. Terutama waktu kasus Covid sedang tinggi - tingginya dan aku pun sedang hamil ya. Jadi, sebisa mungkin aku keluar cuma untuk hal yang mendesak saja

Allhamdulillahnya dengan perkembangan zaman dan canggihnya teknologi. Membayar zakat, bersedekah dan berwakaf sekarang semua terasa mudah. Cukup duduk tenang saja dari rumah dan semua dapat dilakukan hanya mengandalkan smartphone kita saja. MasyAllah canggih sekali bukan. Sekarang itu zaman apa - apa kita dimudahkan ya hihihi 😂 *rezeki sekali 😍

Nah karena kemudahannya inilah kita jadi perlu juga berhati - hati dalam berzakat atau berwakaf. Nggak asal transfer uang aja. Tapi juga harus benar - benar cari tahu lembaganya dulu. Terpecaya atau nggak. Begitu juga denganku. Aku itu tipe orang yang nggak mudah percaya sama orang atau lembaga begitu. Apalagi di zaman sekarang, betapa maraknya kan penipuan bahkan penipuan atas dasar agama. Jadi mendingan menurut aku kalau ingin membayar zakat atau berwakaf ke lembaga yang memang terpecaya aja deh. 

Terus bagaimana sebaiknya cara memilih lembaga terpecaya jika ingin berzakat atau berwakaf? Ini caraku ya


Caraku Memilih Lembaga Terpecaya untuk Zakat dan Wakaf

1. Berbentuk organisasi dan sudah terdaftar

Memang harusnya lembaga itu berbentuk organisasi gitu ya. Bukan perorangan

2. Mendapatkan izin dari negara

Seperti mendapatkan izin dari pihak yang berwenang atau pihak setempat. Untuk mencari tahu lembaganya legal atau nggak

3. Berbadan hukum

Oh ini harus dong. Biasanya soal badan hukum dan izin resmi suka ada pemberitahuannya di website lembaganya

4. Direkomendasikan oleh BAZNAS

BAZNAS adalah badan amil zakat nasional milik negara. Jadi, BAZNAS ini akan merekomemdasikan pada masyarakat lembaga - lembaga mana saja yang terpecaya baik di tinggkat provinsi maupun kabupaten untuk menerima zakat kita

5. Cari tahu media sosialnya

Selain cari tahu tentang websitenya, kita perlu cari tahu juga facebook, instagram dan twitternya untuk melihat semua kegiatannya, sepak terjangnya dan juga komentar - komentar dari orang - orang. Biasanya komentar positif dan negatif itu kan suka ada ya. 


Baca juga: Jalani Hidup Apa Adanya Walau Media Sosial Suka menuntut Kita Sempurna


6. Cari tahu tentang programnya

Ini juga kita wajib tahu, agar kita tahu uang yang akan kita zakatkan atau wakafkan akan pergi kemana dan digunakan untuk program apa saja

7. Cari tahu laporan keuangannya transparan nggak

Kan tentu banyak ya yang berdonasi dan juga membayar zakat. Jadi, kita harus cari tahu juga laporan keuangannya transparan nggak sama donaturnya atau yang penitip zakatnya

Nah, salah satu lembaga terpecaya, lembaga yang sudah memenuhi semua kriteria di atas dan sudah berdiri dengan sangat lama itu menurutku yaitu Dompet Dhuafa. Saking terpecayanya dan berpengalamannya hampir semua orang rasanya tak ada yang tak kenal dengan Dompet Dhuafa. Betul nggak? 


Dompet dhuafa

Jujur ya, aku itu orang yang sangat mengagumi kebaikan Dompet Dhuafa ini. Kita tahulah ya program - program kebaikan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa ini ada di semua aspek baik itu aspek pendidikan, kesehatan, budaya, sosial dan dakwah juga aspek ekonomi. Kadang aku suka bertanya dengan diri aku sendiri. Masih ada ya orang baik dan begitu totalitas membantu banyak orang sampai ke pelosok pelosok begitu dalam segi apapun itu. MasyAllah 😍


Baca juga: Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Zaman Now

Baca juga: Apa itu Pendidikan yang Sebenarnya? 


Aku yakin mereka pasti banyak berkorban soal materi, waktu, tenaga, dan pikiran hanya untuk membantu sesama termasuk soal zakat dan juga wakaf. MasyAllah ternyata orang - orang baik dan bergerak karena Allah itu beneran ada ya. Aku jadi belajar banyak hal jadinya. Kita doakan ya Teman - teman orang - orang yang bekerja di Dompet Dhuafa dengan tulus dibalas kebaikannya dengan syurga oleh Allah. Amin. 

Selain berbicara tentang zakat, aku pernah wakaf juga di Dompet Dhuafa. Dulu ya aku sangka kalau mau wakaf itu, kita harus punya uang yang banyak, harus punya tanah dulu, atau bangunan dulu yang bisa kita wakafkan. Pokoknya sesuatu yang jumlahnya atau nilainya itu besar baru bisa wakaf. Tapi ternyata aku salah, kalau di Dompet Dhuafa hanya dengan 10 ribu saja kita bisa wakaf lho. Ini buktinya pada gambar di bawah aku wakaf cuma 10 ribu aja. Tinggal transfer lewat dompet digital sambil rebahan saja kita bisa berwakaf. 

Wakaf lewat Dompet Dhuafa

MasyAllah bahagia ikh aku. Ngerasa untuk mau sedekah, zakat bahkan wakaf aja begitu dimudahkan sekarang jalannya. Terima kasih Dompet Dhuafa mempermudah kami untuk beramal bahkan bisa lewat smarphone saja. Yuk kalian ikutan juga jangan ragu untuk #BeraniBaik dengan membayar zakat atau wakaf lewat Dompet Dhuafa klik sini aja ya "Dompet Dhuafa". InsyaAllah ini lembaga terpecaya selama 28 tahun sampai hari ini. MasyAllah jadi nggak ragu lagi kan kita untuk #BeraniBaik




20 comments

  1. di era digital seperti sekarang hampir semua hal kehidupan dipermudah dan menjadi lebih praktis termasuk dalam hal berbagi, spesifiknya berzakat dan berwakaf bisa dilakukan secara online melalui klak klik hape aja

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuun, wakaf starts from 10K
    ini sih bisa dilakukan siapa aja ya mbaaa
    insyaALLAH pahalanya mengaliiirrr terus, walo kita udah berkalang tanah
    asik nih DD programnya

    ReplyDelete
  3. Dompet dhuafa terpercaya sudah banyak program sedekah dan wakaf yang dijalankan semuanya tepat sasaran. semoga makin banyak yang terbantu

    ReplyDelete
  4. Untuk investasi dan sedekah, prinsipnya tetap sama, buatku. Pilih lembaga yang terpercaya. Insya Allah Dompet Dhuafa ini salah satu yang amanah.

    ReplyDelete
  5. Sudah 28 tahun perjalanan Dompet Dhuafa dalam mengemban amanah ZISWAF kita, beneran disalurkan ke yang berhak menerimanya. Apalagi makin mudah kini ya membayar ZISWAF ini. Banyak pilihan pembayaran pun dari 10.000 nominal saja bisa

    ReplyDelete
  6. Dengan 10 ribu saja yang kita lakukan setiap hari bisa sangat bermanfaat untuk orang lain.
    Ini transfernya bisa melalui e-wallet selain Goay gak..kak Yeni?

    ReplyDelete
  7. Dulu juga aku ngiranya wakaf tu hanya tanah atau bangunan atau sejumlah uang tertentu yang besar2 nominalnya. Ternyata jd dapat pencerahan jg dari Dompet Dhuafa bahwa wakaf tuh bisa berapapun nominalnya ya mbak. Yg penting niat + ikhlas.

    ReplyDelete
  8. Mbaak sepakat semua dengan 7 poin di atas. Mau menyalurkan bantuan supaya yakin sampai di tangan yang tepat ya perlu pilah pilih. Senangnya berani baik makin mudah bisa transfer dari rumah aja

    ReplyDelete
  9. Perkembangan dunia digital ini sangat membantu memudahkan hidup ya. Bahkan wakaf aja bisa melalui online, dengan nominal yang nggak besar juga.

    ReplyDelete
  10. DOmpet DHuafa sudah tak perlu diragukan lagi deh sangat amanah untuk kita salurkan zakat dan wakaf. Amanah dan kontribusinya selama ini tak perlu diragukan lagi

    ReplyDelete
  11. Mari kita bersama BeraniBaik, terus saling gotong royong berdonasi di dompet duafa. Bisa banget dg mudah, Rp 10.000 aja udah bisa berdonasi.

    Semoga Dompet Duafa selalu amanah dan menjadi jembatan untuk menolong mereka yang membutuhkan. 🥰

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang emang harus berhati2 banget Mak, tapi kalau Dompet Dhuafa ini InsyaAllah sudah terpercaya kok, programnya juga jelas. Sudah lama aku kenal Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  13. Dompet Dhuafa memang terdepan untuk urusan penyaluran dana umat. Mereka juga sering berkolaborasi dengan banyak elemen masyarakat

    ReplyDelete
  14. Ajakan yang baik ini ya mak, semoga bisa diikuti dengan yang lainnya, aksi dompet dhuafa selama ini emnag sduah gak usaha diragukan.

    Btw maaf itu judul penulisannya terpecaya artinya apa ya, mana yang benar ya terpercaya atau terpecaya ya mak

    ReplyDelete
  15. Iya bener dompet shuaga nih salah satu wadah betamal yang saya suka. Soalnya caramya mudah dan bisa cuma wakaf 10rb aja. Coba gimana nggak mudah? Sementara banyak org berpilir utk wakaf kudu ngeluarin uang jutaan bahkan ratus.

    ReplyDelete
  16. Salut banget sama Dompet Dhuafa, programnya bagus bagus sekali. Selain itu, Dompet Dhuafa juga memudahkan orang yang wakaf. Karena wakaf nggak perlu nunggu kay, bisa dimulai dengan nominal 10.000

    ReplyDelete
  17. Soalnya sekarang banyak tuh lembaga-lembaga wakaf gitu kan ya. Kadi harus lebih teliti lagi ya milihnya. Tapi klo sompet shuafa mah insyaAllah udah terpecaya banget

    ReplyDelete
  18. Wakaf bisa dengan uang sekarang dan jadi memudahkan wakaf atas nama orang tua yang sudah meninggal dunia

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah, Dompet Dhuafa sudah 28 tahun, pengalaman dalam bidang amil zakat banyak dan tidak diragukan amanahnya. Alhamdulillah beberapa kali sempat menitipkan donasi lewat DD.

    Makasih pengingatnya.

    ReplyDelete
  20. Dompet dhuafa lembaga zakat dan sedekah yg paling aku percaya skr ini. Sama mbaa, akupun ga mau asal kalo milih lembaga utk menyalurkan zakat dan sedekah. Udh banyaaak lembaga abal2 yg ternyata kerjasama Ama teroris atau kelompok fanatik yg bawa2 agama, padahal dasarnya sampah yg pengen hancurin negara. Sorry aja kalo sampe uangku ikut andil membantu mereka2 itu.

    Tapi aku percaya Ama dompet dhuafa. Udah sering kali bayar zakat fitrah, zakat harta dan zakat oenghasilan melalui mereka. Malah pernah beli kurban juga dari dompet dhuafa. Dan itu transparan bangetttt. Mereka kasih detil laporannya melalui email. Makanya aku masih percaya dengan dompet dhuafa sampai skr ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏