• Sunday, June 18, 2017

    7 Alasan Mengapa Orang Tua Perlu Belajar Teknologi. Yuk Menjadi Orang Tua yang Kreatif Bersama Asus EeeBook E202 dalam Membuat Proses Belajar yang Menyenangkan Bagi Anak



            Apa ayah bunda sudah tahu mengapa kita sebagai orang tua perlu melek dan belajar teknologi ? dan gimana sih caranya menjadi orang yang kreatif bersama Asus EeeBook E202 dalam membuat proses belajar yang menyenangkan untuk anak kita ? Yuk kita lihat disini ya

    Mengapa orang tua perlu belajar teknologi ?

    1. Untuk mengawasi dan mendampingi anak di era digital

    Di sebuah seminar parenting dimana pembicaranya adalah psikolog Bu Elly Risman menyampaikan bahwa saat ini tantangan kita sebagai orang tua semakin berat. Bagaimana tidak, saat ini anak-anak kita rentan sekali di serang dari berbagai arah yang namanya pornografi, adegan kekerasan, gaya hidup komsumtif dan dari hal lainnya.

            Itu semua mereka dapatkan dengan mudah dari tontonan yang tidak mengedukasi, dari komik, bacaan buku yang belum sesuai dengan usia anak,  dari pergaulan dan teknologi pun memiliki andil yang besar dalam menyerang anak seperti  dengan mudahnya anak mengakses tayangan atau gambar-gambar yang berbau  pornografi, kekerasan dan lain halnya.

            Itu semua menimbulkan kekhawatiran kepada kita sebagai orang tua sehingga mau tidak mau kita perlu untuk melek dan belajar teknologi agar kita mampu mengawasi dan mendampingi anak kita dengan bijak di era digital ini.

            Nah bagaimana kita bisa tahu dan mengawasi kegiatan anak di dunia maya jika kita sebagai orang tuanya gaptek ? Betulkan ayah bunda ? Sedangkan dunia maya itu bukan hanya tentang media sosial saja lho yang perlu kita pelajari tetapi masih banyak yang lainnya yang belum kita ketahui.

    2. Sebagai media orang tua dalam belajar ilmu

    Sebagai orang tua yang baik kita dituntut untuk terus belajar dan membekali diri kita dengan berbagai ilmu dan skill pengasuhan anak kita. Teknologi bisa kita manfaatkan sebagai sarana kita untuk belajar salah satunya yaitu melalui internet. Di internet kita bisa menimba ilmu dan membaca dari website-website yang terpercaya tentunya yang dapat menambah wawasan kita.

            Rasanya malu ya ayah bunda jika anak bertanya tetapi kita tidak tahu jawabannya atau malah memarahi anak sebagai bentuk pengalihan dari pertanyaan anak yang tidak bisa kita jawab. Akhirnya membuat anak malas bertanya lagi pada kita dan berakhir dengan cara kita yang mematikan rasa ingin tahu anak yang sedang berkembangnya. Jika kita tidak tahu, bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari tahu. Itu cuma salah satu contoh ya ayah bunda dampak jika kita tidak melek teknologi.

    3. Agar dapat mengajarkan anak dengan metode interaktif salah satunya dengan pembelajaran berbasis teknologi

    Ayah bunda kita bisa lho memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar anak masa kini di rumah. Contohnya jika kita mengenalkan anak dengan dunia hewan, tak perlu lagi kita repot-repot menceramahi anak tentang hewan yang tak tampak oleh anak tapi kini kita bisa mengajak anak menonton video hewan di notebook. Otomatis itu lebih cepat ditangkap oleh anak karena lebih menarik dan anak pun langsung mengetahui bentuk dan rupa hewan yang anak tonton. Tentunya lebih nyaman juga ya ayah bunda bagi kita dan anak kita menontonya


    4. Media orang tua dalam menambah ide dan kreatifitas dalam proses belajar anak

    Saat ini proses belajar anak tak bisa dengan sistem konvensional lagi kita terapkan. Udah ketinggalan zaman banget sistem ini. Anak-anak disuruh duduk rapi lalu disuruh membuka buku dan kita sibuk mengajar dengan metode menceramahi anak. Aduhhhh metode seperti ini sungguh membosankan dan tentunya tidak menarik bagi anak.

            Nah bagaimana ya caranya membuat apa yang kita sampaikan itu menarik bagi anak ? Salah satu caranya yaitu mencari ide kreatifitas dengan bantuan teknologi yaitu internet, dengan internet kita bisa mengemas materi yang kita ajarkan menjadi mudah dipahami oleh anak. Contohnya untuk mengajarkan perkalian kepada anak agar anak segera hapal kita bisa dengan metode bermain ular tangga 2 dadu atau metode permainan yang lainnnya. Darimana kita dapat ide permainan itu ? Pastinya karena kita dapat memanfaatkan teknologi

    5. Dapat menyimpan data-data pendidikan anak yang kita  butuhkan

    Rasanya sayang sekali ya bun jika hasil karya anak atau proses belajarnya tidak kita abadikan dan simpan dengan cara yang aman. Nah kalau kitanya nggak melek teknologi kita kan bingung menyimpan itu semua dimana? Tetapi kalau kita tahu teknologi kita akan mudah menyimpannya di laptop dan juga di aplikasi yang semakin kekinian dalam menyimpan data.

    6. Untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan

    Dari beberapa penjelasan di atas sudah kebayang kan ayah bunda bahwa dengan bantuan teknologi kita bisa membuat proses belajar yang menarik bagi anak. Pastinya itu jadi proses belajar yang menyenangkan pula bagi anak

    7. Dapat membantu kesulitan anak memahami pelajaran di sekolah

    Jika kita melek teknologi kita bisa juga lho membantu anak-anak kita yang kesulitan dalam menghadapi materi pelajaran di sekolahnya. Suka ada ya ayah bunda pelajaran yang sulit dan tidak terbayang oleh anak ketika gurunya menjelaskan. Nah agar semua itu menjadi jelas dan terbayang oleh anak, kita lagi-lagi bisa memanfaatkan teknologi yaitu internet dalam menjelaskan pada anak sehingga anak bisa lebih mudah memahaminya

    Nah jika ada ayah bunda yang bertanya “kok kayak guru sih ? mengajar itu kan tugas guru di sekolah ? mencari ide dalam materi yang kita ajarkan kan itu tugas guru di sekolah ? kenapa harus kita orang tua yang ngelakuinnya ?”. Saya perlu luruskan ya. Tugas pendidikan dan pengasuhan anak adalah tugas utama orang tuanya. Guru di sekolah hanya sekedar membantu kita dalam mendidik anak-anak kita. Tetapi tetap mendidik anak adalah tanggung jawab utama orang tua. Toh di akherat nanti yang akan diminta pertanggungjawabannya tentang pendidikan anak kita adalah kita orang tuanya bukan gurunya.

            Banyak orang tua yang salah memahami soal ini sehingga anaknya dititipkan di sekolah untuk diajarkan, dididik dan tidak mau tahu. Tahunya anaknya harus bisa ini itu tapi melupakan peran mereka sebagai pendidik utama di rumah. Anak-anak di sekolah hanyalah sebentar tetap lebih banyak waktunya adalah bersama kita orang tuanya.

            Ayah bunda, seorang ibu adalah madrasah dan guru pertama bagi anak-anaknya dan ayah adalah kepala sekolahnya. Jadi dibutuhkan kerja sama yang kompak dari orang tua dalam membuat pembelajaran yang kreatif bagi anak di rumah.

            Setelah kita tahu betapa pentingnya kita sebagai orang tua untuk melek dan belajar teknologi. Jadi hari ini saya ingin mengajak ayah bunda untuk semakin kreatif bersama Asus EeeBoook E202 dalam membuat proses belajar yang menyenangkan bagi anak-anak kita. Yuk kita lihat

    Mengapa perlu memilih notebook Asus EeeBook E202 untuk menjadi orang tua yang kreatif dalam membuat proses belajar yang menyenangkan bagi anak ?

    1. Asus EeeBook E202 ringan, sederhana dan mudah dibawa kemana-mana

    Asus EeeBook E202 ini ringan sekali lho ayah bunda karena beratnya hanya 1.21 kg dan besarnya tidak lebih dari ukuran kertas A4. Jadi mudah sekali kita bawa kemana-mana dan kita pun bisa menyiapkan bahan ajar yang kreatif anak kita dimana saja dan kapan saja

    2. Memilik 4 warna yang menarik

    Wah Asus EeeBook E202 ini berani mengeluarkan warna yang ekspresif seperti Silk White, Dark Blue, Lightning blue, dan Red Rouge. Jadi menarik juga bagi anak untuk menggunakannya



    3. Asus EeeBook didukung beberapa USB port, sebuah micro HDMI port, dan slot microSD

    Itu semua tersedia untuk mendukung komputasi kita sehari-hari. Selain itu ayah bunda USB 3.1 tipe C ini sangat menghemat waktu kita karena dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan yang reversible setiap waktunya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0

    4. Memiliki baterai yang tahan lama

    Baterai Asus EeeBoook E202 ini bisa bertahan lama lho ayah bunda sampai 8 jam sehari. Jadi kita nggak perlu khawatir jika baterainya cepat habis ketika kita mengerjakan sesuatu atau sedang mengajar anak menonton yang ada nilai-nilai edukasinya


    5. Touchpadnya responsiv

    Touchpadnya sangat responsiv sekali. Seolah-olah seperti kita menyentuh layar smartphone aja. Apalagi ukurannya 36 % lebih besar dari touchpad laptop sejenis yang berukuran 11.6 inci.

            Jadi kita nggak perlu khawatir nih ketika kita akan membuat program belajar atau program stimulus anak di rumah menjadi lama karena berkat touchpad yang responsiv ini semua menjadi cepat diselesaikan

    6. Memiliki keyboard yang sangat nyaman

    Kenapa dikatakan sangat nyaman ? Karena memiliki jarak antar keyboard 16mm sehingga membuat kita enak untuk mengetiknya dan bahkan tahan sampai 10 juta pengetikan.

            Membuat kita betah nih ayah bunda mengetik program belajar anak atau urusan kerjaan di luar dengan rasa yang nyaman pastinya

    7. Suara bisingnya sangat rendah

    Buat para bunda yang masih punya anak kecil, terkadang kita suka takut ya anak kita mudah terbangun jika mendengarkan suara berisik baik itu dari dalam maupun suara yang berasal dari luar rumah. Tetapi tidak perlu takut dengan suara bising Asus EeeBook E202 ini, karena suara bisingnya sangat rendah sekali

    8. Memiliki teknologi wifi terbaru 802.11ac

    Nah teknologi wifi terbaru ini memiliki kecepatan 3x lipat dari wifi 802.11n. Cocok banget nih buat para orang tua yang senang browsing, download dan streaming video dalam kegiatan belajar anak kita nanti

    9. Disenjatai dengan Intel processor terbaik

    Karena memiliki intel processor terbaik sehingga cocok banget nih buat orang tua maupun tenaga pendidik lainnya menerapkan metode belajar berbasis teknologi

    10. Memiliki warna yang menarik, dalam, dan hasil yang kaya

    Wah karena warnanya menarik dan terasa lebih hidup sehingga membuat kita dan anak-anak betah lama-lama belajar melalui tontonan edukasi yang kita berikan.


    11. Memiliki kualitas 2 fitur audio terbaik

    Kita bisa mengenalkan dan mengajarkan anak lewat musik atau film dengan kualitas audio yang enak  didengar ketika kita membutuhkan suara yang baik dalam proses mengajar kita

    12. Asus Eeebook E202 memiliki 16GB webstorage gratis selama 1 tahun

    Webstorage ini cocok untuk mendukung kita mensinkronisasikan semua data kita baik presentasi kerjaan, multimedia maupun album foto proses belajar anak kita.

            Wah terbantu sekali ya ayah bunda dengan Asus Eeebook E202 ini jadi mendukung kita dalam pembelajaran berbasis teknologi untuk anak kita.
    Saya juga sudah lama memakai produk Asus baik itu notebook maupun handphonenya. Karena terbukti kuat walaupun sudah bertahu-tahun pemakaianya. Ini buktinya





    Saya dan keluarga sudah merasakan produk Asus sehingga saya berani merekomendasikan produk asus ini kepada ayah bunda di rumah.

             Oh ya Asus EeeBook E202 ini Cuma di bandrol seharga Rp 3.249.000,- termasuk harga yang murah untuk notebook yang canggih seperti ini.

    Bagaimana ayah bunda ? Apakah ayah bunda sudah termotivasi jadinya untuk belajar teknologi dan mau menjadi orang tua yang kreatif bersama Asus EeeBoook E202 dalam membuat proses belajar menyenangkan bagi anak ?semoga sudah ya ayah bunda. Yuk kita sama-sama belajar demi memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita tercinta. Buat ayah bunda yang ingin lihat video notebook Asus EeeBook E202. Boleh dihat di bawah ini ya




    Blog Competition ASUS E202



         
    Referensi
    www.asus.com












    16 comments:

    1. Lah, banyak hal yg dpt diperoleh ya mbk bagi ibu yg melek teknologi,
      Aku masih bljr soal ini, semangat bljr trs demi jd ibu yg cucok eh kreatif maksudnya,
      Tengkiu sharenya ya mbk

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bunda. Terima kasih juga sudah berkunjung 😃

        Delete
    2. setuju, mba. Belajarlah sampai ke liang lahat. Jadi ada teknologi baru kita sebagai orang tua harus mau belajar. Walau pun ya, prosesnya bisa dua kali lipat di banding saat kita masih anak-anak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul banget bunda. Klo udah emak2 proses belajar ga semudah kita masih anak2 ya 😃

        Delete
    3. Ada pepatah "kejarlah ilmu sampai kenegara cina" kalo saya sih "iyesss"
      Biar ga gaptek juga sih, apalagi anak ku dah menginjak masa remaja mbak. Jadi aku bisa memantau apa yg mereka lakukan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bunda masa remaja udah lebih sering ya berinteraksi dengan teknologinya. Sukses ya bun untuk belajarnya kita 😃

        Delete
    4. Bener, jadi orang tua sekarang kudu terus belajar. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi saat ini

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun kita harus bisa memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin utk pendidikan anak kita ya 😃

        Delete
    5. Aku merasakan betul kemudahan menjadi orangtua karena memanfaatkan teknologi, Bun. Terutama kalau misalnya Kak Ghifa sakit atau mencocokkan tumbuh kembangnya. Bayangkan saja misalnya aku gak paham soal teknologi, kayak apa anakku nanti.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bunda. Semoga banyak para ortu yang mau melek teknologi ya bun 😃

        Delete
    6. orangtua jaman sekarang memang kudu melek teknologi, apalagi yg termasuk generasi millenial, sayang aja punya gadget canggih tapi gak mau belajar

      ReplyDelete
    7. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

      ReplyDelete
    8. laptop yang keren buat jiwa dinamis nih.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES