Mainan Edukasi yang Cocok untuk Kegiatan Anak Tk di Rumah

  

yenisovia.com

Mainan Edukasi yang Cocok untuk Kegiatan Anak Tk di Rumah. Ibu-ibuuuu apa kabar? Setelah beberapa waktu yang lalu aku isi blog dengan curhatan emak-emak yang baru beranak dua. Yang capeknya itu masyAllah bikin asma aku sering kambuh hampir tiap malam karena lagi punya bayi hahaha 😂. Rasanya sesuatu 😂. Oke stop curhatan tentang ini ya 😂.  

Nah, karena aku lagi punya bayi kan aku rempong ya. Jadi suka nggak sempet lagi bikin kegiatan stimulasi untuk Erysha. Masih sih. Cuma ya nggak sesering dulu. 

Aku yakin emak-emak rempong itu bukan cuma aku aja. Apalagi lagi pandemi begini. Anak - anak jadi lebih banyak di rumah. pasti bingung kan ya biar anak - anak nggak bosan di rumah dan biar ga main gadget mulu harus dikasih kegiatan apa? 


Baca juga: Cara Mengalihkan Anak dari TV dan Gadget 

So, hari ini aku mau review mainan edukasi Busy Bee dari El - Hana berdasarkan pengalaman aku ya yang menurut aku mainan edukasi ini cocok untuk kegiatan anak TK di rumah. Terutama anak 3+ 


Mainan Edukasi yang Cocok untuk Kegiatan Anak Tk di Rumah 

Jadi ya, dalam kotak mainan edukasi Busy Bee dari El - Hana ini ada beberapa mainan edukasi sekaligus aktivitas belajar anak dengan tema lebah. Dalam kotak mainan ada juga buku panduannya biar kita nggak bingung cara main dan belajarnya bagaimana.

Di dalam buku panduannya isinya selain cara bermain ada juga ensiklopedia mini tentang lebah. Jadi anak bisa mengenal lebah dari anatominya, habitatnya, siklus hidupnya dll. Oh ya, buku panduan dan ensiklopedia mininya bilingual ya. Jadi ada bahasa Indonesianya ada juga bahasa inggrisnya


Review Mainan Edukasi Busy Bee dari El - Hana Learning Kit

Di kotak ini ada 10 kegiatan edukasi anak yaitu

1. Bee Puzzle

Puzzle dari el hana learning kit

Tahulah ya gimana cara menyusun puzzle. Karena temanya lebah jadi puzzlenya pun tentang lebah. 


Manfaat bermain puzzle:

1. Melatih memori anak dalam mengingat, membayangkan. 

2. Menstimulasi kecerdasan spasial anak

3. Menstimulasi motorik halus ketika sedang menyusun

4. Melatih koordinasi mata dan tangan

5. Melatih problem solving anak

6. Dll


2. A Day in the Garden

kegiatan anak tk

Cara mainnya gampang ya tinggal tempel poster yang udah disediakan di dinding dan tempelkan stiker beberapa hewan ke poster. Ini ya posternya bagus banget dan warnanya colourfull. Menempel stiker itu jadi salah satu mainan favorit Erysha lho. 

Manfaat dari permainan ini anak jadi belajar mengenal arah seperti kanan, kiri, atas, bawah dengan cara menyenangkan. Selain itu anak juga jadi belajar tentang jenis hewan yang bisa hidup di darat, di air dan tentang hewan bersayap


3. Flower Color Sorting


Nah, kalau permainan ini caranya anak diajak menempelkan kelopak bunga sesuai bunga yang sama warnanya. Kegiatan ini bermanfaat untuk anak belajar mengenal warna, mengelompokkan warna. Jadi permainan ini menurut aku cocok juga untuk kegiatan anak usia 2 tahun 


4. Pollination Station

El hana learning kit

Cara bermainnya mengajak anak meletakkan pompom di atas kelopak warna berdasarkan banyaknya jumlah titik pada kelopak tersebut. Kalau permainan ini melatih kesabaran anak, ketelitian, dan mengenalkan anak pada hitungan juga. Karena setelah meletakkan pompomnya, kita bisa mengajak anak untuk menghitung jumlah pompom  yang ada di atas bunga


5. Pollen Transfer

Kegiatan anak paud

Mengajak anak untuk meletakkan pompom di atas sarang lebah dengan menggunakan jepitan. Manfaat permainan ini untuk menstimulasi motorik halus anak saat menjimpit, melatih koordinasi mata dan tangan, melatih anak memegang alat tulis dengan benar nantinya


6. Build a Beehive 

Cara bermain ini pun mudah. Kita bisa mengajak anak memasukkan pompom dan lebah sesuai jumlah pada kartu. Manfaat dari permainan ini untuk menstimulasi motorik halus, dan mengenal lambang bilangan dan mengenal hitungan pada anak dengan cara yang menyenangkan


7. Bee Counting


Hitung jumlah lebah sesuai jumlah lebah pada kartu. Kita bisa mengenalkan anak pada hitungan dengan cara yang menarik ya


8. Memory game


Permainan ini permainan mencocokkan kartu. Erysha dan teman-temannya suka ikh permainan ini. Permainan ini dapat melatih daya ingat anak, melatih konsentrasi, dan  menambah kosa kata anak


9. Bee Dot to Dot


Menebalkan garis putus - putus. Kegiatan ini dapat melatih motorik halus anak, belajar memegang alat tulis dengan benar, dan persiapan latihan anak untuk menulis nanti


Baca juga: Kegiatan Edukasi yang Bisa Dilakukan di Rumah Bersama Anak


10. Bee Life Cycle


Ini menempelkan siklus hidup lebah dengan urutan yang benar. Jadi anak bisa belajar tentang perubahan lebah dari lebah yang awalnya telur sampai berubah menjadi lebah dewasa dan menstimulasi fitrah iman anak karena mengagumi Allah atas ciptaanNya

MasyAllah dalam satu kotak mainan edukasi ada banyak ya mainan dan aktivitas belajarnya. Jadi buat kita emak - emak rempong yang nggak sempat bikin kegiatan anak di rumah atau kegiatan anak PAUD. Boleh banget nih beli kotak mainan dari El - Hana Learning Kit ini aja di instagramnya ya atau di websitenya. 


Instagram: @elhanalearningkit

Website: www.elhanalearningkit.com


Berdasarkan pengalaman aku, Erysha suka diajak main mainan edukasi dari El - Hana ini, bahkan dia suka mainin dan belajar sendiri pakai aktivitas di dalam kotak tanpa aku minta. Selain itu mainan edukasi dari El - Hana ini cocok sekali kita jadikan kado juga lho. Kalau aku sih puas dan suka ya. Bermanfaat bangetlah pokoknyapokoknya. Tunggu apa lagi, langsung aja cuss intip mainannya di instagram mereka ya 😘. Sampai bertemu dengan kegiatan Erysha yang lain ya dan bisa intip kegiatan - kegiatan Erysha di sini juga

15 comments

  1. Senangnyaaa Erysha bisa main sama Bunda.
    Menarik sih ya, bisa buat bonding ibu dan anak.
    Btw kalau anak laki gimana ya Bunsay?
    Anak-anak saya nih ya, dibeliin mainan yang serupa gini, sekali doang semangat, berikutnya malas, udah nggak karuan ke mana-mana deh mainannya hiks.

    ReplyDelete
  2. Jadi rindu dengan masa kecilnya anak-anakku, hehee. Sekarang mainannya udah ngga mau yang di rumah-rumah lagi. Setidaknya sepedaan mulu...
    Mungkin karna udah bosen di rumah terus ya.
    Lucu banget adeek pake kerudung pink...

    ReplyDelete
  3. Masya Allah busy bee el hana ini komplit banget ya bund, aku juga sekarang lebih sering beli mainan edukasi dan buku.. Jadi pengen beli buat Gen juga deh

    ReplyDelete
  4. hanya dari Bee jadi beragamam mainan, benar-benar mengajak anak untuk aktif.

    ReplyDelete
  5. Seru banget ya, banyak permainan untuk anak-anak gini. Pastinya anak2 jadi bangga karena sangat edukatif sekali mainannya, mudah2an bisa membangun emosional positif, meningkatkan prestasi dan motorik anak.

    ReplyDelete
  6. Seru kayanya ya untuk anak TK. Anakku laki kira2 suka juga gak ya mainan edukasi ini

    ReplyDelete
  7. setiap baca blog Mbak Yeni bareng Erysha atau lihat Ig bareng Erysha

    saya sering senyum senyum sendiri, karena berasa ikutan :D

    \termasuk kemarin lihat IG dan sekarang baca tulisannya

    smart banget Mbak Yeni ngajak Erysha main mainan edukasi dari El - Hana ini

    insyaallah Erysha bakal jadi perempuan cerdas

    ReplyDelete
  8. Abis baca ini aku mau bilang, itu bener-bener box ajaib yang dipegang Erysha. Bisa dapat 10 activity, seharian sibuk sendiri dengan cara cerdas. Kreatif ini emaknya.

    ReplyDelete
  9. MashaAllah berkualitas banget itu jenis-jenis mainannya. Mendorong anak untuk berpikir lebih baik, mengatur strategi sekaligus melatih motorik kasar. Permainan seperti ini yang harusnya lebih diperbanyak ragamnya ya. Karena manfaatnya bagus banget untuk tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  10. Lengkap bgt ini mba permainannya,ada bnyak bgt ilmu yg bs terserap dengan cara bermain.. Anaknya sibuk main dan belajar, emaknya jd bs istrahat dl ya.. Sehat2 mak 😊

    ReplyDelete
  11. Mainannya seru banget ya ini, bisa merangsang kreativitas anak juga. Pasti anak jadi sibuk berimajinasi pakai ini hehe.

    ReplyDelete
  12. Anak-anak sekarang punya banyak pilihan mainan edukasi yang bagus-bagus saya. Dulu anakku pas masih TK paling suka main puzzle. Kalau udah berhasil disusun, gak mau lagi dia mainkan. Jadinya saya beli mulu. Sampai 1 kontainer box penuh sama puzzle :)))

    ReplyDelete
  13. Erysha pintar cantik dan shalihaatt
    tuh, asik banget ya bisa main ama Bunda.
    Ntar aku bilang sepupuku buat dapatin box ajaib ini jugaaa

    ReplyDelete
  14. Aku paling seneng memory game.
    MashaAllah~
    Senangnya bermain bersama... Jadi lupa kalau mama harus masak yaa.. Hehhee..

    ReplyDelete
  15. Mbaaaa aku sukaaaa permainannya nih. Langsung tadi buka IG mereka, tapi ga ada ditulis harga yaaaa. Cuma tadi aku iseng cari di Tokped, ternyata ada yg jual. JD aku mau beli dari situ aja, Krn hrgnya udah tercantum, jadi lebih enak kalo udah tau gitu. :D.

    Baguus jenis2 permainannya. Anakku yg masih TK pasti seneng kalo belajar beginiii. Apalagi yg bagian menyusun puzzle . ❤️

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏