Skip to main content

Bunda Kenalkan 2 Hal Penting Ini Pada Anak Agar Momen Kemerdekaan Tak Berlalu Begitu Saja.


Merdeka! Ayah Bunda. Wah di hari-hari kemerdekaan ini. Apa aja sih yang biasanya Ayah Bunda lakukan dengan anak-anak di rumah? Dan apa saja yang sudah Ayah Bunda kenalkan pada anak untuk membantu anak memaknai momen di hari kemerdekaan ini? Tentu kita tidak ingin, ya Ayah Bunda momen kemerdekaan ini berlalu begitu saja tanpa ada nilai sesuatu yang bisa kita berikan pada anak.

         Tahukah Ayah Bunda, ada 2 hal penting ini yang sebaiknya kita kenalkan pada anak di hari kemerdekaan. Apa aja ya itu ?

1. Sejarah kemerdekaan Indonesia

Sebagai bangsa Indonesia yang terlahir di zaman ini,  kita tentunya tak seharusnya melupakan sejarah kemerdekaan bangsa kita sendiri. Walau, banyak orang yang kurang dapat memaknai hari kemerdekaan ini dan membiarkannya berlalu begitu saja.

        Nah, kita pasti tidak ingin ya, Ayah Bunda, anak kita mengikuti kebanyakan orang dan menjadi generasi yang melupakan sejarah bangsanya sendiri. Jadi, penting buat kita sebagai orang tua untuk mengenalkan anak sejarah kemerdekaan bangsanya sendiri.

        Bahkan anak usia prasekolah sudah bisa lho, Bun dikenalkan dengan sejarah. Tentunya disesuaikan pula dengan kematangan usia anak dan ada tahapannya, ya. Misalnya bisa lewat dibacakan buku cerita, bermain peran, boneka tangan, atau kita sendiri yang bercerita dengan penuh ekspresi dan berimprovisasi. Yang penting anak mengenal dahulu

Manfaat mengenalkan anak dengan sejarah kemerdekaan :

a.  Anak belajar sejarah bangsanya sendiri
b. Menumbuhkan rasa cinta anak pada tanah airnya
c. Menumbuhkan jiwa nasionalis anak
d. Membuat anak tak mudah terbawa arus kebudayaan negara lain.
e. Dll

2. Mengenalkan anak dengan ciri khas perayaan hari kemerdekaan yaitu mengajak anak untuk mengikuti perlombaan dan berpatisipasi di dalamnya.

Wah, kalau hari kemerdekaan itu, pastinya banyak perlombaan untuk anak ya, Ayah Bunda yang diadakan di mana-mana. Umumnya di setiap RW suka ada sih, ya. Nah, kenapa tidak kita ajak anak untuk memeriahkan hari kemerdekaan dengan mengikuti perlombaan yang diadakan di dekat rumah. Jarang-jarang, kan perlombaan itu ada. Mumpung ada kesempatannya, yuk kita manfaatkan. Kenapa? Karena banyak lho manfaat dari perlombaan itu dalam proses belajar anak. Apa aja sih, itu?

Berikut beberapa contoh perlombaan yang diadakan di komplek rumah saya :

a. Lomba makan kerupuk


Wah, lomba ini pasti selalu ada di setiap hari kemerdekaan. Walau lombanya sederhana, tetapi banyak manfaatnya lho. Salah satunya adalah dapat melatih konsentrasi anak

b. Lomba hias sepede



Lucu-lucu ya, Bun sepedanya. Nah, lomba menghias sepeda ini banyak nilai edukasinya lho, jika kita juga ikut mengajak anak untuk terlibat di dalamnya. Tentunya disesuaikan juga dengan kemampun anak ya, Ayah Bunda. Apa aja sih, nilai edukasinya?

- Melatih motorik halus anak dalam menggunting, merobek, meremas dan menempel

- Merangsang jiwa kreativitas anak
- Dapat mengenalkan warna pada anak usia dini

- Merangsang berpikir kritis anak, ketika orang tua bertanya ingin sepedanya dihias seperti apa dll

Ini adalah sepeda hias yang menang di komplek saya. Lucu kannnnnn?

Juara 1 
Juara 2
c. Lomba giring bola pakai terong


Jujur ya, Bun, saya baru tahu dan lihat ada lomba giring bola pakai terong hehehe. Kreatif sekali panitianya. Tetapi anak-anaknya senang dan serius mengikuti lombanya. Walau, lomba ini tidak umum ya. Tetapi, tetap ada nilai manfaatnya lho. Seperti:

- Melatih konsentrasi anak
- Melatih motorik anak ketika berusaha menggiring bolanya
- Melatih anak berpikir bagaimana caranya agar terongnya bisa mengenai bola dan bolanya bisa maju

d. Lomba ambil bendera


Lomba ini mudah sekali, Bun. Bahkan anak-anak kecil minimal usia 2 tahun juga sudah bisa memainkan lomba ini. Selain seru, lomba ini pun memiliki nilai lebih seperti:

- Menstimulus motorik kasar anak
- Membuat anak berolahraga
Pastinya itu semua bermanfaat ya, Bun dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu foto pemenang lomba
Bahagianya ibu itu, sederhana 😃
Sebenarnya banyak, sih lombanya. Hanya saja, saya baru sempat meliputnya sebagian. Nah kita ambil kesimpulannya ya, Bun. Bahwa mengajak anak untuk mengikuti perlombaan di hari kemerdekaan itu, banyak sekali manfaatnya untuk anak dan orang tua itu sendiri. Yaitu:

^ Membangun bonding antar anggota keluarga

^ Memberikan kecerian dan kebahagian pada orang tua dan anak, dimana ini baik untuk psikologis diri kita

^ Melatih anak untuk mencoba lagi dan berusaha ketika sedang mengikuti lomba.

^ Merangsang berpikir anak

^ Melatih kekompakan antara orang tua dan anak

^ Menumbuhkan jiwa persaingan pada anak

^ Mengenalkan pada anak bahwa kalah dan menang itu biasa yang penting usahanya

^ Mengenalkan pada anak bahwa jika menang tidak boleh sombong dan tidak boleh meremehkan orang lain

^ Mengenalkan pada anak bahwa bukan hasil yang terpenting tetapi proseslah yang mendewasakan kita

^ Mengajarkan anak untuk bersikap jujur

^ Mengenalkan anak untuk belajar menerima kekalahannya

^ Menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak

^ Dll

Bagaimana, Ayah Bunda, tidak menyangka ya. Hal-hal sederhana ini, tetapi memberi nilai lebih dalam proses belajar anak. Apa Ayah Bunda, sudah mengenalkan anak dengan 2 hal penting ini? Kalau belum, yuk setiap tahun kita ajarkan hal serupa pada anak dan tingkatkan sesuai dengan kematangan usia anak pula. Selamat mencoba Ayah Bunda dan selamat hari kemerdekaan







Comments

  1. kalau lomba 17-an saya yang sudah ibu-ibu ini aja excited, bun. apalagi ana-anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bun. Kemarin juga rasanya saya juga pengen ikutan lomba. Tapi sayang ga ada lomba buat ibu2nya hahahah

      Delete
  2. Aku kemaren cm ngenalin simbol negara aja mbk, bendera Indonesia, hiks,
    Mdh2an thn dpn aku bs praktekin dua hal ini,
    Makasih ya mbak, :)

    ReplyDelete
  3. kreatif bangetttt itu hiasan sepedanya mba haha, ku paling suka nontonin anak"lomba sepeda hias soalnya bisa liat sepeda yang unik"gini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun. Udah jarang sekarang soalnya lomba hias sepeda ya

      Delete
  4. Anakku juga ikutan lomba kmrn mba.. Ada karnaval sepeda hias juga. Buat kegiatan positif lah, biar gabung sama tmn2 seumuran di rumah..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…