• Sunday, August 6, 2017

    Ini Dia 10 Nilai Edukasi yang Didapatkan Anak Dari Tempat Wisata Warisan Dunia

    Tempat Wisatan Warisan Dunia yang Banyak Nilai Edukasinya Untuk Anak

    Pada tahun 1991, Unesco (United Nations Educational, scientific and Cultural Organization) yaitu, sebuah organisasi internasional di bawah PBB yang bertugas untuk membina kerjasama yang berhubungan dengan pendidikan, sains dan kebudayaan. Menetapkan bahwa Candi Borobudur di Indonesia sebagai warisan kebudayaan dunia (World Heritage).  Dimana, salah satu program Unesco adalah ikut melestarikan sebuah kebudayaan yang merupakan warisan budaya dunia, termasuk Candi Borobudur ini.

            Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini, didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra pada abad 800 masehi. Dimana dinasti Syailendra adalah dinasti pemerintahan Agama Budha terbesar di Indonesia dan Candi Borobudur ini merupakan candi terbesar di dunia.

            Bangunan candi ini terdiri dari 10 tingkat berupa punden berundak-undak. Di dinding Candi Borobudur terdapat 2.772 panel relief, 504 patung Budha, dan 72 stupa. Candi ini memiliki ukuran 123 m x 123 m dan tingginya kurang lebih 42 meter.  Bangunannya terlihat megah dan kokoh sekali. Setiap pahatan dan reliefnya mengandung nilai seni yang tinggi. Dan sungguh mahakarya yang hebat dari peradaban manusia dan memiliki nilai kebudayaan yang tinggi pula.

            Semua kelebihan yang dimiliki oleh candi Borobudur ini. Tak heran banyak wisatawan yang datang melihat dan berwisata ke candi ini, baik wisatawan yang berasal dari lokal maupun interlokal.



    Berwisata merupakan salah satu kebutuhan kita sebagai manusia, dalam menghibur diri. Begitu juga dengan anak-anak. Namun, tidak semua tempat wisata cocok untuk anak-anak.

    Ada beberapa hal, yang perlu kita pertimbangkan ketika memilih tempat wisata yang baik untuk anak, yaitu:

    1. Jarak

    Jarak perlu kita perhatikan ketika membawa anak-anak. Karena jarak tempuh yang jauh akan memakan waktu yang lama. Itu akan membuat anak-anak akan kelelahan dan merasa bosan di perjalanan. Sehingga ketika sampai ke tempat tujuan, membuat anak kurang bersemangat dan kurang terhibur di tempat wisata.

    Tetapi kita tidak perlu khawatir, karena sekarang banyak penginapan atau hotel-hotel terdekat dan bahkan banyak pula fasilitas mobil travel yang akan membuat kenyamanan berwisata keluarga kita ke Candi Borobudur ini

    2. Lingkungannya aman untuk anak

    Lungkungan yang aman untuk anak merupakan pertimbangan kita berikutnya. Lingkungan aman, akan membuat orang tua tidak banyak memberikan larangan kepada anak sehingga membuat anak dengan bebas berekplore dan orang tua pun, dengan mudah mengawasi anak dan tempat wisata candi Borobudur ini sesuai dengan kebutuhan anak dan orang tua. Karena di sana, tidak ada tempat yang dapat membahayakan anak. Walau begitu, tetap perlu di bawah pengawasan orang tua

    3. Ada nilai edukasinya

    Jika kita mengajak anak berlibur, sebaiknya bukan hanya sekedar mencari kesenangan saja yang kita berikan pada anak. Tetapi di dalamnya, harus ada nilai edukasinya yang bisa kita berikan pada anak. Tempat wisata warisan budaya dunia ini, yaitu candi Borobudur selain bisa jadi tempat bersenang-senang, tetapi juga banyak nilai edukasi di dalamnya
         
           Ada banyak nilai edukasi yang bisa kita berikan pada anak dengan tempat wisata ini, yaitu:

    1. Kita bisa mengenalkan sejarah dari awal berdirinya Candi Borobudur ini pada anak-anak

    2. Anak bisa mengetahui peninggalan sejarah dari negaranya sendiri

    3. Candi Borobudur memiliki nilai seni yang tinggi dalam setiap pahatannya, sehingga kita bisa belajar tentang seni dan menikmati keindahannya

    4. Agama Budha adalah agama pada masa pemerintahan dinasti Syailendra pendiri Candi Borobudur ini, sehingga kita mengajarkan pada anak untuk menghormati kepercayaan orang lain

    5. Mengajak anak untuk bereksplore dengan peninggalan sejarah

    6. Mengenalkan pada anak apa itu patung, stupa, prasasti dan candi

    7. Membangun rasa cinta dan bangga anak terhadap negaranya sendiri karena Indonesia memiliki situs wisata yang merupakan warisan kebudayaan dunia

    8. Merangsang rasa ingin tahu anak dan berpikir kritis

    9 Memperkenalkan pada anak dengan nilai kebudayaan yang kental.

    10. Membangun bonding antara orang tua dan anak

    11. Dll


    Karena hal-hal tersebut. Maka, sebagai orang tua, kita perlu ikut mengajak anak untuk menjaga, merawat, dan melestarikan warisan kebudayaan dunia ini, dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

    Cara menjaga, merawat, dan melestarikan Candi Borobudur

    1. Tidak membuang sampah sembarangan
    2. Tidak merusak patung atau stupa yang ada di candi
    3. Tidak mencorat-coret sembarangan
    4. Menghormati kebudayaan di tempat tersebut
    5. Tidak menginjak tanaman atau sesuatu yang dilarang di sana
    6. Ikuti aturan yang ada di candi

             Setelah kita ketahui semua fakta tentang Candi Borobudur ini. Bisa membuat kita semakin semangat lagi dan ikut menjaga peninggalan bersejarah ini, serta melestarikan kebudayaan yang berasal dari negara kita sendiri

    Video: Candi Borobudur

    Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah 2017 yang diselenggarakan oleh Generasi Pesona Indonesia Jawa Tengah.


    www.generasipiknik.com




    Referensi
    http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

         



    27 comments:

    1. Benar sekali ya bunda kita bisa mengenalkan sejarah juga kepada anak. Gud luck ya

      ReplyDelete
    2. Bener mba. Aku klo ngajak anak jalan juga sebisa mungkin yang ada manfaatnya.. Pling males ngajakin mereka nge mall..hi..hi, soalnya jadinya malah cuma mampir timeZ*** Boros, nggak dapet ilmu apa2..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha iya, bun. Malah kita yang pusing ya anak jadi banyak minta beli ini itu klo ke mall 😂

        Delete
    3. jadi kangen jalan jalan kesana,bund. Dulu masih gadis next time insyaallsh mau bawa anak ah. ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaminnn, Bunda. Semoga dimudahkan berkunjung kembali ke sana, Ya. Saya juga pengen 😃

        Delete
    4. Anak-anakku belum pernah ke Borobudur. Ntar kapan-kapan pengin ajak mereka ke sana.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama bunda. Tapi nunggu Eryshanya besar dulu hihihi

        Delete
    5. iya aku suka ngajak anak tapi juga dilihat usia ya, kalau borobudur ini kayaknya kalau sdh kelas 5 Sd baru mengerti ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk anak usia prasekolah masih bisa bun. Terutama usia taman kanak-kanak, sudah bisa di kenalkan dengan candi, agama budha, dll. Tetapi dalam konteks yang sederhana sesuai dengan usia mereka tentunya 😃

        Delete
    6. Waktu kecil saya diajak orang tua untuk tahu banyak tempat wisata. Semoga kelak nanti kalau punya anak bisa ajak mereka juga mengenal tempat wisata yang banyak unsur edukasinya ya :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaminnn bunda. Saya, juga ingin sekali mengajak anak saya ke tempat wisata. Smga segera terwujud 😃

        Delete
    7. Borobudur memang surga di di Pulau Jawa yang gak bakal bisa digantikan dengan yang lain dengan kemegahan candi candinya gitu yang membuat mata dunia terpukau... keren

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, bangga ya kita memiliki situs keren ini

        Delete
    8. belum kesampaian ngajak anak ke candi untuk belajar sejarah secara riil. Liburan bisa sambil belajar banyak hal.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya nih bun. Liburan bisa kita manfaatkan sebagai media belajar anak nanti 😃

        Delete
    9. terimakasih atas informasinya.. dan jangan lupa kunjungi link kami
      di https://goo.gl/k5TW3n

      ReplyDelete
    10. Penting mengenalkan warisan budaya pada anak-anak ya, Mbak. Untuk memupuk rasa cinta pada tanah airnya.
      Candi Borobudur ini tempat yang cocok bawa anak (asal jangan peak season ya). Selain untuk edukasi, tamannya luas buat anak-anak lari sana sini.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah iya mba jadi bikin anak lebih happy ya klo tamannya luas begitu. Pengen ke sanaaa jadinya

        Delete
    11. Baca ini aku seperti kembali ke Zaman sekolah saat mengulas kebudayaan Candi Borobudur.

      Btw, semoga suatu saat nanti aku bisa sampai jg ke Candi Borobudur ini. Aamiin

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaminnn mba. Saya juga pengen ikh k sana 😍

        Delete
    12. Mengenalkan sejarah memang paling enak dengan cara menyenangkan. Salah satunya dengan mengunjungi langsung tempat bersejarah Suka lebih cepat menangkap ilmunya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya benar bunda apalagi anak2 usia dini lebih cepet nangkapnya klo dikasih bukti nyatanya daripda cuma abtrak ya 😃

        Delete
    13. Objek wisata seperti candi Borobudur memang bisa jadi wahana edukasi bagi semua umur. Kapan-kapan ke sana, ah...

      ReplyDelete
    14. Perdana ke Borobudur waktu kelas 6 SD kalau nggak salah, tahun kemarin ke Jogja 2x cuma lewat aja di depannya, sangking padatnya acara kami -__-'

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES