Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Pijat wajah untuk anak terlambat bicara
Foto: terapisanakterlambatbicara.blogspot.com

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak, salah satu masalah yang ditimbulkannya anak mulai memukul kepalanya sendiri lantaran tak bisa mengutarakan keinginan. Selain itu, jika tak segera mendapatkan terapi, pada usia empat jelang masuk TK, anak juga bisa mengalami stres dan tantrum.
Dari pernyataan dokter tersebut, terlihat sekali ya Bun, betapa pentingnnya kita melatih kemampuan bicara dan bahasa anak dari usia dini

        Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di sekitar kota Bandung, Jawa Barat. Diungkapkan, bahwa anak terlambat bicara di temukan sebesar 30 persen berasal dari desa dan 19 persennya berasal dari kota dan anak terlambat bicara ini lebih banyak didiagnosa pada anak laki-laki. Mengapa di desa lebih banyak ya?. Pada umumnya, disebabkan dari ketidaktahuan dan kekurangan ilmu penduduk desa itu sendiri, sehingga mereka kurang peka terhadap tumbuh kembang anak mereka dan bingung harus berbuat apa.

        Jadi, bunda untuk zaman yang serba canggih seperti saat ini, dimana sumber informasi mudah sekali kita dapatkan baik dari website terpercaya, banyaknya didirikan lembaga tumbuh kembang anak, seminar kesehatan, dan buku-buku tumbuh kembang anak. Seharusnya membuat kita lebih mudah lagi dan peka dalam memantau tumbuh kembang anak kita. Yuk, kita manfaatkan itu semua untuk menjadi orang tua yang smart, dalam membekali diri kita dengan ilmu sebanyak-banyaknya demi buah hati kita tercinta.

Bunda, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menstimulus kemampun bicara anak, salah satunya yaitu pijatan wajah ini. Walaupun, pijatan wajah ini untuk anak terlambat bicara, tetapi sebenarnya dapat pula kita lakukan pada anak normal, karena fungsinya yang sama-sama dapat merangsang kemampuan bicara anak.

        Pijatan wajah untuk anak terlambat bicara ini, saya dapatkan langsung dari Terapis Anak Berkebutuhan Khusus, Ibu Wulan Tresnawati. Beliau adalah seorang terapis anak berkebutuhan khusus di kota Bandung. Langsung aja ya, Bun kita lihat caranya :

Kali ini pijatannya pakai tangan dulu tanpa tooth brush ya. Minyak untuk memijatnya, kita pakai baby oil saja. Dimana baby oil ini berguna untuk membuat permukaan licin dan lembab pada wajah anak. Kondisikan anak berbaring. Kalau anaknya banyak bergerak, boleh posisi Bunda di belakang anak.

         Ciptakan suasana yang nyaman. Bila perlu supaya anak anteng dan nyaman, anak boleh kita berikan mainan kesukaannya agar anak tidak menyadari sedang di massage oleh kita. Oke, langsung aja kita cusss yukkk

*pijat bersamaan tangan kanan dan kiri ya, Bun
.
1. Pijat pipi anak memutar ke arah atas 5-7 kali.


2. Tarik bagian bawah hidung ke arah bawah tulang pipi sampai bawah telinga 3-5 kali.


3. Tarik bagian atas bibir ke arah samping bawah.
4. Tarik bagian bawah bibir bawah ke arah pipi 3-5 kali.


5. Pijat/ tekan titik A-A, B-B, C-C, D-D dan E-E selama 3 kali putaran (bersamaan kanan dan kiri).
6. Pijat memutar dengan jari telunjuk mulai dari titik A-B-C-D-E-E-D-C-B-A 3 kali putaran.


7. Pijat memutar bagian pangkal rahang atas/ bawah telinga dan bagian pelipis 3 kali (bagian yang bergerak saat membuka mulut).


8. Pijat/ tekan bagian titik AA, BB, CC, dan DD secara bersamaan 3 kali.


Bagaiamana, Bunda, mudah bukan?. Nah, massage ini juga boleh lho, kita gunakan pada bayi di atas 6 bulan. Sebagai salah satu cara kita menstimulus kemampuan bicara anak sedini mungkin.

          Buat bunda yang ingin berkonsultasi mengenai terapi anak berkebutuhan khusus. Boleh langsung menghubungi Ibu Wulan ini ya, di www.bintanghatibunda.wordpress.com karena jika berurusan dengan terapi, itu sudah di luar kompetensi saya. Semoga apa yang saya bagikan hari ini, yaitu pijat wajah untuk anak terlambat bicara bisa bermanfaat dan mengedukasi ya, Bun. Selamat mencoba bunda. Buat Ayah Bunda yang ingin belajar tentang anak berkebutuhan khusus lainnya. Boleh mampir ke sini ya "Anak Berkebutuhan Khusus" klik aja yang warna merahnya

Referensi
www.bintanghatibunda.com


24 comments

  1. Wooh ada pijatnya yaa.. Anakku dulu umur 3 taun baru mau ngomong. Sampe mau dikursusin ngomong sama bapaknya. Saya ngakak, kursus ngomong itu yg gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saya juga baru denger soal kursus ngomong bun 😂. Tetapi sekarang udah lancar kan, Bun anaknya ngomong ?😃

      Delete
    2. Bunda, anaknya bunda waktu itu ada masalah pendengaran tidak? Kayak di panggil ga noleh

      Delete
  2. Wah,ternyata ada terapi pijatnya ya,baru tau hehe...
    salam kenal mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda, bisa kita lakuin juga di rumah. Nggak harus oleh terapis 😃

      Delete
  3. Nice share Mba :) insyaAllah bermanfaat utk banyak orang..

    ReplyDelete
  4. gapunya dedek buat mijitinnya hhehe

    ReplyDelete
  5. Very nice sharing mba... Dampaknya ternyata luar biasa jika si anak terlambat bicara. Makasih ilmu bermanfaatnya

    ReplyDelete
  6. Ternyata dampak dr terlambat bicara fatal juga yaa mba. Smg para orang tua aware akan ini..baru tau juga manfaat dr memijat muka bisa buat terapi wicara. Makasih buat sharingnya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bunda. Iya bunda bisa mempengaruhi beberapa aspek perkembangan anak nanti. Jika terus dibiarkan

      Delete
  7. MashaAllah..bermanfaat sekali bun :)

    ReplyDelete
  8. Mba makasih infonya.. Aku mau nerapkan ke dede krn neneknya bolak balik ngasih warning.. Hiks. Padahal masih 1 thun ini

    ReplyDelete
  9. Mbak..anak sulungku dulu juga terlambat bicara dan aku telat tahu ilmunya. Akhirnya diterapi juga sih kurang lebih sama dengan di atas langkahnya.
    Memang kita mesti peduli sejka dini dengan tumbuh kembang anak ya. Biar semua sejak dini terdeteksi jika ada kurangnya.

    ReplyDelete
  10. Waah alhamdulillaaah ketemu blogpost ini. Makasih ya bun :)

    ReplyDelete
  11. Makasih bunda tutorialnya. Apa ini bisa diterapkan ke penderita stroke yng susah bicara.

    ReplyDelete
  12. Tips pijat wajah ini untuk anak yang speech delay atau bisa pada semua bayi yang masih dalam tahap perkembangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk anak speech delay mba. Klo msh dlm tahap perkmbangan di stimulasi aja kyak sring diajak ngobrol, batasi gadget dll. Smga membantu

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏