Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Caraku Mencegah Demam Berdarah

Caraku Mencegah Demam Berdarah
Pixabay

Dulu, waktu Erysha masih bayi dan belum berumur 6 bulan, ayahnya terpaksa dirawat di rumah sakit karena didiagnosis demam berdarah oleh dokter. Dan itu tuh ya rasanya sedih banget. Sudah sedih masuk rumah sakit, kebingungan juga mencari biaya berobatnya. Karena dulu kami belum punya BPJS juga. Ditambah Erysha masih full ASI. Jadi kan belum bisa ditinggal lama sama aku. Rasanya nano-nano aja waktu itu. Apalagi untuk ibu baru seperti aku yang ilmunya itu masih minim banget.

Jadi benar-benar perjuangan juga bolak balik rumah sakit dan bayi di rumah. Belum lagi pompa ASI bayi juga. Rasanya ga tenang aja. Di rumah sakit ga tenang ninggalin bayi lama-lama. Di rumah ga tenang juga ninggalin suami lama-lama di rumah sakit. Serba ga enak pokoknya demam berdarah itu. Apalagi aku pernah dengar kabar juga anak teman sampai meninggal karena demam berdarah. Huhuhu rasanya sedih banget dan buat aku parno .

Apa itu Demam Berdarah? 

Nyamuk demam berdarah
Pixabay

Nah, karena sekarang musim hujan ya. Risiko demam berdarah itu akan semakin tinggi ya teman-teman. Sedangkan demam berdarah itu berasal dari infeksi virus Dengue yang dibawa oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Resikonya jika terkena demam berdarah ini bisa sakit parah bahkan bisa menyebabkan kematian. Jadi ga boleh kan ya kita sepelekan penyakit ini.

Apalagi Kemenkes berkali-kali sudah mengingatkan tentang kasus demam berdarah di Indonesia mengalami tren peningkatan sepanjang tahun 2022 kemarin. Ngeri ya.

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah
Pixabay

Dulu, seingat aku waktu pak suami terkena demam berdarah itu gejalanya seperti demam, mual, pusing, sakit kepala, nyeri otot juga dll. Jadi memang harus diawasi terus. Kalau merasa gejalanya seperti ini, langsung segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan ya. Jangan nunggu sampai parah dulu baru kita periksa.

Mitos dan Fakta tentang Demam Berdarah

Nyamuk demam berdarah
Pixabay

Teman-teman tahu nggak, sampai sekarang masih banyak lho mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat kita tentang demam berdarah. Seperti manusia yang terkena demam berdarah bisa menularkan penyakit demam berdarah juga ke manusia yang lain. Padahal faktanya tidak ya. Karena demam berdarah itu tertular dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Bukan dari manusia ke manusia.

Dulu, waktu pak suami sakit demam berdarah itu, aku sangka pak suami bisa menularkan virus demam berdarahnya ke Erysha waktu bayi. Tapi ternyata nggak ya. Sampai dulu itu Erysha sempat aku jauhkan dulu dari ayahnya gara-gara saking parnonya aku hiks.

Selain itu, di masyarakat kita ada juga yang beranggapan jika sudah terkena sakit demam berdarah, ga akan terkena sakit demam berdarah lagi. Padahal sebenarnya jenis virus demam berdarah itu kan ada 4 ya. Jadi ada kemungkinan yang sudah kena bisa terkena lagi oleh 3 jenis virus demam berdarah yang lain.

Ada juga anggapan bahwa melakukan fogging saja sudah mencegah nyamuk demam berdarah. Padahal faktanya fogging hanya mampu membasmi nyamuk dewasa tapi tidak dengan telurnya. Sedangkan telur-telurnya ini kan suka ada ya sembunyi di tempat air yang menggenang.

Oleh karena itu dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, pencegahan demam berdarah secara efektif dapat dilakukan melalui prosedur PSN 3M Plus. Jika dijabarkan, PSN 3M berarti menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat wadah penampungan air yang berpotensi menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti bertelur, hingga memanfaatkan kembali limbah.


Cara Mencegah Demam Berdarah

Caraku mencegah demam berdarah


1. Rutin membersihkan dan mengganti air di ember

Mencegah demam berdarah


Biasanya 3 hari sekali sih aku ganti. Aku bersihkan embernya terus aku ganti airnya dan menutup embernya lagi. Aku itu suka mengingatkan Erysha dan ayahnya kalau mereka ga nutupin embernya lagi itu. Biarin dibilang emak bawel juga .

2. Bersih - bersih rumah

Aku berusaha membuang peralatan atau apapun yang berpotensi menjadi sampah. Apalagi Erysha, kalau sudah main itu suka ga mau buang sampah mainannya lagi. Malah dikumpulkan karena katanya mau dipakai main lagi. Cuma kan masalahnya jadi numpuk. Kalau menumpuk gitu, khawatirnya jadi sarang nyamuk kan.

3. Lipat baju dan menghindari menggantung baju

Caraku Mencegah Demam Berdarah

Nyamuk itu suka sembunyi ya di tempat-tempat baju begitu. Jadi aku merasa melipat baju bisa menghindari nyamuk bersembunyi di sana juga.

4. Sedia obat nyamuk

Di rumah aku menyediakan lotion nyamuk sampai obat semprot nyamuk juga ada. Buat jaga-jaga soalnya. Maklum punya anak kecil di rumah .

5. Vaksin demam berdarah

Aku benar-benar baru tahu lho kalau sekarang sudah ada ya vaksin demam berdarah. Dulu waktu suami sakit demam berdarah, kayaknya belum ada di Indonesia. Tapi sekarang alhamdulillah sudah ada ya di Indonesia.

Indonesia termasuk negara yang paling banyak warganya terkena demam berdarah di dunia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2022, dikumulatifkan kasus demam berdarah mencapai 143.266 dan angka kematian yang disebabkan oleh demam berdarah ini mencapai 1237 kasus. Ngeri ya temen-temen.


Vaksin Demam Berdarah

Vaksin demam berdarah sudah diperkenalkan oleh WHO dari beberapa tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 2015. Dan sejak tahun 2016 salah satu vaksin demam berdarah telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sayangnya, vaksin demam berdarah ini belum termasuk vaksin wajib atau vaksin nasional di Indonesia. Kita doakan ya teman-teman, semoga vaksin ini bisa jadi vaksin nasional di negara kita dan masyarakat Indonesia bisa mendapatkannya dengan mudah dan gratis. Amin. Memangnya manfaat vaksin demam berdarah ini apa saja, ya?


Manfaat Vaksin Demam Berdarah

Jika ditanya manfaat vaksin demam berdarah apa saja? Tentunya ada banyak ya seperti:

1. Dapat mencegah demam berdarah

2. Dari segi ekonomi tentu lebih hemat ya. Daripada sudah terlanjur kena dan sakit. Pasti lebih banyak lagi pengeluarannya

3. Vaksin demam berdarah bisa mengurangi resiko kita terkena sakit demam berdarah yang parah 

Vaksin demam berdarah

Menurut aku vaksin demam berdarah bisa menjadi pelengkap kita selain yang 3M Plus di atas ya untuk melindungi diri dan keluarga tercinta kita dari sakit demam berdarah. Walau begitu, tetap ya disarankan sebelum vaksin, dikonsultasikan dahulu kepada dokter ya teman-teman. Karena setiap orang mempunyai kondisi fisik yang berbeda-beda. Nah #Ayo3MPlusVaksin kita untuk #CegahDBD dari sekarang. Semoga Allah jaga keluarga kecil kita ya teman-teman dan jangan lupa jaga kesehatan.

Untuk info lebih lengkap mengenai pencegahan demam berdarah, teman-teman bisa kunjungi website https://cegahdbd.com/ yaa.


44 comments

  1. Baguslah kalo sudah ada vaksin demam berdarah, setidaknya bisa menambah kekebalan tubuh juga

    ReplyDelete
  2. Iyaaa gantung baju bikin nyamuk hinggap dan bersarang, hindari banget menggantung baju. Kecuali handuk mandi ya, mau ga mau harus digantung di tempatnya. Kalau dilipat malah lembap dan jamuran nanti, jadi penyakit baru. Paling yang kayak handuk gitu mesti dicuci tiap beberapa hari sekali biar kebersihannya terjaga.

    Jadi ingat pas kena DBD akhir tahun 2021. Udah belasan tahun ga kena DBD, malah sebelum punya Alief, tiba-tiba jadi kena. Herannya barengan pula sama tipes. Dan waktu itu kondisi drop banget paska vaksin covid. Ga tahu kenapa lemah banget. Ada hub apa entah. Mungkin karena itu pula jadi mudah diserang penyakit termasuk DBD. Kayaknya selain bersih-bersih dan tips di atas, penting juga jaga daya tahan tubuh biar ga langsung sakit kalau kena gigitan si nyamuk

    ReplyDelete
  3. lahhh baru tau saya ada vaksin demam berdarah, semoga bisa menjadi vaksin wajib nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya mba. Biar kita bisa dapet vaksin gratis hahaha 😂

      Delete
  4. sepertinya ini salah satu ikhtiar untuk melindungi keluarga dengan melakukan vaksin demam berdarah

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sekarang sudah ada vaksinnya yaaa... bagus untuk meningkatkan antibodi tubuh. Musimnya lagi ga menentu nih, kadang hujan, kadang panas banget. Kelembaban tinggi tuh favoritnya si nyamuk deeeh... Harus rajin bebersih rumah, termasuk membersihkan penampungan air.

    ReplyDelete
  6. Demam berdarah sepertinya sedang naik ya, karena beberapa anak temanku sedang dirawat karena DBD. Lalu sempat ngobrol sama dia, lagi musim katanya. Kita harus jaga-jaga di rumah untuk selalu menjaga kebersihan juga nih, agar tidak menjadi salah satu tempat berkumpulnya para nyamuk demam berdarah.

    ReplyDelete
  7. PR banget buat saya yang masih suka koleksi baju gantungan haha.. suka banget banyak nyamuk disana, jadi bukan cuma di air ya mbak. Alhamdulillah sampe sekarang belum pernah ada keluarga yang kena DBD, dan baru tau ada vaksin DBD nih mbak..

    ReplyDelete
  8. Selain bersih-bersih biar gak ada nyamuk yang bersarang di halaman dan dalam rumah, sekarang cara mencegah demam berdarah bisa dengan vaksin ya Mbak. Iya lah, walau menjaga kebersihan tetap penting dan wajib malah, melakukan vaksin bisa menolong agar tidak fatal bila sewaktu-waktu terkena juga. Namanya ruang terbuka ya, pasti ada aja nyamuk yang mengincar darah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Allhamdulillah sekarang udah ada vaksinnya ya 🙏

      Delete
  9. Wah aku baru tau ada vaksin DB mbak kayanya di Indonesia pentinf banget bahkan harua dimasukkan dlm vaksin wajib tu supaya bisa mengurangi korban DB juga

    ReplyDelete
  10. Penting banget nih bersih2 apalagi kayak sekarang lagi panas cuacanya jadi bisa membuang atau membersihkan dengan mudah gak nemu area lembab lagi yang menjadi salah satu tempat nyamuk bergelar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Apalagi punya anak kcil. Wajib lebih ekstra jadinya

      Delete
  11. Sekarang ini udah ada ya vaksin DBD. Syukurlah kalau udah ada vaksinnya. Selain harus jaga kebersihan dengan melakukan pencegahan 3M memang lebih baik kalau melaksanakan vaksin untuk jaga-jaga agar terhindar dari penyakit DB

    ReplyDelete
  12. wah sekarang sudah ada vaksin demam berdarah yaa. semoga saja vaksin ini bisa membantu mengurangi kasus demam berdarah di Indonesia

    ReplyDelete
  13. Wahh banyak langkah yg harus dilakukan ya. Aku sejak kecil hanya mengenal step 3M aja. Padahal sebenarmya lebih dari itu ya. Bahkan vaksin pun perlu

    ReplyDelete
  14. Pelajaran berharga banget ya Mbak, dan pastinya akan selalu diingat. Saya pernah opname saat SD, masih ingat sampai sekarang. Apalagi bareng keponakan yang trombositnya sudah sangat rendah sehingga semua panik. Lalu saat anak mbarep pra TK juga opname. Beneran kapok dan kayak ada alarm saja. 3M jadi wajib dilakukan secara rutin.

    ReplyDelete
  15. Ngomongin DBD tuh suka gemes karena ini termasuk banyak di Indonesia dan nyebabin kematian. Kudu waspada dan tetap jaga kebersihan buat cegahnya. Kalau perlu vaksin, cus gas sih biar semua terlindungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. DB itu taruhannya nyawa. Jadi bukan sakit yang kita sepelein ya

      Delete
  16. DBD emang menyeramkan ya mbak, apalagi udah memakan banyak korban. Di perkotaan pun ternyata kasusnya banyak, apalagi di musim peralihan ke musim hujan kyk sekarang. Maka, sebagai ibu2 nih kudu waspada menata gmn caranya supaya rumah gak jd sarang nyamuk. Kalau bisa ikhtiar juga dengan vaksin DBD sebagai perlindungan yaa.

    ReplyDelete
  17. Kalau anak uda demam ini langsung curiga. Either DBD or tipus.
    Huhuhu.. Dan alhamdulillah, kini ada Vaksin Demam Berdarah yang bisa bantu masyarakat Indonesia untuk cegah penyakit Demam Berdarah sampai kasus yang paling parah yakni meninggal.

    ReplyDelete
  18. Dari hal sederhana : menggantung baju dan membiarkan genangan air bekas galon mineral bisa bikin nyamuk bersarang

    yang paling sedih memang pas Naufal (alm) juga pernah kena DBD, ya ampun itu di RS kita berdoa terus karena banyak pasien DB yang drop dan meninggal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah Bun. Maaf ya jadi bkin bunda inget ama anaknya 🙏

      Delete
  19. Kebayang galaunya Mak Yeni saat itu yah, anak sakit dan suami kena demamberdarah. Alhamdulillah sudah terlewati. Maka sangat penting menjaga penyebaran demam berdarah ini dengan langkah 3 M.

    ReplyDelete
  20. Aku paling sebel mba yen kalo liat gantungan baju tu numpuk. Suka banget kan nyamuk bersarang disana. Tp namanya laki2 ya. Kadang ambil baju asal gantung aja. Ambil lagi gantung lagi..wkwk.. macam konten2 yg sering lewat tuh. Alhamdulillah, skrg udah ada vaksin buat DBD ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Kalau liat yang numpuk numpuk bawaanya stres ya mba

      Delete
  21. Musti cermat dan rajin supaya keluarga terhindar dari demam berdarah ya, Teh. Jadi inget waktu si bungsu kena DB pas pandemi kemarin. Untungnya menurut dokter dari hasil tes darah di lab, kadar trombositnya msh bisa ditoleransi untuk dirawat di rumah. Alhamdulillah dengan perawatan di rumah serta tiap hari cek darah ke lab, hari keempat kalo ga salah, trombositnya naik. Lega..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sewaktu SD kau pernah kena DBD jugaa. Dirawat sampai seminggu ga masuk sekolah :( Waktu itu belum ada vaksin nya. Syukurlah sekarang udah ada yaa.

      Delete
    2. Allhamdulillah. Pasti hari itu rasanya lega ya mba 🙏

      Delete
  22. Anakku pas TK pernah kena DB. Eh...baru² ini kena lagi. Untunglah sekarang ada vaksinnya ya...
    Tapi yg paling penting 3M deh...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏