• Saturday, September 16, 2017

    40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 1

    40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI

    Hai Bunda, allhamdulillah saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah seminar seputar ASI. Nah, sebelum kita membahas tentang 40 pertanyaan umum yang banyak ditanyakan para bunda seputar ASI. Sebaiknya kita berkenalan dulu, yuk dengan narasumbernya.

    πŸ“œ Biodata Narasumber

    πŸ’πŸ»Nama Lengkap: Nadia Nur Ganischa, SST

    πŸ₯TTL: Ngawi/19 November 1988

    🏒Pendidikan:
    DIV Kebidanan UNS
    S2 Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu dan Anak UNAIR

    πŸ™‹πŸ»Aktivitas:
    Ibu Rumah Tangga, mengerjakan tesis (mohon doanya ya)

    Moderator: Ibu Hajah

    Buku Cerita Cinta Pejuang ASI
    Saya merasa beruntung bisa menyimak langsung pada ahlinya. Tetapi, buat para Bunda yang tidak mengikuti seminarnya jangan khawatir, ya. Bunda, bisa menyimak 40 pertanyaan umum yang banyak ditanyakan para bunda seputar ASI. Yuk, kita simak! Siapa tahu, pertanyaannya ada yang mewakili pertanyaan Bunda selama ini.

    1⃣ Ekka
    A. Untuk anak tounge tie (lidah pendek) dan sudah terkena susu botol, bagaimana proses relaktasiny? Adakah batasan waktu dan berapa lama si bayi harus belajar menyusu langsung sebelum kita berikan susu botol? karena pasti dia akan lebih cepat marah dan menangis karena menyusu langsung lebih sulit daripada ketika menggunakan dot.

    B. Teori yg berlaku adalah susui bayi kapan pun dia mau dan nggak perlu di jam-jammin..
    Tapi bagaimana kalau bayi lebih banyak tidur? Trutama bayi baru lahir. Tetap harus dbangunkan untuk menyusu kah? Dan setiap berapa jam harus disusui?

    Jawaban

    Bunda Ekka segera ke konselor menyusui, ya supaya dibantu relaktasi. Karena butuh praktik langsung. Tidak disarankan memakai dot karena dapat menyebabkan bingung puting. Sebagai gantinya pakai pipet, sendok, cangkir, cup fooder dll.
    Jika di siang hari, bayi tidur lebih dari 3 jam bangunkan. Tips-tips lebih lengkap ada di buku CCPA (Catatan Cinta Pejuang ASI). Jika malam hari, yg penting ada aktivitas menyusui. Jika malam hari jangan terlalu sering dibangunkan kecuali jika bangun sendiri

    2⃣ Ryza
    Assalamu'alaikum..Mba, mau tanya tentang tips jitu untuk menyapih dengan kasih?
    Jazakillah

    Jawaban

    Sounding sebelum usia dua tahun bahwa saat umur dua tahun dia harus berhenti menyusu. Kurangi frekuensi sedikit-sedikit. Lebih lengkapnya ada di buku CCPA (Catatan Cinta Pejuang ASI)

    3⃣ Ummu Izzfath
    a. Benarkah ketika kita hamil, asi kita 'basi' sehingga tidak baik jika tetap menyusui saat hamil?
    b. Benarkah dengan yang sedang gencar sekarang ini, bahwa susuilah anak sampai sepuasnya dia..bahkan sampai 2 tahun lebih, ya ini karena menyapih dengan cinta katanya..jadi biarkan anak yang menyapih dirinya sendiri bahkan kalaupun sampai 3 tahun lebih gak masalah...
    Apakah menyapih dengan cinta itu berarti sama sekali kita tidak menjelaskan dan berusaha memahamkan pada anak bahwa ada masanya dia sudah tidak boleh menyusu?
    c. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI hingga terus bertahan sampai 2 tahun?
    Mohon maaf panjang sekaliπŸ™ˆπŸ™πŸ»

    Jawaban

    a. Tidak benar. Ibu tetap bisa menyusui degan S&K. Lebih lengkap ada di buku CCPA (Cerita Cinta Pejuang ASI)
    b. Menyapih lebih dari dua tahun memang boleh tapi baiknya tidak menyengaja menyapih lebih dari dua tahun. Tetap ada usaha untuk memahamkan anak tanpa paksaan.
    c. Setelah mpasi produksi asi pasti berkurang karena frekuensi menyusui yg menurun. Tapi insyaAlloh cukup sampai dua tahun. Perhatikan gizi seimbang dan bahagia menjalani proses menyusui



    4⃣ Bunda kembar
    Pertanyaan: Bagaimana mengatasi bayi bingung puting? Anak saya kembar, dan sudah mengenal dot (atas saran nenek-neneknya, karena berbagai hal). Awalnya anak anak masih suka ASI saya, ya Asi, ya Dot.. sampai tiba umur 8,5 bulan kemarin, anak anak menolak ASI. Beberapa waktu lalu saya juga sempat mobile lintas daerah yang jauh, beberapa kali. Mohon saran masukan nya.. Terimakasih :)

    Jawaban

    Bunda kembar, baiknya segera ke konselor menyusui agar dibantu relaktasi. Karena butuh praktik langsung. Sementara sebelum ke konselor bisa skin to skin dulu

    5⃣ Sari
    Aku ibu baru yg baru melahirkan dua bulan lalu. sekarang aku sedang belajar mengASIhi anakku. Pertanyaanku dalam materi kan dibilang asi sebagai penunda kesuburan. Nah, sekarang aku belum pasang alat kontrasepsi takutnya tiba-tiba sedang asik memberi asi anakku, diberi lagi rezeky. Itu bagaimana?  Dan ketika hamil apa boleh juga sambil memberi asi?
    Satu lagi mba, apakah ketika kita sedang merasa sedih ibunya berpengaruh  juga dengan asi kita yg diberi ke anak kita, misal anak kita jadi rewel? Terimakasih mba mungkin itu pertanyaanku.

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam Bunda Sari.
    Asi eksklusif memang bisa mencegah kesuburan dengan S&K. Asi saja selama 6 bulan, belum haid, tidak ada jeda menyusui lebih dr dua jam.
    Kalau ibu stres bisa mengurangi produksi asi. Ibu hamil boleh menyusui dengan S&K. Lebih lengkapnya tentang NWP ada di buku CCPA (Cerita Cinta Pejuang ASI)

    6⃣ Vita
    Sekarang kandungan usia 19 weeks, apakah ada treatment sedini mungkin agar nanti saat saya lahiran, saya bisa menghasilkan banyak ASI ?

    Jawaban

    Yg penting rileks, bahagia. Perhatikan gizi seimbang. Bisa membersihkan payudara tanpa memijat.

    7⃣ Annisa
    Saat ini, anak saya berusia 2 tahun laki-laki dan sedang latihan untuk disapih. Sampai saat ini, masih suka nenen, sih kalo mau tidur malem dan kalo kebangun di malem hari. Kalau minta Asi selain waktu itu tidak saya kasih. Kadang sampai tantrum, tetapi tetap saja nggak saya kasih. Saya juga sudah kasih pengertian dari sebelumnya, sampai sekarang juga masih saya kasih pengertian. Apa yang sudah saya lakukan sudah tepat? bagaimana cara menyapih dengan cinta? mengingat saya fullday mom, setiap hari bersama anak sehingga anak slalu ingat untuk minum ASI. Terima kasih, Mba 😊

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam Bunda Annisa.
    Kata kunci wwl don't refuse don't offer. Jangan menolak dan jangan menawarkan. Jadi sebisa mungkin dialihkan ke yang lain. Jangan lupa kekuatan doa. Kadang kita lupa yang satu ini. 😊
    Lebih lanjut bisa baca buku CCPA. Ada beberapa kisah nyata menyapih semoga bisa diambil contoh

    8⃣ Vivi
    Saya baru punya bayi 20 hari. Yang mau saya tanyakan, ada tips dan trik agar payudara kita tidak berdarah ketika bayi akan atau sedang tumbuh gigi? Terimakasih

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam MasyaAlloh masih 20 hari sudah memikirkan bakal digigit, ya, Bun πŸ˜‚.
    Ga usah terlalu dipikirkan kalau yg ini. Takutnya apa yg kita sangka kan kejadian beneran. Buat pencegahan :
    Bilang ke ananda jangan gigit ya nak, bunda sakit kalau digigit.
    Saat anak sedang masanya suka menggigit, saat menyusu jempol diletakkan di dagu, jadi saat ananda mau gigit siap-siap langsung dilepas

    9⃣ Nining
    Benarkah ada ASI yang ngga bagus kualitasnya? Misal, saat anak terkena diare si anak di stop ASI sama dsa nya. Di karena kan ada kemungkinan penyebab diarenya dari ASI. Saya heran bu, hal tsb terjadi beberapa waktu lalu pada keponakan. Herannya lagi ketika diberi ASI, si Anak diare lagi.

    Jawaban

    Mungkin ada makanan yg dimakan ibunya yg menyebabkan diare atau menyebabkan alergi. Kalau sudah diketahui makanan apa, ibu baiknya menghindarinya

    1⃣0⃣ Retno
    Bu, kenapa, ya, Dede sekarang sudah tidak terlalu sering minta Asinya? Padahal dulu bentar-bentar seperti kehausan. Sekarang malah jarang minta.  Alhamdulillah untuk saat ini Asi saya melimpah.. Malahan terasa sakit kalau ggak disedot. Sedangkan Dede udah kenyang. Bahkan gumoh
    Pertanyaan saya
    a. Bagaimana seharusnya yang saya lakukan?
    b. Bayi sering gumoh apakah tanda kekenyangan?
    c. Saat ini saya masih cuti mulai pumping nya kapan ya buat stok asip?

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam
    Btw saya bukan dokter 😊
    Apa saat menyusu, posisi sudah benar? Sudah disendawakan?
    Klo sudah mungkin karena ASInya berlimpah, setelah menyusui payudara masih terasa kencang bisa diperah. Mulai sekarang saja memerah asinya.
    Lambung bayi masih kecil dan pencernaannya belum sempurna jadi wajar kalau gumoh 😊.  Asal bayi tidak sakit dan BB sesuai kurva normal. Lebih lengkap baca materi gumoh di buku CCPA.
    1⃣1⃣ Ita
    Assalamu'alaikum Mba saya mau tanya, bagaimana cara menyapih yang baik? Anak saya bulan depan sudah genap 2 th, tapi dari sekarang belum ada persiapan menuju sana. Nenen nya juga kuat banget, kadang disounding tapi kok malah jadi bete anaknya.
    Apakah metode jaman ibu, nenek saya dulu ngaruh negatif untuk anak kedepannya. Metode: payudaranya di kasih obat merah, brotowali, dan semacamnya mba. Kalau berpengaruh sama anak, tapi kok tak terlihat yaa..saya lihat tetangga yang lain pakai metode lama juga tidak masalah. Mohon pencerahannya

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam 😊
    Terus sounding, ya, Bunda. Saat menyusui soundingnya sambil dibelai, dicium, diusap-usap, biar anak dalam kondisi nyaman saat disounding.
    Kalau bunda dibohongi suami kira2 marah gak ya? 😊
    Itu juga yg dirasakan anak saat dibohongi. Mungkin efeknya tidak terlihat tapi kita tidak tau pasti dalam hati dan pikiran orang 😊. Dapat mengajarkan anak berbohong juga secara tidak langsung dan merusak memori indah saat menyusui

    1⃣2⃣ Nanda
    Dear Mbak Ganis. Anak saya berumur 23 bulan. Sudah mulai mikirin cara menyapih. Sudah mulai sounding terus 2 minggu ini. Bagaimana ya kalimat sounding menyapih yang mudah dipahami dan sesuai dengan keadaan anak? Karena saya selalu bilangnya "sekian hari lagi ASI nya habis". Namun anehnya berapa malam ini kalo malam Nahda menyusui makin kenceng, bahkan kayak gak lepas PD semalaman. Apakah ini efek penolakan dari sounding saya yang salah? Atau karena emang ASI nya udah habis jadi dia kesel gitu? πŸ˜…

    Jawaban

    Mba Nanda, kalau saya soundingnya begini "Nak, nanti klo dua tahun udah nggak boleh minta susu Ibu, ya? Kan diperintah Alloh cuma sampai dua tahun. Mau kan, disayang Alloh? Nanti minumnya air putih saja, jus, madu." kurang lebih seperti itu. Dipahamkan juga bahwa meski tidak lagi menyusui kita tetap sayang padanya. Boleh baca-baca kisah di buku CCPA. Ada beberapa kisah menyapih

    1⃣3⃣ Ummu Hanif
    Saya mau bertanya mengenai ASI.
    Saya punya baby usia 1 bulan. Dalam kurun waktu ini, baby saya berat badannya menurun 2 ons belum bertambah sama sekali.
    a. Penyebab Dede dan BB trun dan nggak naik dalam waktu 1 bulan ini kenapa, ya, Dokter?
    b. Apakah posisi, nutrisi, emosi memang pengaruh sekali dengan ASI?
    c. Cara agar BB dede bisa naik bagaimana, ya, Dok? Saya takut ada masalah di daya serap pencernaan dede.

    Jawaban

    Penyebabnya bisa karena menyusui yang salah atau karena ada masalah medis. Kalau karena teknik, perbaiki dulu cara menyusuinya. Perlekatan harus benar, menyusu sesuai permintaan bayi, menyusui bergantian kanan kiri dengan jeda yang lama supaya dapat lemak asinya. Bisa diperiksakan ke dokter ya bun


    1⃣4⃣ Kania
    Ketika menyusui ada posisi-posisi yang dianjurkan, bagaimana jika dede punya posisi favorit sendiri dan tidak sesuai dengan posisi yang dianjurkan? Apakah nanti akan berpengaruh ke pertumbuhan & perkembangannya?

    Jawaban

    Posisi menyusui kuncinya bayi dan ibu merasa nyaman. Terserah mau sambil duduk/berbaring atau posisi yg lain. Yang posisi tubuh bayi lurus, semua badan ke arah ibu. Untuk lebih jelasnya ada di buku CCPA disertai dengan gambar *yang penting

    1⃣5⃣ Dini
    Teh mau nanya, kalau menyusui selama 2 thn itu efeknya (manfaat) seperti apa untuk bayi dan ibunya? Kalau dari rekomendasi WHO kan 6 bulan asi eksklusif ya, ini juga seperti apa jika dibandingkan dengan yang 2 thn?

    Jawaban

    Kalau tidak salah menyimpulkan, sepertinya Bu dini salah persepsi ya atau bagaimana? Rekomendasinya menyusui eksklusif selama 6 bulan, setelah itu diberi mpasi dan tetap melanjutkan asi sampe dua tahun. Asi eksklusif : asi saja sampai enam bulan tanpa tambahan makanan/minuman apapun kec obat dan vitamin. Maaf saya belum paham pertanyaannya

    Baca Juga : Panduan MPASI WHO

    1⃣6⃣ Ferlin
    Anak saya 2 bulan lagi genap 2 tahun dan akan mulai saya sapih. Saya pengennya pakai metode WWL, tetapi lingkungan keluarga saya lebih memilih menyapih kilat dengan pakai brotowali misalnya. Kondisi sekarang anak saya makin ga mau lepas menyusu. Sedikit demi sedikit sudah saya ajak ngobrol kalau nanti setelah ulang tahun ke-2 sudah tidak menyusu lagi karena sudah besar.
    Adakah tahapan2 yang bisa saya lakukan untuk bisa memulai WWL?

    Jawaban

    Tahapan yang dilakukan Bunda Ferlin sudah benar. Nanti kurangi frekuensi sedikit demi sedikit. Ingat kata kuncinya ya tidak menolak dan tidak menawarkan.

    1⃣7⃣ Rindi
    Anak saya baru usia 7 bln, tetapi saya hamil lagi. Kemaren iseng tapi 2 garis hasilnya. Terus ke bidan katanya lagi penebalan dinding rahim.
    Tanya:
    - Asi dilanjutkan atau tidak?  Trus kalau misal dilanjutkan sampai umur brapa?
    - tanda nutrisi asi masih mencukupi  gimana mba?
    - trus minta supportnya mba, sampai saat ini saya masih bingung..ga tega dengan anak saya sekarang. Pengennya nangis terus mba

    Jawaban

    Bunsa Rindi selamat ya.
    Menyusui sambil hamil dibolehkan malah dianjurkan dengan S&K. Ibu dan janin sehat, tidak ada riwayat pendarahan, keguguran, prematur, tidak timbul kontraksi saat menyusu.

    1⃣8⃣ R²
    Setiap saya hamil payudara saya menjadi besar dengan ukuran 3x sebelumnya. Pada saat bayi saya lahir, PD saya menjadi keras dan bergerenjal-gerenjal dan rasanya sangat sakit sampai demam tinggi.

    *pertanyaannya*
    a. Apakah normal PD menjadi sangat besar?
    b. Apa yang harus saya lakukan agar saya tidak demam dan mengalami nyeri yang amat sangat pada PD saya?
    c. Apakah PD yang bergerenjal itu karena ASI yang menggumpal? bagaimana agar tidak seperti itu?

    Jawaban

    Segera periksa ke dokter/bidan ya. Dugaan saya ibu mengalami mastitis. Penyebabnya ASI tidak segera dikeluarkan. Harus sering menyusui dan dipompa bila setelah menyusui belum terasa kosong Payudara besar tidak masalah

    1⃣9⃣ Mom Rein
    Assalamualaikum,
    a. Dok, saya mau bertanya. Anak saya 3 bln, dari usia 2 bln sering muntah nyembur, dan akhir-akhir ini malah mogok nyusu, pup nya encer agak hijau dan berlendir, sering nangis rewel, saya gak ngerti, apa ya dok penyebabnya?
    Sepengamatan saya perutnya gak kembung kok, hanya kalau saya susui suka bunyi perutnya, kebetulan saya eping
    b. saya eping dan ingin sekali bisa direct breastfeeding, menurut dokter apa anak saya ada tongue tie? Perlukah ada tindakan? Trims

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam
    Sepertinya bayi kebanyakan foremilk (asi yang encer yg keluar saat awal menyusu) daripada handmilk (lemak, asi akhir).
    Mungkin karena teknik menyusu yang kurang tepat. Perlekatan harus benar. Jangan terburun-buru ganti payudara jika belum terasa kosong. Setelah menyusui sendawakan bayi. Jika tidak pulih, segera ke dokter ya

    2⃣0⃣ Silvi
    Kakak ipar saya habis melahirkan tetapi Asinya belum keluar hingga 5 jam setelah melahirkan,
    a. apa yg harus dia lakukan agar asinya segera keluar (bagi ibu yg telah melahirkan)
    b. untuk yang belum melahirkan dan belum menikah, apa saja yang harus dilakukan agar ketika sudah melahirkan asinya lancar?
    c. untuk payudara yg kecil apa bisa menyusui???

    Jawaban

    Wa'alaikumsalam
    Sepertinya bayi kebanyakan foremilk (ASI yang encer yang keluar saat awal menyusu) daripada handmilk (lemak, asi akhir).
    Mungkin karena teknik menyusu yang kurang tepat. Perlekatan harus benar. Jangan terburu-buru ganti payudara jika belum terasa kosong. Setelah menyusui sendawakan bayi. Jika tidak pulih, segera ke dokter, ya.

    Payudara kecil atau besar tidak masalah karena produksi asi dipengaruhi oleh hisapan bayi. Maka, agar segera keluar, sering meneteki bayi meski asi belum keluar/keluar sedikit agar merangsang produksi dan pengeluaran asi. Btw, bagaimana taunya kalau asi tidak keluar sampe lima jam?

            Wah, Bunda, banyak sekali, ya, ternyata pertanyaannya. Karena banyak, sehingga pertanyaannya saya bagi menjadi 2 part. In sha Allah akan segera saya tulis pertanyaan berikutnya, ya untuk Bunda.

    Baca Juga: 40 Pertanyaan Umum yang Banyak Ditanyakan Para Bunda Seputar ASI #Part 2

    Bagaimana Bunda, sudah adakah pertanyaanya mewakili perasaan Bunda? Apapun itu, semoga 40 pertanyaan yang banyak ditanyakan  para Bunda seputar ASI, mampu membekali diri kita dengan banyak ilmu dan menjadikan kita ibu yang teredukasi, pastinya. Tunggu tulisan selanjutnya, ya πŸ˜‰




    32 comments:

    1. seminar2 yg bikin pengetahuan nambah sebagai ortu ini selalu seru ya mbak, apalagi seminar tentang asi, waktu menyapih mada aku sempet ikutin cara teman2ku yg olesin lipstik + obat di payudara ... gak mempan, mada malah nyuruh ngapus ... alhamdulillah pas umurnya mada genap 3 taun dia berhenti asi karena aku bilang yg masih nenen itu anak bayik, klo anak paud minum susu dari gelas hehehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah mantap bunda. Doakan saya semoga berhasil juga nih nyapih anak saya Erysha. Tinggal 5 bulan lagi nih waktu sapihnya πŸ˜ƒ

        Delete
    2. Eh sama...aku juga ikutan ini. Nanti mau nulis juga tentang ASI

      ReplyDelete
    3. Alhamdulillah sekarang begitu mudah mengakses informasi seputar ASI, anatara lain lewat tulisan di belog yang inspiratif seperti blog ini...Keren!

      Aku nyapih anak pertama di usia 2 tahun 1 bulan , anak kedua di usia 2 tahun 2 bulan, Bun.... Jadi pakai sounding, pelan-pelan..Waktu 1-2 bulan itu masa transisinya. sampai sukses akhirnya:)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah bunda terima kasih untuk pujiannya. Semoga blog ini semakin bermanfaat dan mengedukasi banyak orang ya. 😘

        Delete
    4. Wuih mantep, banyak banget sampai bersambung segala :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha kayak sinetron aja, ya, Bun. Iya nih pertanyaannya banyak banget. Jadi sengaja ditulisnya setengah dulu, agar pembacanya tidak terlalu kelelahan juga membacanya πŸ˜ƒ

        Delete
    5. Makasii infox yaa. Dulu anak pertama sy jg bingung puting, ga mau asi krn baru aja lahir, belum cukup sejam, mertua sy lgsg ngasih dot isi sufor ke anak saya. Akhirx ASI sy lambat bgt keluarx, anak tiap dkasih asi malah nolak. Asi sy lancar pas anak usia 2 bulan. Lambat bgt. Sblmx hanya setetes demi setetes. Tpi apa daya, meski asi sampai tumpah2 basahi baju, si anak ga mau pake. Maux dot. Alhasil usia 11 bulan anak sy sdh ga asi lagi. Itu pun sblmx dia banyakan sufor. Emg benar ya, anak baru lahir ya harus dkasih asi langsung biar dia kenal.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, Bun. Saya jadi ikut sedih mendengar cerita bunda. Paling tidak, sekarang kita jadi tau ilmunya ya bun πŸ˜ƒ

        Delete
    6. Menyusui emang menyenangkan. Jd pengen lagi, eh, hamil lagi dulu ya berarti hehehe

      ReplyDelete
    7. Menyusui memang perjuangan yang dimulai setelah melahirkan butuh komit dan pengetahuan bwt ibu pejuang asi dan aku sedih saat dikantor dulu ketika sama2 berjuang tp nyatanya pada mundur krn tak kuasa memerah dg disibukkan kerjaan 😒

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah subhanalallah ya Bun itu pasti butuh perjuangan ekstra. Kebayang oleh saya betapa perjuangannya itu

        Delete
    8. Wah sebentar lagi mau nyapih baby mbak. Makasih ilmunyaπŸ™

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bunda. Wah sama dong kita. Sebentar lagi juga saya mau menyapih anak saya juga

        Delete
    9. Pengennya sih weaning with love tapi I have too much love, jadi molor2 mulu, heee..

      ReplyDelete
    10. Waaa infonya mayan lengkaaap..kebetulan banget aku lagi nyusuin anak pertama..makaasii mbaaa sharingnya :-)

      ReplyDelete
    11. Lengkap banget kakak Yeni..Cocok nich untuk saudaraku yg baru melahirkan..TFS!

      ReplyDelete
    12. Masa2 Menyusui MasyaAllah ya Bunda.. Luar biasa alhamdulillah aku masih bisa asi skrg anak aku Usia 13 bulan. Berasa banget perjuangan jadi seorang ibu. Try kasih sharingnya mba, saya jadi makin semangat buat bisa terus kasih asi buat Rayyan... Aamiin

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bunda perjuangan banget. Semangattt bunda 😘

        Delete
    13. Anak saya ASI sama Sufor...sebab ASInya dikit jadi harus ditambah......

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oh gitu, apa sebelum pakai sufor, bunda pernah konsultasikan terlebih dahulu ke konselor ASI agar bisa dibantu? πŸ˜ƒ

        Delete
    14. Cita-cita para ibu yaitu bisa memberikan ASI pada anak-anaknya. Namun terkadang tidak selalu mulus. Semoga saja, banyak anak yang bisa mendapatkan manfaat dari ASI ya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnn bunda. Sebagai orang tua kita memang harus selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak kita. Namun untuk memberikan yang terbaik itu banyak tantangannya ya. Yang penting kita berusaha dulu ya πŸ˜ƒ

        Delete
    15. sy punya tiga anak, yg pertama asi hy sampai usia sembilan bulan, sebab saat itu hamil anak kedua, lumayan beli sufor dan repotnya bangun tengah malam untuk bikinnin susu si kecil, sejak itu bertekad anak selanjutnya asi harus hingga dua tehaun, alhamdullah anak kedua dan ketiga asinya hinga usia dua tahun lebih, c
      cuma pertanyyaanya ada yg kurang nhm bagaimana dengan perawatan asi buat ibu yg lag hamil

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya ya bun. Ga ada yang nanyain itu soalnya waktu seminar hihihi

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya πŸ˜ƒ

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES