Skip to main content

Peran Ibu Dalam Membangun Keluarga Sehat Dimulai Dari Makanan yang Sehat

Peran Ibu Dalam Membangun Keluarga Sehat Dimulai Dari Makanan yang Sehat

Bunda, sebagai seorang istri sekaligus ibu, kita tentu punya peran penting di dalam keluarga. Salah satunya yaitu menjaga kesehatan keluarga. Ada banyak cara para bunda dalam menjaga kesehatan keluarga, salah satunya yaitu berusaha memberikan makanan sehat untuk keluarga tercinta.

Karena salah satu profesi seorang bunda adalah si ahli nutrisi untuk keluarganya. Maka kita pun perlu memperhatikan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan keluarga kita yang berasal dari makanan yang sehat pula

Zat-Zat yang Dibutuhkan Di Dalam Tubuh

1. Karbonhidrat
Karbonhidrat ini memiliki peran sebagai penghasil energi dan tenaga untuk tubuh kita. Seperti nasi, kentang, gandum dll

2. Protein
Protein mempunyai fungsi untuk membantu proses pertumbuhan dan juga sebagai cadangan energi bagi tubuh manusia. Protein terbagi 2 yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati seperti tahu, tempe, kacang hijau dll. Protein hewani seperti ikan, daging, telur dll

3. Vitamin
Tubuh kita juga sangat memerlukan vitamin untuk mempelancar sistem metabolisme tubuh. Vitamin ini banyak kita temukan pada buah-buahan dan  sayuran

4. Lemak
Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai cadangan energi. Namun, jika jumlah lemak terlalu berlebihan di dalam tubuh kita pun, bisa memberikan dampak buruk pada tubuh seperti munculnya penyakit jantung, diabetes, ginjal dll

5. Mineral
Mineral memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyusun tulang dan gigi, membentuk garam-garam yang dapat larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh, serta membangun protein dan enzim

6. Air
Di dalam tubuh kita, terdiri dari 65-70% air. Air adalah dasar cairan intra seluler dan ektra seluler serta menjadi konstituen semua sekresi dan ekstresi pada tubuh. Oleh karena itulah, tubuh kita sangat memerlukan air

7. Serat
Serat juga dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai pelancar pencernaan dan menghindari gangguan metabolisme seperti kegemukan, jantung koroner, diabetes dll

        Semua zat-zat tersebut hanya dapat kita peroleh pada makanan sehat. Makanan sehat banyak sekali manfaatnya pada tubuh kita

Manfaat Makanan Sehat



1. Menjaga berat badan ideal
2. Menjaga daya tahan tubuh dengan baik
3. Menghindari tubuh dari penyakit yang berbahaya
4. Melindungi organ penting dalam tubuh
5. Menyehatkan dan menguatkan badan
6. Meningkatkan konsentrasi.
7. Dll

Ini adalah salah satu cara membuat makanan sehat sebagai cemilan yang sehat pula untuk membangun keluarga yang sehat pula yaitu "Sate Buah Saus Coklat".

Bahan


1. Buah-buahan sesuai selera (di sini memakai buah strawberry dan pisang)
2.

Coklat batangan
3. Sedikit air

Cara Membuat 

1. Siapkan semua buah-buahan dan cuci
2. Potong buah-buahan sesuai selera
3. Tusuk buah dan susun pada tusuk sate
4. Masukkan buah-buahan yang telah disusun tadi ke dalam frezer untuk memudahkan saus coklat menempel pada buah nantinya
5. 3 jam kemudian siapkan saus coklat
6. Panaskan coklat di teflon dengan api kecil dan berikan sedikit air
7. Setelah cair, saus coklat siap dituangkan atau dicelupkan ke sate buah
8. Setelah semuanya selesai, masukkan kembali sate buah yang telah dicelupkan coklat tadi ke dalam frezer
9. Setelah beku, makanan siap dihidangkan

Ini hasilnya. Bunda pun bisa mencoba resep ini kepada anak yang kurang menyukai buah-buahan dan menyajikannya dengan tampilan yang menarik tentunya untuk anak.


Namun, sayangnya sebagai seorang ibu, kita tidak selalu berada dalam keadaan fit dan terkadang jadwal yang padat atau aktivitas kita yang melelahkan, membuat kita tak selalu sempat memasak setiap harinya. Tetapi jika membeli makanan di luar pun, kita tidak tahu, apakah  makanan itu sehat atau tidak? apakah makanan itu bersih atau tidak? dan masih banyak kekhawatiran yang lainnya. Tetapi, kini kita tidak perlu khawatir lagi karena sekarang kita bisa mempercayakannya pada Gorry Gourmet.

        Gorry Gourmet adalah layanan catering sehat Jakarta khusus menyedikan makanan dan minuman sehat yang ditangani langsung oleh ahlinya.

Ada Apa Saja di Gorry Gourmet

1. Menyediakan makanan dan minuman sehat dengan nutrisi seimbang yang diatur oleh para ahli gizi dan perhitungan yang seimbang.

2.

Selain makanannya menyehatkan tetapi juga nikmat di lidah karena di masak oleh chef profesional

3. Diawasi oleh ahli gizi langsung

4. Mudah dan praktis. Tinggal pesan dan langsung diantar ke rumah

Gorry Gourmet Memiliki 6 Program Adalan 

Weight Loss
Ingin mencoba cara menurunkan berat badan dengan menu lezat tanpa membuat sengsara? Inilah yang Anda cari! Program ini dirancang dengan jumlah kalori per serving yang tidak melebihi 550 kalori, kaya serat dan rendah lemak.
Muscle Building
Apakah Anda sedang menjalani program pembentukan otot atau sedang menaikan massa otot? Muscle Building Program by Gorry Gourmet dapat menjadi sahabat kuliner Anda ketika menjalani program. Kami menyediakan makanan kaya protein yang lengkap dengan komposisi karbohidrat dan lemak yang telah dihitung secara cermat oleh Tim Dokter kami.

Special Needs
Gorry Gourmet menawarkan keleluasan bagi Anda yang memiliki kebutuhan khusus. Segera hubungi customer service Gorry Gourmet untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Low Carbs
Melalui program ini, Gorry Gourmet memberikan pilihan menu tanpa kandungan karbohidrat yang cocok dikonsumsi bagi Anda penderita diabetes, Anda yang berkebutuhan khusus (seperti autisme), atau sedang menjalani diet ketat untuk penurunan berat badan.

Drinks and Bites
Kami memberikan pilihan snack dan paket minuman sehat dengan bahan-bahan unik yang alami. Mulai dari paket susu untuk stimulasi ASI, pereda nyeri menstruasi, bahkan martabak rendah kalori yang tidak kalah lezat!

Gift
Tidak hanya menyajikan pilihan menu untuk orang dewasa, Gorry Gourmet juga menyajikan berbagai menu sehat untuk anak-anak usia 2 - 5 tahun. Gorry Petite dirancang untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak, dengan kemasan yang mudah dan praktis!
























































Aplikasi Gorry Gourmet dapat di download dengan mudah di


Atau menghubunginya di


Dengan adanya Gorry Gourmetmembuat hidup kita terasa lebih mudah. Karena dibalik jiwa yang sehat bermula dari fisik yang sehat dan untuk membangun keluarga yang sehat dimulai dari makanan yang sehat pula. Pastikan kita memberikan yang terbaik untuk orang-orang tersayang kita, Bunda 😃


Comments

  1. Sluurrpp saya suka banget sate buah apalagi kalau ada coklat fountainnya. Kalau bikin sendiri pastinya lebih enak dan hemat ya Bund. Thanks resepnya

    ReplyDelete
  2. Sama2 bunda. Iya bunda, saya paling suka ama coklatnya hehe. Makasih ya sudah berkunjung

    ReplyDelete
  3. saya pernah bikin juga seperti resep diatas mbak tapi dengan cokelat putih. Kebetulan anak saya suka cokelat tapi kalau masih kelihatan bentuk buahnya rada nhak mau makan, jd tinggal ditutup cokelat deh heheheh

    ReplyDelete
  4. Aku gagal fokus sama gambar cabe yang segede buah pisang 😂 (itu beneran cabe?)


    Gorry gourmet mengerti bgt ya apa yg dibutuhkan orgtua sibuk hehe...
    Katring bukan sembarang ketring yg nakarnya juga ahli gizi ckck hebat.
    Good luck ya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya yah itu cabe tanjungnya hampir segede pisang ya. Baru nyadar aku. Makasih bun doanya 🙏

      Delete
  5. Buah dimasukin freezer pasti pas dimakan lgsg kres kres. Makasih mba idenya. Bisa dipraktekan supaya krucils gak bosen makan buah.

    ReplyDelete
  6. Boleh neh dijoba, tp belum punya istri, Gimana ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu, saya doakan ya semoga dapet istri yang baik nantinya 🙏

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…