• Monday, February 6, 2017

    Penyebab Anak Sembelit


    Foto: www.klikcara.com

            Sembelit ? apa sich itu sembelit ? Sembelit salah satu momok yang menakutkan bagi para bunda terutama ibu baru kayak aku yang baru pertama punya bayi hihihi 😀. Gimana nggak nakutinnya dan bikin sedih para bunda klo ngeliat bayinya susah pup, waktu ngeden sekuat tenaga, mukanya merah, nangis dan sambil nahan sakit . 

            Bayi sembelit ini sering terjadi pada bayi yang sedang memasuki fase MPASI dan bayi yang sudah masuk ke menu keluarga dan idealnya bun bayi MPASI PUPnya sehari 1 kali. Jika bayi berusia 0-6 bulan dan masih full ASI tidak akan mengalami sembelit dan batas maksimal bayi ASI nggak PUP sampai 14 hari. Jadi bunda jangan khwatir ya klo anaknya nggap PUP beberapa hari 😊.

    Baca Juga : Panduan MPASI WHO

    Oke hari ini aku mu bahas penyebab umum bayi sembelit yach bun 😊 : 
    1 Kurang cairan 
        kurang cairan seperti ASI dan minum air dapat menyebabkan bayi sembelit bun, karena cairan bermanfaat juga untuk melancarkan sistem pencernaan bayi

    2 Kurangnya pemberian lemak tambahan atau tidak memakai lemak tambahan
       Dalam panduan MPASI WHO disarankan bayi memakai lemak tambahan bun seperti minyak goreng, evo mentega, margarin, dll. Dimana salah satu manfaat lemak tambahan ini untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

       Dulu awal MPASI 2 Minggu menu tunggal Erysha, Erysha ngalamin sembelit bunda. Erysha bisa 3 atau 4 hari nggak Pup 😓 karena dulu aku blum tau klo dalam MPASI harus pake lemak tambahan (Hellooo kmana aja buu ?)🙆
      
    3 Komposisi makanan
       Nah mengatur komposisi makanan ini juga penting bunda. Soalnya bisa mempengaruhi pencernaan anak. Misalnya dalam sehari kita memberikan bayi makanan yang tinggi serat secara berturut-turut atau slama beberapa hari, akhirnya menyebabkan bayi mudah sembelit (lagi-lagi emak harus belajar komposisi makanan 😃).

    Baca juga: Makanan Instan Vs MPASI Rumahan

    4 Kurang atau tinggi serat
       Bunda, jika anak kurang atau tinggi serat itu bisa membuat anak menjadi sembelit. Jadi harus pintar-pintar nih para emak mengatur makanan yang berserat tinggi seperti: Apel, Pisang, Pepaya, Bayam, Kangkung, Wortel, Kentang, Beras merah, Kacang merah dll. Jadi, jangan berikan makanan yang tinggi serat dengan cara berturut-turut ya, Bun. Harus tetap diatur pemberiannya, agar anak tak sembelit 😃

    5 Naik tekstur yang terlalu cepat
       Dalam panduan MPASI WHO disarankan untuk bayi naik tekstur dengan bertahap dan perlahan dikarenakan naik tekstur dengan cepat-cepat dapat memicu sembelit pada bayi

    6 Minum susu formula berlebihan 
       Mengkomsumsi susu formula yang tidak tepat untuk bayi dapat memicu sembelit apalagi jika bayi mengkomsumsinya dengan cara yang berlebihan. Bayi yang meminum susu formula cenderung lebih rentan sembelit apabila dibandingkan dengan bayi Asi eklusif. 

    7 Makan yang terlalu banyak 
       Makan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan usia dan perkembangannya dapat memicu sembelit dan obesitas.

    Baca Juga : Review Alat Masak MPASI "Baby Safe"

    8 Tepung organik
        Jangan gunakan tepung organik dalam MPASI yah, karena tepung organik memiliki serat yang tinggi sehingga membuat anak rentan sembelit.  

    Nah bunda apa sich solusi pertama, klo anak kita sembelit ?
    1 Berikan buah Naga dan Pir karena kandungan di kedua buah itu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

    2 Lakukan senam Gowes sesering mungkin, jadi putarkan kaki bayi ke depan seperti sedang menggowes sepeda

    3 Lakukan pijat ILU di bagian bawah puser bayi selama 3 sampai 5 menit, karena gerakan tersebut dapat merangsang bayi untuk Pup

    4 Berikan banyak cairan

    Baca Juga : Penyebab Anak GTM atau Susah Makan 

    Setelah kita tahu penyebabnya jadi membuat kita bisa menghindari anak dari sembelitnya dan membantu memperbaiki pola makan anak kita. Semoga informasi dan ilmu ini bisa bermanfaat ya buat para bunda. Selamat menikmati proses MPASI bersama buah hati tercintany 😃


    Referensi 

    dr. Tanya Remer Attman, dokter anak dan penulis buku "The Wonder Years Helping Your Baby and Young Child Succesfully Negotiate the Major Developmental Milestones"

    Facebook, Grup MPASI "Homemade Healthy Baby Food"

     

    4 comments:

    1. Anakku pernah sembelit, mba. Sedih lihatnya. Akhirnya aku pebanyak buah dan sayuran mba.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya ya bun. Klo ngeliat anak kayak gtu suka ga tega kita n kadang ada perasaan bersalah jadinya ke anak

        Delete
    2. duh anakku dulu juga pernah sembelit sampai 1 minggu blum keluar...akhirnya kukasih pepaya dan banyak minum...alhamdulilah bisa

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya benar bunda air putih salah satu cara alami untuk mengurangi penyebab anak sembelit

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES