Skip to main content

Bunda, Yuk Kita Berkenalan dengan Apa Itu Sekolah Alam?

bunda, yuk kita berkenalan dengan apa itu sekolah alam?

Hai Bunda. Pada tanggal 17 Desember 2017. Saya berkesempatan untuk mengikuti sebuah seminar pernikahan di Sekolah Alam Bintaro yang terletak di kota Tangerang Selatan. Akhirnya tercetuslah oleh saya untuk membuat dan berbagi informasi mengenai apa itu sekolah alam? Siapa tahu ada para Bunda yang sedang kebingungan untuk mencari sekolah yang sesuai untuk anak-anaknya 😃

Apa Itu Sekolah Alam?


Sekolah alam adalah pendidikan yang berorientasi pada alam dengan menggunakan metode belajar active learning. Karena sekolah alam ini bersumberkan pada alam, tentu saja bangunannya pun banyak memanfaatkan bahan-bahan alami yang berasal dari alam seperti jerami, sekam, rotan, batu kali, kayu dll

Latar Belakang Berdirinya Sekolah Alam 


sekolah alam bintaro
Sekolah Alam Bintaro

Sekolah alam ini pertama kali dicetuskan dari gagasan Lendo Novo dikarenakan semakin mahalnya biaya sekolah pada waktu itu. Dulu, letak mahal tidaknya sekolah dilihat dari infrastrukturnya. Oleh karena itulah didirikanlah sekolah alam ini.

Namun, saat ini terbalik ya, Bun. Pertama kali jika kita mendengarkan kata "Sekolah Alam", pasti yang terlintas pertama kali dalam pikiran kita adalah karena mahalnya. Karena memang saat ini telah muncul pemahaman-pemahaman  baru. Bahwa sekolah yang bagus itu, bukan dilihat dari bagus atau tidaknya infrasrukturnya. Tetapi dilihat dari program pembelajarannya dan outputnya.

Yang dikmaksud dari program pembelajaran ini mencakup kurikulumnya, konsep belajarnya, metode belajarnya, pendekatan terhadap anak-anaknya, alat peraganya dll

Sedangkan outputnya adalah hasil yang didapatkan oleh anak dari program pembelajaran yang telah dirancang oleh pihak sekolah , apakah sesuai dengan kebutuhan anak ataukah tidak.

Selain itu, yang melatar belakangi berdirinya sekolah alam adalah karena ingin memberikan proses pendidikan yang ramah anak dan sesuai dengan kebutuhan anak. Di sekolah ini mengarahkan dan merangsang kreativitas anak belajar dengan cara menyenangkan tanpa terbatas dengan ruangan serta berorientasi pada pembentukkan karakter anak

Konsep Belajar di Sekolah Alam


sekolah semi fullday
Kantor Sekolah Alam Bintaro

Kurikulum di sekolah alam ini tetap mengacu pada pendidikan nasional. Hanya saja, lebih dikembangkan dan dikemas dengan program belajar yang menarik bagi anak. Jadi, terbentuklah anak yang memang paham apa yang ia pelajari dan mempraktekkannya. Jadi, anak bisa bukan karena menghapal tetapi karena memang anak memahaminya sendiri

Metode Pembelajaran di Sekolah Alam 


Sekolah alam ini pada umumnya menggunakan 3 metode belajar yaitu:

1. Active Learning yaitu anak belajar bukan hanya sekedar mendengarkan materi pelajaran. Tetapi anak pun diajak pula aktif dalam proses belajarnya.

2. Accelerated Learning yaitu anak belajar melibatkan semua indranya dan potensinya

3. Spider Web yaitu anak belajar berdasarkan pada tema dan mencakup semua mata pelajaran saling berkaitan dengan tujuan akhirnya adalah mengenal Allah.

sekolah yang menyenangkan untuk anak
Tempat Bermain Sekolah Alam Bintaro

Misalnya: ketika anak belajar tentang organ tubuh manusia nanti dipahamkan pula pada anak bahwa Allah itu hebat, ya bisa membuat semua organ manusia. Dan ini salah satu cara membuat anak mencintai Tuhannya dari karya-karyaNya 😃.

Kurikulum sekarang di sekolah pada umumnya memang sudah mulai menggunakan tema, belajarnya. Tetapi, kalau sekolah alam sudah dari dulu lho, Bunda belajar dengan menggunakan tema ini.

Kalau dulu waktu kita masih sekolah. Kita kan belajarnya cuma diam saja dan harus duduk tenang, mendengarkan guru dan kerjakan tugas. Rasanya itu membosankan dan begitu setiap hari. Tetapi jika di sekolah alam, program belajarnya memang dikemas semenarik mungkin bagi anak. Sehingga, anak mudah pula memahami dan menempel ilmunya

Sedangkan jam belajarnya lebih panjang daripada sekolah negeri. Biasanya untuk anak kelas 1 sampai kelas 3 SD. Belajarnya sampai jam 2 siang. Dan untuk anak kelas 4 SD sampai kelas 6 SD belajarnya sampai waktu Ashar. Begitu juga pada umumnya di tingkat SLTP dan SMAnya.  Oleh karena itu sekolah alam ini termasuk sekolah yang semi fullday.

Walau anak sekolahnya lebih lama. Tetapi tentu saja tidak membuat anak rentan stres, karena memang program belajarnya yang dikemas menyenangkan bagi anak

Pengelolaan Kelas di Sekolah Alam


sekolah yang cocok untuk anak aktif
Sekolah Alam Bintaro

Konsep kelas yang dibuat oleh sekolah alam ini terbuka. Sehingga tidak terkesan formal dan kaku. Pada umumnya, jumlah muridnya satu kelas diisi oleh 20 anak dengan 2 guru. Tetapi, tentu saja aturan ini bisa berbeda di setiap sekolah alam yang ada di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Alam


Kelebihannya

1. Ramah anak
2. Bangunannya unik
3. Program belajarnya menyenangkan dan menarik bagi anak
4. Anak bebas bereksplorasi, berksperimen, dan menemukan sendiri apa yang seharusnya anak pahami
5. Anak dapat belajar dengan friendly
6. Merangsang rasa ingin tahu anak dan meningkatkan daya kreativitasnya
7. Membuat anak mencintai Tuhannya dengan cara yang menyenangkan
8. Tenaga pendidiknya berkualitas
9. Lingkungannya pada umumnya bagus dan baik
10. Menghindari anak dari stres belajar

Kekurangannya

1. Mahal
2. Konsentrasi anak mudah teralihkan karena belajarnya di ruang terbuka
3. Belum tersebar merata di setiap daerah.
4. Dll

Jadi kesimpulannya, sekolah alam itu bagus, tetapi sesuai dengan harganya, ya Bun 😂. Kalau memang kita ada rezeki lebih dan ingin memaksukkan anak kita ke sekolah alam. Kenapa tidak? Toh kelebihannya jauh lebih banyak dari pada kekurangannya dan sebagai salah satu cara kita dalam memberikan pendidikan formal terbaik untuk anak kita.

sekolah bagus
Sekolah Alam Bintaro

Walaupun tetap ada yang harus kita ingat bahwa, pendidikan utama seorang anak itu ada di orangtuanya. Bukan sekolah! Sekolah hanya pendukung dan membantu kita dalam mendidik anak-anak kita. Bagaimana Bunda, setelah kita mengetahui apa itu sekolah alam, tertarikkah Bunda menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah alam? 😉

Baca juga: Termasuk Tipe Orang Tua yang Manakah Kita?

Referensi

http://sekolahalamduri.org

Comments

  1. Menarik sekali Bun, saya juga tertarik nih cuma iya kenapa ya Sekolah Alam sekarang identik dengan mahal karena sesuatu yang alami seharusnya manfaat maksimal dan pengeluaran minimal :) lalu masih sedikit dan jauh dari tempat tinggal ;) opini saya sih mungkin harusnya ada sekolah alam yang punyanya emang kelebihan harta sehingga enggak me monetize, pure membantu pendidikan anak Indonesia terutama yang kurang mampu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun sekarang mahal atau tidaknya dilihat dari programnya dan hasil belajar dari anak2nya bukan dari bangunannya lagi. Karena dana yang mereka dapatkan, memang kebanyakan habis untuk program belajar anak2. Seperti membuat alat peraga, display kelas, pelatihan2 guru dll. Semoga ya Bun banyak sekolah bagus tetapi nggak mahal untuk membantu anak2 ga mampu. Klo sekolah negeri. Satu kelas muridnya banyak sekali dan cuma 1 guru dan ruangannnya terbatas lagi. Jdi kesulitan juga menerapkan konsep belajar sekolah alam di negeri. Apapun itu, smga pendidikan di indonesia semakin lbh baik ya. Terutama kita mulai pendidikan anak kita dari rumah.

      Delete
  2. dulu banget aku uda searching cari tahu ttg sekolah alam karena terinpirasi sama anaknya tokoh sapa ya gitu sayang banget di Bandung jauh sama rumah jadi weh urung hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bun belum merata soalnya ya. Saya juga baru tahunya sekolah alam di Bandung. Cuma yang di dago

      Delete
  3. Langsung kebayang wajah ceria anak-anak belajar di alam terbuka :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  4. Sekolah alam ini konsepnya memang bagus dan menarik ya, tapi sayang biayanya masih terbilang mahal. Yang saya heran, kenapa sekolah biasa gak menerapkan konsep seperti di sekolah alam ya, kegiatannya monoton, belajar, peer, ulangan, dengerin guru, bermainnya kurang, mengenal alam secara langsung juga kurang. Murid jadi cepat bosan, apalagi murid SD atau TK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, belajar di sekolah alam bikin anak bebas stres. Sayangnya memang sistem di sekolah negeri belum sebagus di sekolah alam atau sekolah swasta yang lainnya. Dikarenakan di negeri jumlah muridnya banyak sekali dalam satu kelas dan itu cuma di dampingi 1 gurun sehingga membuat guru keteteran dan ga bisa memperhatikan semua muridnya, yang ke 2 di negeri bangunannya terbatas sehingga sulit mengajak anak dengan bebas untuk bereksplore. Yang ke 3 guru2 di sekolah alam atau swasta yang lain masih berusi muda. Sehingga mereka memiliki konsep belajar yang kekinian dan bisa mengikuti perkembangan teknologi, kalau di negeri banyak guru yang sudah lanjut usia sehingga mereka agak kesulitan juga mengejar teknologi dan konsep belajar terkini. Walau nggak semuanya ya. Trus di sistem sekolah dinegeri masih diribetkan ama yang namanya administrasi sehingga waktu gurunya udah habis k administrasinya dripda mnyiapkan program belajar menarik untuk anak dll. Banyak faktor lainnya juga. 😃

      Delete
  5. Habis baca ini tambah tertarik sama sekolah alam bun. Pengalamanku dulu di sekolah konvensional membosankan bnget. Sayangnya di daerahku belum ada sekolah alam. Tpi semoga pas Mukhlas waktunya sekolah sudah ada :D

    ReplyDelete
  6. Keponakanku sekolah di sekolah alam. ---Kalau aku sih tipe orang yang indoor, jadi kurang cocok kalau sekolah alam. Setuju sekali, kalau pendidikan itu yang utama tetap dari orangtua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bunda sepertinya suka belajar dalam keadaan tenang ya 😃

      Delete
  7. Woow!! Begitu menginspirasi..

    Bukan hanya suasananya saja yang sejuk akan tetapi Alam juga bisa memberikan pembelajaran serta faedah yang berarti..😊😊

    ReplyDelete
  8. Ya ampuuuuunn, ini yang aku cari Bun... Ini biasa disebut Sabin kan ya? Ada untuk TKnya gak sih? Pengen banget nyekolahin di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda. Iya bun, sekolah alam bintaro suka di sebut sabin juga. Kalo TKnya ada dan satu tempat ama SDnya juga 😃

      Delete
  9. Dulu sempat terpikir anak anak sekolah di sekolah alam, tapi nggak ada yang dekat rumah. Kalau kejauhan kasihan anak anak lama di perjalanan..
    Btw, thanks sharing infonya Bun..

    ReplyDelete
  10. Bulan Oktober kemarin saya ke Green School Bali yang merupakan sekolah alam internasional. Kurikulum dan pengajarannya sangat bagus tapi memang sangat mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mahal. Aduhhh semoga nanti ada sekolah alam yang harganya terjangkau ya bun

      Delete
  11. Ini informasi nya tentang sekolah alamnya sangat lengkap, terimakasih ya mbak sovia , jadi tertarik ingin merasakan sekolah alam

    ReplyDelete
  12. Saya pertama kali mendengar tentang sekolah alam ini waktu kuliah. Suka banget dan dulu bermimpi suatu saat bisa terlibat dalam sekolah alam. Saya suka konsep dan metode pendidikannya. Tapi sayang memang butuh biaya besar dan belum tersebar ke semua daerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun mahalnya itu ya hihihi. Tetapi krna bgus sih ya jdi mahal juag

      Delete
  13. Bermanfaat sekali ya sebenarnya sekolah alam nih, tapi sayang mahal.Di Malang juga ada tapi ya gitu,mahal,hehe

    ReplyDelete
  14. sekolah alam itu menyennagkan. anak-anak suka model pembelajaran model begini. berada di alam. biasanya, pelajaran IPA paling sering begini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏

Popular posts from this blog

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting Untuk Anak Usia Dini

Hai-hai Ayah Bunda! Hari ini saya ingin berbagi kegiatan saya bersama Erysha (1y8m). Yaitu membuat dan bermain Finger Painting untuk anak usia dini.  Cara membuatnya sederhana, tetapi banyak memberikan stimulus pada tumbuh kembang anak kita.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, apa sih itu finger painting? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005).

Kalau gitu, langsung aja yuk kita buat! Hari ini saya sudah menyiapkan semua bahannya dan mengajak Erysha untuk bersiap-siap pula bermain-main dengan catnya.

Baca juga: FINGER PAINTING UNTUK ANAK USIA DINI "MEMBUAT POHON"

Cara Membuat dan Bermain Finger Painting
Alat dan Bahan

1. Cat warna khusus edukasi anak atau cat biang
2. Koran
3. Air
4. Beberapa wadah kecil untuk tempat cat
5. Air

Pijat Wajah Untuk Anak Terlambat Bicara

Hai Bunda, sebagai orang tua yang masih punya balita, terkadang kita suka khawatir ya. Kok, anak saya umur segini belum bisa ngomong ya? Kok, anak orang lain udah bisa ngomong ya? Kenapa ya, anak saya di diagnosa terlambat bicara oleh dokter? Terus, apa sih yang harus saya lakukan buat menstimulus kemampuan bicara anak saya? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang pastinya menggangu pikiran kita ya, Bun.

       Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pijat wajah untuk anak terlambat bicara. Sebaiknya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang menyebabkan seorang anak bisa terlambat bicara? Apa yang harus kita lakukan jika anak kita menunjukkan gejala terlambat bicara? Dan apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menstimulusnya? Boleh, baca di sini dulu ya.

Menurut dr Attila Dewanti, SpA(K) Neurologi mengatakan pada usia tiga tahun, anak mulai bermain dengan teman sebayanya. Kalau anak mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya segera lakukan terapi. Karena jika tidak,…

Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersama Anak-Anak

Ayah bunda, di tengah kesibukan saya sebagai ibu rumah tangga baru dan mempunyai seorang balita. Allhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk saya mengajar kembali walau sebulan hanya sekali atau dua kali. Tetapi bukan semata-mata untuk mencari uang, ini hanya sebagai salah satu bentuk peran saya di masyarakat dan juga untuk aktualisasi diri setelah kurang lebih hampir 2 tahun saya tidak mengajar lagi ketika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. 
        Hari ini saya akan menceritakan salah satu kegiatan saya bersama anak-anak didik saya. Langsung aja ya bun, pagi itu setelah kami perkenalan, saya mengajak mereka bermain permainan kucing dan tikus. Permainan ini sepertinya sudah tidak begitu asing ya di dengar, tetapi keseruan dari permainan ini tak akan pernah habis. Malah bikin anak-anak pada nagih.
        Apa sich itu permainan kucing dan tikus? Permainan ini bisa dimainkan paling sedikit 8 orang. Nah bagaimana ya cara bermainnya ?


Serunya Bermain Kucing Dan Tikus Bersa…

7 Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan Khusus

Hai-hai Ayah Bunda. Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mengisi sebuah komunitas parenting online mengenai "Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Sejak Dini Melalui Tumbuh Kembang Anak". Materinya boleh lihat di sini ya dan saya merangkum pertanyaannya tentang anak berkebutuhan khusus di tulisan saya minggu ini. Siapa tahu bisa memberi manfaat untuk para orangtua yang lainnya
Pertanyaan tentang Anak Berkebutuhan khusus
1. Bunda Epah Assalamualaikum. saya punya anak yang sudah berumur 2 tahun 3 bulan. Tapi belum ada kosa kata yang dapat dimengerti dan anak saya terkadang kurang respon terhadap perintah atau pun panggilan dari orang termasuk saya, walau ada kalanya dia juga dengar dan tahu apa yang kami ucapkan, apa anak saya termasuk ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus ya Bun?

Namun dari pandangan saya, daya fokus dan ingatan serta pendengarannya baik karena setiap kali hp berbunyi dia tahu dimana sumber bunyi suaranya dan selalu ingat gerakan dan gaya tokoh di video ya…