• Saturday, December 2, 2017

    Sudahkah Kita Membuat Anak Merasa Dicintai Oleh Kita?

    sudahkah kita membuat anak merasa dicintai oleh kita?
    www.pixabay.com

    "Cintailah anak seperti apa yang anak butuhkan. Bukan mencintai seperti apa yang kita inginkan" Bunda Erysha

    Seperti biasa, Saya selalu membacakan buku cerita untuk Erysha (1y9m) setiap harinya. Nah, ketika lagi asyik baca. Ada kata-kata tulisan di buku bacaanya yang "Sali sayang Ibu" suka Saya ganti jadi "Sali sayang Bunda". Tiba-tiba, Erysha menatap ke arah Saya dan berkata "Dede sayang Bunda" dengan sambil tersenyum manis.

    Ya ampunnnn ketika Erysha bilang begitu, hati Saya sebagai ibu langsung bahagia. Saya pun balik berkata pada Erysha "Bunda juga sayang, Dede" sambil memeluk Erysha dan mencium keningnya 😍😍😍

    Bahagia, ya dengernya anak kita berkata seperti itu pada kita. Tetapi, anak tak bisa langsung berkata begitu jika dari kita orangtuanya tidak belajar juga cara mengekpresikan rasa cinta pada anak, hingga anak pun merasa dicintai oleh kita

    Karena banyak dari kita sebagai orangtua yang mengaku mencintai anak. Tetapi, kita lebih sering berteriak pada anak, melabeli anak dengan kata-kata negatif, membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain hingga, ia merasa tidak penting, membentak, dan bahkan memukul anak dari pada berkata cinta pada anak. Lalu, bagaimana anak akan merasa dicintai jika, kita memperlakukan mereka seperti tidak dicintai?

    Baca juga: Beberapa Hal Yang Dapat Melukai Harga Diri Anak

    Jangan pernah bilang kita cinta pada anak, hanya karena kita telah membesarkannya, memberikannya tempat tinggal, menyekolahkannya, membelikannya mainan. Kita telah menyebut diri kita telah mencintainya. Bukan...bukannnn! Cinta itu bukan hanya sekedar itu. Cinta itu bukan hanya sekedar materi, cinta itu bukan hanya sekedar fisik yang terlihat oleh mata. Tapi cinta itu soal rasa. Cinta itu soal hati. Untuk apa kita memberikan itu semua, tapi jiwa anak terasa kosong, terasa hampa, dan terluka karena merasa tak dicintai oleh orangtuanya?

    Hai cinta itu butuh pembuktian! Bukan hanya sekedar kata-kata dan perbuatan yang terlihat abstrak bagi anak. Lalu, bagaimana anak bisa menangkap bahwa kita mencintainya, jika tidak dibuktikan dengan kata-kata dan perbuatan nyata yang terasa oleh hati mereka? Bagaimana kita akan membuat anak merasa bahagia, jika kita tak membuatnya merasa dicintai terlebih dahulu?

    Sayangnya, betapa banyak dari kita telah merasa mencintai anak. Tetapi, anak lebih sering terluka karena kata-kata kita, karena penghakiman kita, karena otoriternya kita, dan secara tidak sadar membangun konsep diri yang negatif pada dirinya akibat dari pola asuh kita terhadap mereka.

    Dampak Ketika Anak Merasa Tak Dicintai Oleh Orangtuanya


    dampak ketika anak tidak merasa dicintai oleh orangtuanya
    www.pixabay.com

    Lihattttt betapa banyak pembullyan yang dilakukan dimana-mana, anak yang lari dari rumahnya, anak yang lebih betah berlama-lama dengan teman-temannya dari pada keluarganya, anak yang salah pergaulan, anak yang membangkang, anak yang penuh amarah dan dendam, anak yang kurang percaya diri, anak yang penakut, anak yang sudah pacaran sebelum waktunya, itu semua terbangun dari konsep diri yang negatif karena kurangnya penghargaan dan rasa cinta yang anak dapatkan dari rumahnya sehingga, terbentuklah penghargaan yang rendah pada diri mereka sendiri.

    Baca juga: Sudahkah Ayah Bunda Mengajarkan Konsep Maaf Memaafkan Pada Anak? Begini Caranya!

    Cara Membuat Anak Merasa Dicintai


    cara membuat anak merasa dicintai orangtuanya
    www.pixabay.com

    Tunjukkanlah jika kita benar-benar mencintainya! Rangkullah ia, peluklah ia, usaplah rambutnya dan katakanlah bahwa kita mencintainya. Berikanlah ia kata-kata yang positif. Berikan Ia motivasi. Berikan Ia pujian.

    "Kamu hebat, Nak"
    "Wah, anak Bunda pinter, ya"
    "Terima kasih, ya Nak, sudah berusaha"

    Pujian itu murah, kok. Pujian itu mudah. Nggak perlu beli. Tetapi, mengapa kita lebih sering hanya fokus pada kesalahan anak, hingga kita melupakan banyak kebaikannya?

    Baca juga: 3 Kalimat Ini Wajib Dikatakan Pada Anak Setiap Harinya

    Berikan pula anak waktu yang berkualitas. Anak kita tak butuh Ayah Bunda yang hebat di luar sana. Anak kita tak butuh mainan yang banyak dan mahal-mahal harganya. Anak kita hanya butuh kita, Ayah Bundanya. Ayah Bundanya yang selalu ada di dekatnya, menemaninya, dan ada di saat Ia membutuhkannya.

    "Terkadang tanpa sadar, kita selalu menuntut pada anak untuk mengerti keadaan kita. Tetapi, kita lupa, bahwa kitalah yang seharusnya mengerti mereka"

    Tunjukkanlah pada anak bahwa kita benar-benar mencintainya! Hingga, ia tahu bahwa kita begitu mencintainya dan Ia pun bersyukur menjadi seorang anak yang terlahir dari rahim kita. Dan nanti, Ia akan tumbuh menjadi pribady yang penuh rasa cinta pada sesama dan memiliki penghargaan diri yang tinggi pada dirinya.

    Baca juga : Ingin DiKenang Seperti Apakah Kita Oleh Anak Kita ? Yuk, Ikuti 10 Cara Mengukir Kenangan Manis Di Hati Anak

    Dan salah satu cara Saya sebagai ibu dalam menunjukkan rasa cinta pada Erysha, adalah ketika Erysha sedang sakit dan demam karena cuaca sedang tidak bersahabat. Rasanya, hati saya ikut sedih dan cemas. Untungnya di rumah, saya selalu menyediakan Tempra. Tempra ini memiliki 3 kemasan. Tempra Drops, Tempra Forte dan Tempra Syrup. Setiap kemasan disesuaikan dengan usia anak. Tempra adalah obat penurun panas ketika anak demam. Selain itu Tempra aman di labung, tidak perlu dikocok, larut 100%, dan dosisnya pun tepat (tidak menimbulkan overdosis atau kurang dosis)

    penurun panas

    Erysha suka sekali dengan Tempranya. Soalnya rasanya enak sih. Jadi, disukai oleh anak-anak. Esok harinya keadaan Erysha suka membaik dan kembali ceria. Bagi saya, cara mencintai anak adalah dengan memberikan apa yang anak butuhkan termasuk berada di dekatnya dan di sampingnya di saat ia membutuhkan Saya. Seperti, di saat Erysha sedang sakit

    Untuk Saya, membuat anak merasa berarti dan dicintai orangtuanya itu, adalah harga mati yang tak bisa dibuat tawar menawarnya. Jika bukan kita orangtuanya yang membuat Ia merasa berharga. Lalu siapa lagi? Jika, bukan dari rumah ia mendapatkan cinta, lalu kemanakah kakinya harus melangkah untuk mencari rasa yang layak untuk dicintai? Terutama mengharapkan rasa cinta dari sosok yang bernama Ibu

    Bagaimana dengan Ayah Bunda, beranikah kita bertanya pada hati kecil kita, sudahkah kita membuat anak merasa dicintai oleh kita? Beranikah Ayah Bunda bertanya pada anak kita, apakah ia telah merasa dicintai atau kah tidak oleh kita?

    Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra



    80 comments:

    1. Wah keren mb, blognya baru dibikin 2017 tapi postingannya udah banyak, keren2 lagi tulisannya 😁... Bisa nih jadi bekal buat saya calon ortu 😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah makasih banyak Mba. Seneng jika memang bisa bermanfaat. Salam kenal ya 😍

        Delete
    2. Wah, manis sekali ya anaknya mbak.. :) Sy juga memakai tempra saat anak demam,karena kandungan paracetamolnya yang insya Allah plg aman buat anak2 bahkan buat busui..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih ya Mba. Doakan saya bisa mendidik anak saya tetap manis hingga dewasa kelak. Bener mba saya dapet rekomendasi tempra itu dari sahabat dan dokter anaknya. 😃

        Delete
    3. Mantap, Bunda Erysha :) keep writing & inspiring.. ditunggu selalu tulisan-tulisannya

      ReplyDelete
    4. So sweet bgt ya namanya perjuangan ibu. Tugasnya banyak..hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener Bun jadi ibu itu nggak mudah ya. Oleh karena itu Allah meletakkan Syurga di kakinya 😃

        Delete
    5. Ini yang sedang saya terapkan ke anak saya. Anak yang dicintai dengan penuh kasih sayan dan perhatian akan tumbuh sebagai anak yang percaya diri, bermental kuat, penyayang, dan berkepribadian hebat.

      Artikel ini sangat bagus, menjadi tambahan wawasan bagi saya sebagai seorang ayah. Karena mencintai anak bukan hanya tugas ibu, hhehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga banyak pula para Ayah yang sadar ya. Bahwa mendidik anak itu bukan hanya tugas ibu 😃

        Delete
    6. Tiba2 terharuuuu baca ini...td pagi saya ngomel2 karna secangkir teh manis tumpah k karpet kesenggol mas fadli (8y)td jg ga sempet peluk dia pdhl hari ini hari pertama uts....ya Allah pengen cepet2 dia dateng dan peluk dia,mau minta maaf td udh ngomel2,kenapa hari senin pagi itu suka riweuuuh ya jd bawaannya emosi...astagfirallah...mksh bunda erysha tulisannya sudah menyentuh hati saya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama2 bunda. Kita jadi saling mengingatkan ya. Jadi pengen pelukkk bunda 😘

        Delete
    7. catatan banget nih buat saya biar bisa benar-benar membuat anak saya merasa dicintai. makasih sharingnya, mbak

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama bunda. Ini juga jadi catatan saya juga. Kita saling mengingatkan ya 😃

        Delete
    8. Tempra juga jadi pilihan saya Bunda..
      Setuju jika cara mencintai anak dengan memberi yang mereka butuhkan dan selalu ada di sampingnya saat diperlukan...Thanks tipsnya:)

      ReplyDelete
    9. sy suka artikel2 spt ini selalu menampar sy spy lbh baik jd ortu ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah terima kasih bunda. Ini juga untuk mengingatkan diri saya

        Delete
    10. Hai Bunda Erysha, apa kabar? setelah baca blog ini, saya jadi lebih termotivasi utk lebih dan lebih lagi mencintai anak,menyayangi anak dengan setulus hati, dan merasa dicintai oleh Mamahnya. Terimakasih yaa, Oh iya, Tempra juga jadi pilihan kalau anakku lagi demam, kandungannya aman utk anakku.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Makasih ya say. Semamgat terus buat bunda yang hebat seperti Mama Suke 😘

        Delete
    11. Makasih banget tulisannya ka. Utk aku yg 'newbie wife' dan belum punya anak, ilmu yg seperti ini Bermanfaat sekali . Semoga aku bisa menjadi orangtua yang selalu bisa mengekspreksikan kasih sayangnya kpd anak suatu saat nanti. Sama halnya, yang keluargaku selama ini memberi perhatian penuhnya utk aku. Aamiin.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah, selamat datang ya Ires sayang di Dunia Pernikahan 😍

        Delete
    12. alhamdulilah jadi inget anakku yg sll bilang neyna sayang bunda lalu bundanya dikecup ini sweet moment banget *berarti aku sakses bikin anakku merasa dicintai ya mba hahaha >> kepedean :p

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah Bunda hebat. So sweet banget ya. Semoga sampai besar bisa tetap begitu ya. Karena yang paling sulit adalah mempertahankan rasa anak yang dicintai ortunya 😍

        Delete
    13. betul sekali menjaga cinta anak, akan tertanam hingga dia dewasa kelak. Anak akan ingat apa yang diajarkan orang tua kepadanya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener pak. Semoga nanti kita bisa dan harus bisa ya 😃

        Delete
    14. aku yang udah dewasa aja masih merasa ortu pilih kasih, wkwkwk... jadi ortu berat banget

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun. Ga mudah ya jadi ortu itu. Tapi sesuai dengan imbalannya yaitu syurga ketika kita berhasil mendidik anak2 kita menjadi hambaNya yang sholeh 😍

        Delete
    15. Semoga sebagai orangtua, kita bisa membuat anak merasa dicintai seterusnya hingga ia dewasa nanti. Hingga kelak ia bisa dengan bangga mengenang kita orangtuanya. Oh ya ternyata tempra itu banyak yang pakai ya. Soalnya teman dan tetangga saya juga pakai tempra

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaminnn ya. Saya juga tahu tempra karena dapet rekomendasi dari dokter anak sahabat saya 😃

        Delete
    16. Bagus bgt isinya, pointpoint apa yg disampaikanya dapet..

      Makin bagus tulisanya iih, mangat terus ya..

      makasih bunda, rasanya pengen segera jadi bunda juga, do'ain ya.. 😊

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaminnn ya. Semoga disegerakan untuk momong bayi. Semangattt terus ya

        Delete
    17. Whuaa sama saya juga suka saling peluk sama anak terus bilang, Bunda sayang Alin, Alin sayang Bunda, karena kita saling menyayangi.. hehee... apalagi abis bangun tidur, langsung good mood deh...

      Terima kasih ya informasinya sangat bermanfaat.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama bunda. Semoga sampai besar kita tetap saling berpelukan dengan anak kita, ya bun 😃

        Delete
    18. Kehadiran fisik dan terlibat dengan aktivitas anak bisa jadi bentuk cinta ibu ke anak ya mba

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bun. Karena cinta itu perlu diungkapkan dan salah satunya dengan kontak fisik 😃

        Delete
    19. betul banget mba, dengan cinta anak akan tumbuh dan menjadi orang yg penuh cinta dan kebaikan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga kita bisa jadi ibu dan ortu yang penuh cinta untuk anak2 kita ya bun 😃

        Delete
    20. masa tempra saya sdh berlalu, tp meskipun udah gadis klo sakit tetap yg dicari emaknya. ☺️

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah ternyata bunda Nuning anaknya udah gede ya 😃

        Delete
    21. Pelukan memang obat mujarab membuat anak merasa disayang selalu... Sukses lombanya Kak Yeni

      ReplyDelete
    22. Nyeesss..kalau dengar anak mengungkapkan rasa sayangnya pada kita, ya...
      Kadang saya bisa mewek loh..hahaha...

      ReplyDelete
    23. Info keren ... Semoga selalu bisa menunjukan cinta kepada anak dengan cara yang benar.

      ReplyDelete
    24. thank bunda arsy, kadang banyak orang tua yang menyepelekan hal itu membuat anak merasa tidak dihargai keberadaannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bener bun. Kayak sepele ya. Padahal ini salah satu pondasi dalam pendidikan anak kita 😃

        Delete
    25. Sebuah tulisan yang sangat bermanfaat sekali buat saya mbak, walaupun menikah in sya ALLAH melalui tulisan ini saya jadi tau cara membuat anak mencintai kita dan bagaimana cara mengobati jika anak terkena panas/demam suatu hari nanti mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Allhamdulillah bunda. Senang jika memang bisa bermanfaat. Iya bun pake tempra aja rasanya juga enak 😃

        Delete
    26. Bener banget mbak,anak belum tentu merasa dicintai hanya dengan ucapan cinta, namun perlu diterapkan dalam bentuk perhatian, pujian dan pendidikan. Salah satu pendidikan yang menjadi bukti nyata cinta pada buah hati yaitu mengajarkannya agama, mengajarkannya kenal sama allah.

      ReplyDelete
    27. Tulisan pembukannya sudah nampar banget. Makin ke bawah makin cakep dan banyak informasi yg kereen. Hmmm. . Tanp sadar kita sebagai org tua kadang lupa dg hal2 kecil ya, Bun. Seperti meluk anak itu...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun. Hal kecil tapi penting ya dalam membangun pondasi dalam pendidikan dan pengasuhan anak kita

        Delete
    28. tak mudah memang menjadi orang tua. selain masalah pribadi yang membuat stress terkadang malah dampaknya ke anak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bun. Betapa pentingnya kita seorang ibu harus belajar mengendalikan emosi agar tak melampiaskannya ke anak ya

        Delete
    29. Jd renungan sndri yaa duh anakku udh merasa dicintai ibuny blm ya. Makasi sudah diingatkan mbak :D

      ReplyDelete
    30. Ah, kalau anak ditanya ttg kita, seringnya yg mereka sebutkan yg indah2 saja.
      Padahal ingat betul bahwa saya sbg ortu masih bnyk kurangnya huhuhu..
      Sering merasa kalau cinta anak pd kita itu lbh tulus drpd cinta ortu ke anak :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah bener banget bun. Terkadang anak lebih memandang ortunya dengan konsep yang positif. Tetapi terkadang kita lbh banyaj berpikir yang negatif pada anak

        Delete
    31. Anak senang banget kalau orang tua mengungkapkan rasa sayang. Dan kadang tanpa dimintapun anak juga menunjukkan perasaan sayangnya. Duh, rasanya pengen peluk-peluk terus.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bun. Klo kita ga gengsi untuk mengungkapkan rasa sayang kita. Maka anak pun ga gengsi jg mengungkapkan rasa sayangnya pada kita 😃

        Delete
    32. Menunjukkan rasa sayang pada anak. Semoga nanti saya bisa menerapkannya dengan baik pada anak anak saya. Doakan ya.

      ReplyDelete
    33. Makasih y mbk sharingnya. Sangat bermanfaat untuk aku klo sudah menikah nanti. Sehat sehat sllu y mbk agar trus memberikan tlisan yg insporatif :))

      ReplyDelete
    34. Ini review produk tapi tak terasa soalnya menuturkan banyak hal bermanfaat dalam hal parenting (keayahbundaan). Salam kenal. Semoga menang, soalnya bagus . Pemaparannya membuat saya sebagai ibu jadi diingatkan agar bisa mencontoh ibu lain yang bagus ilmu parentingnya.

      ReplyDelete
    35. Selamat ya mbak yeni, tulisan ini menang. :)

      ReplyDelete
    36. Pantesan menang, ini tulisannya emang keren, mengingatkan pada semua orang tua bahwa anak itu butuh pengakuan dan perilaku merasa dicintai

      ReplyDelete
    37. WOOW LEMBUT SEKALI . PASTI ERZYA ANAK PALING BAHAGIA DI DUNIA

      ReplyDelete
    38. Kata-kata positif itu sangat penting ya kak buat perkembangan anak. Salah omong dikit akan berakibat fatal. Mulai mendidik dengan cara positif akan menumbuhkan jiwa yang positif buat anak juga ya kak. Nice post kak..

      ReplyDelete
    39. Rasanya meleleh ..klepek klepek deh kalo anak yang mengungkapkan sayangnya, huhuu..

      ReplyDelete
    40. hallo mba salam kenal :)
      bener banget sangat penting anak merasa dicintai. karena itu membangun kepercayaan diri mereka

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES