• Sunday, August 12, 2018

    Apa yang Sudah Kita Persiapkan dalam Pendidikan Anak Kita di Era Kekinian?

    apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak kita di era kekinian?
    Pixabay

    Apa yang Sudah Kita Persiapkan dalam Pendidikan Anak Kita di Era Kekinian?


    "Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya"

    Pernah mendengar sepenggal kalimat di atas? Pasti pernah ya. Tapi, sayangnya tidak semua dari kita sebagai orangtua mampu memahami kalimat di atas dengan benar. Mengapa? Karena tidak semua orangtua ingin dan mau untuk belajar. Belajar untuk apa? Belajar bagaimana menjadi orangtua yang baik, baik dan lebih baik lagi untuk anak-anak kita 

    Kita lupa, bahwa segala sesuatu itu menggunakan ilmu. Kita membeli handphone saja, kita suka membaca dengan buku panduannya juga bukan? Agar kita tahu apa saja fitur yang ada di dalamnya dan bagaimana cara menggunakannya.

    Kita membeli obat saja, suka kita baca dulu kan aturan makannya, manfaatnya dan efek sampingnya. Tetapi, mengapa dalam mendidik anak kita, kita tidak mau membaca, tidak mau belajar? Bukankah kita seharusnya tahu, membeli barang elektronik saja ada buku panduannya yang mesti kita baca, apalagi ini dalam mendidik anak-anak kita. Butuh ilmu sekali bukan?

    Hai Ayah Bunda, seorang ahli teknik mesin saja perlu kuliah bertahun-tahun hanya untuk mencari tahu tentang mesin dan cara merawatnya, yang jelas-jelas hanya benda mati. Apalagi ini, anak kita yang jelas-jelas makhluk hidup. Lalu, apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak kita di era kekinian ini?

    Nah, kita mengikuti sebuah seminar pendidikan anak saja tidak mau, mau membaca buku parenting pun tidak. Lalu, apa yang akan kita gunakan untuk mendidik anak-anak kita? Mau mengandalkan ilmu seadanya? Mau asal-asalan?

    internet
    Pixabay

    Hai Ayah Bunda, waktu terus bergulir, perkembangan teknologi dan zaman berkembang dengan begitu pesatnya. Lalu, jika kita di sini sini saja, diam di tempat sedangkan anak-anak kita telah berlari begitu kencangnya tanpa pendidikan dan pengawasan kita, mau bagaimana dan dengan cara apa kita mengejar mereka, kalau kita sebagai orangtua tidak mau belajar?

    Baca juga: TERMASUK TIPE ORANG TUA YANG MANAKAH KITA?

    Ayah Bunda, kita membuat sebuah rumah pun, tentu kita membutuhkan sebuah konsep desain yang matang? Kita ingin tahu bagaimana nanti pondasi rumahnya, bahan bangunan rumahnya ingin menggunakan bahan apa? Berapa harga yang perlu kita keluarkan? Desain ruangannya mau bagaimana? Dll.

    Ada banyak hal yang perlu kita pikirkan dengan matang dalam membangun sebuah rumah saja, bukan? Tetapi, masa untuk pendidikan dan pengasuhan anak kita, kita tanpa persiapan apapun? Tanpa punya bekal apapun? Lalu, hal baik apa yang anak terima dari kita?

    Ayah Bunda, jangan pernah lupa bahwa anak kita adalah tanggung jawabnya dunia akhirat kita. Karena suatu hari nanti, kitalah yang akan diminta pertanggungjawaban dalam pendidikan anak-anak kita. Apakah kita sudah mendidiknya dengan benar atau belum.


    Dampak Ketika Orangtua Tidak Mau Belajar Pendidikan Anak di Era Kekinian


    keluarga
    Pixabay

    Lalu, apa akibatnya dari para orangtua yang tidak mau belajar di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih ini? Lihat! betapa banyak orangtua yang memberikan anaknya gawai sebelum waktunya.

    Akibatnya apa? Banyak anak-anak yang ketergantungan dengan gadgetnya, terpapar oleh konten-konten negatif seperti pornografi, kekerasan, terbiasa membully di media sosial,  tidak bijak dalam menggunakan media sosial. Kita saja sebagai orang dewasa, banyak yang sulit mengendalikan ketergantungan kita dengan media sosial apalagi anak-anak kita

    Baca juga: MENCEGAH DAN MENGATASI ANAK YANG KECANDUAN GADGET

    Dan yang paling menyeramkan kita adalah ketika banyak terjadi kasus penculikan dan pelecehan seksual pada anak, yang semua itu bersumber dari kelalaian kita sebagai orangtua dalam memberikan pengawasan pada anak-anak kita.

    Ayah Bunda, memang benar sekali kemajuan teknologi itu begitu memberikan kemudahan pada kita. Baik itu kemudahan mendapatkan informasi, mendapatkan ilmu, menjadi salah satu media belajar kita, untuk memudahkan kita berkomunikasi dan segudang manfaat lainnya.

    Namun, jika perkembangan teknologi ini tidak bijak kita sikapi dalam mendampingi pendidikan anak di era kekinian, maka dampaknya akan jauh lebih berbahaya dan lebih banyak negatif daripada manfaatnya.

    internet, menurut riset


    Tahukah kita Ayah Bunda, berdasarkan hasil penelitian Riset Norton Online Family, 2010, menyatakan bahwa "96% anak di Indonesia pernah melihat dan membuka konten negatif di internet dan 36% orang tua tidak tahu apa yang dibuka oleh anaknya. Padahal sebanyak 64 jam anak-anak menghabiskan waktu saat online.

    Miris bukan? Itu adalah data penelitian 8 tahun yang lalu dan sekarang bukankah sudah banyak kita lihat dampaknya di berita-berita dan dari yang kita rasakan di lingkungan sekitar kita? Akankah kita diam saja?

    Kalau begitu ayo, Ayah Bunda bangunlah! Keadaan dan zaman anak-anak kita berbeda dengan zaman kita dahulu. Ayo kita belajar! Ayo kita bimbing anak-anak kita! Ayo kita dampingi mereka. Perlu kita sadari pentingnya pendidikan anak-anak di era kekinian dimulai dari pendidikan dari dalam rumah. Jika di dalamnya saja tidak kuat, bagaimana anak-anak kita akan tangguh menghadapi tantangan yang datangnya dari luar?

    Berikut hal yang Perlu Diwaspadai Orangtua di Era Kekinian


    era digital
    Pixabay


    Cara Keluarga Mendampingi Anak dalam Pendidikan di Era Kekinian



    cara mendampingi anak di era digital
    Pixabay

    1. Jadilah orangtua pembelajar
    Sebelum kita mengajarkan anak-anak kita, tentu kitalah yang pertama yang harus belajar. Bagaimana caranya? Caranya adalah teruslah menjadi orangtua yang mau belajar lagi, lagi dan lagi. Mengapa?

    "Karena sekolahnya orangtua itu seumur hidup dan masa kecil anak tak akan pernah terulang kembali"

    2. Jangan berikan anak gadget sebelum waktunya
    Ayah Bunda, sebaiknya jangan terburu-buru dalam memberikan gadget pada anak. Menurut beberapa ahli parenting seperti Abah Ihsan, Ust Muhammad Faudzil Adhim dan lainnya mengatakan sebaiknya, semakin lama waktu kita memberikan anak gadget sendiri, maka itu akan semakin baik untuk perkembangan anak kita

    Baca juga: KAPAN WAKTU YANG TEPAT MENGENALKAN GADGET PADA ANAK?

    Jadi, jangan berikan anak gawai sebelum waktunya. Jika anak membutuhkannya, cukup pinjamkan saja dan buatlah kesepakatan sebelumnya. Seperti aturan penggunaannya, waktunya, untuk apa saja dll

    3. Mintalah anak menggunakan internet di luar kamar.
    Baik itu lewat laptop atau gawai sebaiknya di luar kamar. Agar kita lebih mudah dalam mengawasi anak-anak kita

    4. Protek situs yang negatif di internet atau di gawai

    Ayah Bunda, saat ini telah keluar beberapa fitur protektif untuk melindungi anak-anak kita dari konten-konten negatif yang tidak layak dilihat oleh anak. Sebagai orangtua, kita bisa mengaktifkan fitur ini di internet dan di gawai. Jadi, betapa pentingnya juga kita sebagai orangtua perlu belajar dan mau melek teknologi agar kita bisa mengikuti perkembangan zaman

    5. Bangun bonding dengan anak
    Bonding yang kuat dengan anak, akan membuat anak lebih nyaman dan terbuka dengan orangtuanya. Sehingga, ini bisa mempermudah komunikasi yang positif antara kita dan anak. Selain itu, bonding yang kuat dengan anak akan membuat kita lebih mudah menyampaikan pesan kita pada diri anak. Termasuk pesan agar anak bisa bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi ini

    6. Perbaiki cara berkomunikasi pada anak
    Bangunlah komunikasi positif dua arah antara kita dan anak. Terkadang, sebagai orangtua kita lebih banyak main perintah pada anak, memaksa anak mengikuti keinginan kita, berceramah, berbicara terlalu cepat pada anak tetapi lupa untuk mendengar mereka, lupa untuk memahami perasaan mereka. Lalu, bagaimana anak akan merasa nyaman berada di samping kita? Bagaimana anak mau terbuka pada kita?

    Ingatlah Ayah Bunda, jika seorang anak tidak merasa nyaman pada kita orangtuanya. Maka, ia akan mencari kenyamanan di luar sana yang belum tentu baik untuknya. Jadi, jangan salahkan jika anak kita bisa berkata kasar pada orangtuanya, salah pergaulan, mendapatkan bully dan keadaan negatif lainnya. Itu semua berawal dari dalam rumahnya yang telah rapuh

    7. Dll

    Ayah Bunda, belajarlah ilmu parenting sedini mungkin. Jangan sampai kelak, kitalah yang dibuat kebingungan bagaimana lagi cara menghadapi anak karena keterbatasan ilmu yang kita punya. Sungguh Ayah Bunda, mendidik itu butuh ilmu. Lalu, bekal apa yang akan kita punya untuk mendidik anak-anak kita? Ingatlah mereka tumbuh, mereka belajar. Jadi, jika kita tidak ikut belajar. Bagaimana caranya kita agar bisa mengimbangi langkah mereka?

    Jadi, pentingnya pendidikan di era kekinian itu, dimulai dari dalam rumah. Lalu, tanyakanlah pada diri! apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak-anak kita di era kekinian ini? Ayo kita mulai Ayah Bunda, sebelum semuanya benar-benar terlambat untuk diperbaiki

    #sahabatkeluarga

    Referensi

    https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id













    59 comments:

    1. Mantep bun, kita nggak bisa melawan kemajuan zaman tapi kita bisa beradaptasi demi pendidikan anak-anak kita. 💕💕💕

      ReplyDelete
    2. Bagus banget ini, nanti aku ijin share ya bun. Perkembangan zaman yang cepat juga membuat kita orang tua harus melek akan pendidik di zamannya, dan terus mendampingi anak. Kebetulan kalau aku merapkan gadget hanya hari libur jadi main dirumah mainan yang dia punya, dan kita jangan pakai gadget didepannya secara terus menerus.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener banget bun. Tulisan ini sekaligus untuk mengingatkan diri saya sendiri

        Delete
    3. Jadi orangtua juga harus kekinian ya Mbak, biar tau caranya melindungi anak dr canggih & pesatnya kemajuan teknologi yg gak terkontrol.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun. Biar kita nggak ketinggalan ilmu ngajarin anaknya juga ya

        Delete
    4. Betul banget mba, terkadang sebagai orangtua kita terlalu sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan. Alih-alih supaya anak anteng orangtua selalu membeli semua keinginannya termasuk gadget yang menyita waktu belajar mereka.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya banget bun. Jadi banyak dampak negatifnya klo kita nggak bijak memanfaatkan teknologi ini

        Delete
    5. Ini aartikel yang dicari-cari, punya anak SD yang emang tertarik banget sama gadget. makasih ya mbak....

      ReplyDelete
    6. SubhanaAlloh bagus sekali tulisannya. Saya sampai merinding baca nya. Perlu pengendalian atau control management time bermain gadget untuk anak anak. Semoga kita semua terlindungi dari hal hal negatif. Saya masih ingat 4F (Friend. Food. Fashion & Fun) yang dapat membentuk atau mempengaruhi generasi kita.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun, perlu komitmen yang tinggi kita sebagai orangtua ya

        Delete
    7. Sebagai orang tua memangs ebaiknya jangan sampai kudet dengan perkembangan saat ini. Apalagi era digital begini segalanya serba cepat. Anak-anak lebih cepat mengikuti. Jangan sampai kemudian orang tua kecolongan

      ReplyDelete
    8. Bagus banget tipsnya nih mbak, sekarang memang sebagai orangtua harus banyak belajar apalagi menjauhkan gadget. Ponakan saya saja umur 3 tahun sudah paham gadget.

      ReplyDelete
    9. Betul sekali, kita sebagai orang tua harus jadi pembelajar.
      Karena belajar itu sampai ke liang lahat
      Terimakasih mbak ilmunya

      ReplyDelete
    10. Assalamualaikum Bun, akhirnya mampir lagi di artikel Bunda yang selalu menginspirasi saya. Meski belum menjadi seorang Ibu, ada beberapa poin yang saya setuju dari artikel ini apalagi membangun bonding antara anak dan ortu. Karena bonding erat akan membuat anak nyaman

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waalaikumsalam teteh. Makasih sudah berkunjung dan suka dengan tulisan saya. Semoga bisa terus memberi manfaat 😘

        Delete
    11. Makanya aku seneng banget hadir di acara seminar parenting bun. Anggap aja aku lagi sekolah. Nambah pengetahuan lagi seputar pengasuhan anak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bun apalagi klo seminarnya bagian dari event blogger ya. Seneng bgt hahaha

        Delete
    12. Untuk mendidik anak sebaiknya memang harus mengikuti perkembangan zaman yah, biar lebih cepat mengena dan memberikan hasil yang positif

      ReplyDelete
    13. Terima kasih telah mengingatkan, mba. Memang skarang pengawasan terhadap anak harus kita tingkatkan ya mba. Tapi jangan lupakan memang untuk bonding ke anak

      ReplyDelete
    14. sedih ini. . dulu bener2 ga kasih anak gadget.. tapi sekarang kalo sama ayahnya sering dikasih 😭

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aduhhh jadi bikin bunda sedih. Pelukkk. Kita saling mengingatkan aja ya bun 😘

        Delete
    15. didiklah anak sesuai zamannya
      makanya saya tidak sepaham dengan didikan mertua yg suka melarang anak ini itu bahkan mengekang
      kondisi anak sekarang sangat jauh berbeda dengan kita dulu, jadi pola didik harus disesuaikan.
      jangan sampe pola asuh lama membuat anak "membenci" keluarga karena sedikit sedikit dilarang dan dimarahi

      ReplyDelete
    16. Aku termasuk ibu galak yg gk kasi anak gadget. Cuma kadang lingkungan tu atau org lain kasi. Emang kudu pinter2nya kita membatasi dan kasi pengertian ya mbak. Bisa jg diarahkan ke permainan2 edukatif laiinta.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bener bangettt bun, bisa dialihkan ke permainan edukatif 😍

        Delete
    17. Btw, saya suka sama situs sahabat keluarga kemdikbud. Di situ saya bisa nemuin how to mendidik anak, lirik lagu anak, sampai cerita anak. Pokoknya modal ortu zaman digital deh.

      ReplyDelete
    18. Ikatan atau bonding dg anak sangat diperlukan agar gampang mengarahkan anak dg kasih sayang..

      ReplyDelete
    19. Aku paling setuju dalam urusan memberikan gadget, jujur itu adalah yang paling berat. Bukan karena aku yang selalu kasih tapi seringnya nenek atau kakenya yang atas dasar gak tegaan atau bikin cucu senang. Greget kadang.

      ReplyDelete
    20. Walaupun dah jadi orang tua tetep ya belajar itu perlu untuk mengimbangi perkembangan jaman.

      ReplyDelete
    21. Kita memang harus mendidik anak sesuai dengan jamannya ya

      ReplyDelete
    22. nomor dua itu penting banget
      udah banyak anak belum 2 taun udah bisa pakai gadget buat liat cucu TV di youtube
      kalo udah agak besar lumayan bahaya itu

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya bner mas. Nanti malah kecanduan klo dri kecil sering dikasih pinjem gadget

        Delete
    23. Itulah kenapa aku gak pernang lagi ninggal gadget yg biasa krucils mainin, di rumah. Selalu aku bawa ke kantor.

      ReplyDelete
    24. Didiklah anak sesuai jamannya, jlebb banget ini. Seringnya suka nyama2in jaman anak dengan jaman kita kecil. Padahal semua berbeda, tantangannya pun berbeda.

      ReplyDelete
    25. org tua sekarang ini memang harus juga paham penggunaan gadget supaya gak gaptek, karena anak2 skrg lebih mahir menggunakan gadget dibanding org tuanya

      ReplyDelete
    26. Kemajuan zaman itu memang harus dipelajari, ya, Mbak. Biar nggak ketinggalan dengan generasi baru dan bisa sama-sama belajar.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Asiknya sih gitu mba, tp ada beberapa orang tua yg mungkin udah ngerasa 'tua' banget dan udah nyaman karena mungkin anaknya dah 18+ mungkin mereka udah percaya sama anaknya jadinya dilepas gitu aja. Kebanyakan ini kasus ada di desa sih yg notabene anaknya masih 2-3 dg jarak yg mayan jauh.

        Delete
    27. Intinya adalah orang tua juga sebaiknya perlu belajar sesuai dengan bergulirnya zaman. Apalagi sekarang serba digital, mau gak mau harus belajar informasi teknologi juga. Postingannya kece badai nih

      ReplyDelete
    28. Terima kasih shairngnya bu, hal diatas bisa ane terapin nanti pas anak-anak udah pada sekolah sekarang masih lucu2 heee, salam kenal

      ReplyDelete
    29. Setuju banget bund. Anak kita saat ini bisa dapetin info dari banyak media, kita sebagai orang tua harus jauh lebih tau, biar anak kalo nanya, gak bertanya ke orang lain, karena ada orang tua yang bisa diajak sharing.

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃

    COPYRIGHT © 2018 PARENTING BUNDA ERYSHA | THEME BY RUMAH ES