Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Apa yang Sudah Kita Persiapkan dalam Pendidikan Anak Kita di Era Kekinian?

apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak kita di era kekinian?
Pixabay

Apa yang Sudah Kita Persiapkan dalam Pendidikan Anak Kita di Era Kekinian?


"Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya"

Pernah mendengar sepenggal kalimat di atas? Pasti pernah ya. Tapi, sayangnya tidak semua dari kita sebagai orangtua mampu memahami kalimat di atas dengan benar. Mengapa? Karena tidak semua orangtua ingin dan mau untuk belajar. Belajar untuk apa? Belajar bagaimana menjadi orangtua yang baik, baik dan lebih baik lagi untuk anak-anak kita 

Kita lupa, bahwa segala sesuatu itu menggunakan ilmu. Kita membeli handphone saja, kita suka membaca dengan buku panduannya juga bukan? Agar kita tahu apa saja fitur yang ada di dalamnya dan bagaimana cara menggunakannya.

Kita membeli obat saja, suka kita baca dulu kan aturan makannya, manfaatnya dan efek sampingnya. Tetapi, mengapa dalam mendidik anak kita, kita tidak mau membaca, tidak mau belajar? Bukankah kita seharusnya tahu, membeli barang elektronik saja ada buku panduannya yang mesti kita baca, apalagi ini dalam mendidik anak-anak kita. Butuh ilmu sekali bukan?

Hai Ayah Bunda, seorang ahli teknik mesin saja perlu kuliah bertahun-tahun hanya untuk mencari tahu tentang mesin dan cara merawatnya, yang jelas-jelas hanya benda mati. Apalagi ini, anak kita yang jelas-jelas makhluk hidup. Lalu, apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak kita di era kekinian ini?

Nah, kita mengikuti sebuah seminar pendidikan anak saja tidak mau, mau membaca buku parenting pun tidak. Lalu, apa yang akan kita gunakan untuk mendidik anak-anak kita? Mau mengandalkan ilmu seadanya? Mau asal-asalan?

internet
Pixabay

Hai Ayah Bunda, waktu terus bergulir, perkembangan teknologi dan zaman berkembang dengan begitu pesatnya. Lalu, jika kita di sini sini saja, diam di tempat sedangkan anak-anak kita telah berlari begitu kencangnya tanpa pendidikan dan pengawasan kita, mau bagaimana dan dengan cara apa kita mengejar mereka, kalau kita sebagai orangtua tidak mau belajar?

Baca juga: TERMASUK TIPE ORANG TUA YANG MANAKAH KITA?

Ayah Bunda, kita membuat sebuah rumah pun, tentu kita membutuhkan sebuah konsep desain yang matang? Kita ingin tahu bagaimana nanti pondasi rumahnya, bahan bangunan rumahnya ingin menggunakan bahan apa? Berapa harga yang perlu kita keluarkan? Desain ruangannya mau bagaimana? Dll.

Ada banyak hal yang perlu kita pikirkan dengan matang dalam membangun sebuah rumah saja, bukan? Tetapi, masa untuk pendidikan dan pengasuhan anak kita, kita tanpa persiapan apapun? Tanpa punya bekal apapun? Lalu, hal baik apa yang anak terima dari kita?

Ayah Bunda, jangan pernah lupa bahwa anak kita adalah tanggung jawabnya dunia akhirat kita. Karena suatu hari nanti, kitalah yang akan diminta pertanggungjawaban dalam pendidikan anak-anak kita. Apakah kita sudah mendidiknya dengan benar atau belum.


Dampak Ketika Orangtua Tidak Mau Belajar Pendidikan Anak di Era Kekinian


keluarga
Pixabay

Lalu, apa akibatnya dari para orangtua yang tidak mau belajar di zaman perkembangan teknologi yang semakin canggih ini? Lihat! betapa banyak orangtua yang memberikan anaknya gawai sebelum waktunya.

Akibatnya apa? Banyak anak-anak yang ketergantungan dengan gadgetnya, terpapar oleh konten-konten negatif seperti pornografi, kekerasan, terbiasa membully di media sosial,  tidak bijak dalam menggunakan media sosial. Kita saja sebagai orang dewasa, banyak yang sulit mengendalikan ketergantungan kita dengan media sosial apalagi anak-anak kita

Baca juga: MENCEGAH DAN MENGATASI ANAK YANG KECANDUAN GADGET

Dan yang paling menyeramkan kita adalah ketika banyak terjadi kasus penculikan dan pelecehan seksual pada anak, yang semua itu bersumber dari kelalaian kita sebagai orangtua dalam memberikan pengawasan pada anak-anak kita.

Ayah Bunda, memang benar sekali kemajuan teknologi itu begitu memberikan kemudahan pada kita. Baik itu kemudahan mendapatkan informasi, mendapatkan ilmu, menjadi salah satu media belajar kita, untuk memudahkan kita berkomunikasi dan segudang manfaat lainnya.

Namun, jika perkembangan teknologi ini tidak bijak kita sikapi dalam mendampingi pendidikan anak di era kekinian, maka dampaknya akan jauh lebih berbahaya dan lebih banyak negatif daripada manfaatnya.

internet, menurut riset


Tahukah kita Ayah Bunda, berdasarkan hasil penelitian Riset Norton Online Family, 2010, menyatakan bahwa "96% anak di Indonesia pernah melihat dan membuka konten negatif di internet dan 36% orang tua tidak tahu apa yang dibuka oleh anaknya. Padahal sebanyak 64 jam anak-anak menghabiskan waktu saat online.

Miris bukan? Itu adalah data penelitian 8 tahun yang lalu dan sekarang bukankah sudah banyak kita lihat dampaknya di berita-berita dan dari yang kita rasakan di lingkungan sekitar kita? Akankah kita diam saja?

Kalau begitu ayo, Ayah Bunda bangunlah! Keadaan dan zaman anak-anak kita berbeda dengan zaman kita dahulu. Ayo kita belajar! Ayo kita bimbing anak-anak kita! Ayo kita dampingi mereka. Perlu kita sadari pentingnya pendidikan anak-anak di era kekinian dimulai dari pendidikan dari dalam rumah. Jika di dalamnya saja tidak kuat, bagaimana anak-anak kita akan tangguh menghadapi tantangan yang datangnya dari luar?

Berikut hal yang Perlu Diwaspadai Orangtua di Era Kekinian


era digital
Pixabay


Cara Keluarga Mendampingi Anak dalam Pendidikan di Era Kekinian



cara mendampingi anak di era digital
Pixabay

1. Jadilah orangtua pembelajar
Sebelum kita mengajarkan anak-anak kita, tentu kitalah yang pertama yang harus belajar. Bagaimana caranya? Caranya adalah teruslah menjadi orangtua yang mau belajar lagi, lagi dan lagi. Mengapa?

"Karena sekolahnya orangtua itu seumur hidup dan masa kecil anak tak akan pernah terulang kembali"

2. Jangan berikan anak gadget sebelum waktunya
Ayah Bunda, sebaiknya jangan terburu-buru dalam memberikan gadget pada anak. Menurut beberapa ahli parenting seperti Abah Ihsan, Ust Muhammad Faudzil Adhim dan lainnya mengatakan sebaiknya, semakin lama waktu kita memberikan anak gadget sendiri, maka itu akan semakin baik untuk perkembangan anak kita

Baca juga: KAPAN WAKTU YANG TEPAT MENGENALKAN GADGET PADA ANAK?

Jadi, jangan berikan anak gawai sebelum waktunya. Jika anak membutuhkannya, cukup pinjamkan saja dan buatlah kesepakatan sebelumnya. Seperti aturan penggunaannya, waktunya, untuk apa saja dll

3. Mintalah anak menggunakan internet di luar kamar.
Baik itu lewat laptop atau gawai sebaiknya di luar kamar. Agar kita lebih mudah dalam mengawasi anak-anak kita

4. Protek situs yang negatif di internet atau di gawai

Ayah Bunda, saat ini telah keluar beberapa fitur protektif untuk melindungi anak-anak kita dari konten-konten negatif yang tidak layak dilihat oleh anak. Sebagai orangtua, kita bisa mengaktifkan fitur ini di internet dan di gawai. Jadi, betapa pentingnya juga kita sebagai orangtua perlu belajar dan mau melek teknologi agar kita bisa mengikuti perkembangan zaman

5. Bangun bonding dengan anak
Bonding yang kuat dengan anak, akan membuat anak lebih nyaman dan terbuka dengan orangtuanya. Sehingga, ini bisa mempermudah komunikasi yang positif antara kita dan anak. Selain itu, bonding yang kuat dengan anak akan membuat kita lebih mudah menyampaikan pesan kita pada diri anak. Termasuk pesan agar anak bisa bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi ini

6. Perbaiki cara berkomunikasi pada anak
Bangunlah komunikasi positif dua arah antara kita dan anak. Terkadang, sebagai orangtua kita lebih banyak main perintah pada anak, memaksa anak mengikuti keinginan kita, berceramah, berbicara terlalu cepat pada anak tetapi lupa untuk mendengar mereka, lupa untuk memahami perasaan mereka. Lalu, bagaimana anak akan merasa nyaman berada di samping kita? Bagaimana anak mau terbuka pada kita?

Ingatlah Ayah Bunda, jika seorang anak tidak merasa nyaman pada kita orangtuanya. Maka, ia akan mencari kenyamanan di luar sana yang belum tentu baik untuknya. Jadi, jangan salahkan jika anak kita bisa berkata kasar pada orangtuanya, salah pergaulan, mendapatkan bully dan keadaan negatif lainnya. Itu semua berawal dari dalam rumahnya yang telah rapuh

7. Dll

Ayah Bunda, belajarlah ilmu parenting sedini mungkin. Jangan sampai kelak, kitalah yang dibuat kebingungan bagaimana lagi cara menghadapi anak karena keterbatasan ilmu yang kita punya. Sungguh Ayah Bunda, mendidik itu butuh ilmu. Lalu, bekal apa yang akan kita punya untuk mendidik anak-anak kita? Ingatlah mereka tumbuh, mereka belajar. Jadi, jika kita tidak ikut belajar. Bagaimana caranya kita agar bisa mengimbangi langkah mereka?

Jadi, pentingnya pendidikan di era kekinian itu, dimulai dari dalam rumah. Lalu, tanyakanlah pada diri! apa yang sudah kita persiapkan dalam pendidikan anak-anak kita di era kekinian ini? Ayo kita mulai Ayah Bunda, sebelum semuanya benar-benar terlambat untuk diperbaiki

#sahabatkeluarga





52 comments

  1. Mantep bun, kita nggak bisa melawan kemajuan zaman tapi kita bisa beradaptasi demi pendidikan anak-anak kita. 💕💕💕

    ReplyDelete
  2. Bagus banget ini, nanti aku ijin share ya bun. Perkembangan zaman yang cepat juga membuat kita orang tua harus melek akan pendidik di zamannya, dan terus mendampingi anak. Kebetulan kalau aku merapkan gadget hanya hari libur jadi main dirumah mainan yang dia punya, dan kita jangan pakai gadget didepannya secara terus menerus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bun. Tulisan ini sekaligus untuk mengingatkan diri saya sendiri

      Delete
  3. Jadi orangtua juga harus kekinian ya Mbak, biar tau caranya melindungi anak dr canggih & pesatnya kemajuan teknologi yg gak terkontrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun. Biar kita nggak ketinggalan ilmu ngajarin anaknya juga ya

      Delete
  4. Betul banget mba, terkadang sebagai orangtua kita terlalu sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan. Alih-alih supaya anak anteng orangtua selalu membeli semua keinginannya termasuk gadget yang menyita waktu belajar mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget bun. Jadi banyak dampak negatifnya klo kita nggak bijak memanfaatkan teknologi ini

      Delete
  5. Ini aartikel yang dicari-cari, punya anak SD yang emang tertarik banget sama gadget. makasih ya mbak....

    ReplyDelete
  6. Sebagai orang tua memangs ebaiknya jangan sampai kudet dengan perkembangan saat ini. Apalagi era digital begini segalanya serba cepat. Anak-anak lebih cepat mengikuti. Jangan sampai kemudian orang tua kecolongan

    ReplyDelete
  7. Bagus banget tipsnya nih mbak, sekarang memang sebagai orangtua harus banyak belajar apalagi menjauhkan gadget. Ponakan saya saja umur 3 tahun sudah paham gadget.

    ReplyDelete
  8. Betul sekali, kita sebagai orang tua harus jadi pembelajar.
    Karena belajar itu sampai ke liang lahat
    Terimakasih mbak ilmunya

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum Bun, akhirnya mampir lagi di artikel Bunda yang selalu menginspirasi saya. Meski belum menjadi seorang Ibu, ada beberapa poin yang saya setuju dari artikel ini apalagi membangun bonding antara anak dan ortu. Karena bonding erat akan membuat anak nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam teteh. Makasih sudah berkunjung dan suka dengan tulisan saya. Semoga bisa terus memberi manfaat 😘

      Delete
  10. Makanya aku seneng banget hadir di acara seminar parenting bun. Anggap aja aku lagi sekolah. Nambah pengetahuan lagi seputar pengasuhan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun apalagi klo seminarnya bagian dari event blogger ya. Seneng bgt hahaha

      Delete
  11. Untuk mendidik anak sebaiknya memang harus mengikuti perkembangan zaman yah, biar lebih cepat mengena dan memberikan hasil yang positif

    ReplyDelete
  12. Terima kasih telah mengingatkan, mba. Memang skarang pengawasan terhadap anak harus kita tingkatkan ya mba. Tapi jangan lupakan memang untuk bonding ke anak

    ReplyDelete
  13. sedih ini. . dulu bener2 ga kasih anak gadget.. tapi sekarang kalo sama ayahnya sering dikasih 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduhhh jadi bikin bunda sedih. Pelukkk. Kita saling mengingatkan aja ya bun 😘

      Delete
  14. didiklah anak sesuai zamannya
    makanya saya tidak sepaham dengan didikan mertua yg suka melarang anak ini itu bahkan mengekang
    kondisi anak sekarang sangat jauh berbeda dengan kita dulu, jadi pola didik harus disesuaikan.
    jangan sampe pola asuh lama membuat anak "membenci" keluarga karena sedikit sedikit dilarang dan dimarahi

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk ibu galak yg gk kasi anak gadget. Cuma kadang lingkungan tu atau org lain kasi. Emang kudu pinter2nya kita membatasi dan kasi pengertian ya mbak. Bisa jg diarahkan ke permainan2 edukatif laiinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangettt bun, bisa dialihkan ke permainan edukatif 😍

      Delete
  16. Btw, saya suka sama situs sahabat keluarga kemdikbud. Di situ saya bisa nemuin how to mendidik anak, lirik lagu anak, sampai cerita anak. Pokoknya modal ortu zaman digital deh.

    ReplyDelete
  17. Aku paling setuju dalam urusan memberikan gadget, jujur itu adalah yang paling berat. Bukan karena aku yang selalu kasih tapi seringnya nenek atau kakenya yang atas dasar gak tegaan atau bikin cucu senang. Greget kadang.

    ReplyDelete
  18. Walaupun dah jadi orang tua tetep ya belajar itu perlu untuk mengimbangi perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  19. Kita memang harus mendidik anak sesuai dengan jamannya ya

    ReplyDelete
  20. nomor dua itu penting banget
    udah banyak anak belum 2 taun udah bisa pakai gadget buat liat cucu TV di youtube
    kalo udah agak besar lumayan bahaya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bner mas. Nanti malah kecanduan klo dri kecil sering dikasih pinjem gadget

      Delete
  21. Itulah kenapa aku gak pernang lagi ninggal gadget yg biasa krucils mainin, di rumah. Selalu aku bawa ke kantor.

    ReplyDelete
  22. Didiklah anak sesuai jamannya, jlebb banget ini. Seringnya suka nyama2in jaman anak dengan jaman kita kecil. Padahal semua berbeda, tantangannya pun berbeda.

    ReplyDelete
  23. org tua sekarang ini memang harus juga paham penggunaan gadget supaya gak gaptek, karena anak2 skrg lebih mahir menggunakan gadget dibanding org tuanya

    ReplyDelete
  24. Intinya adalah orang tua juga sebaiknya perlu belajar sesuai dengan bergulirnya zaman. Apalagi sekarang serba digital, mau gak mau harus belajar informasi teknologi juga. Postingannya kece badai nih

    ReplyDelete
  25. Terima kasih shairngnya bu, hal diatas bisa ane terapin nanti pas anak-anak udah pada sekolah sekarang masih lucu2 heee, salam kenal

    ReplyDelete
  26. Setuju banget bund. Anak kita saat ini bisa dapetin info dari banyak media, kita sebagai orang tua harus jauh lebih tau, biar anak kalo nanya, gak bertanya ke orang lain, karena ada orang tua yang bisa diajak sharing.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏