Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

5 Alasan Penting Memiliki Asuransi Mobil Beserta Jumlah Ratenya

5 Alasan Penting Memiliki Asuransi Mobil Beserta Jumlah Ratenya

Berkendara dengan mobil memberi kenyamanan tersendiri, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas cukup padat karena sering bepergian. Dengan begitu, faktor keselamatan tidak bisa diabaikan begitu saja. Di sinilah peran dari asuransi mobil karena berguna untuk melindungi aset jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan lainnya. Berikut alasan mengapa asuransi mobil itu penting dan cara menghitung besaran rate asuransi mobil yang dibutuhkan. 


1. Bayar Lebih Murah, Keuntungan Lebih Besar

Adanya asuransi akan membebaskan Anda dari biaya ekstra jika terjadi bencana alam atau insiden lainnya. Apalagi, kita tidak bisa memprediksinya. Kejadian tidak mengenakkan seperti banjir, longsor, gempa bumi, atau bencana lain yang bisa menyebabkan kerusakan mobil, akan di-cover oleh asuransi.

Bayangkan jika Anda tidak memiliki asuransi mobil dan mengalami bencana tersebut, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih besar karena harus memperbaiki kerusakan pada sparepart mobil menggunakan uang tabungan. Polis asuransi mobil akan membuat arus keuangan Anda jadi lebih lancar karena tidak harus dipusingkan dengan biaya perbaikan yang bisa saja membengkak. 

2. Lebih Tenang dalam Berkendara

Risiko kecelakaan di jalan raya yang tinggi membuat Anda harus was-was dalam berkendara. Meski sudah berhati-hati, terkadang kecelakaan tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi kapan saja. Asuransi akan melindungi mobil Anda dari kejadian tidak mengenakkan dan terbebas dari tanggungan biaya kerusakan. Dengan memiliki asuransi mobil, setidaknya berkendara jauh lebih tenang dan tidak dihantui oleh rasa khawatir. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari pun Anda bisa lebih produktif.


Baca juga: Produktif dari Rumah. Kenapa nggak?


3. Tidak Menanggung Kerusakan dari Pengemudi Lain yang Anda Rugikan

Asuransi tidak hanya membawa keuntungan bagi Anda, tapi juga pengemudi lain. Saat ini, beberapa perusahaan asuransi mobil menawarkan pilihan ini. Asuransi mobil dapat menanggung kerugian akibat kerusakan kendaraan milik pengemudi lain yang Anda rugikan (tabrak). Anda tidak perlu dipusingkan dengan uang ganti rugi, karena semua akan dibantu oleh perusahaan asuransi mobil Anda. Jika terlibat kecelakaan tunggal, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menanggung beban biaya pihak lain, baik untuk biaya perbaikan atau perawatan medis. Menguntungkan bukan?

4. Sarana Investasi 

Memiliki asuransi mobil tidak hanya berguna untuk melindungi aset Anda tapi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk berinvestasi. Untuk jangka panjang, asuransi mobil dapat menjaga harga mobil sesuai standar tertinggi karena berbagai komponen telah dirawat dengan baik dan terhindar dari kerusakan fatal. Ini akan berpengaruh juga terhadap harga jualnya. 

5  Memanfaatkan Fitur Layanan Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi mobil ada yang menawarkan layanan tambahan untuk kebutuhan darurat. Misalnya, seperti fasilitas derek mobil untuk jaga-jaga dari risiko kehabisan bahan bakar, ban bocor, atau kejadian tidak terduga lainnya. Ada juga garansi kerja bengkel hingga fasilitas hotline yang tersedia selama 24 jam sehingga membantu permasalahan mobil Anda.

 

Berapa Besar Rate Asuransi Mobil yang Dikeluarkan? 

Setiap jenis asuransi mobil memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jenis asuransi umumnya terbagi menjadi dua, yaitu TLO (Total Loss Only) dan All Risk. Jika harga mobil baru berkisar Rp200.000.000 Anda tinggal mengalikan dengan biaya asuransi sesuai kategori daerah. Misalnya, sebuah daerah memiliki persentase 0,38-0,42%. Maka cara menghitungnya adalah: 

0,38% (mengambil kemungkinan persentase terendah) x Rp200.000.000 (harga mobil) = Rp760.000 (besar premi).

Itu merupakan contoh harga untuk jenis asuransi mobil TLO. Besaran premi akan berbeda jika Anda memilih jenis asuransi All Risk. Asuransi All Risk akan melindungi kendaraan Anda dari berbagai kerusakan baik kecil maupun besar, biayanya pun jauh lebih besar. Sebab, asuransi mobil jenis TLO hanya dapat diklaim jika terjadi kerusakan mobil melebihi 75%. Biaya yang telah dihitung, tentu diluar dari biaya administrasi, materai, biaya polis, serta biaya tambahan lainnya dari tetapan perusahaan asuransi Anda.


Temukan Asuransi Terbaik dan Terpercaya di Qoala!

Qoala.app menawarkan berbagai pilihan asuransi mobil terpercaya dan terbaik. Anda bisa mendapatkan perlindungan asuransi komprehensif atau all risk yang bisa melindungi kendaraan Anda dari segala kerusakan, baik ringan, berat, atau akibat pencurian. 

Qoala menghadirkan pengalaman baru yang lebih simple dalam mengajukan polis secara digital lewat website dan aplikasi. Anda bisa memilih sekaligus membandingkan berbagai produk asuransi untuk menemukan pilihan terbaik dengan rate asuransi mobil sesuai kebutuhan. Proses registrasi dan pembelian asuransi melalui Qoala lebih cepat dan praktis, tanpa harus survei!


Cara Ajukan Asuransi di Aplikasi Qoala

✔️ Unduh aplikasi Qoala di smartphone Anda dan kunjungi laman Asuransi Mobil 

✔️ Pilih tahun produksi mobil, lanjutkan dengan mengisi detail merek, tipe, seri, harga, dan plat wilayah

✔️Tentukan jenis asuransi mobil yang Anda pilih, antara All Risk atau TLO

✔️ Bandingkan produk yang sesuai dan pilih yang Anda inginkan

✔️ Isi kelengkapan formulir dan lampirkan dokumen yang dibutuhkan secara online

✔️ Selesaikan proses pembayaran, tunggu dokumen e-polis dikirimkan ke alamat e-mail Anda

✔️ Asuransi Qoala Anda sudak aktif dan akan berlaku ketika polis sudah diterima! 

Lima alasan tersebut dapat Anda jadikan alasan untuk memiliki asuransi mobil. Terlebih, besar rate asuransi mobil yang dikeluarkan juga dapat disesuaikan dengan pilihan jenis asuransinya. Dengan asuransi mobil, Anda akan terhindar dari biaya kerugian akibat kerusakan mobil dan membuat momen berkendara jauh lebih tenang. Temukan asuransi mobil terbaik di Qoala.app. Download aplikasinya di smartphone Anda sekarang!


31 comments

  1. Laaah...baru aja tadi pagi aku lihat-lihat Qoala karena melintas di beranda FB. Eh, malah nemu ulasannya di sini. Setuju banget, emang perlu bikin asuransi begini.

    ReplyDelete
  2. Ada sohibku yg puyeeengg bgt karena mobilnya sempat bermasalah dan ngga diasuransikan mba
    waah beneran dia yg nyesell bgt, trus wanti-want ke temen2nya betapa proteksi asuransi itu pentiiing pakai banget!

    ReplyDelete
  3. Iya bener mbk, salah satu manfaat asuransi itu memberikan ketenangan tersendiri yaa. Seolah2 ada yang back up gitu yaa kalau ada apa2 hehee

    ReplyDelete
  4. Begitu, ya. Untung udah ada aplikasi yang bantu ngitungin. Jadi lebih simpel, deh

    ReplyDelete
  5. Asuransi jiwa, harta benda termasuk asuransi mobil ini memang harus sudah jadi kebutuhan bagi keluarga milenial. Dengan asuransi kendaraan jadi tenang memang saat berkendara dan kalaupun terjadi hal-hal di luar dugaan (misalnya kecelakaan lalin), sudah ada asuransinya. Tidak ada ruginya memang punya asuransi apapun itu jenisnya, harus disiapkan jauh2 hari. Makasih artikelnya kak, sudah kubaca, bagus sekali.

    ReplyDelete
  6. keluarga saya pernah kehilangan mobil, dua kali malah

    dan itu rasanya nyakitin hati banget, karena hilang bertepatan belum memperpanjang asuransi

    jadi daripada menyesal seeprti yang keluarga saya alami, kalo gak mau menyesal kelak

    jangan lupa asuransikan kendaraan kita

    ReplyDelete
  7. Aku pernah diserempet mobil orang dan bahkan ditabrak dari belakang. Cukup parah sih kerusakannya. Untung ada asuransi yang menanggung segala biaya kerusakan mobil. Gak pakai ribet dan gak mahal kok klaimnya.
    Salah satu pilihan asuransi mobil yang terbaik dan tepercaya, ya Qoala. Cobain deh... Bener-bener dimanjakan nih customer

    ReplyDelete
  8. Punya kendaraan seperti mobil, memang makin nyaman itu dengan diasuransikan ya mbak. Apalagi juga mudah proses pengajuannya

    ReplyDelete
  9. kalau punya mobil memang ada baiknya buat mengansuransikan kendaraannya. kita gak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. lebih baik waspada dari sekarang biar gak menyesal nantinya...

    ReplyDelete
  10. Baiklah nanti kalau udah punya mobil harus diasuransikan ya mbak. Biar perjalanan makin tenang.

    ReplyDelete
  11. Asuransi kendaraan, terutama mobil, tuh penting banget menurut saya. Gak worry saat berada di jalan dengan possibilites kejadian yang kadang tidak terduga. Apalagi di lingkungan saya yang volume kendaraannya luar biasa. Banyak container, truk, bis dan motor yang beroperasi untuk pabrik-pabrik yang berlokasi di Cikarang. Kalau sudah dijalan, tumplek blek resiko kecelakaannya. Setidaknya jika kendaraan sudah diasuransikan, perasaan kita saat berkendara jadi lebih adem dan aman.

    ReplyDelete
  12. Aku ngerasain bangettt dengan adanya asuransi, kitanya jadi jauuh lebih tenang. Krn kalo ada apa2 sekalipun, udah ada yg mengcover. Kemarin aku baru ambil asuransi mobil algi, Krn mobil lama aku jual, dan ganti yg baru. Tapi Krn udh terbiasa Ama 1 brand asuransi, jadinya tetep pake brand itu . Pastinya aku ambil yg all risk. Ga mau ambil resiko soalnya. Preminya tahunan, jadi supaya ga berat, tiap bulan aku sisihin ke rek khusus, jadi pas waktunya bayar, uangnya sudah tersedia. Mungkin Krn mobil sebelumnya juga di asuransiin , bikin harganya ttp tinggi pas aku jual. Apalagi suami tipe yg sangaaaat telaten ngerawat mobil, diservis dll. Jadi kami bisa jual dengan harga 100an juta padahal usianya udh 10 tahun.

    Makanya jangan sepelein asuransi mobil. Sangat membantu memang utk menjaga keuangan di saat mobil kenapa2. Krn pasti diperbaiki oleh bengkel yg resmi hingga komponen2nya masih ttp bagus saat nanti dijual lagi

    ReplyDelete
  13. dengan adanya asuransi bikin tenang ya, kalo misalnya amit-amit mobil kesenggol motor atau gimana-gimana at least ada asuransi kan ya

    ReplyDelete
  14. Penting banget loh punya asuransi mobil ini. Setidaknya ada rasa aman saat tertimpa musibah selama dalam perjalanan

    ReplyDelete
  15. mba jujur ya aku baru tahu kalau bisa menanggung kerusakan mobil lain yg misal kita tabrak. ini yg biasa dilakukan warga Negara Korea itu berarti yaa, di sini kayaknya belom semua punya asuransi kendaraan walau seperlu itu memang.

    aku selalu kebantu sama asuransi all risk yg digunakan sampai saat ini sih

    ReplyDelete
  16. Saya sejak punya mobil selalu punya asuransi dan sudah merasakan manfaatnya berkali-kali. Kini makin praktis ya ada Qoala, jadi bisa pilih asuransi secara digital dan membandingkan rate sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  17. Iya nih penting banget ya asuransi mobil. Kadang kita udah hati-hati di jalan tapi kan ngga menutup kemungkinan adanya bahaya kecelakaan yang ngga terprediksi. Untung ada qoala.app yang terpercaya yah.

    ReplyDelete
  18. jadi qoala app ini semacam marketplace buat asuransi mobil ya mbak, kita bisa membandingkan sebelum menentukan untuk memilih produk asuransi untuk kendaraan. Enak kalau semua bisa dilakukan secara online gini ya

    ReplyDelete
  19. asuransi tuh memang penting sebagai proteksi kita yah
    Seru banget nih sekarang bisa pilih2 asuransi lewat aplikasi Qoala jadi lebih praktis dan gak ribet lagi yaaah

    ReplyDelete
  20. Asuransi mobil penting banget kak.. Jadi lebih tenang kalau perjlanan ..atau kalau di rumah aja pun juga tenang ya.. dan emang harus pinter pilih2 asuransi yak

    ReplyDelete
  21. Kalau mobil udah ada asuransinya tuh seetidaknya bikin kita lebih tenang, Sepupuku tuh pernah kecelakaan, mobilnya diseruduk dari belakang. Rusaknya lumayan, tapi dia masi woles aja. Katanya, "ntar diurus asuransi. Tenang aja."

    ReplyDelete
  22. Kalau mobilnya yang harga mahal, kudu banget sih dibuatin asuransi. Ya buat jaga-jaga kalau amit-amit kenapa-kenapa. Terus biasanya juga bisa cover yang kena tabrak juga kan. Jadi lebih tenang deh selama berkendara

    ReplyDelete
  23. Mobil keluarga menurutku penting lo diasuransikan. Karena penggunaan mobil keluarga itu malah lebih tinggi mobilitas nya dibandingkan mobil kantor. Apalagi kalau para remaja di rumah udah mulai punya SIM A. Mereka harus diajari juga pentingnya memiliki asuransi mobil

    ReplyDelete
  24. Mobil keluarga menurutku penting lo diasuransikan. Karena penggunaan mobil keluarga itu malah lebih tinggi mobilitas nya dibandingkan mobil kantor. Apalagi kalau para remaja di rumah udah mulai punya SIM A. Mereka harus diajari juga pentingnya memiliki asuransi mobil

    ReplyDelete
  25. Aduh ini tuh kalau ngomongin asuransi mobil jadi ingat suamiku, efek aku mulai nyetir lagi karena harus antar jemput anak ke sekolah dia ngecek dulu asuransi mobil. Hehehehee...

    ReplyDelete
  26. Punya asuransi gini enak ya jadi seneng kalau ada apa2 pas mau lebaran kalau mau beli asurnsi mobil

    ReplyDelete
  27. Asuransi mobil.perlu menurut saya soalnya bermanfaat banget jatuhnya hemat. Mobil kebaret atau kesenggol dikit aja biayanya sudah mayan.

    ReplyDelete
  28. Di masa kayak sekarang, segala sesuatu memang butuh proteksi dari segala macam risiko. Termasuk mobil. Apa pun bisa terjadi deh saat kita berada di jalan. Tapi tentu, proteksi ini gak bisa sembarang pilih. Kudu yang benar-benar bagus supaya kita bisa dapat manfaatnys secara maksimal ya.

    ReplyDelete
  29. Berhubung aku belum punya mobil, aku belum bisa berkomentar banyak nih mbak Yeni. Tapi aku kemarin ikut asurasnsi jiwa murni aja kerasa manfaatnya kok. Apalagi mobil ya, rawan kebaret-baret soalnya.

    ReplyDelete
  30. Penting banget punya asuransi mobil khususnya untuk mereka yang memiliki mobil. Punya asuransi ini ibaratnya seperti sedia payung sebelum hujan. Saya dulu pernah banget ada kecelakann kecil, Alhamdulilah tercover dengan asuransi

    ReplyDelete
  31. Setuju banget mbak, asuransi mobil emang berguna banget. Pengalaman beberapa tahun lalu bemper belakang penyok juga cuma bayar biaya admin aja. Lainnya ditanggung asuransi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏