Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Di Era Digital "Lomba Blog #TantanganPengasuhanEraDigital


Ayah Bunda, berdasarkan hasil penelitian Yayasan Kita dan Buah Hati, menyebutkan sejak 2008 hingga 2010, sebanyak 67% dari siswa 2.818 siswa sekolah dasar (SD) kelas 4, 5, dan 6 di wilayah jabodetabek mengaku pernah mengakses informasi pornografi dan sekitar 24% mengaku melihat pornografi melalui media komik. Selain itu, sekitar 22% melihat pornografi dari situs internet, 17% dari games, 12% melalui film di televisi dan 6% lewat telepon genggam.

        Angka yang benar-benar membuat kita miris sekaligus khawatir, ya Ayah Bunda sebagai orang tua dalam menghadapi tantangan di era digital ini. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang solid pula pastinya antara Ayah dan Bunda dalam mendampingi anak-anak kita dalam menghadapi era digital ini.

Apa Itu Era Digital?



Era digital atau disebut sebagai globalisasi adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi. Sehingga betapa mudahnya, ya Ayah Bunda anak kita mendapatkan informasi dengan cepat, baik itu informasi yang benar maupun yang salah sekali pun.

        Nah, di sinilah diperlukan peran kita sebagai orang tua dalam mendidik, dalam pengasuhan dan mendampingi anak kita di era digital ini.

Beberapa Hal yang Perlu Di awasi Orang Tua di Era Digital Pada Anak

Ada beberapa hal yang perlu orang tua awasi dari anak di era digital ini seperti:
1. Media  Sosial
2. You Tube
3. Games
4. Pornografi dan
5. Berita hoak

Mengapa?

Karena beberapa hal diatas dapat memberikan dampak negatif pada anak. Seperti:

1. Dampak negatif dari media sosial

- Mengakibatkan anak rentan mendapatkan kejahatan dari dunia maya seperti penculikan, pelecehan seksual, pembullyan, penipuan dan juga pemerasan

- Dapat mempengaruhi perilaku anak, seperti anak jadi malas belajar, mengganggu konsentrasi anak, mempengaruhi prestasi anak di sekolah, menimbulkan sifat pamer, haus pujian dan cenderung membuat anak menjadi narsis dari kebiasaan anak sering mengunggah fotonya ke media sosial, dimana kebiasaan ini menurut para ahli menandakan bahwa anak-anak kita sekarang rentan dengan depresi.

- Mengganggu kesehatan anak karena anak kuat begadang berjam-jam hanya untuk bermedia sosial. Sehingga dapat mempengaruhi kesehatan anak seperti turunnya daya tahan tubuh dan merusak kesehatan mata


- Menyebabkan anak menjadi anti sosial karena asyik dengan dunia mayanya
-  Dll

2. Dampak negatif dari you tube

- Anak menjadi mudah mengakses pornografi baik disengaja maupun tidak sengaja
- Anak bisa menonton tayangan yang belum layak anak tonton,  seperti tontonan yang bukan untuk umurnya atau tontonan yang tidak mengedukasi
- Anak bisa mendengarkan lagu-lagu yang tidak sesuai dengan usianya
- Dll

3. Dampak negatif dari games

- Banyaknya games anak-anak yang di dalamnya ada unsur kekerasan dan pornografi.
- Dapat mempengaruhi psikologis anak seperti, anak menjadi kecanduan, agresif, mudah marah, mengajarkan kekerasan baik kekerasan fisik maupun verbal pada jiwa anak


- Mempengaruhi perilaku anak seperti anak jadi malas, susah fokus belajar, sering berkata kasar, membully orang lain dll

3. Dampak negatif dari pornografi

- Dapat merusak otak
- Anak jadi mudah terangsang
- Jadi pelaku kejahatan seksual atau penyimpangan seksual

4. Dampak negatif dari berita hoak

- Anak mudah termakan isu dan di adu domba
- Mudah terbawa aliran sesat
- Bisa juga ikut menyebarkan fitnah dan berita yang tidak benar
- Dll

Wah ternyata banyak ya, Ayah Bunda dampak negatif dari era digital ini pada anak kita. Terutama anak mudah sekali mengakses itu semua dari gadget. Kenapa? Karena sekarang hampir semua orang memiliki gadget termasuk anak-anak. Jadi, sebagai orang tua kita perlu menerapkan metode yang tepat dalam pengasuhan anak-anak kita di era digital ini.

Bagaimana Caranya?



Peran Bijak Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak Di Era Digital

1. Berikan anak gadget di usia yang tepat
Pemberian gadget diusia anak yang belum matang hanya membuat anak semakin cepat terjerumus dari dampak negatif era digital ini

2. Buat aturan yang jelas pada anak
Buat kesepakatan dengan anak mana yang boleh anak lihat dan mana yang tidak boleh, serta batasi waktunya

3. Minta anak hanya boleh memiliki 1 media sosial saja, agar kita lebih mudah mengawasi anak dan berikan anak penjelasannya.

4. Ajak anak berkomunikasi tentang dampak negatif era digital agar anak dapat berhati-hati ketika berselancar di dunia maya

5. Letakkan komputer atau laptop di ruang yang banyak dilewati anggota keluarga

6. Minta pasword gadged anak dan media sosialnya untuk memudahkan kita mengawasi anak

Lakukan itu semua dengan cara berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan anak bukan dengan cara otoriter atau menceramahi anak. Karena itu bisa membuat anak marah dan berontak pada orang tuanya

Penting Bagi Orang Tua



1. Perlu adanya kekompakan antara ayah dan bunda atau dengan orang terdekat anak.
Mendidik dan pengasuhan itu perlu kerjasama tidak bisa masing-masing. Sehingga dibutuhkan kekompakan antara Ayah dan Bunda atau orang terdekat anak dalam menyamakan pola asuh terhadap anak

2. Untuk tidak bermain gadget atau internetan di depan anak
Kita tidak mungkin melarang anak untuk tidak bermain gadget atau internetan lama-lama, jika kita sebagai orang tua tidak memberi contoh yang baik pada anak

3. Bangun bonding yang kuat dengan anak.
Bonding yang kuat dengan anak akan membuat anak merasa nyaman dan terbuka pada orang tuanya

4. Alihkan anak dengan kegiatan-kegiatan positif yang anak sukai seperti memberikan anak les renang, piano dll

5. Bangun komunikasi yang positif pada anak
Jalin komunikasi 2 arah dengan anak seperti suka mendengarkan curhatan anak, tidak suka menceramahi anak, bertanya tentang perasaan anak dll

6. Orang tua perlu belajar teknologi
Bagaimana orang tua bisa mengawasi anak di era digital ini, jika sebagai orang tua kita masih gagap teknologi? Yuk, kita sama-sama belajar Ayah Bunda. Jangan sampai kita kecolongan dalam mengawasi anak-anak kita

7. Teliti semua aplikasi anak
Ini penting sekali, agar kita tahu mana aplikasi yang aman buat anak mana yang tidak dan bagaimana cara kerjanya sebuah aplikasi

8. Protek situs-situs yang negatif pada anak
Untuk melindungi anak, kita bisa memprotek situs-situs negatif pada anak seperti situs-situs yang mengandung pornografi dan unsur kekerasan pada anak.

9. Tanamkan pendidikan seks usia dini pada anak
Di era digital ini menjadi salah satu cara maraknya pelecehan seksual di mana-mana. Termasuk di dunia maya, sehingga perlu sekali sebagai orang tua kita menanamkan pendidikan seks usia dini pada anak kita sebagai salah satu cara pendidikan dan perlindungan pada anak kita.

10. Tanamkan nilai-nilai agama pada anak
Agama adalah salah satu yang mengatur kehidupan manusia dalam segala aspek. Ini termasuk bagian penting yang orang tua perlu kenalkan pada anak sedini mungkin agar anak tetap berada dalam koridor yang aman dalam batasan aturan agama
11. Dll

        Ayah Bunda, setelah kita tahu tantangan apa saja yang akan kita hadapi dalam pengasuhan anak kita di era digital ini. Menyadarkan kita, betapa pentingnya pendidikan dan pengasuhan anak itu dimulai dari dalam rumah, sebagai pondasi pada anak dan sebagai salah satu cara kita dalam memberikan pertahanan yang kuat untuk anak-anak yang berasal dari rumah. Yuk, kita sama-sama belajar Ayah Bunda 😄


Salah satu dampak negatif di era digital bagi orang tua dan anak





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

26 komentar

komentar
24 Agustus 2017 10.09 delete

menurutku memang internet ini semacam dua mata pisau, tinggal kita memanfaatkannya untuk "memasak" dibanding "menusuk". Thanks for sharing, bun ^^

Reply
avatar
24 Agustus 2017 11.43 delete

Sama2 bunda. Semoga bermanfaat 😃

Reply
avatar
24 Agustus 2017 18.39 delete

Masalahnya adalah jika anak pegang gadged ada beberap ortu yg bangga. Semoga anak kita terhindar dr dampak negatif gadged ya bunda

Reply
avatar
24 Agustus 2017 18.40 delete

Semoga kita bisa mengajak anak menggunakan internet dengan bijak ya bunda

Reply
avatar
24 Agustus 2017 19.26 delete

Banyak ya peernya orangtua.... ayo semangat ^^

Reply
avatar
24 Agustus 2017 20.11 delete

Banyak banget ya Bunda negatifnya? Aku belum punya anak sih, tapi aku punya adik sepupu yang suka banget main game online.

Sayangnya aku nggak tinggal satu rumah dengannya, jadi susah untuk mengontrolnya, sedangankan orang tuanya tidak mengerti tentang dunia internet.

Reply
avatar
24 Agustus 2017 20.45 delete

internet memang sangat bermanfaat tapi internet juga bisa mematikan perkembangan anak bangsa dengan banyaknya konten-konten yang memang bertujuan merusak.

saya juga sangat setuju bila orang tua disertakan andil dalam masalah hal ini tentunya untuk menangulangi perkembangan zaman yang rusak.

Reply
avatar
24 Agustus 2017 23.06 delete

Aaminnn bunda. Saya juga masih belajar juga nih 😃

Reply
avatar
24 Agustus 2017 23.07 delete

Iya bunda. Kita harus bisa ya. Dimulai dari diri kita sendiri. Semangattt

Reply
avatar
24 Agustus 2017 23.08 delete

Iya bener banget bun. Banyak bgt PR kita. Harus semangat kita. Ga boleh kalah ya

Reply
avatar
24 Agustus 2017 23.09 delete

Kasian ya, bun. Pdahl dampak negatif era digital bisa membentuk karakter anak yg buruk juga

Reply
avatar
24 Agustus 2017 23.10 delete

Betul sekali pak. Kita banyak PR nih

Reply
avatar
28 Agustus 2017 07.54 delete

Dampak kecanduan itu sangat mengerikan, tahan tidak makan, tidak mandi, lalai tugas, asalkan bisa online...��

Reply
avatar
28 Agustus 2017 15.22 delete

Iya bener bun. Orang dewasa aja banyak yang kayak gitu, apalagi anak-anak ya

Reply
avatar
1 September 2017 05.06 delete

ngeri banget y teh itu data2nya krn internet terpapar pornografi 🤦🏼‍♀️ emang tepatnya kita kenalkan aturan n gadget beriringan jgn sampe jd kebablasan 👍

Reply
avatar
1 September 2017 17.22 delete

Tantangannya besar ya mba mengasuh anak di era digital seperti ini. Smoga anak-anak kita terhindar ya mba dari segala kerusakan akibat efek negatif digital

Reply
avatar
1 September 2017 23.56 delete

Iya bun, ngeri. Jdi bkin kita berhati2 ya dan menerapkan aturan gadget pada anak kita

Reply
avatar
1 September 2017 23.57 delete

Iya bun tantangan banget ya. Aaminnn 🙏

Reply
avatar
2 September 2017 16.44 delete

Tambahan saja, saat ini sudah banyak ko Smartphone yang mendukung mode anak,,,, untuk youtube juga bisa diseting dengan mode aman :)

Reply
avatar
3 September 2017 08.59 delete

Terima kasih tambahannya. Paling tidak bisa mengurangi dampak negatif era digital ya 😃

Reply
avatar
5 September 2017 07.47 delete

Dunia gadget ini bikin tantangan pengasuhan semakin berat

Reply
avatar
5 September 2017 08.35 delete

Bener banget bunda. Jadi bikin kita ngos-ngosan juga ya ngawasinnya 😃

Reply
avatar
14 September 2017 06.41 delete

Dulu saladin speech delay karena terlalu banyak main gadget

Memang sebaiknya dibatasi (dan diawasi)

Reply
avatar
15 September 2017 07.20 delete

Iya bener bunda banyak sekali dampak negatifnya jika kita tidak membatasinya ya

Reply
avatar
20 September 2017 03.15 delete

Iya nih, internet banyak positif dan negatif nya. Harus pintar sharing semuanya dri Internet, apalagi buat anak2. Anak banyaknya asal buka aja, kita sebagai orng tua yang harus ekstra perhatian acara anak ga salah. Ya mba

Reply
avatar
20 September 2017 06.15 delete

Bener banget bunda. Apalagi dampak negatifnya, bikin kita ngeri

Reply
avatar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃